10 Taman di Malang yang Cocok untuk Refreshing

Taman Malang

Jika sedang berada di Kota Malang, Anda bisa mengunjungi beberapa taman favorit yang memiliki segudang fasilitas sebagai tempat refreshing untuk menghilangkan rasa lelah.

Kota Malang terkenal dengan julukan surga wisata karena memiliki banyak sekali destinasi pariwisata yang dapat dikunjungi. Selain surga wisata, Kota Malang juga dijuluki dengan Malang kota bunga. Kini taman-taman indah pun mulai marak di bumi Arema, yang juga bisa dijadikan tempat untuk refreshing. Berikut deretan taman di Kota Malang yang tidak boleh Anda lewatkan dan menjadi tempat terbaik untuk menghilangkan penat.

1. Taman Singha Merjosari

Taman Singha Merjosari

Image Credit: Travelblog.id

Taman pertama yang bisa Anda tuju ketika berada di Malang, yaitu Taman Singha Merjosari. Di taman satu ini Anda bisa merasakan segudang fasilitas yang sangat memanjakan anda. Terutama untuk Anda yang ingin berolahraga, di Taman Singha Merjosari menyediakan banyak sarana olahraga. Mulai dari lintasan jogging yang dibuat di tepi taman bertujuan agar tidak mengganggu pengunjung lain yang beraktivitas. Hingga beberapa alat gym yang ditata sedemikian rupa.

Selain itu, ada juga area yang ditujukan untuk Anda yang mengalami sakit kaki. Area ini berada di ujung taman, dengan menggunakan batu kerikil kecil. Untuk Anda yang datang sekedar bersantai-santai pun tidak masalah. Karena terdapat banyak gazebo yang disediakan di depan taman. Banyak juga sarana permainan anak-anak untuk Anda yang bepergian dengan keluarga. Seperti permainan pasir, ayunan, jungkat-jungkit, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Mertojoyo Selatan Blk. B No.20, Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

2. Taman Trunojoyo Malang

Taman Trunojoyo Malang

Image Credit: Dolandolen.com

Di depan Stasiun Kota Baru Malang, terdapat sebuah taman yang sangat nyaman untuk bermain bersama keluarga. Taman Trunojoyo Malang juga merupakan taman favorit warga kota untuk ngadem dan istirahat. Banyak sekali bangku taman yang tersebar di seluruh area, begitu juga playground nya yang ada di berbagai sudut. Terutama di bagian utara taman, terdapat tempat baca, jungkat-jungkit, ayunan, lautan pasir, hingga tempat bilas setelah si kecil puas bermain-main.

Jika di bagian utara taman terdapat playground, di bagian selatan ada foodcourt yang menawarkan berbagai jenis makanan. Kalaupun tak ada makanan yang Anda suka di foodcourt, Anda bisa datang ke beberapa restoran di sekitar taman. Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki beberapa menit saja. Selain playground dan foodcourt, masih banyak lagi fasilitas dari Taman Trunojoyo ini. Mulai dari ruang ibu menyusui, area wifi gratis, serta toilet umum.

BACA JUGA:  17 Tempat Makan di Kediri Paling Enak & Murah

Lokasi: Jl. Trunojoyo, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang.

3. Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang

Image Credit: Merdeka.com

Karena merupakan salah satu ikon Kota Malang, tentu Anda tidak boleh melewatkan taman yang dikenal dengan alun-alun tugu satu ini. Jika Anda pergi ke Malang menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Kota Baru, Anda bisa melihat Alun-Alun ini begitu keluar stasiun. Taman satu ini terletak tepat di depan Balai Kota Malang, dan masih tetap ramai dikunjungi warga pada malam hari. Di dekat taman, terdapat bus bertingkat yang dapat Anda naiki di hari-hari tertentu.

Lokasi: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang.

4. Taman Slamet

Taman Slamet

Image Credit: Dakatour.com

Jika Anda sedang belajar di perpustakaan kota, kemudian merasa jenuh. Anda bisa berjalan-jalan ke Taman Slamet yang berada tidak jauh dari sana. Taman ini menarik untuk dikunjungi, baik pada pagi hari maupun malam hari. Terdapat beberapa spot foto yang di bangun di dalam taman, ditemani banyak lampu yang bersinar terang di malam hari. Ada juga beberapa alat gym yang diletakkan di arena tersendiri.

Lokasi: Jl. Taman Slamet No.8, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang.

5. Taman Merbabu atau Taman Nivea

Taman Merbabu atau Taman Nivea

Image Credit: Catatanwisata.com

Selanjutnya, ada Taman Merbabu yang juga bisa Anda kunjungi untuk melepas penat. Lokasi taman ini berdekatan dengan Pasar Oro-Oro Dowo. Yang unik dari taman ini adalah terdapat area pasir pantai, dengan berbagai mainan yang bisa dicoba oleh anak-anak maupun orang dewasa. Semua wahananya pun diberi warna cerah, agar memikat hati anak. Taman ini juga memiliki lapangan futsal mini, untuk bermain ramai-ramai.

Taman Merbabu tak hanya ramah untuk anak-anak saja, melainkan juga nyaman untuk lansia hingga difabel. Karena Taman ini dilengkapi juga dengan fasilitas pedestrian difabel serta olahraga khusus lansia. Kabar baik lainnya, taman satu ini memberikan banyak manfaat baik untuk masyarakat sekitar. Di antaranya yaitu sebagai daerah resapan air untuk mengendalikan potensi banjir, serta konversi air tanah dan sebagainya.

BACA JUGA:  11 Minuman & Makanan Khas Blitar yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Merbabu, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

6. Hutan Kota Malabar

Hutan Kota Malabar

Image Credit: Reresepan.com

Masih berdekatan dengan Pasar Oro-Oro Ombo dan Taman Merbabu, terdapat Hutan Kota Malabar. Di sini Anda bisa merasakan suasana seperti berada di hutan asli, walaupun sebenarnya Anda sedang berada di tengah-tengah kota. Suasananya memang tenang juga sejuk, cocok untuk Anda yang sedang ingin menyendiri. Tak hanya itu, Anda juga bisa sekalian belajar banyak tanaman melalui papan nama yang dipasang di depan setiap tanaman.

Lokasi: Jl. Malabar, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

7. Gramofon Taman Cerme

Gramofon Taman Cerme

Image Credit: Feryarifian.com

Salah satu taman yang gencar dikunjungi oleh masyarakat, yaitu Taman Cerme. Taman ini diberi nama cerme, karena letak tamannya berada di Jalan Cerme. Lebih tepatnya di seberang Hotel The Shalimar, atau di belakang Gereja Ijen. Ciri khas dari taman satu ini yaitu pada tugu gramofon yang berada di tengah taman. Alat musik satu ini melambangkan kota Malang sebagai kota klasik. Dimana masih banyak ditemukannya bangunan kuno dari masa penjajahan.

Bahkan melalui gramofon tersebut, terkadang keluar musik klasik dari corongnya. Pihak Hotel Shalimar, sebagai penanggung jawab taman, terkadang memutarkannya untuk menarik perhatian pengunjung. Ada juga koridor yang dipenuhi tanaman rambat di samping tugu gramofon, yang membuat sejuk Taman Cerme ini. Karena keunikannya ini lah, tidak jarang banyak orang yang datang dan melakukan sesi foto prewedding dan photoshoot di taman satu ini.

Lokasi: Jl. Merbabu No.4, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

8. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang

Image Credit: Catatanwisata.com

Selanjutnya, ada Taman Kunang-Kunang, taman ini masih tergolong cukup baru, karena baru dibangun pada awal tahun 2015 lalu. Taman Kunang-Kunang cukup unik, dengan dilengkapi dengan sebanyak 96 lampu LED yang setiap harinya menerangi suasana malam. Uniknya lagi, ada 5 bagian dari taman ini yang setiap bagiannya disebut dengan Plaza. Setiap Plaza memiliki jumlah lampu LED dan tatanan tempat yang berbeda.

Bukan hanya itu saja, selain tempatnya yang unik, Taman Kunang-Kunang memberikan askes kenyamanan untuk bersantai. Terdapat beberapa kursi dan sebuah gazebo yang akan semakin membuat Anda betah selama berada di sini. Karena letaknya berdekatan dengan kampus Universitas Negeri Malang, biasanya banyak mahasiswa yang bersantai sembari mengerjakan tugas di taman satu ini.

BACA JUGA:  19 Wisata Pantai Terhits di Malang yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi: Jl. Jakarta Oro-oro Dowo, Penanggungan, Kec. Klojen, Kota Malang.

9. Taman Wisata Buring Kedungkandang

Image Credit: VYMaps.com

Belajar tidak hanya bisa dilakukan di sekolah saja. Di taman pun Anda juga bisa belajar banyak hal sembari berwisata. Inilah yang ingin diterapkan oleh warga Kelurahan Kedungkandang, melalui taman edukasi satu ini. Taman yang dibangun dengan dana swadaya masyarakat ini, dilengkapi dengan sarana permainan edukasi anak. Di sini, Anda dan buah hati bisa belajar cara bercocok tanam, hingga belajar tentang dunia maya lewat jaringan internet gratis.

Tak hanya itu saja, taman Buring juga dilengkapi dengan perpustakaan mini dan taman baca anak. Kedepannya, warga setempat bahkan berencana untuk meningkatkan fasilitas di taman tersebut. Seperti menambahkan wahana wisata air seperti tempat pemancingan, perahu bebek, dan olahraga polo air. Karena memang letak tamannya yang tidak jauh dari sungai. Hal ini diharapkan dapat membuat pengunjung semakin banyak berdatangan ke Taman Buring.

Lokasi: Jl. Kedung Kandang Gg. VII, Kedungkandang, Kec. Kedungkandang, Kota Malang.

10. Taman Mojolangu

Taman Mojolangu

Image Credit: Malangsiana.wordpress.com

Pemerintah Kota Malang serius dalam melakukan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH), yaitu dengan cara menambah fasilitas kepada taman yang sudah ada serta membangun beberapa taman baru. Salah satunya yaitu Taman Mojolangu ini. Berlokasi di Jalan Ikan Tombro, taman satu ini dibangun oleh Pemkot Malang untuk tempat olahraga dan bersantai warga. Tak heran bila Anda dapat menemukan banyak fasilitas alat olahraga dan gazebo di sini.

Di Taman Mojolangu Anda bisa menunkan mulai dari lintasan jogging, lintasan untuk skateboard dan sepeda, hingga lapangan sepak bola. Karena banyaknya fasilitas olahraga yang dimiliki, tak heran bila banyak komunitas anak muda yang singgah untuk bermain ke taman tersebut. Para warga setempat yang ingin piknik dan jalan-jalan sore pun tidak ketinggalan ikut meramaikan suasana taman.

Lokasi: Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Itulah beberapa taman favorit di Kota Malang yang tidak boleh Anda lewatkan. Banyaknya taman yang ada selain untuk tempat refreshing, juga bisa membantu mengurangi banyaknya polusi udara. Taman-taman tersebut juga tak lupa dilengkapi dengan banyaknya fasilitas memadai yang bisa memanjakan Anda ketika berkunjung. Jadi taman mana yang berminat Anda kunjungi untuk menghilangkan penat?