Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-20.00 WIB, Alamat: Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Taman Miniatur Kereta Api merupakan taman wisata dengan menggunakan konsep utama kereta api sebagai daya tarik untuk wisatawan. Salah satu wisata tersebut berada di Kota Bandung. Wisata ini menjadi wisata dengan konsep utama kereta api yang paling besar di Indonesia serta merupakan salah satu wisata memiliki nilai edukasi yang tinggi.

Destinasi yang diterapkan pada wisata ini juga tergolong sangat eksotis. Hal tersebut menjadi nilai plus dalam menambah keindahan taman wisata ini. Pada umumnya wisata nan indah ini digunakan untuk wisata edukasi bagi anak-anak kecil untuk menambah wawasan mengenai kereta api, baik dari sejarah maupun perkembangan di bidang kereta api.

Wisata ini juga tidak menutup kemungkinan untuk mendatangkan wisatawan-wisatawan dari berbagai kalangan usia, baik anak kecil, remaja, dewasa, hingga para orang tua. Hal tersebut dipengaruhi dengan tata letak yang sangat rapi sehingga sangat indah untuk dipandang. Selain itu juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat melepas penat bersama keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Miniatur Kereta Api

Daya Tarik Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Wahyu Wijanarko

1. Memiliki Nilai Edukasi Mengenai Sejarah Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api ini selain memiliki destinasi yang sangat eksotis wisatawan juga bisa mendapat edukasi tentang kereta api yang ada di Indonesia. Tidak heran jika wisata ini tidak pernah sepi oleh pengunjung dari kalangan anak kecil yang duduk di bangku sd hingga anak remaja yang duduk di bangku SMA.

Selain itu, wisatawan juga disuguhkan dengan miniatur kereta api beserta seluruh bangunan yang dikelola dengan sangat rapi. wisatawan juga dapat membaca di setiap miniatur kereta serta miniatur bangunan yang dibuat pameran di wisata tersebut.

Informasi yang ada di wisata yang sangat mengedukasi ini diperoleh dari sumber-sumber yang sangat terpercaya dan paham akan sejarah. Informasi yang tersedia di wisata ini tidak hanya tentang kereta apinya saja, melainkan juga terdapat informasi mengenai sejarah perkeretaapian yang ada di Indonesia.

Mengajak keluarga sangat direkomendasikan, karena tempat ini memiliki nilai edukasi bagi anak kecil mengenai dunia perkeretaapian beserta sejarahnya. Sehingga anak kecil menjadi teredukasi terutama di bidang sejarah perkereta apian di Indonesia. Sehingga anak memiliki wawasan yang cukup untuk di bidang perkeretaapian baik sejarah maupun jenis kereta api.

2. Sangat Mirip dengan Aslinya

Miniatur yang terdapat di Taman Miniatur Kereta Api ini memiliki skala 1:24. Di mana wisata ini menempati pada lahan dengan luas 2 hektar dari luas keseluruhan lahan dari wisata. Hal tersebut yang membuat miniatur yang ada di wisata ini terlihat sangat nyata dan mirip dengan aslinya

Miniatur yang terdapat di wisata ini nampak sangat mirip dengan aslinya, sebagai contoh yakni bangunan stasiun yang didesain sangat cantik mulai dari bangunannya hingga bentuknya yang sangat mirip dengan aslinya. Hal tersebut yang menjadi salah satu daya tarik bagi banyak wisatawan yang mengunjungi taman ini.

Tidak berhenti disitu, di setiap bangunan serta miniatur yang terdapat di taman ini tersusun sangat indah dan rapi serta memiliki kedetailan yang sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari ornamen berukuran kecil yang berada di kereta api serta pemandangan yang didesain sedemikian rupa sehingga memiliki tingkat kemiripan yang sangat tinggi dengan aslinya.

Taman Miniatur Kereta Api ini memiliki ornamen yang sangat lengkap, seperti adanya menara pengawas kereta, terowongan, pabrik, pasar, dan lain sebagainya. Hal ini terlihat sangat asli yang menyerupai rute dan stasiun sesungguhnya. Jadi sangat menarik untuk dikunjungi.

Daya Tarik Dimiliki Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Arum Wahyuni

3. Memiliki Wahana yang Sangat Seru

Selain dapat menikmati keindahan dan nilai sejarah wisata ini, wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam wahana yang cukup menarik. Wahana tersebut yakni sebagai berikut, sepeda air, fliying fox, paddle boat, kereta air, taman kelinci, dan masih banyak wahana lain yang menarik untuk dicoba.

Wisatawan yang menyukai wisata air juga dapat mengunjungi wisata ini. Hal tersebut dikarenakan di dalamnya terdapat adanya wahana kereta air. Sehingga yang didapat para pengunjung tidak hanya bermain tapi juga mengandung nilai edukasi khususnya untuk anak kecil.

Wahana yang ada di wisata nan cantik ini dapat dinikmati oleh setiap pengunjung, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Hal tersebut menjadi keunggulan dan menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk menikmati wisata ini. Taman Miniatur Kereta Api ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga besar dan rekan kerja serta bersama orang tercinta.

4. Serba Teknologi

Salah satu keunggulan dari Taman Miniatur Kereta Api ini yakni memiliki sistem teknologi yang serba canggih. Semua yang berkaitan dengan kereta api dapat dikontrol langsung dengan menggunakan remot kontrol. Di mana remot kontrol tersebut dikendalikan oleh dua orang petugas dari tempat pusat kendali.

Kecanggihan teknologi pada wisata ini juga dapat memacu daya imajinasi anak, sehingga wisata ini juga sangat direkomendasikan sebagai wisata edukasi baik bernilai sejarah maupun teknologi yang sedang berkembang. Selain itu wisata ini juga dapat meningkatkan daya kreativitas dan inovatif pada anak kecil.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Dedi Eko

Wisatawan yang ingin berkunjung di Taman Miniatur Kereta Api ini berlokasi di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat, lebih tepatnya di Floating Market Lembang, Jalan Grand Hotel No. 33E Lembang (Belakangnya Grand Hotel Lembang).

Rute wisata ini dapat disesuaikan dengan transport atau kendaraan yang dibawa oleh wisatawan. Jika wisatawan dari Kota Bandung dan menggunakan transport kendaraan umum, wisatawan dapat naik dengan menggunakan bus damri dari Terminal Leuwipanjang ke Terminal Ledeng.

Kemudian setelah itu pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke Pasar Lembang dengan menggunakan angkutan kota. Setelah itu, Anda dapat langsung mencari dan menuju ke arah Grand Hotel Lembang, karena wisata ini tepat berada di belakang hotel tersebut.

Selain menggunakan kendaraan umum wisatawan juga dapat menggunakan kendaraan pribadi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan rute dari arah Pasar Lembang kemudian menuju langsung ke Grand Hotel Lembang. Wisata ini tepat berada di belakang Grand Hotel Lembang.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Rony Gusman

Para pengunjung harus melewati Floating Market Lembang terlebih dahulu sebelum masuk di Taman Miniatur Kereta Api Kota Bandung ini. Adanya hal tersebut pengunjung harus mengeluarkan uang dua kali agar dapat masuk di wisata ini.

Tarif tiket untuk memasuki Floating Market Lembang yaitu sebesar 15.000 rupiah untuk satu orang dan mendapat minuman pembuka secara gratis. Setelah itu para pengunjung baru dapat membeli tiket untuk memasuki taman cantik di Kota Bandung. Tiket tersebut dibandrol dengan harga 25.000 rupiah untuk satu orang.

Tarif tiket untuk wisata sekelas ini tergolong murah, karena memiliki banyak fitur dan wahana. Dengan membayar total 40.000 rupiah para pengunjung dapat menikmati indahnya berbagai wisata yang terkumpul menjadi satu di wisata yang eksotis ini. Dengan tarif 40.000 rupiah tiap pengunjung juga dapat mengetahui informasi mengenai perkeretaapian.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Miniatur Kereta Api

Kegiatan Menarik Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Riza Azmi

1. Berburu Spot Foto

Wisata ini juga menyuguhkan beberapa spot foto yang sangat cantik untuk diabadikan bersama keluarga tercinta. Para pengunjung dapat mengabadikan setiap momen sebanyak mungkin dengan berlatar belakang yang sangat mirip dengan aslinya. Hal ini yang menjadikan wisata ini sangat direkomendasikan berkunjung dengan keluarga terutama untuk kaum sosialita.

Di era digital seperti ini salah satu nilai plus dari wisata yaitu spot foto yang menarik. Hal ini menjadi incaran bagi wisatawan terutama kaum sosialita. Di mana setelah mendapat spot foto yang bagus kemudian diunggah di beberapa akun sosial media.

Pengunjung dapat mengambil foto sepuasnya, dan dapat mengabadikan di setiap momen bersama keluarga tercinta. Spot foto yang disuguhkan juga tergolong kekinian dan memiliki nilai eksotis yang cukup tinggi, sehingga pengunjung tambah puas dengan berfoto ria.

2. Berburu Souvenir yang Berbasis Miniatur Kendaraan

Selain berburu spot foto yang cantik dan menarik, wisatawan juga dapat melakukan kegiatan yang menarik lainnya seperti berburu souvenir miniatur kendaraan. Bagi para pecinta atau kolektor miniatur kendaraan dapat menambah koleksinya dengan berkunjung di wisata ini. Seperti halnya miniatur mobil, sepeda, pesawat dan tentunya miniatur kereta api.

Berburu souvenir miniatur ini juga sangat disarankan untuk para orang tua terutama yang memiliki anak kecil. Dengan membeli souvenir miniatur kendaraan, hal tersebut dapat memberikan rangsangan pada otak anak kecil untuk mengeluarkan daya imajinasi dan kreativitas serta menunjang daya inovatif dari seorang anak.

3. Berburu Kuliner

Bagi wisatawan yang memiliki hobi berkuliner juga dapat melakukan hal tersebut dengan mengunjungi wisata ini. Wisata ini juga menyuguhkan beraneka ragam kuliner yang lezat dan nikmat. Hal tersebut membuat wisatawan semakin nyaman dan enggan untuk meninggalkan wisata yang sangat bagus ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Bramanditya issudibya

Fasilitas yang ada di Taman Miniatur Kereta Api tergolong cukup lengkap, sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam berwisata. Fasilitas umum yang dapat dinikmati oleh para pengunjung yakni seperti adanya musholla, tempat parkir, serta adanya toilet. Adanya fasilitas tersebut membuat setiap pengunjung merasa nyaman dalam menikmati wisata bersama keluarga tercinta.

Selain itu wisata ini juga menyuguhkan fasilitas wahana yang dapat dinikmati oleh setiap pengunjung, fasilitas wahana tersebut yakni antara lain, adanya miniatur kereta api, taman kelinci, flying fox, sepeda air, paddle boat.

Selain fasilitas wahana, wisata yang modern ini juga dilengkapi dengan toko souvenir yang menyediakan berbagai macam miniatur kendaraan seperti pesawat, mobil dan tentunya miniatur kereta api. Selain itu wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai macam kuliner yang terdapat di Floating Market Lembang.

Kesimpulan dari ulasan ini, bahwa Wisata Taman Miniatur Kereta Api sangat cocok untuk dikunjungi oleh semua kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Mulai dari para pecinta kuliner hingga para pecinta miniatur (kolektor miniatur). Wisata ini juga sangat cocok dikunjungi oleh para guru beserta muridnya, dan para penyayang keluarga.

REKOMENDASI DESTINASI