Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.30-16.00 WIB, Alamat: Jl. Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Jawa Timur termasuk provinsi dengan kota-kota yang layak untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Daerah ujung Jawa Timur atau Banyuwangi, anda akan menemukan tempat menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Taman Nasional Alas Purwo yang sudah terkenal. Selain memiliki alam yang memukau, kesan keramat dari hutan ini juga terasa begitu kental.

Alas Purwo dikenal sebagai hutan yang penuh aura mistis dan angker. Namun pemandangan yang disuguhkan di baliknya layaknya seperti surga tersembunyi. Daya tarik yang dimiliki oleh alas ini sangat melimpah, sehingga anda tak akan pernah menyesal mengunjunginya. Terutama untuk anda yang gemar berpetualang sekaligus liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Alas Purwo

Daya Tarik Alas Purwo
Image Credit: Google Maps Randi Andika Hutama

1. Memiliki Sejarah yang Menarik

Sebelum anda menjelajah keindahannya, anda perlu tahu jika tempat ini memiliki sejarah yang menarik. Nama Alas Purwo diambil dari bahasa Jawa, Purwo memiliki artian permulaan atau kawitan. Sementara alas dalam bahasa Indonesia berarti hutan. Sehingga bisa dikatakan jika hutan ini merupakan hutan yang ada sejak awal.

Hutan ini dipercaya sebagai hutan pertama sekaligus yang paling tua di Pulau Jawa. bahkan tak sedikit yang menyatakan jika hutan ini adalah hutan pertama yang diciptakan. Ada juga yang percaya jika hutan ini termasuk istana jin di seluruh pulau Jawa. Konon hutan ini juga menjadi tempat pelarian rakyat Majapahit di waktu silam.

2. Memiliki Savana Sadengan

Padang savana luas dengan warna hijau yang mendominasi ketika anda berada di savana ini. Luasnya sekitar 84 hektar dan anda bisa menikmati alam bebas yang megah. Bagaimana tidak, beberapa satwa seperti bentang, burung merak hingga rusa kerap menghabiskan waktu di sini. Savana ini mengingatkan anda akan kehadiran padang Savana di Afrika.

3. Koleksi Flora dan Fauna Beragam

Seperti yang disinggung sebelumnya, anda memang masih bisa bertemu dengan satwa yang hidup bebas di sini. Apalagi Alas Purwo menjadi bagian dari Taman Nasional yang semuanya masih terjaga. Tak sedikit peneliti yang berasal dari luar negeri datang untuk mencari satu maupun 2 tumbuhan saja. Konon, flora dan fauna hutan ini masih belum banyak terekspos.

Daya Tarik Dimiliki Alas Purwo
Image Credit: Google Maps Randi Andika Hutama

4. Memiliki Situs Karawitan dan Pura Giri Selaka

Tidak sedikit pengunjung dari alas ini adalah mereka yang berasal dari Bali. Karena kemistisannya yang masih kental, tak jarang ada juga yang berdoa dan bertapa di wisata alam ini. Sebenarnya, di dalam area Taman Nasional anda juga bisa menemukan Pura Giri Selaka dan Situs Karawitan.

Jika mengintip pada sejarah keduanya merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Situs ini sendiri ditemukan tidak sengaja oleh masyarakat sekitar di tahun 1967 an. Dan di tahun berikutnya, 1968 banyak dijadikan tempat untuk adakan kegiatan keagamaan. Seperti upacara pagerwesi yang umumnya akan diselenggarakan setiap 210 hari sekali.

5. Memiliki Gua Gua Alam yang unik

Bukan hanya untuk berdoa, anda juga bisa menemukan goa goa yang terbentuk secara oleh alam. Hal ini dikarenakan lokasi hutannya yang ada di wilayah karst. Sehingga anda bisa menemukan gua gua dengan jumlah sekitar 44 gua. Dan dari semua gua yang ada, gua istana bisa anda kunjungi yang jaraknya sekitar 1 km dari Pos Pancur.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Nasional Purwo
Image Credit: Google Maps Achmad Fachrie

Destinasi wisata hits ini berada di Kabupaten Kalipuro, Banyuwangi. Saat ini sudah ada penerbangan langsung dari Bali menuju Banyuwangi dan Surabaya ke Banyuwangi. Sementara jika anda melakukan perjalanan jalur darat, dari provinsi Jawa Timur akan membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 12 jam dengan roda empat.

Perjalanan yang tidak ditempuh memang tidak sebentar, dari Surabaya anda akan menuju Jember dahulu sekitar 4 atau 5 jam. Barulah melanjutkan perjalanan untuk menuju Gunung Gumitir di bagian tenggaranya kira kira 2 jam. Dari Gunung Gumitir dilanjutkan ke Kalibaru, melewati Glenmore, Genteng dan sampai di Rogojampi.

Rogojampi masih berlanjut ke Srono, Muncar dan juga ke Tegaldlimo Banyuwangi dengan kisaran waktu 2 jam. Dan anda akan kembali menempuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo. Anda yang memulai perjalanan dari Bali, bisa langsung menggunakan kapal feri ataupun speedboat menuju Banyuwangi terlebih dahulu.

Akses menuju tempat wisata sudah baik, karena beberapa jalan sudah mendapatkan renovasi dari pemerintah. Akan lebih mudah bagi anda menjangkau destinasi ini dengan kendaraan pribadi baik sepeda motor atau mobil. Jika tidak membawa sendiri, anda bisa mengandalkan rental rental kendaraan untuk anda sewa.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk di Alas Purwo
Image Credit: Google Maps Iwan Johanes

Menikmati pesona yang dimiliki Alas Purwo tidak akan membuat kantong anda jebol. Harga tiketnya hanya sekitar Rp 15 ribu untuk wisatawan dalam negeri. Sementara untuk wisatawan asing bisa mencapai Rp 150 ribu. Harga tersebut tentu bisa berubah kapan saja tergantung dari keputusan dari pengelolanya.

Sementara jam operasionalnya mulai dari pukul 07.30 pagi dan akan tutup pukul 16.00 sore. Anda hanya bisa berkunjung pada hari Senin hingga Jumat saja, karena di akhir pekan akan tutup. Jam buka ini dibatasi karena ketika petang datang akan sangat gelap. Tapi tetap saja, anda bisa menginap di area wisata ini, walau kebanyakan yang menginap bukanlah wisatawan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alas Purwo

Kegiatan Menarik Alas Purwo
Image Credit: Google Maps Yusuf Agung Nugroho

1. Berkenalan dengan Satwa yang Ada

Seperti yang disinggung sebelumnya, jika hutan ini menyimpan aneka flora juga fauna. Dan pemandangan satwa di alam liar ini bisa anda nikmati di area Savana Sadengan. Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata ini adalah di pagi hari, yakni pukul 06.00 sampai 09.00 pagi atau 15.30 dan 17.00 sore. Flora yang ada juga beragam dicatat sekitar 584 tumbuhan.

2. Menikmati Indahnya Pantainya

Selain memiliki pesona hutan lebat yang menawan, Kawasan Taman Nasional ini juga memiliki beberapa pantai yang luar biasa indah.Seperti hadirnya Pantai Cungur dan Pantai Triangulasi yang tawarkan pemandangan cantik. Pantai Trianggulasi sendiri memiliki hutan pantai yang masih sangat terjaga dan lengkap.

Anda bisa menemukan pepohonan seperti bogem, sampung dan pandan laut yang tumbuh subur di kawasan wisata ini. Bukan hanya itu kehadiran pasir putih yang lembut juga menjadi daya tarik tersendiri. Berada di barat Alas Purwo, keindahan Pantai Cungur juga sangat sayang dilewatkan. Selain memiliki hutan pantai, Cungur juga memiliki hutan mangrove.

Ada juga Pantai Pancur yang juga masih berada satu lokasi dengan taman nasional. Pantai satu ini sangat unik karena memiliki aliran sungai kecil air tawar. Membuat aliran sungainya mirip dengan air terjun kecil yang indah. Pantainya yang jernih dengan pasir putih akan membuat anda tak menyesal mengunjunginya.

3. Surfing di Pantai Plengkung

Untuk anda yang ingin melakukan aktivitas menantang, anda bisa menjadikan Pantai Plekung sebagai andalan. Pantai yang juga dikenal dengan G land ini memiliki ombak yang cocok untuk surfing. Bahkan ombaknya termasuk yang besar no 3 sedunia. Menariknya pemandangan yang disuguhkan juga tak kalah indah dengan ombak yang dimilikinya.

Kegiatan Menarik di Alas Purwo
Image Credit: Google Maps Yusuf Agung Nugroho

4. Berburu Foto Foto Cantik

Kegiatan yang tak boleh dilewatkan jika berada di Alas Purwo adalah berburu foto cantik. Ada banyak spot spot cantik yang bisa anda jadikan sebagai lokasi hunting foto. Seperti hutan bambu yang begitu asri layaknya berada luar negeri. Atau anda juga bisa berburu foto sunset di pantai pantainya. Yang jelas, anda harus membawa kamera terbaik ketika liburan ke Alas Purwo.

5. Singgah ke Hutan Mangrove Bedul

Taman Nasional Alas Purwo bisa dikatakan wisata yang lengkap, selain menemukan pantai anda juga bisa menemukan Hutan Mangrove Bedul. Spot ini masih sangat alami dan menjadi tempat berkembang biak sekaligus mencari makan beberapa burung. Nantinya akan ada paket wisata yang menawarkan paket wisata menjelajah hutan mangrove ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman Nasional

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman Nasional
Image Credit: Google Maps elvis wibowo

Sudah menjadi wisata yang bertahun tahun, tentu saja fasilitas yang dihadirkan di Alas Purwo sudah memadai. Soal keamanan anda tak perlu khawatir karena ada Jagawana atau penjaga hutan. Kemudian juga uda persewaan kendaraan baik roda dua atau roda empat. Papan petunjuk untuk menuju masing masing spot juga sudah memadai dan bisa anda temukan.

Tidak ketinggalan hadirnya warung makan yang menyediakan beragam menu untuk anda cicipi. Di beberapa titik juga ada toilet yang dimanfaatkan oleh pengunjung. Dengan fasilitasnya yang memadai, tentu akan membuat pengunjung semakin nyaman. Menariknya walaupun wisata hutan, tetapi anda akan tetap menemukan penginapan yang layak di wisata ini.

Jika anda berencana untuk mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo, anda harus mematuhi peraturan yang ada. Salah satunya adalah menjaga kesopanan selama liburan di sini. Anda juga harus menyiapkan fisik juga mental yang fit. Karena ada banyak tujuan wisata, pastikan rencana anda sudah benar benar matang sehingga tidak ada yang terlewatkan.