Taman Pintar Yogyakarta merupakan taman yang memadukan tempat rekreasi dan wisata edukasi yang populer di Kota Jogja. Objek wisata hits yang menawarkan wahana permainan yang menarik dan atraktif untuk liburan keluarga yang seru.

Harga Tiket: Rp 18.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta selalu menjadi kota dengan sejuta kenangan bagi para pengunjung. Tidak hanya kental dengan wisata sejarah dan alamnya, Jogja juga dikenal wisata edukasi Taman Pintar. Di taman yang menjadi ikon pendidikan ini, Anda bisa mengajak anak-anak berpetualang mengenal ilmu pengetahuan, khususnya sains dan teknologi. Berbeda dengan kegiatan belajar yang biasa dilakukan, taman ini memberikan sarana pembelajaran sambil bermain yang seru dan mengasyikkan.

Mengenal Taman Pintar Yogyakarta

Mengenal Taman Pintar Yogyakarta
Image Credit: Google Maps (Gracia Luciana)

Pembangunan Taman Pintar merupakan wujud kepedulian Pemerintah Yogyakarta terhadap dunia pendidikan. Taman edukasi ini dibangun berawal dari sebuah ide untuk turut andil membangun pendidikan di Indonesia melalui cara yang berbeda. Siswa dapat memahami pelajaran yang diberikan di sekolah dengan lebih dalam melalui wahana edukasi yang ada di taman wisata ini.

Dengan target memperkenalkan sains dan teknologi kepada siswa sejak dini, taman ini memiliki harapan bahwa kreativitas anak bangsa dapat terus diasah supaya dapat mengembangkan pengetahuan dan menghasilkan teknologi secara mandiri. Dalam banyak kasus, siswa seringkali merasa bosan dengan pelajaran sains dan teknologi yang diberikan di sekolah.

Alhasil, pemahaman mereka terhadap ilmu menjadi tidak sempurna. Untuk menjawab permasalahan tersebut, Taman Pintar menghadirkan berbagai wahana edukasi berupa alat peraga pembelajaran yang dapat dimainkan oleh anak-anak. Tidak hanya untuk jenjang sekolah dasar, alat peraga yang disediakan dapat juga digunakan oleh jenjang menengah.

Belajar sambil bermain diharapkan dapat menumbuhkan minat anak terhadap sains dan teknologi dengan cara berimajinasi, melakukan percobaan, dan permainan yang menyenangkan. Taman edukasi ini bertekad untuk menyediakan beragam fasilitas berupa alat peraga yang berkualitas untuk menjaga kepuasan pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Pintar

Daya Tarik Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Hendra Firmadi)

Dengan menggabungkan konsep belajar dan bermain, Taman Pintar selalu menjadi rujukan dalam hal pendidikan yang menyenangkan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke wisata edukasi ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dengan konsep belajar sambil rekreasi, maka tidak hanya anak-anak yang bisa belajar, bahkan orang tua juga bisa turut belajar.

Taman di Jogja ini memiliki banyak wahana edukasi yang bisa dicoba oleh anak-anak dan orang tua. Wahana pertama yang bisa dicoba adalah Zona Pengelolaan Sampah. Wahana ini merupakan bentuk kerjasama dengan Resource Recovery and Waste Utilization PIAT UGM. Wahana ini dibuka pada tanggal 20 Mei 2019 untuk memberikan edukasi bagaimana mengolah sampah dengan benar.

Selanjutnya, Anda juga bisa menikmati wahana bahari yang menyajikan pengalaman mengelilingi miniatur perairan menggunakan kapal mini. Jika Anda dan keluarga ingin menikmati pemutaran film sains dan pertunjukan demo sains, Anda bisa berkunjung ke wahana Science Theater. Wahana ini merupakan sebuah gedung audiovisual yang berkapasitas hingga 60 orang.

Daya Tarik dari Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Wage Aji)

Biasanya, wahana Science Theater ini menjadi kunjungan wajib bagi para siswa yang melakukan study tour ke Taman Pintar. Selain menikmati film sains di Science Theater, Anda juga bisa belajar di Playground. Di dalam Playground ini terdapat banyak jenis permainan yang menggunakan konsep sains.

Berbagai permainan yang tersedia di kawasan tersebut adalah pipa bercerita, permainan putaran, dinding berdendang, jungkat-jungkit, katrol, terowongan pohon, air menari, koridor air, pembangkit listrik tenaga matahari, gong perdamaian, forum batu, dan tapak prestasi. Pengunjung bisa mengenal konsep rambat bunyi melalui pipa bercerita.

Air menari menjadi wahana favorit anak-anak sekaligus belajar tentang intensitas tekanan air yang bisa membuat air seperti menari. Tidak hanya itu, pengunjung juga diperkenalkan dengan teknologi pada zaman Megalitikum di wahana forum batu yang dibuat dari batu besar yang disusun seperti tempat diskusi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Pintar

Alamat Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Muhlison)

Bagi Anda yang berminat untuk mengajak keluarga berwisata edukasi di Taman Pintar, Anda bisa menuju Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Banyak rute yang bisa Anda tempuh untuk tiba di lokasi tempat rekreasi, tergantung dari mana Anda berangkat dan kendaraan apa yang Anda tumpangi.

Jika Anda berangkat dari Malioboro, maka jarak yang perlu ditempuh sekitar 400 meter dan bisa dengan berjalan kaki. Di sepanjang jalan juga terdapat banyak hiburan yang bisa dinikmati. Rute dari Malioboro memang lebih sering diminati oleh para wisatawan karena terdapat bangunan bersejarah Benteng Vredeburg dan Titik Nol KM Jogja.

Selain menuju ke taman edukasi, Anda juga bisa mampir ke wisata sejarah tersebut. Di sepanjang jalan, Anda juga bisa menjumpai banyak cinderamata, seperti souvenir dan lukisan. Jika Anda jalan kaki dari Malioboro, maka akan bertemu perempatan lampu merah setelah Benteng Vredeburg.

Dari perempatan tersebut, Anda bisa belok kiri mengikuti trotoar jalan hingga bertemu halte trans Jogja Senopati 1 di kiri jalan. Itulah lokasi Taman Pintar. Selain jalan kaki, Anda juga bisa menggunakan bus trans Jogja rute 1A jurusan Prambanan – Malioboro dan turun di halte Senopati 1.

Jika Anda berangkat dari arah Bandara Adisucipto Jogja, Anda bisa naik bus trans Jogja rute 1B dan menggunakan rute 2B jika berangkat dari terminal Jombor. Namun, biasanya rute yang sering digunakan adalah rute dari Malioboro karena para wisatawan dapat mengunjungi banyak tempat wisata lainnya sebelum ke berkunjung ke taman ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Taman Pintar

Harga Tiket Masuk Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Muhlison)

Untuk masuk ke wisata edukasi ini, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp 18.000,00 untuk dewasa dan Rp 10.000,00 untuk anak-anak. Harga tiket masuk ini belum termasuk tiket untuk menikmati berbagai wahana permainan yang ada di kawasan taman. Anda bisa berkunjung pada hari Selama – Minggu mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Taman Pintar menetapkan harga tiket yang berbeda-beda untuk setiap wahana dan program kreatifitas. Untuk memasuki wahana Oval – Kotak, harga tiket untuk anak-anak adalah Rp 12.000,00 dan Rp 20.000,00 untuk dewasa dengan semua umur. Harga tiket Planetarium Rp 22.000,00 untuk anak-anak dan dewasa semua umur.

PAUD Barat dan Timur hanya bisa dimasuki oleh anak usia 3 – 7 tahun dengan harga tiket Rp 3.000,00. Harga tiket Wahana Bahari dengan beban maksimal 100 kg adalah Rp 6.000,00 untuk anak-anak dan dewasa. Untuk program kreativitas Kreasi Batik, harga tiket masuknya adalah Rp 18.000,00 dengan usia minimal 8 tahun.

Harga tiket Kreasi Gerabah di area Playground adalah Rp 13.000,00 dan Lukis Kaos Rp 45.000,00. Teater 4D Rp 15.000,00 untuk anak dan Rp 20.000,00 untuk dewasa, Dino Adventure Rp 20.000,00 untuk anak dan Rp 25.000,00 untuk dewasa, Hand on Science Rp 10.000,00, Presenter TV Rp 15.000,00, dan Lukis Gerabah Rp 15.000,00.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Taman Pintar

Kegiatan di Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Agus Prianto)

1. Bebas Berkreasi di Kampung Kerajinan

Di wahana Kampung Kerajinan, Anda bisa berkreasi dengan mencoba Kreasi Batik, Kreasi Gerabah, Lukis Gerabah, dan Lukis Kaos. Kreasi Batik ditujukan untuk memperkenalkan anak-anak dan pengunjung dengan batik yang menjadi warisan leluhur bangsa Indonesia. Di sini, Anda bisa langsung praktik membuat batik.

Mulai dari melukis desain, ngisen-ngiseni, nembo, mewarnai, dan nglorot. Menariknya lagi, selembar kain yang Anda gunakan untuk praktik tersebut bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh belajar batik di wahana Kreasi Batik Taman Pintar. Selain belajar membuat batik, Anda juga bisa belajar membuat gerabah di wahana Kreasi Gerabah dan terakhir Anda juga bisa memerah susu sapi.

Anda bisa membuat apa pun, seperti vas bunga atau asbak. Hasil dari kerajinan ini juga bisa Anda bawa pulang. Tidak hanya membuat gerabah, di taman juga memiliki wahana Lukis Gerabah. Di sini, disediakan gerabah dan pewarna yang akan Anda gunakan untuk melukis. Selain melukis gerabah, Anda juga bisa melukis kaos di wahana Lukis Kaos.

Kegiatan Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Taman Pintar Yogyakarta)

2. Belajar Banyak Hal Sambil Bermain

Belajar sambil bermain memang menjadi keunggulan dari Taman Pintar Yogyakarta. Dengan banyaknya wahana yang disediakan, Anda dan keluarga bisa belajar berbagai hal. Di Gedung Oval, Anda bisa mengunjungi Zona Generator Van de Graaf, Generator Pedal, Zona Cuaca, Iklim, & Gempa Bumi, Terowongan Ilusi, Aquarium Air Tawar, Dome Area, Zona Kehidupan Purba, dan Zona Tata Surya.

Anda bisa mengunjungi beberapa zona di Gedung Kotak antara lain Teknologi Populer, Air Untuk Kebaikan Hidup, Lorong Ilusi, TEPI TV, Wahana Jejak Nutrisi, Dino Adventure dan Teater 4D, Sahabat Pemberani KPK, Memorabilia, Indonesiaku, Galeri Pusaka, Olahraga, Nuklir, SNI, Hand on Science, Menara Eiffel, KPU, dan Panas Bumi Geothermal.

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi Wahana Planetarium yang memperagakan benda-benda langit menggunakan proyektor digital. Selain itu, terdapat pemutaran film tentang perjalanan manusia ke bulan. Anda juga bisa menggunakan permainan yang tersedia di kawasan Playground.

Permainan yang tersedia diantaranya yaitu pipa bercerita, permainan putaran, dinding berdendang, jungkat-jungkit, katrol, terowongan pohon, air menari, koridor air, pembangkit listrik tenaga matahari, gong perdamaian, forum batu, dan tapak prestasi. Beberapa permainan menggunakan prinsip Fisika, sehingga di sini Anda dapat bermain sambil belajar.

Anda bisa menikmati sajian film seputar sains dan teknologi di Science Theater. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan demo sains untuk mengetahui lebih dalam tentang suatu fenomena sains yang terjadi di sekitar. Anda juga belajar cara mengolah sampah dengan benar di Zona Pengolahan Sampah.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Pintar Yogyakarta

Fasilitas di Taman Pintar Yogyakarta
Image Credit: Google Maps (Muhammad Muhlison)

Selain dilengkapi dengan berbagai wahana yang mengedukasi pengunjung, Taman Pintar juga memiliki beragam fasilitas yang memudahkan pengunjung. Fasilitas yang tersedia di sini adalah toilet, musala, ATM center, pusat informasi dan pelayanan pengunjung, food court, area bermain, ruang kesehatan, dan lift untuk wisatawan yang memiliki kebutuhan khusus.

Hadirnya fasilitas tersebut merupakan bentuk pelayanan yang totalitas pengelola taman untuk para pengunjungnya. Dengan fasilitas yang lengkap, Anda akan mendapatkan kemudahan ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Terlebih, ada lift untuk pengunjung berkebutuhan khusus. Hal ini menunjukan bahwa taman edukasi ini sangat ramah terhadap penyandang disabilitas.

Ruang kesehatan ini difungsikan untuk melakukan penanganan cepat bagi para pengunjung yang mengalami masalah kesehatan ketika berkunjung ke Taman Pintar, misalnya ada yang pingsan atau mengalami masalah kesehatan lainnya. Jika Anda merasa lapar, Anda bisa langsung menuju food court untuk menyantap makanan dan mengobati rasa lapar Anda.

Taman Pintar dapat menjadi destinasi wisata Anda bersama keluarga di Yogyakarta. Wahana yang ditawarkan sangat cocok untuk memperkenalkan anak dengan teknologi dan ilmu pengetahuan sejak dini. Hal tersebut akan membentuk karakter cinta ilmu pada anak. Selain itu, alat peraga yang disediakan oleh taman edukasi ini dapat meningkatkan pemahaman tentang pelajaran.

REKOMENDASI DESTINASI