Harga Tiket: Rp 40.000, Jam Operasional: Pukul 06.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Menginjakkan kaki di Kota Batu, anda pun akan dimanjakan dengan berbagai macam Wisata alam yang menyajikan pemandangan indah. Salah satu yang bisa anda kunjungi adalah Taman Rekreasi Selecta. Taman ini masih menjadi salah satu objek wisata yang menghadirkan keseruan tersendiri.

Dengan memiliki konsep yang dikembangkan yakni berupa taman dan juga adanya tempat untuk bermain sekaligus kolam renang, tentunya membuat siapa saja betah untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini. ditunjang dengan berbagai fasilitas yang lengkap, tentunya kegiatan satu ini memang akan membuat siapa saja menjadikannya sebagai salah satu destinasi favorit.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Selecta

Daya Tarik Taman Selecta
Image Credit: Instagram Habib_Ngt

1. Memiliki Taman Bunga yang Berwarna Warni

Salah satu keunikan dan daya tarik yang dimiliki oleh destinasi wisata satu ini adalah taman bunganya. Saat anda menghabiskan waktu di Taman Rekreasi Selecta, anda pun akan disuguhkan dengan berbagai macam bunga yang berwarna-warni. Dapat dikatakan jika Taman Bunga menjadi salah satu area khas yang dimiliki oleh destinasi wisata satu ini.

Di masa penjajahan Belanda dulu, destinasi wisata satu ini memang tidak dibuka untuk umum. Namun, hanya dibuka untuk pemerintah kolonial Belanda saja. sehingga orang orang jaman Belanda di masa lalu, dulunya bisa melihat berbagai bunga yang indah di taman satu ini.

Akan tetapi, sekarang tentunya semua orang memiliki kesempatan yang serupa. Banyak orang yang kini bisa melihat keindahan bunga yang berwarna warni tersebut. Bahkan bisa dikatakan jika area satu ini memiliki berbagai puluhan spesies bunga yang berbeda beda dan indah.

Terutama ketika anda sedang datang pada posisi bunga yang bermekaran. Hal ini tentu saja akan menjadi pemandangan indah nan mempesona. Oleh karena itu, ketika anda berada di taman cantik ini, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi dan melihat indahnya taman bunga yang berwarna warni satu ini.

2. Memiliki Area Hingga Mencapai 18 Ha

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh wisata satu ini adalah Taman Rekreasi Selecta berada di kawasan yang mencapai 18 hektar. Total keseluruhan dari wisata satu ini adalah sekitar 18 hektar, dengan 10 hektar merupakan area Taman Bunga dengan beragam koleksi bunga yang indah di dalamnya.

Di dalam melihat keindahan bunga tersebut, maka anda pun diberikan beberapa opsi untuk melihatnya. Diantaranya adalah dengan menggunakan sky bike maupun menunggang kuda. Dengan menggunakan pilihan tersebut, tentu saja akan membuat pengunjung bisa memilih untuk menikmati keindahan tersebut dengan cara yang mana.

3. Memiliki di Dataran Tinggi nan Sejuk

Kemudian, hal lain yang juga menjadi daya tarik wisatawan mengapa ingin mengunjungi destinasi wisata satu ini adalah dikarenakan letaknya berada di dataran tinggi nan sejuk. Wisata satu ini berada tidak jauh dari area kompleks wisata Jatim Park 2. Walaupun tidak berada di dalam satu area, akan tetapi masih cukup berdekatan.

Sesampainya di lokasi satu ini, anda pun akan langsung disambut dengan hawa dingin yang menyeruak ke tubuh anda. Tentunya, bagi anda yang tidak tahan dingin, maka anda pun bisa datang dan memakai jaket saat berada di kawasan satu ini. karena letaknya berada di dataran tinggi, tentu saja udara yang dimiliki pastinya akan sangat sejuk.

Selain itu, pemandangan alam yang bisa anda saksikan saat berada di lokasi satu ini memang sangatlah mempesona. Itulah mengapa Taman Selecta masih menjadi salah satu wisata yang masih banyak dikunjungi. Meskipun saat ini di Batu telah banyak bermunculan objek objek wisata yang lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Rekreasi Selecta
Image Credit: Instagram TAMAN REKREASI SELECTA

Bagi anda yang ingin berjalan jalan menuju ke destinasi wisata satu ini, tentunya akan sangat mudah untuk menjumpainya. Anda bisa langsung saja datang ke Jl. Raya Selecta No.1, Desa Tulungrejo yang berada di Kecamatan Bumi Asri, Kota Batu. Adapun, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor saat ingin mengunjungi lokasi satu ini.

Kemudian, jarak untuk menuju kesini adalah sekitar 4 kilometer saja saat anda menempuhnya dari Kota Batu. Kemudian, jika anda berangkat dari kota Malang, maka jarak yang harus ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi satu ini yakni sekitar 25 kilometer. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh tersebut, Taman Selecta dapat menjadi alternatif tempat liburan ketika sedang suntuk.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Taman Rekreasi Selecta Batu
Image Credit: Google Maps Bang Auky

Jika berbicara mengenai tiket masuk, maka biaya objek wisata ini memang sesuai dengan keindahan yang akan anda dapatkan. Untuk bisa masuk ke destinasi wisata satu ini, maka anda pun akan dikenakan biaya yakni sekitar Rp 40.000. Tiket masuk tersebut umumnya berlaku setiap hari, baik hari biasa atau weekend.

Apabila anda membawa si kecil yang berusia lebih dari 2 tahun, maka anda pun telah bisa mendapatkan tiket masuk yang normal. Sedangkan untuk jam buka dari tempat wisata ini sendiri adalah mulai dari pagi hari hingga sore hari. Anda bisa datang dari pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore untuk menikmati berbagai macam aktivitas di tempat satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Selecta

Kegiatan di Taman Selecta
Image Credit: Google Maps Trimariyah Mariyah

1. Berbelanja di Pasar Bunga

Salah satu hal yang bisa anda lakukan ketika berada di Taman Rekreasi Selecta adalah berbelanja di Pasar Bunga. Perlu anda ketahui, meskipun di wisata satu ini menyajikan berbagai macam bunga yang indah dengan berbagai jenis yang menawan, akan tetapi wisatawan tidak boleh untuk memetik bunga tersebut.

Sehingga bunga bunga yang ada di wisata satu ini memang sengaja dibiarkan berkembang dan juga tumbuh dengan baik. Untuk itu, apabila anda ingin membawa pulang bunga bunga yang indah tersebut, maka di tempat satu ini terdapat lokasi khusus dimana anda bisa membelinya.

Pengunjung pun bisa berbelanja di Pasar Bunga yang mana disini anda bisa berbelanja benih atau bibit yang nantinya bisa anda tanam sendiri di rumah. Dengan berbelanja berbagai keperluan untuk berkebun, Pasar Bunga yang ada di lokasi ini juga menjadi alternatif agar pengunjung tidak sembarangan untuk memetik bunga yang ada di lokasi tempat wisata tersebut.

2. Menonton Bioskop 4D

Hal lain yang bisa anda lakukan ketika menghabiskan waktu disini adalah dengan menonton bioskop 4D. Film yang anda saksikan di bioskop dalam kawasan Taman Rekreasi Selecta tentu saja akan mengusung konsep dan tema yang berbeda dibandingkan biasanya. Sebab pengunjung nantinya akan diajak seru seruan bersama dan menyaksikan sensasi berpetualang secara langsung.

Melalui konsep dari empat dimensi yang ditayangkan di bioskop, tentunya sensasi menonton film ini tidak hanya akan bisa anda dapatkan melalui indera penglihatan maupun pendengaran saja. melainkan, ada efek lain yang muncul bahkan gerakan yang anda rasakan secara langsung. Menonton film di bioskop ini akan menjadi pengalaman seru yang bisa anda dapatkan.

3. Bermain Perahu Ayun

Wahana lain yang bisa anda nikmati ketika menghabiskan waktu di lokasi satu ini adalah menaiki perahu ayun atau yang juga bisa disebut dengan kora kora. Wahana satu ini merupakan salah satu perahu besar yang membuat anda bisa berayun ke kiri dan kekanan. Jika anda ingin mencoba wahana yang menantang adrenalin dan berbeda, pastinya wajib mencoba wahana satu ini.

Tak hanya melatih keberanian saja, wahana satu ini juga akan membuat adrenalin menjadi terpacu. Bagaimana tidak, jika anda bermain di wisata satu ini, anda akan dibuat berayun ayun dengan sekitar 90 derajat di atas perahu. Apabila anda tidak ingin mencoba wisata yang basah basahan, maka bermain perahu ayun dapat anda jadikan pilihan.

Kegiatan Menarik Taman Selecta
Image Credit: Google Maps Frank Tipton

4. Menunggang Kuda

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bagi anda yang ingin menikmati indahnya wisata bunga di area Taman Selecta, bisa dilakukan dengan menunggang kuda. Kegiatan berkuda yang bisa anda lakukan di tempat ini, memang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak anak.

Disini, anda pun bisa memilih kuda yang ingin anda gunakan lantaran jumlahnya yang banyak. Untuk masalah keamanan anda pun tidak perlu khawatir, hal ini dikarenakan perlengkapan yang disediakan memang sangat lengkap. Mulai dari topi, sepatu hingga pengamanan sudah tersedia di wahana satu ini.

5. Berenang di Waterpark

Salah satu kegiatan yang disukai oleh anak anak adalah berenang. Di wisata satu ini juga terdapat kolam renang yang cukup luas dengan berbagai jenis perosotan di dalamnya. Jika anda ingin bermain basah basahan dengan si kecil, maka berenang di waterpark akan menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan saat berada disini.

Itulah beberapa keseruan yang bisa anda lakukan ketika berada di Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu. Bagi anda yang memang sedang penat dan butuh liburan, maka berwisata ke Selecta dapat menjadi salah satu hiburan yang bisa anda lakukan. Dengan mengajak keluarga maupun pasangan akan menjadi hal yang tentunya menyenangkan.