Taman Safari salah satu tempat wisata dan edukasi untuk mengenal satwa di Cisarua, Bogor. Pengunjung bisa bertemu dengan banyak koleksi satwa, alam yang asri dan berbagai wahana yang menarik, mulai dari safari siang hingga malam.

Harga Tiket: Mulai Rp 160.000, Jam Operasional: Pukul 09.00-17.30 WIB, Alamat: Jl. Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Berlibur sambil belajar menjadi salah satu agenda menghabiskan liburan yang menyenangkan. Terutama jika dihabiskan dengan orang tersayang, termasuk keluarga ataupun teman teman. Salah satu tempat yang cocok untuk liburan bersama keluarga adalah Taman Safari Bogor. Untuk menjelajah setiap sudut dalam ulasan berikut.

Sekilas Tentang Taman Safari Bogor

Tentang Taman Safari
Image Credit: Facebook.com @tamansafaribogor

Di Indonesia sendiri ada banyak taman safari yang bisa dikunjungi, dan Taman Safari Bogor termasuk dalam kebun binatang yang besar di Indonesia. Bagaimana tidak, Anda bisa menemukan lebih dari 280 spesies. Dari semua jenis spesies, setidaknya ada lebih 2500 satwa yang tinggal di Taman Safari Cisarua Bogor ini.

Tentu saja satwa yang dihadirkan berasal dari berbagai penjuru dunia. Taman safari sendiri sudah berdiri sejak tahun 1980 dan dijadikan sebagai pelestarian satwa langka. Dengan begitu, pengunjung tak hanya bisa berinteraksi dengan satwa yang ada. Tetapi juga mendapatkan tambahan pengetahuan terkait dengan habitat para satwa.

Memiliki luas area sekitar 168 hektar, kebun binatang ini juga ditumbuhi dengan berbagai tumbuhan. Membuatnya menjadi lebih asri dan tentu udaranya jauh lebih segar. Objek wisata satu ini juga selalu dipenuhi pengunjung, terutama ketika musim liburan tiba. Mengingat selain menjadi konservasi satwa, juga telah disulap sebagai wisata untuk keluarga.

Hewan yang ada memang sangat banyak, dan semua satwa tidak dibiarkan dalam satu kandang. Melainkan dibiarkan bebas berkeliaran di lingkungannya, lingkungannya sendiri dibuat sangat mirip dengan habitat aslinya. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri, karena pengunjung bisa berinteraksi lebih dengan satwa satwa yang ada.

Pengunjung akan berkeliling area taman safari dengan menggunakan bus ataupun mobil pribadi. Selain melihat dari balik kendaraan, di beberapa bagian pengunjung juga diperbolehkan untuk memberikan makan para satwa. Taman Safari Bogor sendiri termasuk bagian dari Taman Safari Indonesia yang sudah memiliki banyak cabang di Indonesia.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Safari

Daya Tarik Taman Safari
Image Credit: Google Maps (Mas Rouf)

Sebagai kawasan konservasi, taman Safari Cisarua tentu terus memperindah tampilannya. Mengingat selain jadi tempat bernaungnya para satwa juga menjadi tujuan wisata yang tak pernah sepi. Tidak hanya terus berupaya untuk menambah satwa agar koleksinya makin lengkap, Anda juga bisa menjajal berbagai wahana permainan yang disediakan di tempat wisata keluarga ini.

Setidaknya ada sekitar 20 jenis wahana permainan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Dimana beberapa di antaranya memang perlu biaya tambahan. Tetapi tetap ada wahana yang sudah termasuk dengan tiket masuk Karena nantinya yang akan Anda beli adalah tiket masuk terusan, yang artinya Anda bisa masuk wisata sekaligus menikmati wahana.

Berbagai kegiatan menarik juga ditawarkan di dalam taman Safari Cisarua ini. Selain wahana, Anda juga bisa menikmati pertunjukkan satwa edukatif yang sayang untuk dilewatkan. Kebun binatang yang mengusung konsep modern ini juga sudah dilengkapi dengan taman bermain air yang menyenangkan.

Daya tarik yang dimiliki oleh taman Safari Cisarua Bogor memang tidak hanya pada satwanya saja. sehingga jika Anda menghabiskan liburan di sini, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan liburan yang menyenangkan. Bahkan beberapa waktu yang lalu, menawarkan perjalanan menjelajah safari pada malam hari yang tak kalah seru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Safari Bogor

Alamat Taman Safari
Image Credit: Google Maps (Alif Babu)

Taman rekreasi ini berada di Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Kota Bogor. Lokasinya terbilang strategis, dan tak hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi saja. Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk tiba di taman safari satu ini. Rute menuju lokasi juga tidaklah sulit untuk dijangkau dari berbagai daerah.

Untuk Anda yang melakukan perjalanan dari Jakarta, Anda bisa menggunakan kendaraan umum berupa bus jurusan Bandung – Puncak. Nantinya ketika sudah tiba di pertigaan Taman Safari Cisarua, Anda bisa turun. Perjalanan Anda akan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum sekitar 10 menit.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa memanfaatkan KRL menuju Stasiun Bogor. Dari Stasiun Anda bisa berganti angkot hijau 02 untuk menuju sukasari. Dilanjutkan lagi dengan berganti angkutan biru 03 jurusan Cisarua. Dengan angkutan ini, Anda bisa turun di pertigaan Taman Safari dan berganti dengan angkutan umum untuk sampai di lokasi.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari Bandung, bisa menempuh rute sama jika menggunakan KRL. Selain itu juga bisa memanfaatkan bus jurusan Jakarta Puncak serta turun di pertigaan TSI. Sementara untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, dari arah Jakarta atau Bogor Anda bisa masuk ke Tol Jagorawi dengan roda empat.

Setelah itu, silahkan Anda keluar di Gadog maupun Ciawi. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju kawasan Cisarua Puncak. Sampai di Jalan raya Puncak, Anda bisa mengambil arah belok kanan untuk sampai di Jl. Taman Safari. Ikuti saja jalan yang ada, kurang lebih sekitar 2 km Anda akan menemukan tujuan Anda.

Bagi wisatawan yang melakukan perjalanan dari bandung, Anda bisa menggunakan tol Purbaleunyi. Dari tol ini, Anda pilih saja keluar di Padalarang. Setelah keluar tol, Anda bisa mengikuti Jl. Labuan Cianjur. Dari jalan ini, silahkan lurus ke arah Cisarua Puncak. Sampai akhirnya Anda menemukan pertigaan dengan tulisan TSI dan belok kiri.

Perjalanan menuju Taman Safari bogor ini memang tidaklah sulit. Anda bisa mengandalkan GPS yang terpasang di smartphone masing masing. Petunjuk jalan untuk menuju lokasi juga sudah memadai. Medan untuk menuju taman safari juga sudah memadai dan bagus, sehingga Anda tak perlu khawatir tersesat.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Taman Safari

Harga Tiket Taman Safari
Image Credit: Google Maps (Emjet)

Untuk Harga Tiket Masuk Taman Safari Bogor dibedakan menjadi dua, yakni safari siang dan safari malam. Selain itu, harga tiket antara wisatawan domestik dan juga mancanegara juga akan berbeda. Bagi Anda yang merupakan wisatawan lokal dan akan berkunjung saat weekday, harga tiketnya sekitar Rp 160 ribu sampai Rp 170 ribu untuk anak anak 1 sampai 5 tahun.

Sementara untuk pengunjung dewasa akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp 185 ribu sampai dengan Rp 195 ribu. Harga tiket yang dibeli secara online akan lebih terjangkau dibandingkan dengan Anda yang membelinya secara on the spot. Bagi pengunjung internasional harga tiket pada weekday berkisar Rp 350 ribu sampai Rp 400 ribu.

Harga tiket masuk tersebut juga akan mengalami kenaikan untuk akhir pekan dan juga hari libur nasional. Ada juga masa masa high season yang harganya juga akan cenderung naik. Dengan membayar sejumlah dana tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan beberapa fasilitas. Seperti masuk safari Journey, Kubah Burung, Wahana Permainan hingga Curug Jaksa.

Selain mengetahui harga tiketnya, Anda juga harus tahu jam operasional taman safari satu ini. Mengingat Anda tidak hanya bisa mengunjunginya di Siang hari, Anda juga bisa merasakan keseruan menjelajah safari pada malam hari. taman Safari Bogor sendiri akan buka setiap hari, mulai dari Senin hingga hari Minggu.

Pada hari biasa, taman safari akan buka mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.30 WIB. Sementara pada akhir pekan, akan buka lebih awal yakni pukul 08.30 WIB. Sekalipun buka lebih awal di akhir pekan, jam tutupnya akan sama saja. akan lebih baik jika Anda berangkat pagi, dengan begitu Anda tak akan melewatkan setiap sudut dari taman safari ini.

Pembelian tiket memang bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi situs resmi dari taman safari Indonesia Bogor. Pembelian tiket secara online tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan kartu tanda pengenal seperti KTP untuk prosesnya. Berbagai pilihan pembayaran juga bisa Anda pilih.

Pastikan Anda mengetahui perbedaan safari siang dan malam sebelum membeli tiket. Safari siang, Anda akan mengelilingi kawasan hutan pada siang hari dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus. Sementara pada malam hari, Anda akan diajak berpetualang di alam terbuka. Anda bisa berkeliling dan melihat satwa secara langsung dengan kereta terbuka.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Safari Bogor

Aktivitas di Taman Safari
Image Credit: Google Maps (Mommy Mumemo)

1. Berkeliling Kebun Binatang

Hal pertama yang pasti dilakukan ketika Anda menghabiskan liburan di Taman Safari Cisarua ini adalah berkeliling kebun binatang. Aktivitas satu ini menjadi aktivitas yang paling favorit, Anda bisa mengikuti Safari Journey. Dimana Anda akan diajak berkeliling taman dan bertemu dengan hewan hewan langka yang ada di habitatnya.

Setidaknya menghabiskan waktu sekitar 45 menit untuk bergabung dengan tour ini. Apalagi yang membuat taman safari ini menyenangkan, hewannya tidak terkurung di dalam kandang. Melainkan berkeliaran pada zonanya masing masing dan pengunjung akan dibawa makin ke dalam hutan. Di dalam hutan, Anda bisa menemukan zona hewan buas seperti harimau atau singa.

2. Menjajal Wahananya

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, bahwa Taman Safari Bogor memang menawarkan banyak wahana yang menarik. Setidaknya ada sekitar 20 wahana yang bisa Anda jajal yang memiliki usia berbeda. Untuk anak anak, Anda bisa mengajaknya untuk menaiki angsa terbang, Crazy plane maupun speedway.

Wahana orang dewasa yang tak kalah asik untuk dicoba adalah Z Force Tower dan Space Shuttle. Wahana yang bisa dinaiki secara umum seperti sepeda layang atau boom boom car juga menarik. Anda yang masih ingin berinteraksi dengan binatang, bisa mencoba elephant Safari Trails juga Kreta unggang. Kereta gantung ataupun 4D Rider juga tidak perlu membayar lagi.

3. Menyaksikan Pertunjukkan Satwa

Pertunjukkan satwanya terdiri dari pertunjukkan baby zoo dan juga satwa edukatif. Bagi Anda yang ingin berfoto dengan hewan buas tapi takut, area baby zoo sangat cocok untuk jadi tujuan. Karena Anda bisa berfoto dengan bayi macan, harimau ataupun orang utan. Anda bahkan bisa langsung berinteraksi dengan bayi satwa yang begitu menggemaskan ini.

Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan mengunjungi pertunjukan satwa edukatif. Di taman safari ini, ada setidaknya 9 pertunjukkan yang diperankan satwa terlatih. Pertunjukkan satu ini sangat sayang untuk dilewatkan. Masing masing satwa akan memiliki jadwal show sendiri, mulai dari Dolphin, Tiger dan juga Lion bahkan Burung.

Aktivitas Taman Safari
Image Credit: Instagram.com @yesti_noviz80

4. Bermain di Wahana Airnya

Puas berinteraksi dengan hewan, Anda bisa bermain di wahana airnya. Wahana air ini memiliki banyak permainan seru yang membuat kegiatan berenang semakin menyenangkan. Jajaran slider yang menantang bisa Anda jajal agar semakin seru. Anda juga bisa mengambil beberapa foto cantik di sekitaran taman air ini.

5. Menikmati Panorama dari Balon Udara

Ketika berlibur ke taman Safari Bogor, Anda tak boleh melewatkan menikmati wahana satu ini. Ada Balon Udara yang menawarkan pemandangan hijau dari ketinggian sekitar 40 meter. Di dalam balon udara ini akan menampung 6 orang dan bisa mengudara selama 10 menit. Tak perlu khawatir, nantinya akan ditemani oleh instruktur sehingga aman.

6. Trekking

Taman rekreasi ini juga menawarkan kegiatan outbond yang menarik dijajal. Mak Anda bisa mengunjungi Safari trek, terutama bagi Anda yang senang dengan kegiatan trekking ataupun hiking. Dengan pemandu profesional Anda akan diajak untuk menyusuri hutan. Selain itu juga mencoba flying fox ataupun rope climbing.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Safari Bogor

Fasilitas Taman Safari
Image Credit: Google Maps (Erwin Destian)

Selain bisa bertemu dengan banyak hewan, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Ada beberapa fasilitas rekreasi yang bisa Anda temukan, yakni danau buatan, kincir raksasa hingga baby zoo. Anda bisa berkeliling menggunakan bus safari, atau memanfaatkan alat transportasi di dalam seperti kereta mini yang akan lewat di kampung Afrika.

Atau Anda juga bisa menjajal kano maupun sepeda air. Fasilitas bermain juga disediakan seperti bom bom car, rumah setan, komedi putar hingga gokart. Selain fasilitas wisata, Anda juga bisa menemukan fasilitas pendukung lainnya. Diantaranya adalah toilet dan juga tempat ibadah. Yang tentunya dalam kondisi baik dan memadai untuk digunakan.

Anda yang tidak membawa bekal juga tidak masalah, karena Anda tetap bisa menemukan cafe maupun restoran. Sehingga Anda bisa sekalian kulineran jika mengunjungi tempat wisata keluarga di Bogor ini. Karena ada banyak kuliner yang lezat juga mengenyangkan yang bisa Anda cicipi ketika ada di sini.

Nantinya sebelum pulang, Anda juga bisa sekalian berburu oleh oleh. Mengingat di taman safari Bogor terdapat outlet yang menyediakan banyak souvenir lucu. Anak anak bisa membeli boneka hewan ataupun pakaian khas Taman Safari Cisarua. Kegiatan ini tentunya akan membuat perjalanan menjelajah taman safari ini semakin lengkap.

Bagi Anda yang ingin lebih lama di area taman safari, Anda bisa bermalam di resortnya. Taman Safari Bogor memang menyediakan akomodasi berupa Safari Lodge yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Setidaknya ada 50 unit kamar dengan beberapa cottage, caravan hingga villa. Berbagai fasilitas menarik juga bisa ditemukan di hotel ini.

Tidak hanya Safari Lodge, Anda juga bisa menjadikan Royal Safari Resort sebagai tempat bermalam. Anda akan merasakan bermalam di tengah hutan yang begitu hijau. Tersedia 317 kamar yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Lokasinya juga masih berada di area Taman Safari sehingga akan sangat membantu Anda.

Selain bisa menginap di hotel yang menjadi naungan Taman Safari, Anda juga bisa menemukan banyak penginapan atau hotel sekitar. Manfaatkan saja situs pemesanan hotel agar lebih mudah. Harga yang ditawarkan juga beragam dan bisa disesuaikan dengan kantong Anda. Bahkan dengan harga Rp 140 ribu Anda sudah bisa menginap.

Mengunjungi Taman Safari Bogor, Anda akan diajak untuk mengenal binatang sekaligus melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Dijamin kegiatan liburan bersama keluarga ataupun teman teman akan berkesan. Apalagi taman safari ini termasuk taman safari paling besar yang sudah dikemas dengan modern.