Harga Tiket: Rp 16.000, Jam Operasional: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Berpetualang untuk membuat diri kita menjadi lebih berwarna dan juga gembara, salah satunya menyempatkan diri untuk jalan-jalan di area terbuka. Jika anda saat ini ingin datang ke Cianjur, maka tidak ada salahnya untuk menyempatkan datang ke Taman Sakura Cibodas. Dimana tempat wisata yang keren ini menawarkan banyak keindahan alam dan juga berbagai keunikan lainnya.

Jangan salah, tempat wisata yang satu ini juga menyimpan banyak fasilitas yang memadai. Bahkan berbagai daya tarik lainnya juga patut untuk di apresiasi jika datang ke taman cantik ini. Bagi anda yang penasaran lebih detail terkait tempat wisata yang anggun dan menyegarkan mata ini simak detailnya di bawah.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Sakura Cibodas

Daya Tarik Taman Sakura Cibodas
Image Credit: Google Maps Firdaus M Noor

1. Memiliki Taman Sakura Ala Negara Jepang

Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini juga memiliki daya tarik yang paling utama terkait Bunga Sakura ala Jepang. Untuk lokasi dari daya tarik utama ini ada di bagian pintu masuk taman ini. Maka dari itu, jika anda baru masuk ke lokasi, bakal langsung disambut hangat oleh berbagai macam Bunga Sakura yang bagus ini.

Umumnya Bunga Sakura yang ada di lokasi wisata Taman Sakura Cibodas ini bakal mulai mekar sekitar 2 hingga 3 kali saja. Biasanya bakal berbunga pada waktu tertentu saja. Maka jika beruntung pasti anda bakal terpukau dengan warna dan juga keindahannya. Bahkan tidak jarang banyak orang yang mengabadikan momen menarik bersama orang tersayang di area yang satu ini.

2. Mempunyai Pesona Air Terjun Cibeureum

Meskipun area ini disebut dengan taman, namun jika anda datang ke lokasi wisata ini bakal dibuat terpukau dengan adanya air terjun yang menyegarkan. Nama air terjun tersebut biasa disebut dengan Cibeureum. Air yang ada dalam air terjun ini sangatlah jernih dan pasti nya juga sejuk. Dimana tidak jarang banyak orang yang akhirnya datang ke lokasi Taman Sakura Cibodas ini sambil bermain air.

Sebelum itu, sebagai informasi tambahan kini Air Terjun Cibeureum berada dalam ketinggian kurang lebih sekitar 1676 mdpl. Lalu untuk ketinggiannya sendiri bisa mencapai 50 meter. Biasanya untuk bisa mencapai lokasi para pengunjung harus mendaki dengan jalur pendakian ke Gunung Gede. Jangan khawatir untuk jalur pendakian ini masih bisa dikatakan tidak membahayakan.

3. Terdapat Jalan Air yang Memukau

Tidak hanya air terjunnya yang indah, namun jika anda datang ke lokasi ini juga bakal di suguhkan dengan jalan air yang memanjakan mata. Taman ini memiliki wahana air yang bisa digunakan untuk akses jalan. Dimana untuk air ini sendiri diambilkan dari Sungai Cibogo yang lokasinya tidak jauh dengan Taman Sakura Cibodas.

Pengelola kini mulai merubah aliran sungai yang ada di lokasi wisata ini menjadi wahana air yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Terutama untuk anak-anak. Biasanya anak-anak bakal bermain di sekitar lokasi ini dengan asyik dan kondisi lingkungan yang nyaman. Namun di satu sisi pengawasan orang tua juga harus memiliki peran penting bagi keselamatan anak-anaknya.

4. Dapat Menyaksikan Bunga Bangkai Raksasa

Daya tarik lainnya yang bisa anda nikmati jika datang ke lokasi wisata keren ini adalah mampu menyaksikan keindahan bunga bangkai raksasa. Perlu digaris bawahi, bahwasannya untuk bunga bangkai yang satu ini didatangkan secara langsung dari daerah Jambi dan pastinya juga memiliki ciri khas dengan aroma yang busuk.

Tanaman bunga bangkai ini di bawa ke lokasi wisata Taman Sakura Cibodas kurang lebih sekitar tahun 2000an dan bakal berbunga setiap 4 tahun sekali. Dalam sebuah catatan menunjukkan, bahwasannya untuk bunga bangkai ini di tahun 2018 sudah memiliki ketinggian sekitar 3 meter, sedangkan sekarang bisa jauh lebih tinggi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Sakura Cibodas
Image Credit: Google Maps erwan prasetyo

Setelah anda paham dengan daya tarik yang ditawarkan, maka kini saatnya untuk menggali lebih dalam lagi tentang alamat dan juga rute lokasi. Dimana untuk alamat detail lokasi wisata yang satu ini berada di Kebun Raya Cibodas, kawasan Cianjur, Jawa Barat. Dimana mana ia menyajikan banyak keindahan alamnya.

Lalu untuk rute menuju ke lokasi taman wisata ini bisa langsung diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, mobil, atau bahkan juga carteran seperti bus. Untuk bisa sampai ke lokasi Taman Sakura Cibodas ini, anda bisa langsung melihat papan penunjuk jalan yang ada di pinggir jalan atau bahkan juga bisa memanfaatkan maps.

Harga Tiket Masuk Taman Sakura Cibodas

Harga Tiket Masuk Taman Sakura Cibodas
Image Credit: Google Maps Firdaus M Noor

Lalu bagaimana dengan harga tiket dan juga jam operasionalnya? Setelah paham dengan daya tariknya yang kian memukau, maka untuk harga tiket jangan anda kira mahal. Untuk harga tiket di lokasi wisata yang satu ini bisa dikatakan tergolong terjangkau. Mengapa demikian demikian? Karena untuk setiap orangnya hanya di tarif sekitar 16 ribuan saja dan parkir 5 ribuan.

Jam operasional di tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan panjang. Dimana anda bakal bisa menikmati pemandangan dan juga berbagai macam fasilitasnya mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore. Namun biasanya banyak orang yang datang ke Taman Sakura Cibodas ini mulai jam 8 pagi saat suhu udara masih sangat sejuk dan pastinya juga bersih.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Sakura Cibodas

Kegiatan Menarik Taman Sakura Cibodas
Image Credit: Google Maps Terryana Evi

1. Menyaksikan Tanaman yang Sudah Tumbuh Puluhan Tahun

Salah satu aktivitas yang bisa nad nikmati jika jalan-jalan ke wilayah Taman Sakura Cibodas adalah bisa menyaksikan tanaman yang sudah tubuh beberapa puluh tahun yang lalu. Salah stau tanaman yang dimaksud adalah Araucaria. Pohon yang rindang tersebut sudah ada sejak tahun 1866. Jika dihitung total usianya sudah mencapai 150 tahunan.

Tanaman unik ini berada di spot Araucaria Avenue yang mana jalannya dipenuhi dengan bebatuan tersusun rapi. Araucaria ini terlihat masih nampak hijau dan pastinya juga terawat dengan baik. Karena ia sudah tumbuh cukup lama, maka banyak juga pengunjung yang datang ke objek wisata ini hanya ingin mengabadikan momen di bagian ini.

2. Bermain Air Terjun yang Jernih

Aktivitas lain yang bisa dilakukan jika berkunjung ke lokasi wisata Taman Sakura Cibodas di Cianjur adalah bermain air terjun yang terkenal sangat jernih. Selain jernih, air ini juga memiliki suhu yang sejuk, sehingga sangat cocok untuk refreshing dan menghilangkan penat yang ada di otak. Tidak jarang juga, banyak orang yang datang ke lokasi ini membawa pakaian untuk berenang ke lokasi.

Namun perlu diingat bahwasannya jika anda ingin berenang atau menikmati air di kawasan air terjun atau sumber yang ada di lokasi ini, amka jangan lupa untuk tetap berhati-hati. Peran orang tua juga sangat penting jika ingin berkunjung ke taman nan indah ini. Pastikan anda juga harus melihat arus di lokasi tersebut. Jika arusnya deras, sebaiknya naik menghindari hal yang tidak diinginkan.

Kegiatan Menarik di Taman Sakura Cibodas
Image Credit: Google Maps Maeen Alfaqeeh

3. Menyaksikan Berbagai Tanaman yang Segar

Berbagai macam aktivitas lain yang bisa di lakukan adalah dengan menyaksikan banyak tanaman yang masih segar. Berbagai macam tanaman yang dimaksud tersebut antara lain yang pasti adalah bunga sakura. Tanaman lainnya yang tidak kalah penting untuk dilihat adalah di area taman lumut. Disana anda bakal menjumpai banyak spesies lumut kurang lebih mencapai 235 jenis.

Lokasi dari taman lumut ini menjadi pusat dari berbagai macam spesies bunga dari berbagai macam negara, mulai dari Jepang hingga China. Bahkan anda juga bisa menyaksikan tanaman paku yang memiliki jumlah kurang lebih sekitar 34 jenis yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Maka jika anda datang ke Taman Sakura Cibodas, sebaiknya membawa kamera untuk berfoto.

4. Mengabadikan Momen Menarik

Kegiatan menarik lain yang bisa anda lakukan di Taman Sakura Cibodas adalah dengan mengabadikan momen menarik bersama dengan orang tersayang. Selain banyaknya spot foto di lokasi, anda juga bisa mengabadikan berbagai spot taman yang ada di lokasi ini. Mulia dari taman bunga, taman tumbuhan paku, kumut, air terjun, dan masih banyak yang lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Sakura Cibodas
Image Credit: Google Maps Melly Hadinata

Setelah anda paham dengan berbagai aktivitas yang disuguhkan oleh tempat wisata yang satu ini, maka kini saatnya untuk menggali lebih dalam terkait fasilitas yang disediakan. Dimana untuk fasilitas yang disediakan antara tempat parkir yang luas, berbagai spot foto dan daya tarik lainnya.

Tidak hanya itu saja, bagi anda yang datang dari luar kota, maka juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas lain yang disediakan, salah satunya penginapan. Dimana untuk penginapan yang ada di kawasan wisata ini tergolong terjangkau, tergantung dengan fasilitas yang dibutuhkan wisatawan. Tidak hanya itu, disana juga banyak berjajaran kuliner dengan rasa yang khas serta terjangkau.

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjabaran lengkap di atas adalah bahwa kini ada empat daya tarik yang bisa anda nikmati jika datang ke Taman Sakura Cibodas. Keempat daya tarik tersebut adalah memiliki taman ala negara Jepang, mempunyai pesona Air Terjun Cibeureum, terdapat jalan air yang memukau, dan dapat menyaksikan bunga bangkai raksasa.

REKOMENDASI DESTINASI