Taman Satwa Cikembulan Garut, Destinasi Terbaik Saat Liburan

Taman Satwa Cikembulan Garut

Lokasi: Cikembulan, Kec. Kadungora, Kab. Garut.
MapCek Lokasi

Berwisata bisa dilakukan dengan banyak cara, apalagi saat ini sudah sangat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam, hiburan hingga sekelas kebun binatang yang juga tak kalah seru. Terutama jika dalam liburan anda mengajak buah hati, tentunya bisa menjadi lahan untuk belajar.

Di Garut terdapat Taman Satwa Cikembulan yang menawarkan banyak hal dan pastinya lebih seru. Selengkapnya, simak ulasannya berikut.

Berwisata ke Kebun Binatang Cikembulan

Berwisata ke Kebun Binatang Cikembulan

Image Credit: Rri.co.id

Kebun Binatang satu ini diberikan nama Cikembulan karena memang letaknya berada di Desa Cikembulan. Memiliki koleksi satwa yang terbilang lengkap membuat tempat ini bisa dijadikan sebagai alternatif bagi anda yang memang ingin liburan. Terutama jika anda ingin liburan bersama keluarga dengan anak anak di dalamnya. Dijamin akan membuat si kecil merasa senang akan liburan kali ini. Apalagi juga bisa dijadikan wisata edukasi untuk mengenal satwa.

Berawal dari usaha dan juga kreativitas warga setempat, kini taman satwa Cikembulan menjadi daya tarik wisawatan. Menawarkan suasana yang nyaman dengan alam pedesaan yang masih kental menjadi daya tarik tersendiri. Taman Satwa ini hampir mirip dengan kebun binatang pada umumnya, hanya saja tidak memiliki koleksi hewan berukuran besar. Sehingga anda tidak akan menjumpai hewan seperti Gajah, Badak, Jerapak dan yang besar lainnya.

Taman Satwa ini di buka untuk umum dari tahun 2009 silam dan telah ada sejak tahun 1998. Hingga kini masih belum diketahui mengapa taman ini tidak dibuka untuk umum sejak lama. Yang pasti saat ini sudah terdapat banyak sekali hewan yang menjadi koleksinya. Beberapa di antara merupakan satwa yang dilindungi dan juga yang tidak dilindungi. Sehingga anda bisa melihat banyak binatang dengan mengunjungi taman satwa di Garut ini.

Saat ini sudah ada sekitar 465 satwa yang terdiri 108 spesies berbeda. Mulai dari mamalia seperti kangguru, beruang madu, rusa tutul hingga lainnya. Kemudian juga ada beberapa spesies reptil seperti buaya dan ular. Spesies primata seperti siamang, lutung merah dan juga jenis aves bisa anda temui di sini. Populasi hewan langka seperti Harimau Sumatra dan juga Macan Tutul Jawa juga bisa anda temui. Apalagi panorama di dalamnya juga terbilang indah dan menyenangkan.

Daya Tarik Taman Satwa Cikembulan

Daya Tarik Taman Satwa Cikembulan

Image Credit: Radarpriangan.com

Hal yang membuat tempat ini memiliki keunikan tersendiri adalah adanya orang utan asal Kalimantan. Orang Utan ini akan sengaja ditempatkan di kandang yang cukup terbuka. Sehingga pengunjung juga bisa berinteraksi dengan mamalia satu ini. Bahkan anda bisa mengajaknya berfoto ataupun bermain. Selain itu Taman Satwa satu ini juga sukses mengembangbiakkan beberapa bintang baik dari dalam negeri hingga luar negeri.

Tentunya akan membuat anda bisa bertemu dengan keluarga dari satwa satwa ini. Selain itu anda juga akan menjumpai bebek maupun ayam yang dibiarkan berkeliaran tanpa kandang. Karena memang tempat ini sering dijadikan sebagai wisata edukasi anak anak yang ingin lebih dekat dengan binatang. Suasananya yang asri semakin menambah daftar panjang alasan tempat ini harus anda kunjungi. Selain satwanya yang terbilang banyak dan beragam.

Belum lagi anda juga bisa menikmati hamparan sawah penduduk yang membuat suasana di dalam taman satwa ini makin nyaman. Tempat ini juga cocok untuk berburu foto foto yang cantik, entah berlatar belakang pemandangan ataupun hewan yang ada. Untuk itu, anda jangan lupa untuk menyiapkan kamera terbaik anda ketika mengunjungi taman satwa ini. Dijamin anda akan puas dengan suasana maupun foto yang anda ambil.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Satwa Garut

Fasilitas yang Tersedia di Taman Satwa Garut

Image Credit: Armitafibri.com

Tak hanya bisa menikmati isi dari taman satwa, anda bisa juga menikmati fasilitas yang turut disematkan. Tentunya untuk membuat pengunjung bisa nyaman ketika mengunjungi taman satwa satu ini. Seperti fasilitas paling umum dan dibutuhkan yakni toilet, tempat ibadah maupun lahan parkir. Fasilitas ini sudah bisa anda nikmati dan disediakan dalam keadaan yang memadai dan pastinya terjaga kebersihannya.

Di Taman Satwa ini anda akan menemukan warung makan yang bisa memanjakan perut dan juga lidah anda. Apalagi menu yang mereka tawarkan juga beragam. Anda akan menemukan kuliner khas Sunda, Jawa bahkan makanan yang berasal dari luar negeri. Di beberapa tempat yang dekat dengan saung, anda juga bisa menikmati hidangan dengan melihat ikan atau memberinya makan. Pastinya akan membuat anda lahap dalam melahapnya.

Selain itu, bagi anda yang berasal dari luar kota atupun ingin menikmati nuansa pedesaan lebih lama. Anda bisa menginap di penginapan yang telah disediakan dan masih satu area. Beberapa penginapan di sekitarnya juga bisa jadi pilihan, apalagi memiliki pemandangan langsung untuk melihat Gunung Harimun. Fasilitas penginapan juga terbilang lengkap dan juga memanjakan pengunjung. Ada fasilitas pendopo untuk anda yang ingin melakukan acara.

Ada beberapa wahana yang bisa anda jajal ketika mengunjungi taman satwa ini. Mulai dari area mamancing, berkuda, permainan untuk anak anak, bebek air dan juga ATV. Terdapat pula kolam yang berisikan ikan ikan kecil untuk terapi relaksasi para pengunjung. Jangan lupakan adanya taman yang memiliki kreasi kapal pesiar Titanic. Kapal ini juga dilengkapi dengan jembatan yang bisa digunakan untuk bermain.

Harga Tiket & Lokasi Taman Satwa Cikembulan

Harga Tiket & Lokasi Taman Satwa Cikembulan

Image Credit: Jabar.indonesiaraya.co.id

Untuk berkenalan dengan satwa yang ada, anda tak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Harga tiket di tempat ini akan dibedakan berdasarkan usia dari pengunjungnya. Dimana untuk anak-anak membayar sekitar Rp. 20 ribuan dan untuk orang dewasa Rp. 30 ribuan. Harga ini tentunya bisa berubah sewaktu waktu terutama saat akhir pekan atau musim liburan, tergantung dari kebijakan dari pengelolanya.

Untuk jam operasionalnya, anda bisa berkunjung di jam di pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Akan buka setiap hari sehingga anda bisa datang kapan asalkan di jam operasionalnya. Namun alangkah baiknya jika anda datang saat hari biasa, mengingat ketika akhir pekan akan ramai pengunjung. Saat hari biasa anda akan bisa menikmati berjalan jalan dengan lebih santai dan jika ingin mencoba wahana tidak perlu untuk mengantri.

Alamat lengkap dari Taman Satwa Cikembulan berada di Kampung Jatim, Desa Cikembulan, Kec. Kadungora, Garut. Anda hanya perlu menempuh sekitar 16 km dari pusat kota Garut. Berada di lokasi yang strategis juga akan membuat anda mudah untuk menjangkaunya. Selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, anda juga bisa menggunakan kendaraan umum berupa bus. Ada beberapa bus yang bisa membawa anda untuk sampai di Taman Satwa ini.

Pastinya akan menyenangkan jika mengajak buah hati untuk melihat satwa dari dekat. Selain sebagai sarana edukasi juga bisa menjadi refreshing untuk keluarga anda. Mengingat Taman Satwa ini tak hanya memiliki koleksi satwa yang banyak, namun juga menawarkan suasan pedesaan yang akan membuat anda betah. Jadi tertarik untuk mengunjungi tempat ini ketika ke Garut?