Taman menjadi salah satu tempat yang dipilih banyak orang untuk refreshing dan menghilangkan rasa lelah. Jika berada di Semarang, tidak ada salahnya mengunjungi beberapa tamannya yang keren dan memiliki daya tarik.

Bila berlibur dan berjalan-jalan di Semarang, kebanyakan orang akan menyebut Masjid Agung Jawa Tengah, Lawang Sewu, atau Pantai Marina sebagai tujuan wisata mereka. Padahal sebagai salah satu kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, Kota Semarang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Sebut saja beberapa taman di Kota Semarang ini, cocok untuk dijadikan tempat refreshing menghilangkan penat atau tempat terbaik mengisi akhir pekan bersama keluarga. Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Taman Bunga Setiya Aji Bandungan

Image Credit: Enaknyakemana.com

Taman pertama yang wajib dikunjungi untuk melepas penat ketika berada di Semarang, yaitu Taman Bunga Bandungan. Daya tarik dari taman ini terletak pada bunga krisannya, yang ditanam dengan konsep flower farm. Setiya Aji sendiri, sebenarnya merupakan nama seseorang yang menggagas ide taman tersebut. Bekerja sama dengan para petani daerah setempat, Setiya Aji membangun taman indah yang terletak di Desa Jetis, Kabupaten Semarang ini.

Taman bunga yang berada di kawasan lereng gunung ini, nampak menawan dengan pesona warna-warni hamparan bunga krisan. Dari bunga yang berwarna putih, merah, hingga kuning, ditanam berdekatan bisa anda nikmati. Cocok sebagai tempat anda berfoto ria bersama dengan keluarga maupun teman. Tidak hanya menikmati hamparan bunga dan berfoto ria, anda juga diperbolehkan membawa pulang beberapa tangkai bunga krisan dengan cara membelinya.

Lokasi: Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

2. Taman Djamoe Indonesia

Image Credit: Semarangcoret.com

Tidak hanya sebagai tempat untuk menghilangkan penat, taman satu ini juga bisa menjadi tempat anda untuk mempelajari segala hal tentang jamu. Biasanya banyak rombongan anak sekolah yang berwisata edukasi ke taman ini. Tak hanya itu, taman yang terletak di Kelurahan Bergas Kidul ini juga memiliki banyak spot foto yang menarik. Fasilitasnya pun terbilang cukup lengkap. Banyak tempat sampah yang disediakan di mana-mana, juga mushola yang cukup luas.

Taman Djamoe Indonesia (TDI) dilengkapi juga dengan beberapa fasilitas wisata seperti rumah kaca. Di rumah kaca ini, pengunjung dapat mengenal berbagai macam tanaman obat asli dari Indonesia. Terdapat sekitar 600 spesies tanaman obat yang ditanam di rumah kaca ini. Beberapa tanaman obat yang bisa anda temukan antara lain kayu rapet, gempur batu, hingga tumbuhan landik. Tidak lupa, anda juga bisa mencicipi nikmatnya jamu yang menyehatkan.

Lokasi: Jl. Raya Semarang Bawen KM. 28, Bergas Kidul, Kemloko, Kec. Bergas, Semarang.

3. Taman Tabanas

Taman Tabanas
Image Credit: Kulinermedia.blogspot.com

Taman Tabanas merupakan taman selanjutnya yang cocok untuk anda jadikan tempat refreshing. Berada di kawasan perbukitan Gombel, membuat taman satu ini sebagai salah satu destinasi favorit untuk menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian. Malam hari menjadi waktu yang paling disukai para pengunjung untuk mampir ke taman tersebut. Gemerlap cahaya akan terlihat begitu indah dan mempesona dari atas Taman Tabanas.

Selain dapat bersantai mengaggumi keindahan Kota Semarang, di sini juga terdapat banyak kuliner yang bisa anda coba. Kuliner malam hari yang populer tersedia di sini, seperti kopi hangat, pisang bakar, jagung bakar dan roti bakar. Menikmati hidangan ala resto pun bisa anda lakukan. Di area ini terdapat beberapa restoran yang cukup besar dengan hidangan yang lezat. Tanam Tabanas bisa menjadi alternatif untuk anda menghabiskan malam hari di Kota Lumpia ini.

Lokasi: Jl. Setia Budi No.12, Ngesrep, Kec. Banyumanik, Kota Semarang.

4. Kampoeng Wisata Taman Lele

Image Credit: Klikalkautsar3.blogspot.com

Salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi bersama keluarga di Semarang, adalah Kampoeng Wisata Taman Lele. Taman ini merupakan kolam buatan yang ditambah dengan berbagai fasilitas untuk memanjakan pengunjungnya. Fasilitas seperti sepeda air, gazebo, kolam renang, kolam ikan, dan berbagai pemainan untuk anak-anak. Bahkan beberapa satwa seperti merak, buaya, berbagai jenis burung, hingga ular python dipelihara dan bisa anda temui di sini.

Tak hanya itu, anda yang datang dari luar kota juga dimanjakan dengan berbagai fasilitas lainnya. Seperti area parkir yang cukup luas, hingga bisa menampung beberapa bus atau kendaraan lainnya. Kampoeng Wisata Taman Lele juga memiliki penginapan, yang dilengkapi AC juga TV dan harganya pun cukup terjangkau. Kemudian terdapat restoran, yang menyediakan banyak makanan lezat yang bisa anda nikmati saat bermalam di destinasi satu ini.

Lokasi: Jl. Walisongo No. 10, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang.

5. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia
Image Credit: Republika.co.id

Satu lagi taman bunga yang ada di Semarang, yaitu Taman Bunga Celosia. Kawasan wisata satu ini terbagi menjadi 3 zona. Yaitu Taman Bunga Celosia, Celosia Happy & Fun, dan Museum Selfie Celosia. Oleh karena itu, di tempat ini anda tak hanya bisa menikmati taman bunga saja. Ada segudang spot foto selfie cantik seperti White Marine Park, Miniatur Landmark, Piramida Kaca, Little Korea, Little Amsterdam, Taman Lampion, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

6. Taman Wisata Puri Maerokoco

Taman Wisata Puri Maerokoco
Image Credit: Semarangplus.com

Jika di Jakarta ada Taman Mini Indonesia Indah (TMII), maka Semarang memiliki Taman Wisata Puri Maerokoco. Banyak pengunjung yang menyebut taman ini sebagai TMII nya Jawa Tengah. Di destinasi wisata satu ini, anda bisa menyaksikan miniatur berbagai tempat wisata. Miniatur rumah adat dari berbagai daerah di Jawa Tengah pun bisa anda temukan. Ada juga hasil kerajinan dari masing-masing daerah yang turut dipajang.

Dengan wahana yang dimiliki tersebut, tak heran bila berkunjung ke Taman Maerokoco seolah sudah berkeliling Jawa Tengah. Mulai dari Candi Borobudur, Masjid Agung Demak, Masjid Mantingan, hingga Masjid Menara Kudus sudah bisa anda saksikan melalui miniaturnya. Sebagai pelengkap, dibangun juga fasilitas hiburan seperti kereta gantung, carousel, kolam renang, dan lain-lain yang akan membuat liburan anda semakin menyenangkan.

Lokasi: Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang.

7. Taman Srigunting

Taman Srigunting
Image Credit: Arlisajati.blogspot.com

Di kawasan Kota Lama Semarang, terdapat sebuah taman yakni Taman Srigunting. Dulunya, taman ini adalah sebuah panggung parade yang kerap kali dijadikan tempat pertunjukan. Namun kini tempat tersebut beralih fungsi menjadi sebuah ruang terbuka. Taman ini menjadi salah satu tempat untuk berkumpul atau kegiatan komunitas. Anda bisa sekedar duduk-duduk di sana sembari beristirahat setelah berkeliling Kota Lama.

Lokasi: Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

8. Taman KB

Taman KB
Image Credit: Meisakamalia.blogspot.com

Tujuan utama taman di Semarang satu ini dibangun yaitu untuk mempercantik Kota Semarang. Termasuk dalam proyek Taman Indonesia Kaya, taman ini menambah keasrian sekaligus sebagai paru-paru Kota Semarang. Karena kesejukannya, anda dapat menjadikan taman ini sebagai salah satu alternatif tempat untuk melepaskan rasa lelah. Anda juga bisa menemukan lampu taman yang indah, lahan untuk berolahraga, hingga tempat bermain.

Dulunya taman ini diberi nama Taman Menteri Supeno, sesuai nama daerahnya yaitu Jalan Menteri Supeno. Kini taman bersebut berubah nama menjadi taman KB. Sesuai dengan namanya yang sekarang, terdapat patung seorang Ibu dan Dua anaknya yang menjadi lambang keluarga berencana dibangun di taman ini. Taman KB menjadi salah satu maskot unggulan Kota Semarang, yang bisa anda kunjungi ketika berada di Semarang.

Lokasi: Jl. Pandanaran 2, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

9. Eling Bening

Eling Bening
Image Credit: Ngetripkemana.com

Nama objek wisata Eling Bening semakin populer di kalangan wisatawan. Tempat ini disebut-sebut sebagai tempat terbaik di Semarang untuk menyaksikan pemandangan alam. Taman-taman terbuka cukup luas menjadikan suasana di destinasi ini semakin indah dan asri, berpadu bersama sejuknya udara dataran tinggi. Hamparan Danau Rawa Pening dengan deretan bukit-bukit hijau, dapat anda saksikan dengan leluasa.

Eling Bening mengusung konsep sebagai taman rekreasi keluarga, ada kolam renang hingga flying fox tersedia di sini. Anda pun tidak perlu khawatir merasa kelaparan ketika mengunjungi taman satu ini. Karena terdapat beberapa restoran yang tidak hanya menyajikan makanan yang lezat, namun juga sedap dipandang mata. Pasalnya, restoran-restoran ini kental dengan nuansa serba serbi putih yang sangat instagramable.

Lokasi: Jl. Sarjono, Kec. Bawen, Kab. Semarang.

10. Taman Madukoro

Taman Madukoro
Image Credit: Semarangpanorama.blogspot.com

Taman terakhir yang bisa anda kunjungi untuk refreshing dan menghilangkan rasa lelah, yaitu Taman Madukoro. Taman yang terletak di Semarang Barat ini, dibangun oleh Pemerintah Kota Semarang untuk menarik minat warga dan wisatawan. Di sini anda bisa bersantai sambil bercengkrama bersama dengan ratusan burung merpati. Di Taman Madukoro ini memang terdapat ratusan burung merpati yang dibangunkan sarang dan dibiarkan terbang bebas.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Cabean, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang.

Itulah beberapa taman favorit yang ada di Kota Semarang, yang bisa anda jadikan tempat untuk menghilangkan rasa lelah. Selain tempatnya yang asri dan sangat sejuk, taman-taman tersebut juga dilengkapi dengan banyak fasilitas lainnya yang memudahkan pengunjung. Beberapa di antaranya juga instragamable dan memiliki banyak permainan, cocok dijadikan tempat refreshing penghilang penat. Jadi taman mana yang berminat untuk anda kunjungi ketika di Semarang?

REKOMENDASI DESTINASI