Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 05.00-22.00 WIB, Alamat: Jl. Kanoman, Pungkuran, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta menyimpan keindahan kota dan juga daya tarik yang tak ada habisnya. Tak hanya pilihan wisata sejarah, wisata alam dan juga wisata kuliner yang lezat, Yogyakarta juga mempunyai beberapa wisata kekinian yang akan cocok untuk anda para generasi milenial. Banyak spot foto estetik yang bisa anda gunakan disini.

Salah satu lokasi wisata di Yogyakarta yang sedang kekinian di kalangan anak muda adalah Taman Senja Ngelo. Lokasi wisata yang berada di Kabupaten Bantul ini memang tergolong objek wisata baru. Latar pemandangan yang asri namun cantik ini memang menjadi daya tarik terbesarnya. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Senja Ngelo

Daya Tarik Taman Senja Ngelo
Image Credit: Instagram Prasetya D. Perdana

1. Wisata Indah yang Mudah Dijangkau

Salah satu keunggulan dari Taman Senja Ngelo adalah lokasinya yang mudah dijangkau. Objek wisata estetik ini bisa menjadi pilihan untuk anda yang tidak ingin melakukan perjalanan ribet dan berliku untuk bisa nongkrong di tempat yang indah. Lokasi Taman Senja ini di daerah Dukuh Pungkuran dan terletak dekat dengan Taman Glugut dan Taman Wisata Tempuran.

Walaupun lokasinya mudah ditemukan, namun lokasi wisata Taman Senja ini mempunyai akses jalan yang cenderung menyempit. Sehingga bila anda mengunjunginya akan disarankan lebih berhati hati ketika akan masuk ke lokasi. Menggunakan motor akan lebih nyaman walaupun menggunakan mobil pun juga bisa.

2. Lokasi Taman yang Indah dan Menenangkan

Salah satu daya tarik lokasi Taman Senja Ngelo ini adalah ketenangannya. Suasana tenang di lokasi wisata ini banyak dicari sebagai salah satu cara simple untuk healing. Setelah penat bekerja dan beraktifitas di kota, maka berkunjung lokasi wisata asri seperti Taman Senja ini akan membuat anda rileks sejanak.

Di sekeliling Taman Senja terdapat jajaran pepohonan yang hijau dan akan tampak asri bila dipandang. Kesan sejuk dan dan tentram akan terasa saat anda memasuki lokasi ini. Tak hanya itu, di Taman Senja juga terdapat sungai dengan aliran air yang jernih. Anda juga bisa mencoba mengarunginya dengan perahu.

3. Wisata Keluarga yang Hemat

Liburan berkualitas dengan keluarga tak harus dengan budget yang mahal. Namun dengan anggaran yang hemat anda juga bisa merasakan healing bersama dengan keluarga dengan suasana yang tentram. Yogyakarta memang mempunyai banyak lokasi wisata yang cantik dengan anggaran yang hemat.

Salah satunya adalah Taman Senja ini. Dengan anggaran sekitar Rp 10 ribu saja anda sudah bisa masuk ke lokasi wisata alam cantik ini. Tak hanya cocok untuk para generasi milenial yang suka berburu foto estetik saja, namun lokasi ini juga cocok bila anda membawa serta anak anak untuk bermain bersama alam.

4. Banyak Spot Foto Estetik

Bagi anda para anak muda yang suka berburu spot foto yang estetik, lokasi Taman Senja Ngelo ini sangat cocok. Deretan pepohonan yang hijau dan asri dengan dilengkapi sungai yang cantik dan terjaga dengan baik kebersihannya, akan membuat latar foto anda tampak lebih cantik. Banyak spot foto juga yang sedang dikembangkan hingga saat ini.

Beberapa spot foto favorit yang sering dijadikan latar adalah di sekitar Gazebo. Gazebo yang di desain unik dengan konsep daun rumbia yang berantakan akan menambah kesan estetik. Terlebih bila saat malam tiba, suasana romantis dan cantik akan tercipta dengan bantuan deretan lampu hias.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Senja Ngelo
Image Credit: Google Maps Faris Amal

Alamat tepat lokasi wisata Taman Senja Ngelo adalah di Dusun Kanoman daerah Padukuhan Desa Pungkuran Kelurahan Pleret di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi Taman Senja ini cenderung lebih mudah ditemukan dan terletak tak jauh dari pusat kota Bantul. Bila anda berkendara dari alun alun Imogiri maka jarak tempuhnya hanya sekitar 8 km.

Dengan jarak tersebut maka waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 20 menit bila menggunakan kendaraan pribadi. Namun bila anda menempuh perjalanan dari pusat kota Yogyakarta jarak tempuhnya adalah sekitar 15 km dengan waktu tempuh sekitar 35 menit saja menggunakan kendaraan pribadi.

Akan lebih praktis memang bila anda menggunakan bantuan Google Maps untuk sampai ke lokasi Taman Senja Ngelo dengan cepat. Namun, anda juga bisa mengikuti rute tercepat berikut ini. Bila dari pusat Kota Yogyakarta anda bisa langsung mengambil jalan ke arah Jalan Bantul kemudian anda bisa belok ke arah kiri menuju Jalan Cepit-Tembi.

Setelah sampai di rute Jalan Parangtritis, anda bisa meneruskan rute hingga Jalan Sultan Agung. Sampai di perempatan anda bisa memilih jalur Jalan Panembahan Kajoran yang kemudian belok ke arah kanan dan masuk Jalan Karet. Jalur tersebut diikuti terus hingga pertiggan dan belok kanan. Dari sini anda akan menemukan papan petunjuk menuju Taman Senja.

Harga Tiket Masuk Taman Senja Ngelo

Harga Tiket Masuk Taman Senja Ngelo
Image Credit: Google Maps zulistya adi

Berwisata ke Taman Senja bersama keluarga atau bersama kawan kawan tak harus dengan anggaran yang banyak. Hingga saat ini masih belum ada harga yang dipatok untuk masuk ke lokasi wisata Taman Senja. Tak hanya tidak dipungut biaya masuk saja, namun biaya parkir kendaraan pun masih gratis.

Namun walupun parkir masih gratis, akan ada penjaga khusus yang akan membuat kendaraan anda tetap aman. Setelah masuk ke lokasi, akan ada beberpa wahana wisata air yang disediakan. Bila anda ingin bermain dengan permainan air tersebut, maka akan ditarik biaya sekitar Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak anak.

Bila anda ingin mendokumentasikan kenangan anda saat berada di Taman Senja Ngelo, maka juga disediakan ahli fotografi yang akan membuat hasil foto anda terlihat lebih estetik. Paket yang ditawarkan juga terjangkau. Untuk harga paket couple akan dikenakan sekitar Rp 50 ribu dan Rp 65 ribu untul paket couple dan dokumentasi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Senja Ngelo

Kegiatan Menarik Taman Senja Ngelo
Image Credit: Google Maps Faris Amal

1. Bermain Wahana Air di Sungai

Lokasi wisata alam bernuansa hijau yang asri ini juga terdapat sungai di salah satu sisi lokasinya. Sungai ini mempunyai aliran air yang jernih dengan kebersihan yang tetap terjaga. Sambil bermain air di sungai, anda juga bisa mencoba berbagai wahana atau permainan air yang tersedia disini dengan aman.

Harga yang dipatok juga terbilang murah meriah dan bisa dijangkau. Tarif yang disediakan antara Rp 5 ribu hingga Rp 60 ribu. Paket yang dipilih bisa dipilih untuk bermain air saja atau dengan jasa dokumentasi. Sungai Opak ini cenderung aman untuk anak anak, pihak pengelola juga menyediakan pelampung untuk keselamatan pengunjung.

2. Berfoto Estetik

Taman Senja lebih dikenal dengan spot fotonya yang estetik dengan latar nuansa alam yang cantik dan asri. Beberapa spot foto pilihan yang populer di lokasi wisata hits ini adalah seperti tempat duduk berbentuk kotak yang disediakan. Tempat duduk ini unik karena dibuat dari paduan besi dan kayu yang menarik secara visual.

Tak hanya itu, lokasi lainnya yang menarik di Taman Senja Ngelo adalah Gazebo yang terletak di pinggir sungai. Gazebo ini berderet rapi dengan desain yang unik dan menarik. Bentuknya segitiga yang nyaman digunakan untuk berteduh. Terlebih bila saat malam hari, gazebo ini akan lebih cantik dengan hiasan lampu yang gemerlap.

3. Santai Ngopi Sambil Menikmati Live Musik

Lokasi wisata Taman Senja Ngelo memang terkenal dengan banyak spot foto esetetik. Namun, anda juga bisa santai sambil menikmati berbagai hidangan kuliner disini. Kuliner yang disediakan cukup beragam dari mulai makanan besar hingga kopi untuk menemani anda bersantai sambil menikmati pemandangan.

Café yang tersedia ini mempunyai konsep outdoor yang unik. Tempat duduk yang disediakan di café ini berbentuk bulat yang berjajar rapi di tengah area café. Bila anda ingin berkunjung ke lokasi Taman Senja ini, maka akan lebih disarankan pada sore hingga malam hari. Karena pemandangan alamnya dipadu dengan hiasan lampu akan terasa lebih cantik.

Selain pemandangan yang cantik, bila anda mengunjungi lokasi wisata ini pada malam hari maka akan disuguhi juga acara live music. Sambil menikmati hidangan kuliner khas Yogyakarta, ditambah pemandangan alam yang indah dan diiringi live music, akan menjadikan suasana romantis anda lebih terasa bersama pasangan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman
Image Credit: Instagram Kulon Progo • Jogja • 24 Jam

Walaupun masih tergolong wisata yang baru di Bantul Yogyakarta, namun fasilitas yang tersedia di Taman Senja Ngelo ini juga terbilang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola adalah seperti area parkir yang nyaman, mushola dan pastinya ada juga spot foto yang menarik dengan desain yang unik.

Itulah sekilas informasi tentang lokasi wisata alam Taman Senja Ngelo yang sedang populer di Bantul Yogyakarta. Berlibur dengan suasana alam memang menyenangkan dan bisa membawa rasa tenang yang akan memberikan sensasi healing tersendiri. Taman Senja ini bisa langsung masuk ke list perjalanan anda. Selalu menaanti protokol kesehatan dan selamat berlibur.

REKOMENDASI DESTINASI