Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Taman Sungai Mudal menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Kulon Progo yang menarik dijelajahi saat liburan tiba. Yang menjadikan alasan sebagai tujuan para wisatawan yaitu karena wisata alam ini dapat menjadi tempat yang cocok dan menyenangkan bagi keluarga. Selain untuk keluarga, ekowisata ini juga dipadati oleh pengunjung dari anak sekolah.

Pada mulanya wisata ini hanya berupa air terjun yang disebut dengan Air Terjun Mudal. Air yang mengalir pada air terjun tersebut hanya dapat dinikmati pada musim hujan. Sedangkan sungai yang merupakan sumber air terjun telah ditumbuhi semak belukar dan tidak menarik. Dari hasil swadaya masyarakat terciptalah tempat wisata taman cantik yang membuat siapapun terpesona saat berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Sungai Mudal

Daya Tarik Taman Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps Muhammad Muzhar

1. Kolam Pemandian

Salah satu daya tarik yang dapat anda nikmati saat mengunjungi Taman Sungai Mudal yaitu terdapat kolam pemandian atau kolam renang yang cukup luas. Air yang terdapat pada kolam ini bersumber dari mata air yang terdapat pada gua. Mata air tersebut cukup jernih dan cenderung ke warna hijau toska. Sehingga tak khayal pengunjung akan tertarik untuk berenang.

Kolam pemandian yang cantik ini sudah ditata dengan baik oleh warga sekitar. Kolam yang ditawarkan ada dua, satu khusus untuk anak-anak dan satu lagi di khususkan untuk orang dewasa. Disekitar kolam pengunjung juga akan menemukan penyewaan ban pelampung untuk memudahkan aktivitas berenang bagi anda yang masih awam.

2. Ragam Wahana Seru

Tempat wisata alam ini juga memiliki daya tarik yang unik. Hal ini dikarenakan disediakan beragam wahana permainan untuk menambah keseruan anda saat berkunjung. Ragam wahana yang dapat dinikmati oleh semua kalangan baik anak-anak hingga dewasa yaitu flying fox dan arung jeram.

Bagi anda yang tertarik dengan tantangan dan keberanian maka wahana ini cocok untuk anda coba baik sendiri maupun ramai-ramai. Anda tidak perlu khawatir dengan keselamatan anda, karena untuk menikmati wahana ini anda akan ditemani oleh pemandu wisata yang profesional.

3. Camping Ground

Bagi wisatawan yang tertarik dengan dunia alam, biasanya akan bermalam di camping area secara beramai-ramai. Selain itu siswa-siswi yang ada kegiatan perkemahan biasanya akan kita temukan disini. Tempat yang disediakan untuk camping juga lumayan luas sehingga dapat menampung pengunjung yang ingin berkemah di area tempat wisata Taman Sungai Mudal.

Daya Tarik Dimiliki Taman Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps SBP Bagus Painting

4. Taman yang Indah

Apabila menggunakan majas hiperbola, maka tempat wisata hits ini dapat dikatakan sebagai sebidang taman surga yang diturunkan di bumi Kulon Progo. Taman yang ada di daerah sini memiliki posisi melingkari area kolam. Disana anda dapat melihat berbagai macam bunga yang indah, seperti bunga tembelekan, bunga melati dan masih banyak lainnya.

Kemudian adanya jalur tracking yang tertata dengan rapi, gazebo yang megah juga memberikan desain yang apik di sekitar taman yang indah tersebut. Taman yang indah ini dilengkapi dengan berbagai spot foto yang nantinya dijadikan daya tarik bagi wisatawan yang hadir.

5. Spot Foto Keren

Pada sebuah objek wisata, pasti tidak terlepas dengan yang namanya spot foto. Anda dengan keluarga atau teman dapat mengabadikan momen di spot foto yang disajikan seperti area taman, aliran sungai, dan beberapa desain tulisan dari kayu yang memang dikhususkan untuk berfoto. Selain wisatawan, Taman Sungai Mudal juga digunakan sebagai tempat untuk foto prewedding calon pengantin.

6. Kawasan dengan Nuansa Asri

Terletak di sekitar pegunungan menjadikan kawasan wisata hits ini masih terjaga keasriannya. Ditumbuhi beberapa tanaman hijau, pepohonan yang menjulang tinggi dan bunga yang bermekaran menjadikan tempat ini semakin sejuk dan nyaman untuk melepas lelah menjalani kehidupan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps Linda

Taman Sungai Mudal ini berada dekat dengan Air Terjun Kembang Soka dan juga Lokasi Air Terjun Kedung Pedut. Atau lebih detailnya Taman Cantik di Kulon Progo beralamat di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, berada di Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo atau berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rute yang ditempuh bila anda berasal dari Yogyakarta yaitu anda bisa langsung menuju ke arah barat yaitu menuju Jalan Godean hingga menyusuri Pasar Godean. Kemudian dilanjutkan lewat jembatan Sungai Progo dan tibalah di pertigaan. Dari sini jalan lurus hingga di pertigaan Hutan Pinus. Lalu belok ke kiri menuju Kokap. Setelah itu ikuti petunjuk arah yang tertera.

Rute menuju ekowisata hits di Kulon Progo ini bila di tempuh dari Jogja hanya berjarak sekitar 32 kilometer. Dimana dengan jarak tersebut ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Kemudian untuk akses menuju lokasi juga sudah baik dan tidak berlubang sehingga aman untuk anda.

Untuk menuju lokasi Ekowisata Sungai Mudal di sarankan menggunakan motor atau mobil karena jalannya naik turun dan sempit. Namun jika anda dari luar kota, anda bisa menyewa motor atau mobil untuk menghindari medan yang menantang dan untuk menghemat biaya masuk ke lokasi tersebut.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Image Credit: Google Maps Eri Prasongko

Jika anda ingin mengunjungi wisata ini, pastikan untuk mengetahui jam operasionalnya. Anda bisa mengunjunginya setiap hari, dari hari Senin sampai hari Minggu. Ketika tanggal merah atau musim liburan, pengunjungnya akan semakin padat. Maka disarankan untuk mengunjunginya di hari biasa atau weekday.

Kemudian untuk jam operasionalnya sendiri, tempat elok ini di buka dari pagi hingga sore. Dimulai dari sekitar pukul 08.00 hingga 16.00 waktu setempat. Namun biasanya pengunjung terutama dari luar kota akan tiba di lokasi wisata ini sebelum pukul 08.00 untuk mencegah antrian tiket yang panjang.

Untuk masuk di destinasi ekowisata Sungai Mudal, anda tidak perlu khawatir merogoh kocek yang mahal. Karena untuk tiket masuknya sendiri tergolong murah sekitar 10 ribu per orang. Belum termasuk parkir dan jika anda ingin menggunakan wahana seperti flying fox, anda akan dikenakan biaya tambahan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Sungai Mudal

Kegiatan Menarik Taman Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps nurul afifah

1. Berendam dan Berenang di Kolam

Saat anda berada di Sungai Mudal Kulon Progo jangan melewatkan aktivitas seru yaitu berendam bersama teman dan keluarga anda. Bagi anda yang tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir karena di sekitar kolam telah disediakan tempat untuk penyewaan ban, dan juga pelampung baik ukuran besar maupun kecil.

Selain berendam, anda dan teman serta keluarga anda bisa mandi dibawah air terjun. Mandi disini masih diperbolehkan oleh petugas, karena air terjun ini memiliki debit yang cenderung pelan. Namun anda juga masih perlu untuk berhati-hati karena di beberapa bebatuan sekitar air terjun diselimuti lumut yang licin.

2. Menyusuri Air Terjun Mudal

Air terjun mudal jika dilihat dari bawah memiliki desain yang berundak-undak. Kemudian untuk akses terjun ke bawah tergolong mudah, karena sudah disediakan fasilitas tangga dan juga jembatan penghubung dari bambu yang unik. Akan tetapi anda perlu berhati-hati karena tepisan air terjun yang dapat membuat tangan dan baju anda basah.

3. Camping atau Berkemah

Di area wisata Sungai Mudal ini, anda yang tidak menginap dapat berkemah di camping ground. Biasanya murid pramuka dan pecinta alam akan memenuhi tempat ini apalagi jika masuk hari libur atau weekend. Disana anda dapat berkemah dengan pemandangan yang eksotik, namun jangan lupa untuk membawa selimut karena jika malam hari tempat ini sangat dingin dan berembun.

Untuk bermalam di camping ground ini, anda hanya perlu menyiapkan dana kurang lebih sekitar 30 ribu per orang. Biaya yang cukup murah dengan penawaran pemandangan alam yang indah serta suasana pegunungan yang khas. 30 ribu tersebut juga sudah termasuk biaya penyewaan tenda.

4. Reuni Keluarga

Karena di area ini disediakan fasilitas yang memadai, salah satunya pendopo, maka tempat ini juga biasa digunakan untuk acara keluarga. Biasanya keluarga besar akan mengadakan kegiatan silaturahmi di tempat ini sambil bercerita satu sama lainnya. tempat ini menjadi pilihan karena wisatawan bisa berkumpul dengan keluarga sambil rekreasi seru bersama-sama.

Kegiatan Menarik di Taman Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps Anward Santoso

5. Pre Wedding

Karena menyimpan pemandangan yang begitu memukau, maka Taman Sungai Mudal juga biasa dijadikan tempat foto prewedding calon pengantin. Biasanya spot foto favorit untuk prewedding yaitu di jembatan dari bambu dekat dengan air terjun dan juga di bagian area camping ground. Selain prewedding anda juga bisa sekalian berburu foto foto yang cantik.

6. Bermain Flying Fox

Kegiatan yang tidak kalah menarik yang dapat anda lakukan disana yaitu bermain wahana wisata flying fox. Jika anda suka dengan tantangan dan memiliki keberanian diatas ketinggian, maka bermain flying fox menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat anda lakukan bersama keluarga dan juga teman.

7. Bersantai di Atas Ban Karet

Karena disana disediakan ban karet, maka salah satu aktivitas yang dapat anda lakukan salah satunya yaitu dengan bermain ban karet. Biasanya wisatawan akan tiduran diatas ban sambil menikmati suara air terjun yang bergemuruh. Selain itu dengan tiduran diatas ban akan memberikan sensasi healing.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sungai Mudal
Image Credit: Google Maps Abu Zaid

Seperti pada tempat wisata pada umumnya, Taman Sungai Mudal ini memiliki area parkir yang sangat luas. Area parkir biasanya dipadati oleh kendaraan roda 2, karena memang dikarenakan akses menuju lokasi mengharapkan menggunakan roda 2. Area parkir ini juga di jaga oleh tugas, sehingga terjamin keamanannya.

Karena wisata yang identik dengan air yang menyebabkan basah-basahan, maka tempat wisata ini juga menyediakan toilet umum. Toilet umum disini terjaga kebersihannya, karena selalu dibersihkan oleh petugas. Selain itu air yang disediakan juga melimpah, sehingga sangat cukup untuk membersihkan diri setelah berenang.

Bagi anda yang tidak membawa bekal, anda dapat mampir dulu ke kantin yang sudah disediakan. Disana anda dapat menikmati hidangan enak mulai dari aneka mie, nasi, hingga gorengan hangat. Disana juga menyediakan minuman seperti layaknya kantin, mulai dari minuman dingin hingga hangat.

Berikut tadi beberapa informasi dari Sungai Mudal Kulon Progo yang dapat anda jadikan alternatif untuk berderma wisata. Jangan lupa untuk memasukkan tempat keren ini di list destinasi wisata yang akan anda kunjungi berikutnya. Akan lebih menyenangkan jika anda datang dengan orang orang spesial.