Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jogja selalu menyimpan keindahan yang membuat wisatawan ingin mengunjungi. Tak hanya wisata sejarah, namun Jogja juga mempunyai banyak wisata alamnya. Salah satunya adalah Taman Watu Amben. Wisata alam yang unik satu ini begitu digemari kalangan muda. Hal ini karena tak hanya dibentuk alami, wisata ini juga ditambahi dengan sentuhan alam buatan.

Taman Watu Amben termasuk dalam objek wisata di wilayah Bukit Bintang Bantul. Dari atas bukit ini anda bisa melihat pemandangan alam kota Jogja yang memukau. Terlebih bila dilihat pada malam hari, dijamin suasana akan semakin tenang dengan kerlap kerlip lampu kota ditambah dengan berbagai hidangan khas Jogja yang lezat.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Watu Amben

Daya Tarik Taman Watu Amben
Image Credit: Google Maps Barra Loi Smg

1. Lokasi Spot Foto yang Banyak

Watu Amben Jogja merupakan objek wisata di atas bukit yang langsung menghadap ke arah kota Jogja. Sehingga bila anda ingin melihat pemandangan kota Jogja, spot wisata ini paling tepat. Lokasi wisata ini menyediakan banyak spot foto menarik dan unik untuk para wisatawan dengan latar pemandangan yang cantik.

Pada bagian sebelah utara, anda akan menemukan latar pemandangan Gunung Merapi yang eksotis. Kemudian pada latar pemandangan sebelah barat, anda akan menemukan Gunung Merbabu yang megah dan indah. Bila di arah selatan, anda akan menemukan pemandangan perbukitan Gunung Kidul yang akan menjadi latar foto anda yang estetik.

Pemandangan alam yang bisa terlihat dari berbagai spot foto di Taman Watu Amben ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Lokasi bukit yang unik ini terletak ada lokasi yang strategis di kota Jogja. Sehingga dari atas bukit ini anda akan dengan jelas melihat pemandangan kota Jogja yang tak bisa dilihat dari lokasi lainnya.

2. Pemandangan Sunset yang Mempesona

Lokasi destinasi alam ini berada pada ketinggian bukit yang indah. Sehingga lokasi ini akan sangat cocok bila anda ingin melihat pemandangan sunset yang cantik. Pemandangan sunset di bukit ini cukup unik dibandingkan spot lainnya. Hal ini karena tidak adanya penghalang untuk pandangan ke arah sunset.

Tentu hal ini tidak bisa didapatkan dari spot foto di bukit lainnya. Pemandangan alam hamparan yang hijau ditambah dengan pemandangan kota Jogja dari atas bukit akan membuat pemandangan suset anda menjadi lebih mengesankan. Lokasi ini banyak dijadikan sebagai lokasi romantis juga untuk banyak pasangan muda.

3. Cerita Mitos Dibaliknya

Tak hanya keindahan alam yang memukau, namun daya tarik dari Taman Watu Amben juga terletak pada cerita mitos dibaliknya. Setiap tempat pasti memiliki cerita uniknya masing masing. Hal inilah yang banyak dicari pengunjung karena lokasi dengan latar cerita mitos yang menarik pasti lebih seru untuk dikunjungi.

Taman ini termasuk salah satu spot wisata alam yang belum banyak dijamah wisatawan. Sehingga keindahan alamnya masih terasa alami. Penduduk sekitar objek wisata masih percaya bahwa lokasi ini dahulunya merupakan tempat istirahat untuk para pasukan Kerajaan Mataram.

Sebelum dibuka menjadi objek wisata, lokasi Watu Amben Jogja juga seringkali dijadikan lokasi tempat mencari rumput untuk ternak warga sekitar. Warga sekitar bisa melepas ternak mereka untuk makan rumput sembari beristirahat melepas lelah. Pemandangan alam yang indah ditambahn dengan rerimbunan pohon akan membuat suasana semakin sejuk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Watu Amben
Image Credit: Google Maps Wiro Sableng 212

Taman Watu Amben terletak tepatnya pada Jalan Dlingo-Patuk dan masuk ke area Kebun Srimulyo Kecamatan Piyungan Kota Bantul, Yogyakarta. Lokasi wisata alam ini terletak di wilayah Bukit Seribu yang terkenal di Jogja. Wilayah ini dinamakan bukit seribu karena banyak jajaran bukit yang cantik.

Banyaknya perbukitan ini juga masuk dalam kompleks wisata Gunung Kidul yang terkenal. Namun, walaupun berada di wilayah jajaran bukit seribu ini masuk di wilayah Bantul. Untuk menuju wilayah lokasi wisata ini akses jalannya memang sudah tergolong baik namun akan cenderung menanjak sehingga perlu waspada bila melewatinya.

Jarak yang akan ditempuh bila anda berkendara dari pusat kota Jogja adalah sekitar 20 km. Bila menggunakan kendaraan bermotor maka anda paling tidak akan membutuhkan waktu berkendara sekitar satu jam perjalanan. Rute yang bisa anda ambil menuju Taman Watu Amben bila berada dari Pusat Kota Jogja adalah masuk ke Jalan Wonosari yang ke arah timur.

Setelah sampai di Jalan Wonosari, kemudian anda bisa melanjutkannya ke arah selatan ke arah Bukit Bintang. Dari arah Bukit Bintang ini anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah simpang hingga menuju Patuk. Setelah sampai di wilayah simpang ini anda kemudian bisa melanjutkan ke wilayah Dlingo Bantul.

Setelah smapai pada simpang ini maka jarak menuju ke lokasi wisata hanya kurang lebih 1 km. Namun bila sudah ada pada lokasi jarak ini, anda harus lebih berhati hati saat berkendara. Hal ini karena akses jalan akan semakin terjal menuju puncak. Sehingga akan memerlukan kewaspadaan lebih saat melewatinya.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Taman Watu Amben
Image Credit: Instagram dita

Wisata alam di Jogja memang terkenal terjangkau. Sehingga lokasi wisata alam di sekitar Jogja menjadi destinasi wisata yang akan cocok untuk keluarga. Begitu juga dengan lokasi Taman Watu Amben yang mempunyai harga yang terjangkau untuk wisatawan. Sebenarnya untuk masuk tempat ini tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Namun anda hanya akan dikenakan biaya tarif parkir untuk kendaraan yang dibawa saja. Untuk kendaraan motor akan dikenakan tarif sekitar Rp 2.000, sedangkan untuk kendaraan mobi akan dikenakan tarif sekitar Rp 5.000 per unitnya. Tarif yang dikenakan di Taman Watu Amben ini tentu masih sangat terjangkau hingga tak akan menguras kantong anda.

Lokasi wisata memang masih belum dikelola secara profesional. Sehingga tiket masuk memang masih belum ditetapkan dan masih gratis. Hal ini juga berpengaruh pada jam operasionalnya. Tempat ini buka untuk umum dengan jam akses yang bebas. Sehingga wisatawan yang ingin berkunjung bisa pada jam kapan saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Watu Amben

Kegiatan Menarik Taman Watu Amben
Image Credit: Instagram Azra Garden

1. Piknik Sambil Menikmati Pemandangan Alam

Piknik diatas bukit sambil membawa bekal bersama keluarga tentu menjadi ide liburan yang menarik. Terlebih bila lokasi yang dijadikan piknik merupakan lokasi yang indah seperti Taman Watu Amben. Pemandangan alam dan kota dari atas bukit ini akan menambah kesan menyenangkan untuk kegiatan piknik anda.

Namun jangan lupa untuk membawa peralatan pribadi. Karena pihak pengelola belum ada yang menyediakan peralatan piknik untuk pengunjung. Peralatan seperti tikar, makanan dan akomodasi lainnya bisa anda bawa sendiri. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah setelah piknik ya.

2. Melihat Sunset dan Sunrise

Melihat sunset dan sunrise tak hanya cantik bila dipandang dari pantai. Namun juga kan tetap cantik bila dipandang dari atas bukit. Watu Amben mempunyai spot lokasi yang sempurna untuk melihat sunset dan sunrise. Hal ini karena spot ini tidak terhalang apapun sehingga pemandangan matahari akan terlihat dengan jelas.

Bila anda datang pada saat yang tepat, maka anda akan menemukan spot sunset dan sunrise yang mempesona. Tempat ini juga seringkali dijadikan lokasi hunting pemandangan sunset dan sunrise untuk para fotografer profesional. Bahkan lokasi ini tak jarang dijadikan sebagai lokasi foto pre wedding untuk pasangan.

Kegiatan Menarik di Taman Watu Amben
Image Credit: Google Maps Nur Ahmad

3. Berfoto dengan Latar Pemandangan yang Mempesona

Taman Watu Amben mempunyai pemandangan alam yang tidak bisa anda temukan di wilayah lainnya. Bila cuaca sedang cerah maka anda akan menemukan jajaran Gunung Merapi, Sumbing dan Merbabu. Pemandangan gunung berapi di Jawa Tengah ini tentu akan membuat suasana alam menjadi lebih eksotis.

Banyak spot foto dengan latar yang menarik bisa anda temukan disini. Lokasi wisata alam yang cantik ini seringkali dikunjungi kalangan muda d sekitar Jogja karena hal ini. Spot foto yang menarik dan estetik banyak ditemukan disini dengan pemandangan alam yang memukau bila cuaca cerah dan tidak berkabut.

4. Camping di Bukit

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Taman Watu Amben adalah pada saat malam hari. Gemerlap lampu kota Jogja pada malam hari bisa dilihat dari atas bukit akan membuat suasana lebih menarik. Tak hanya itu, bila beruntung anda juga akan mendapatkan pemandangan hamparan bintang yang cantik diatas langit.

Pemandangan alam pada saat malam hari inilah yang menjadikan tempat ini menjadi lokasi camping yang seru dan pasti tidak boleh dilewatkan. Pemandangan alam pada saat malam hari ini akan menjadi pengalaman camping anda yang tak akan terlupakan ditambah dengan rindang dan sejuknya hawa dari atas bukit.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Watu Amben
Image Credit: Google Maps Ditto Anggoro

Lokasi wisata ini memang masih tergolong baru. Sehingga pengelolaan wisata ini masih minimalis. Namun fasilitas yang disediakan di lokasi Watu Amben sudah cukup membuat wisatawan nyaman. Terlebih bila anda wisatawan dari luar kota yang ingin menikmati pemandangan kota dari atas bukit ini.

Beberapa fasilitas yang disediakan adalah seperti area parkir yang cukup untuk pengunjung, kemudian ada juga bangunan Gazebo yang bisa anda gunakan untuk tempat bersantai saat lelah. Tak hanya itu, lokasi wisata Watu Amben ini juga menyediakan toilet untuk wisatawan dengan memadai.

Bila anda ingin berwisata alam sambil menikmati kuliner khas Jogja yang lezat juga bisa anda lakukan. Banyak tersedia rumah makan di sekitar tempat wisata. Pilihan kuliner khas yang tidak bisa anda temukan di Kota lainnya bisa anda nikmati disini sambil memandang keindahan alam kota Jogja.

Akses jalan yang baik, wisata yang indah dan wisata kuliner yang lezat tak lengkap rasanya bila tanpa penginapan. Terlebih untuk wisatawan dari luar kota Jogja. Penginapan tersedia di daerah sekitar Taman Watu Amben dengan banyak pilihan fasilitas untuk wisatawan. Beberapa diantaranya adalah seperti OYO 1159 Bukit Indah atau Roemah Djogja Guest.

Objek wisata pilihan untuk liburan keluarga saat ini sudah banyak macamnya. Jogja menjadi salah satu destinasi liburan yang tepat karena mempunyai banyak spot wisata yang bervariasi. Tak hanya wisata sejarah, namun wisata alamnya juga tak kalah cantik dan menarik. Tetap taati protokol kesehatan, selalu menjaga kebersihan dan selamat berlibur.