Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Astomulyo No.59, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta adalah wilayah yang memanjakan pengunjung dari seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai mancanegara. Banyak sekali tempat wisata yang ada di Yogyakarta dan salah satu yang menarik adalah Taman Wisata Kaliurang yang akan menemani kamu, keluarga, teman, dan sanak saudaramu untuk menghabiskan waktu liburan. Taman wisata cantik ini adalah satu dari banyak tempat wisata di Yogyakarta yang menyuguhkan pemandangan alam sebagai daya tarik utamanya.

Taman Wisata Kaliurang adalah sebuah kawasan wisata yang menyajikan banyak jenis aktivitas wisata di dalamnya. Keindahan alam serta kelengkapan fasilitas akan memanjakan pengunjung secara alami. Berbeda dengan tempat wisata yang umumnya hanya menyuguhkan sedikit pilihan jenis aktivitas wisata, taman wisata elok ini menyuguhkan banyak jenis aktivitas wisata yang dapat kamu nikmati sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengunjung secara personal.

Untuk kamu para pecinta alam, taman wisata ini merupakan tempat yang harus kamu kunjungi karena akan meninggalkan kesan bermakna pastinya. Nah, untuk membantu kamu dalam memulai langkah untuk mengunjungi taman wisata cantik satu ini penulis akan menjelaskan mengenai daya tarik, lokasi, harga tiket, aktivitas yang ada, dan fasilitas penunjangnya secara lengkap. Jadi simak artikel ini sampai akhir, ya!

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Wisata Kaliurang

Daya Tarik Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps Yusup Priyasudiarja

Bukan tanpa alasan taman wisata cantik dan hits satu ini digemari oleh banyak orang khususnya para pemburu wisata alam yang berkelas. Banyak hal yang disuguhkan yang mungkin tidak akan kamu temui lagi di tempat lain. Berikut merupakan daya tarik yang menjadi alasan utama para wisatawan jatuh cinta dengan taman wisata ini.

1. Pemandangan Indah dan Udara Sejuk

Udara sejuk akan memanjakan perjalan kita dalam berwisata. Udara sejuk akan memperingan langkah kita dalam menyusuri suatu tempat wisata tanpa merasa kelelahan yang berarti. Taman wisata elok satu ini akan menemani perjalan kamu dan keluarga dengan pemandangan yang hijau dan asri yang membentuk kamu melupakan sejenak hiruk pikuk dari kebisingan kota

2. Menikmati Pemandangan Gunung Merapi

Lokasi yang dekat dengan Gunung Merapi memungkinkan kamu dapat menikmati gagah dan indahnya Gunung Merapi secara langsung sambil menikmati udara sejuk. Kegiatan ini pasti dapat membantu kamu untuk menenangkan pikiran dan hati serta menikmati indahnya ciptaan Tuhan

3. Banyak Spot Foto

Tidak lengkap rasanya jika liburan tanpa mengabadikan kenangan saat berada di lokasi wisata. Nah untuk mau pecinta foto atau yang sangat suka untuk berburu spot foto alam yang indah, taman ini pasti sangat cocok untuk dijadikan opsi. Pasalnya spot foto di taman wisata elok ini yang dilengkapi dengan tempat duduk jika kamu merasa Lelah dalam berburu tempat foto.

Daya Tarik Dimiliki Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps achmad subarkah

4. Wisata Kulineran

Kuliner merupakan salah satu daya tarik sebuah tempat wisata. Di taman wisata unik dan hits ini kamu dapat menikmati makanan mulai dari makanan khas tradisional hingga makanan mancanegara yang dapat kamu nikmati dengan harga yang cukup murah.

5. Fasilitas Wisata Lengkap

Taman wisata Kaliurang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan tentunya membuat kamu nyaman berlama-lama di taman cantik ini. Fasilitas ini dapat kamu nikmati secara gratis karena sudah termasuk ke dalam biaya tiket masuk.

6. Bisa Membawa Bekal

Nah, hal unik dari taman wisata ini adalah kamu diperbolehkan membawa makanan sendiri dari rumah. Tentunya bagi orang yang memilih untuk makan makanan buatan sendiri hal ini menjadi salah satu poin plus karena sangat jarang lokasi wisata yang mengizinkan hal ini. Jadi kamu tetap membawa makan kesukaan kamu ke lokasi taman wisata cantik satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps andyF

Untuk kamu yang berada di sekitar Yogyakarta tentunya tidak asing lagi dengan tempat wisata hits satu ini. Taman Wisata Kaliurang ini terletak di Jalan Siaga, Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun. Taman wisata ini sudah memiliki titik akses di Google Maps sehingga kamu dengan sangat mudah dapat mengakses lokasi dan menemukan titik lokasinya.

Taman wisata indah satu ini hanya berjarak 25 km dari pusat Kota Yogyakarta dan membutuhkan waktu sekitar 50 menit menuju taman wisata hits ini. Kamu dapat mengunjungi taman cantik satu ini dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps IRSYADI M.S.

Yogyakarta terkenal dengan destinasi wisata yang ramah kantong. Sama halnya dengan Taman Wisata Kaliurang yang akan melayani kamu dengan pemandangan indah nan berkelas tanpa memaksa kamu merogoh kocek dalam-dalam. Pasalnya harga tiket masuk wisata ini terbilang murah sehingga sangat cocok kamu kunjungi dengan frekuensi yang sering.

Untuk tiket masuk, kamu hanya dikenakan biaya Rp 10.000 per orang. Murah bukan? Untuk menikmati wahana-wahana yang tersedia di taman wisata unik ini kamu hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 10000 hingga Rp 25000 untuk menggunakannya. Dengan harga ini dapat, taman wisata ini dapat dinikmati hampir semua kalangan mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, ibu rumah tangga, dan lainnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Kaliurang

Kegiatan Menarik Taman Kaliurang
Image Credit: Google Maps Hanung Adi Nugroho

Taman wisata Kaliurang tidak hanya membiarkan kamu menikmati pemandangan sambil berjalan santi, namun menawarkan kamu banyak pilihan aktivitas lainnya. Beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan di taman wisata unik ini adalah sebagai berikut:

1. Menikmati Keindahan Gunung Merapi

Karena lokasi yang dekat dengan Gunung Merapi, kamu dapat menikmati keindahan dan kegagahan gunung ini secara langsung. Kamu dapat menikmatinya sambal menikmati hidangan yang tersedia di taman cantik ini atau bahkan menikmati makanan yang sudah kamu bawa dari rumah

2. Melakukan Wisata Kuliner

Karena terdapat beberapa tempat yang menjual makan, kamu dapat memanfaatkan waktu wisata kamu dengan menikmati beberapa kuliner yang ditawarkan. Dengan hal ini kamu akan menikmati dua wanita sekaligus yaitu wisata kuliner dan wisata alam tanpa harus bepergian ke dua tempat berbeda.

3. Berswafoto

Kamu pecinta foto akan sangat dimanjakan di lokasi ini karena kamu dapat berfoto dengan latar alam yang sangat indah berupa pegunungan dan rerumputan hijau yang tentunya akan membuat Instagram kamu akan sangat indah.

Kegiatan Menarik di Taman Kaliurang
Image Credit: Google Maps CAH GAPUK

4. Nongkrong

Buat kamu anak muda ataupun yang sudah cukup dewasa namun sering nongkrong, tempat ini cocok untuk kamu. Kamu dan teman kamu akan disuguhkan udara yang sejuk yang akan menikmati aktivitas nongkrong kamu sehingga aktivitas berbicara dan ngobrol tidak akan terasa melelahkan dan membosankan.

5. Bermain Outbond, Flying Fox, dan Pohon Ridz High Rope

Banyak pengunjung yang datang dengan membawa anak karena tersedia beberapa permainan yang dapat digunakan segala umur yaitu diantaranya adalah outbond, flying fox, dan pohon Ridz High Rope. Fasilitas permainan ini dapat dinikmati dengan membayar biaya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Wisata Kaliurang
Image Credit: Google Maps Antok Bajing Pak Erte

Kelengkapan fasilitas adalah salah satu keunggulan Taman Wisata Kaliurang. Lengkapnya fasilitas ini dimaksudkan agar para pengunjung merasa aman dan nyaman saat berwisata baik sendiri maupun secara berkelompok dengan teman, saudara, pacar, keluarga, dan lainnya. Berikut merupakan beberapa fasilitas yang akan menemani perjalan kamu di taman wisata indah nan unik ini:

1. Area Parkir Luas

Luasnya area parkir akan memudahkan kamu jika membawa kendaraan pribadi. Luasnya area parkir ini juga dilengkapi dengan keamanan yang ketat agar para pengunjung merasa aman memarkirkan kendaraannya di taman wisata unik ini. Untuk biaya parkir dikenakan harga Rp 3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk kendaraan roda 4.

2. Warung Makan

Kamu dapat menikmati keindahan alam taman wisata ini sekaligus mencicipi banyak jenis kuliner yang tentunya akan membantu kamu untuk benar-benar menikmati perjalanan liburan kamu. Untuk harga makanannya pun cukup terjangkau jadi jangan takut jika tempat wisata ini akan menguras dompet kamu, ya.

3. Toilet

Toilet adalah salah satu fasilitas penunjang lokasi wisata yang sangat dibutuhkan oleh pengunjung. Toilet yang ada di taman wisata unik ini terbilang bersih dan pasti nyaman untuk digunakan. Jadi tidak ada keraguan untuk menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh taman wisata yang indah ini.

4. Mushola

Taman wisata indah ini menyediakan sebuah Mushola yang dapat kamu gunakan untuk menjalankan ibadah sehingga tidak perlu untuk mencari Mushola di tempat lain saat kamu melakukan rekreasi wisata. Mushola disediakan bagi pengunjung agar kegiatan wisata tidak menghalangi dalam kegiatan keagamaan masing-masing pengunjung.

5. Spot Foto

Terdapat banyak spot foto yang dapat memperindah galeri kamu di taman wisata unik ini. Spot foto yang ditawarkan pun bukan main-main berupa lokasi dengan latar Gunung Merapi. Namun walaupun indah, taman ini tidak serta merta hanya membiarkan spot foto itu begitu saja. Taman wisata unik ini juga semakin memperindah spot foto tersebut dilengkapi dengan properti-properti yang mendukung keindahan foto di galeri kamu tentunya.

6. Wahana Permainan

Wahana bermain adalah surga wisata anak-anak. Taman wisata ini menyuguhkan wahana bermain yang akan memanjakan pengunjung seperti susur hutan, wisata outbound, flying fox, perosotan, ayunan, kolam renang dan lainnya yang akan sangat jarang kamu temui di taman wisata lainnya. Paket lengkap keindahan dan kenikmatan wisata ini dapat kamu nikmati di taman cantik ini.

7. Taman Kita Oreo

Taman Kita Oreo adalah fasilitas pelengkap rekreasi kamu. Taman Kita Oreo merupakan wahana yang didirikan untuk tujuan peningkatan interaksi sosial dengan orang lain. Interaksi ini dibangun dengan cara unik yaitu dengan disediakannya wahana bermain di dalamnya.

Demikianlah informasi menarik mengenai Taman Wisata Kaliurang. Keindahan alam yang ditawarkan dan dilengkapi dengan beberapa jenis kuliner, spot untuk foto, wahana bermain, dan segala fasilitas pendukung di dalamnya menjadikan taman wisata elok ini menjadi salah satu wisata hits dan banyak direkomendasikan oleh wisatawan untuk dikunjungi saat liburan. Semoga dapat menjadi referensi bagi pembaca sehingga dapat mendapatkan kesan liburan yang menarik dan indah.