Taman Wisata Kopeng, Taman Keren & Kekinian di Semarang

Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng, destinasi taman rekreasi air, perkemahan dan paintball yang menyenangkan di Semarang. Berada di bawah lereng merbabu yang cocok untuk liburan keluarga.

Lokasi: Jl. Raya Salatiga-Magelang KM.15, Dukuh, Kopeng, Kec. Getasan, Kab. Semarang.
Map: Cek Lokasi

Berwisata merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, terlebih lagi Anda dapat melepaskan berbagai beban pikiran yang dapat membuat penat dan lelah. Pernahkah Anda terpikirkan bagaimana rasanya mengunjungi sebuah tempat wisata yang berada di bawah lereng pegunungan? Apabila tertarik maka tak ada salahnya untuk mendatangi Taman Wisata yang berada di Kopeng, Semarang.

Taman wisata satu ini, terkenal dengan keindahan pemandangan dan sejuknya nuansa udara di sana. Wisata satu ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin rehat sejenak dari berbagai aktivitas dan kesibukan di kota. Untuk tahu daya tarik apalagi, selain keindahan pegunungan yang disuguhkan? Simak pembahasan mengenai Taman Wisata Kopeng, berikut ini!

Mengenal Lebih Dekat Taman Wisata Kopeng

Mengenal Taman Wisata Kopeng

Image Credit: Google Maps (Kiki Mewengkang)

Taman Wisata Kopeng adalah destinasi wisata terbaru yang kini tengah menyita perhatian banyak wisatawan. Terletak di Semarang membuat tempat ini menjadi salah satu tempat rekreasi atau tempat liburan baru untuk keluarga. Tepatnya berada di kaki Gunung Merbabu, yaitu salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah selain Gunung Slamet.

Kawasan ini termasuk ke dalam daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.450 mdpl, menjadikan udara dan hawa di tempat ini sangat sejuk. Sangat cocok untuk dikunjungi saat Anda ingin rehat sejenak dari kesibukan pekerjaan. Bukankah ide yang buruk setelah seminggu lelah bekerja, Anda dapat bersantai menikmati pemandangan yang indah.

Jika soal pemandangan alamnya tidak perlu ditanyakan lagi, Semarang menyuguhkan keindahan alam yang khas dengan nuansa pegunungan yang masih asri.Adanya deretan pohon pinus yang berada di lereng bukit tentunya akan menambah keindahan tersendiri di Taman Wisata Kopeng ini, tak heran bila banyak pengunjung yang nyaman berada disini.

Satu hal yang tidak kalah penting dari taman wisata ini yaitu tanahnya yang subur, sehingga bisa menghasilkan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Maka tidak heran jika kawasan ini terdapat wisata alam yang menarik serta indah salah satunya adalah Agrowisata Kopeng. Agrowisata ini menjadi destinasi yang juga menarik untuk Anda kunjungi.

Agrowisata Kopeng merupakan salah satu objek wisata alam, tepatnya berada di Desa Kopeng, Semarang. Hanya perlu menempuh jarak sekitar 15 km dari Salatiga untuk sampai ke sini. Tidak heran jika tempat ini sering disebut dengan Kopeng Salatiga, karena dekat dengan Kota Salatiga. Meskipun sebenarnya lokasi wisata sebenarnya masih berada di Semarang.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Magelang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Wisata Kopeng

Daya Tarik Taman Wisata Kopeng

Image Credit: Google Maps (Fatimah Sari Ismayani)

Setelah banyak melakukan aktivitas di tempat wisata ini, saatnya wisatawan melanjutkan melakukan kegiatan bersantai sambil mengabadikan momen-momen cantik. Disini Anda dapat menikmati keindahan hamparan pegunungan Merbabu sambil duduk-duduk santai bersama keluarga, teman, sahabat dan pasangan.

Deretan pegunungan Merbabu ini dapat Anda nikmati dari Gardu Pandang Kopeng. Jika Anda ingin lanjut berjalan-jalan santai, tidak jauh dari tempat ini Anda akan menemui Bukit Harapan Cuntel. Di sini Anda dapat menikmati suasana alam yang sangat ikonik dengan pegunungan yang menghampar indah sebagai backgroundnya.

Untuk yang suka traveling, Taman Wisata Kopeng ini merupakan tempat yang tidak boleh Anda lewatkan. Di tempat ini tersedia berbagai aktivitas menarik dan dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung. Tidak hanya berwisata, berfoto, lalu pulang, di sini wisatawan dapat memilih dan berbelanja oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk keluarga di rumah.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Kekinian Semarang

Image Credit: Twitter.com @sangnanang

Di taman ini tersedia berbagai wahana atraksi yang terletak di kawasan hutan alam. Wahana di sini dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata saat bersama dengan keluarga. Beberapa wahana dan fasilitas yang tersedia di tempat ini, antara lain:

1. Waterpark

Tidak hanya menyajikan pemandangan hamparan luas yang indah dipenuhi rerumputan, Taman Wisata Kopeng ini juga memiliki wahana berupa Waterpark. Waterpark ini biasa disebut dengan Kopeng Waterpark. Di antara pengunjung, tempat ini merupakan fasilitas yang paling populer dan selalu ramai pengunjung.

Berbagai wahana permainan bernuansa air tersedia di Kopeng Waterpark, sehingga tidak heran jika anak-anak hingga orang dewasa cocok dengan wahana air ini. Sumber air yang digunakan untuk kolam renangnya berasal dari sumber air alami pegunungan, sehingga tidak mengandung kaporit dan pengunjung tidak merasakan mata pedih ketika berenang dalam waktu lama.

Beberapa wahana air yang dimiliki oleh Kopeng Waterpark ini antara lain seperti perosotan lurus, perosotan spiral, air mancur, giant water ball, dan masih banyak lagi. Bagi pengunjung yang hanya ingin bersenang-senang dan berenang dengan santai, Anda dapat memilih kolam renang yang biasa dan tidak terlalu dalam.

Terdapat juga kolam khusus untuk anak-anak yang ingin bermain air dengan atraktif. Kolam ini tidak terlalu dalam, kedalamannya hanya sekitar 50 meter sehingga cukup aman saat anak-anak bermain air di sini. Sesuatu yang unik di waterpark ini adalah batas pagar untuk setiap kolamnya yang berupa pepohonan hijau.

BACA JUGA:  10 Wisata Museum di Semarang yang Patut Anda Kunjungi

2. Camping Ground

Wahana atau aktivitas lain yang tidak kalah populer dari Kopeng waterpark yaitu Camping Ground. Tempat yang satu ini biasanya menjadi favorit untuk orang kantoran, mahasiswa dan keluarga yang ingin berkumpul dengan suasana yang menyenangkan. Karena fasilitas ini sangat cocok untuk menikmati suasana malam di dataran tinggi.

Menikmati malam bersama teman maupun keluarga saat malam hari di daerah dataran tinggi tentu dapat memperkuat hubungan antara keluarga atau teman. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan pagi, siang, dan malam Desa Kopeng dari tempat ini. Sensasi lain yang bisa Anda rasakan adalah berkemah.

Bagi seorang pecinta alam, Anda bisa menemukan sensasi berkemah di alam pegunungan di sini. Tidak perlu bingung mengenai tempat untuk mendirikan tenda, karena lokasinya terletak di lapangan luas yang dipenuhi pepohonan yang teduh. Pengunjung tidak perlu lagi repot menyiapkan perlengkapan kemah karena sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Ketika malam, area Camping Ground ini memiliki suhu yang ekstrim. Suhunya bisa mencapai 10 hingga 13 derajat celcius. Jadi, untuk Anda yang ingin camping di tempat ini harus menyediakan baju hangat dan selimut yang tebal saat bermalam atau beraktivitas di sini, agar tidak terlalu merasakan suhu dingin. Tetapi hal ini justru bisa untuk menikmati api unggun yang menghangatkan.

3. Paintball

Saat berkunjung kesini Anda tidak melulu disajikan keindahan alamnya,terdapat game-game seru seperti Paintball. Ini adalah game yang bertema peperangan dan minimal dilakukan oleh 2 tim yang setiap tim nya terdiri dari 4 orang. Game ini akan mengadu ketangkasan dengan tim lain, membelah hutan dengan menggunakan strategi adalah kunci mengalahkan lawan-lawan.

Namun, jika tidak bagus dalam bermain game secara tim, Anda bisa bermain single di game ini. Pengunjung akan diberikan 5 peluru tinta untuk pembekalan, dimana untuk membidik target. Untuk setiap sasaran yang dikenai tembakan dengan tepat, akan tersedia hadiah yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

4. Outbound dan Flying Fox

Fasilitas selanjutnya yang wajib untuk dicoba yaitu Outbound dan Flying Fox. Fasilitas outbound berupa flying fox yang ada disini cukup menantang, tingginya mencapai 6 dan 12 meter. Ada juga wahana spider jumper yang tingginya hingga 20 meter, dan mungkin akan lebih seru bagi orang-orang yang menyukainya.

Pada area ini, pengunjung dapat menelusuri keindahan yang disuguhkan oleh Taman Wisata Kopeng. Anda dapat mencoba berbagai wahana yang dapat melepaskan stress, seperti trampolin, berjalan di tali, panjat tali, dan spider jumper. Disini wisatawan bisa berteriak bebas, sehingga segala penat bisa terlepas dan menjadikannya lebih lega.

5. Resto

Setelah lelah bermain, Anda dapat mampir ke resto yang tersedia disini. Menu yang disediakan adalah masakan khas Indonesia seperti nasi goreng, pisang goreng, mendoan, wedang jahe, sup kimlo dan sebagainya. Harga makanan disini juga cukup terjangkau, untuk setiap porsinya berkisar Rp 5.000 sampai Rp 20.000.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba

6. Pasar Buah dan Sayuran Segar

Tempat yang satu ini bisa jadi pilihan menarik bagi ibu-ibu. Jangan sampai melewatkan mampir di pasar buah dan sayuran segar. Di sini terdapat berbagai jenis buah dan sayuran yang kesegarannya terjamin. Karena langsung dipetik dari kebun yang dikelola oleh warga setempat. Harga yang ditawarkan di sini terbilang lebih murah dibanding dengan yang ada di pasaran.

7. ATV

Menyusuri area Taman Wisata Kopeng makin lengkap rasanya dengan mengendarai ATV. Mengendarai ATV menjadi hal yang bisa dicoba oleh semua orang. ATV disini mengambil jalur yang seakan-akan berada di alam liar, sehingga membuatnya lebih menantang dan lebih seru. Bagaimana, ingin mencobanya?

8. Menikmati Panorama

Setelah lelah bermain dan mengelilingi kawasan area ini, pengunjung bisa melanjutkannya dengan bersantai. Anda bisa mengambil foto selfie dengan latar belakang pemandangan yang apik. Selain itu, duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan indah dengan hamparan pegunungan Merbabu dari gardu pandang juga bukan hal yang buruk.

Rute Menuju Kawasan Taman Wisata Kopeng

Rute Menuju Taman Wisata Kopeng

Image Credit: Google Maps (Tambang Raras)

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Taman Wisata Kopeng maka ada beberapa rute yang dapat dijadikan pilihan. Apabila pengunjung berangkat dari arah Kota Semarang, maka Anda harus melewati Jalan Lingkar Selatan Salatiga atau Jalan Muncul Raya. Nantinya, Anda dapat langsung lurus ke arah selatan sampai tiba di Jalan Kyai Mbilung.

Setelah Anda berada di posisi Jalan Kyai Mbilung, maka lanjutkan perjalanan hingga menemui Jalan Wonosari Pakis. Yang mana jalan tersebut akan mengarahkan Anda ke arah Pasar Getasan. Selanjutnya berjalan terus ke arah selatan hingga tiba di Pasar Kopeng. Bila sudah menjumpai pasar ini, maka tujuan wisata Anda sudah tidak jauh lagi.

Terus mengikuti jalan, Anda akan melihat sebuah baliho yang berukuran besar. Maka Anda sudah tiba di Taman Wisata Kopeng. Rute ini berbeda dengan pengunjung yang berangkat dari Yogyakarta. Dibutuhkan jarak tempuh sekitar 88 km dengan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam. Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka perjalanan akan jauh lebih efektif.

Berwisata bisa menjadi salah satu obat untuk mengembalikan semangat ketika lelah dengan aktivitas apapun. Untuk Anda yang ingin berkunjung atau sedang berada di Semarang, Taman Wisata Kopen dapat dijadikan pilihan. Bagaimana, penasaran dan sudah ingin berkunjung ke tempat ini? Anda bisa mengajak teman, pasangan, rekan kantor, dan keluarga ke kawasan populer di Semarang yang satu ini.