Harga Tiket: Rp 12.000, Jam Operasional: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kota Bandung dan sekitarnya memang sudah menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi masyarakat ibukota untuk menghabiskan waktu liburan. Hal ini tentu terjadi karena banyak sekali atraksi serta spot wisata yang menarik di Kota Bandung, sehingga semakin menarik minat banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Tak hanya itu, suasana alam serta udara di Bandung masih cukup asri dan sejuk, sehingga dapat menjadi tujuan masyarakat untuk sekadar bersantai dan melepas penat.

Kali ini, kami akan membahas tentang salah satu lokasi wisata hits bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi wisata alam di sekitar Kota Bandung. Destinasi wisata alam terbaik yang menjadi rekomendasi kali ini adalah Tebing Keraton. Seperti apakah seluk beluk mengenai tempat tersebut? Yuk kita simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Tebing Keraton

Daya Tarik Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps Taufik Firmansyah

Destinasi wisata alam ini memang cukup popular di kalangan masyarakat, karena pemandangannya yang sangat spektakuler. Dari lokasi tebing ini, pengunjung dapat menikmati keindahan suasana hutan pinus yang diselimuti kabut, serta jajaran pegunungan yang rimbun. Keindahan alam di tempat ini akan semakin sempurna ketika Anda mengunjungi lokasi ini di waktu yang tepat, yakni saat matahari terbit ataupun terbenam.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali daya tarik utama yang tersedia di Tebing Keraton. Pemandangan alam pegunungan di sekitar lokasi sangatlah asri. Selain itu, jalur trekking yang dapat dilalui cukup mudah, sehingga sangat cocok dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Berikut adalah beberapa daya tarik utama yang ditawarkan:

1. Keindahan Pohon Pinus

Saat berkunjung ke Tebing Keraton, Anda akan melihat banyak pohon pinus nan hijau dari pintu masuk, yang sangat pas dijadikan spot berfoto. Anda pun bisa menikmati keindahan sekitar dengan menaiki lintasan sampai ke gardu pandang. Panorama alam Bandung dan hutan pinus Anda bisa nikmati dari ketinggian.

2. Panorama Sunset dan Sunrise yang Menakjubkan

Salah satu daya tarik tebing indah ini adalah pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat menakjubkan. Dari atas tebing, para pengunjung dapat menyaksikan munculnya matahari secara perlahan-lahan dari balik gunung yang sangat indah. Selain itu, pada sore hari pengunjung dapat menyaksikan proses terbenamnya matahari di balik hamparan hutan hijau yang sangat luas.

Untuk dapat menyaksikan sunrise di tempat wisata hits ini, pengunjung disarankan untuk sudah datang dari pukul 05.00 di pagi hari, agar dapat melihat keseluruhan proses terbitnya matahari secara langsung. Untuk melihat sunset, waktu yang tepat untuk berkunjung adalah sekitar pukul 16.30. Pengunjung disarankan untuk tiba lebih awal untuk mengantisipasi kemacetan serta untuk berjalan dari area parkir ke lokasi tebing.

Daya Tarik Dimiliki Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps DW RahmaN

3. Migrasi Burung

Daya tarik keindahan alam yang ditawarkan di kawasan wisata alam memang tiada duanya. Namun, tahukah Anda bahwa Tebing Keraton juga merupakan lokasi migrasi beragam jenis burung di dunia? Ya, kini pemerintah telah menetapkan lokasi ini sebagai salah satu kawasan wisata alam yang harus senantiasa dijaga kelestariannya, karena terdapat sebuah fenomena yang cukup menakjubkan yakni migrasi burung dunia.

Ragam jenis burung yang melakukan migrasi di kawasan hutan ini meliputi burung elang jenis Oriental Honey-Buzzard yang berasal dari Siberia. Burung jenis ini terbang mengikuti arah angin saat migrasi untuk mencari tempat yang lebih hangat. Jenis burung lain yang juga melakukan migrasi di kawasan alam ini adalah burung Alap Alap China dari Tiongkok, serta burung Alap Alap Nippon dari Jepang. Pengunjung dapat mengamati keunikan migrasi burung ini melalui fasilitas selasar yang telah disediakan.

4. Kafe Alam

Apabila Anda mengunjungi Tebing Keraton, tak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi sebuah kafe yang masih terletak di satu kawasan, yakni D’Cafe. Di kafe ini, pengunjung dapat menikmati indahnya suasana pegunungan sembari menyantap hidangan lezat.

Untuk dapat mengunjungi D’café, jalurnya tidak terlalu sulit. Anda bisa menaiki kendaraan dari Taman Hutan Raya Ir H Djuanda, lalu sebelum masuk gerbang kedua belok kanan dan ikuti jalur. Lokasi D’café akan dapat langsung ditemukan dengan gerbang kayu dan rumah joglo di kiri jalan, sekitar tiga ratus meter sebelum Warung Bandrek.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tebing Kraton
Image Credit: Google Maps cep budhi darma

Untuk dapat menuju ke Tebing Keraton, perjalanan yang ditempuh sangatlah mudah. Perjalanan dapat dimulai dari Kota Bandung menuju arah Dago Pakar, kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura Djuanda). Apabila sudah sampai di pintu gerbang Tahura Ir. H. Djuanda, Anda dapat belok ke kanan melewati rumah-rumah penduduk.

Setelah beberapa saat, Anda akan menemukan sebuah warung yang cukup popular di lokasi ini, yakni Warung Bandrek (Warban). Dari warung ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan sedikit lagi melewati beberapa tanjakan serta jalan berbatu sampai pos penjagaan. Pos yang satu ini menandakan bahwa Anda sudah berada di Tebing Keraton.

Dari lokasi pos ini, Anda bisa memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang telah disediakan, dan berjalan kaki sekitar 10 menit hingga sampai ke puncak tebing.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Tebing Kraton
Image Credit: Google Maps Muhammad Zakaria

Untuk dapat masuk ke area wisata ngehits ini, pengunjung dapat membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk ke kawasan ini sangatlah terjangkau, yakni sebesar Rp 12.000 untuk wisataman lokal, dan Rp 76.000 untuk pengunjung mancanegara. Seluruh dana yang terkumpul dari hasil penjualan tiket masuk ini akan digunakan untuk pengelolaan kawasan Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda.

Jika Anda tertarik menikmati keindahan di Tebing Keraton Bandung, Anda bisa berkunjung kapan saja karena terbuka setiap hari. Namun bagi penikmat senja, sebaiknya dating pada sore hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tebing Keraton

Kegiatan Menarik Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps Haris Irnawan

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang dapat dilakukan di wisata alam hits Tebing Keraton, seperti melakukan trekking lanjutan, berkemah, melakukan yoga sederhana, bersantai sambil menikmati pemandangan alam, berfoto, bersepeda gunung, menikmati hidangan di kafe, dan masih banyak lagi. Untuk itu, pengunjung tidak perlu takut bosan kehabisan aktivitas, karena ada banyak sekali ragam kegiatan wisata yang dapat dilakukan di sekitar kawasan wisata terbaik ini.

1. Trekking ke Puncak

Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang banyak diminati ini memang berlokasi tepat di sebuah tebing. Oleh karena itu, pengunjung dapat menikmati keindahan alam pegunungan sekaligus melakukan trekking singkat di sekitar lokasi. Namun tenang saja, jalur trekking yang tersedia tidaklah sulit, dan dapat ditempuh dalam waktu yang cukup singkat yakni sekitar 10-30 menit saja. Karena medannya yang cukup mudah, maka jalur trekking ini cocok ditempuh oleh pengunjung dari berbagai usia, baik anak-anak sampai dengan orang dewasa.

Di sepanjang jalur trekking ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan alam dari hamparan hutan pinus yang luas serta deretan pegunungan yang mengelilingi tempat ini. Selain itu, udara di sekitar lokasi juga sangatlah sejuk, karena berada di daerah dataran tinggi. Dengan demikian, pengunjung dapat melakukan trekking dengan nyaman ditemani pemandangan spektakuler tanpa takut merasa lelah.

2. Bersepeda

Baru-baru ini, aktivitas bersepeda memang sedang naik daun. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari lokasi trek sepeda menarik untuk dapat berolahraga sambil berwisata. Bagi Anda yang menikmati kegiatan bersepeda, maka trek sepeda di lokasi wisata hits ini sangat patut dicoba. Selain medannya yang cukup mulus, pemandangan alam yang dapat terlihat di sekitar trek sepeda ini juga sangatlah menakjubkan.

Terdapat 2 trek sepeda utama yang dapat dilalui oleh pesepeda. Pertama adalah trek Firdaus-Tamiya dengan titik awal di Bukit Moko (Puncak Bintang) dengan ketinggian sekitar 1.400 m dpl. Sepanjang perjalanan, pesepeda akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang sangat hijau dan asri. Untuk mencapai Puncak Bintang, lokasi loading sepeda dapat diakses melalui Saung Angklung Udjo di Padasuka.

Selain itu, ada juga trek Tebing Keraton-Tahura-Goa Belanda dengan titik start di kawasan Babagongan dan berakhir di Maribaya, Lembang. Untuk karakteristik medannya, trek yang satu ini terbilang sangat komplit dan variatif, karena terdapat medan bebatuan, single track tanah, sampai dengan aliran air. Oleh karena itu, jalur trek yang satu ini sangat direkomendasikan bagi pesepeda yang menyukai trek tipe all mountain.

3. Camping di Kawasan Tebing

Banyak sekali pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam serta sejuknya suasana pegunungan dengan lebih lama, sehingga aktivitas berkemah atau camping menjadi pilihan yang sangat tepat. Di lokasi ini, terdapat sebuah area berkemah (camping ground) yang dapat dimanfaatkan untuk menginap di tenda bersama teman-teman ataupun keluarga. Selain itu, camping ground ini juga cocok digunakan untuk kegiatan bonding yang menyenangkan, seperti games, api unggun, trekking, dan masih banyak lagi.

Area camping ground ini sangat dekat dengan lokasi tebing, serta masih berada di satu kawasan Taman Hutan Raya Ir H Djuanda. Untuk itu, setiap pengunjung yang ingin melakukan camping dapat membayar biaya sewa sebesar Rp 40.000 per malamnya jika membawa perlengkapan kemah sendiri. Namun, apabila pengunjung membutuhkan peralatan kemah dan tenda dari pihak pengelola, maka biaya sewa yang dikenakan adalah Rp 140.000 termasuk tenda, penerangan, sarapan, serta perlengkapan lainnya.

Kegiatan Menarik di Tebing Keraton
Image Credit: Twitter #LiburMulu

4. Berburu Foto Keren

Tebing Keraton memang sudah sangat dikenal karena keindahan alamnya. Oleh karena itu, tidak lengkap apabila Anda mengunjungi tempat wisata hits ini tanpa mengabadikan momen liburan Anda. Di tempat ini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pegunungan yang indah serta hutan pinus yang diselimuti kabut.

Selain itu, di lokasi ini juga terdapat beberapa spot foto menarik yang pastinya membuat hasil foto semakin ciamik. Salah satu spot foto menarik yang dihadirkan adalah pagar kayu dengan papan informasi ‘Sesar Lembang’. Di balik pagar kayu ini, terpampang jelas pemandangan alam Lembang yang sangat asri dan indah.

5. Bersantai di D’Cafe

Anda juga bisa menikmati sajian yang ditawarkan kafe alam keren D’café sembari menikmati keindahan alam pegunungan dan hutan pinus. Anda dapat bersantai di tempat ini saat akhir pekan. Harga panganan yang ditawarkan cukup terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tebing Kraton
Image Credit: Google Maps cep budhi darma

Lokasi wisata yang indah ini berada di ketinggian 1.250 m di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, udara di sekitar lokasi ini sangatlah sejuk, sehingga pengunjung dapat menikmati segarnya udara pegunungan Jawa Barat yang sangat khas. Selain itu, di tempat ini juga terdapat lokasi camping serta trek sepeda dan jalur trekking, sehingga pengunjung dapat mencoba ragam aktivitas yang berbeda.

Soal fasilitas, pengunjung sudah tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, fasilitas yang tersedia di Tebing Keraton sangatlah lengkap, mulai dari selasar, area camping (camping ground), toilet, area parkir, pos penjagaan, puja sera, Musholla, gazebo, dan masih banyak lagi.

Tempat wisata populer dan paling ngehits ini juga memiliki tempat yang luas sehingga memungkinkan para wisatawannya untuk berkemah dan trekking sesuai dengan tujuan utama dari para wisatawannya, juga tersedia beberapa tour guide lokal yang siap mengantar Anda para wisatawan berkeliling dan sekedar menikmati keindahan alam yang sudah tersedia oleh alam.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai salah satu destinasi alam hits di Lembang Bandung, Jawa Barat, apa lagi kalau bukan Tebing Keraton. Keindahan tempat ini tentu harus dilestarikan, sehingga masing-masing dari pengunjung perlu ikut andil dalam menjaga kelestarian tempat wisata indah ini dengan menjaga kebersihan serta bertanggung jawab dalam setiap aktivitas yang dilakukan di kawasan wisata ini.