Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Padaherang, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda merasa jenuh dan ingin beristirahat sejenak, namun tidak tahu harus ke mana? Sebenarnya terdapat banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi, mulai dari gunung, danau, air terjun, pantai, buit, puncak, hingga alun-alun. Biasanya tempat wisata yang sangat favorit untuk dikunjungi yaitu wisata-wisata perairan seperti danau dan pantai.

Jika Anda tinggal di sekitar Majalengka, Jawa Barat, Anda dapat mencoba untuk mengunjungi Telaga Herang. Objek wisata ini memiliki sajian pesona yang sangat indah dengan air yang jernih dan dingin, sehingga dapat mendamaikan suasana hati Anda yang mungkin sedang bergejolak dan pengen merilekskan diri sejenak. Nah, berikut informasi lengkap apa saja hhal yang menarik di telaga eksotis ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Herang

Daya Tarik Telaga Herang
Image Credit: Google Maps Dimas M. Atmojo

Berbicara mengenai daya tarik, tentu saja setiap tempat wisata memiliki kekhasan dan keunikan masing-masing. Ada yang unik dari segi airnya, segi pemandangannya, segi fasilitas, dan sebagainya. Sebagai ikon Majalengka, berikut ini beberapa hal yang menjadi daya tarik khas bagi Telaga Herang.

1. Asal Usul dan Mitos

Sebelum membahas daya tarik, alangkah baiknya jika membahas asal usul namanya terlebih dahulu. Secara bahasa, Telaga Herang berasal dari bahasa Sunda yang berarti danau dengan air jernih. Sedikit mitos yang berlaku di kalangan masyarakat setempat adalah tidak boleh sombong ketika berada di danau tersebut, karena orang-orang yang demikian tidak disukai oleh makhluk halus penunggu danau dan bisa berakhir celaka. Menurut masyarakat setempat, sudah ada korban tewas tenggelam di danau tersebut, dan mereka tewas karena menyombongkan dirinya sebagai jagoan renang.

2. Air yang Sangat Jernih dan Dingin

Telaga ini memiliki sumber air mengalir dari dasar sungai, yang mana mata air tersebut diduga berasal dari Gunung Ciremai. Sehingga dapat dipastikan bahwa sumber air tersebut terbilang jernih dan dingin. Meskipun danau tersebut terlihat cukup dalam, tetapi dijamin akan membuat suasana hati Anda menjadi lebih tenang.

3. Kolam Ikan Alami

Danau Telaga Herang yang kecil, alami, sejuk, dan dalam ini memiliki keindahan tersendiri, meski berbatu terjal, di mana ribuan ikan yang ada di dalam danau tersebut dapat terlihat dengan jelas oleh Anda, sehingga mungkin Anda dapat merasakan pengalaman menyelam ke dalam air meskipun tidak di laut. Namun, warga setempat melarang Anda untuk melakukan penangkapan ikan karena akan dikenai sanksi, serta menjaga kelestarian dan kecantikan danau tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Telaga Herang
Image Credit: Google Maps Ika Rahmawati Hilal

4. Terdapat Wahana Permainan Air

Siapa yang tidak menyangka bahwa terdapat beberapa wahana permainan air yang dapat Anda nikmati, seperti perahu dayung, becak air, bola air, dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, di sekitarnya pun juga terdapat wahana permainan tersendiri yang terletak hanya sekitar ratusan meter dari telaga tersebut.

5. Kolam Renang

Di salah satu sudut telaga, terdapat kolam renang yang berdiri sejak beberapa tahun silam. Namun, kolam renang tersebut berada di wahana permainan khusus, yaitu di Wanda Waterpark. Kolam renang pun tersedia khusus buat anak-anak dan khusus buat umum atau orang dewasa. Jadi, jika Anda ingin merasakan serunya pengalaman berenang, Anda bisa mengunjungi Wanda Waterpark.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Telaga Herang
Image Credit: Google Maps Aang Widayanto

Telaga Herang, sebuah kawasan wisata danau yang sangat jernih, terletak di Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, dan uniknya berada di perbatasan antara Desa Jerukleueut, Padaherang, dan Lengkong Kulon Sindangwangi.

Menariknya lagi, di sekitar telaga terdapat berbagai tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi, seperti Wanda Water Park, Curug Kiara Danu, dan Telaga Bilu Nila. Anda dapat pergi ke sana menggunakan sepeda motor, mobil, atau bahkan bis dengan pemberhentian tertentu, tentu saja dengan akses jalan yang baik dan terdapat plang penunjuk arah di sepanjang perjalanan yang dapat memudahkan perjalanan Anda.

Jika Anda berada dekat dengan pusat Majalengka, Anda tinggal mengarahkan kendaraan Anda dari Alun-Alun Majalengka melalui rute berikut: Jalan Raya K.H. Abdul Halim – Jalan Majalengka-Rajagaluh – Bunderan Cigasong – lurus terus di Jalan Majalengka-Rajagaluh – Jalan Pangeran Muhamad – Jalan Raya Rajaguluh – Jalan Raya Ujungberung – Jalan Raya Pd. Sapi – Lengkong Kulon Jeruk Leueut – sampai di kawasan telaga.

Kurang lebih perjalanan tersebut akan memakan waktu sekitar 45 menit dengan jarak 22 kilometer dari pusat Kota Majalengka. Berbeda halnya jika Anda berangkat dari pusat ibukota Bandung, Anda membutuhkan waktu sekitar lebih dari 3 jam untuk sampai ke sana.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Telaga Herang
Image Credit: Google Maps Dimas M. Atmojo

Untuk memuaskan hasrat liburan Anda di Telaga Herang, Anda cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, ditambah biaya parkir Rp 2.000 untuk kendaraan beroda dua dan 5 ribu untuk parkir kendaraan beroda empat.

Sedangkan secara operasional, tempat wisata alamiah yang satu ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Namun, untuk mendapatkan sensasi pengalaman berlibur yang maksimal, datanglah di pagi hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Telaga Herang

Kegiatan Menarik Telaga Herang
Image Credit: Google Maps Aang Widayanto

1. Bersantai Ria atau Berpiknik

Bagi Anda yang tidak ingin menceburkan diri ke Telaga Herang, mungkin hanya dengan bersantai ria, Anda sudah mendapatkan ketenangan hati meskipuni berada di sekitar danau. Terdapat beberapa bale yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat, atau Anda bisa menggulung tikar secara mandiri layaknya ingin berpiknik.

2. Berenang

Anda dapat berenang di danau, atau bahkan di kolam renang tersendiri, yang mana berada di Wanda Waterpark. Kolam yang disediakan di wahana khusus tersebut cukup aman karena tersedia dalam dua ‘versi’ yaitu untuk anak-anak dan untuk orang dewasa, namun ketika berada di danau, Anda harus mempersiapkan perlengkapan renang yang sedemikian rupa karena danau tersebut terbilang cukup dalam.

3. Menyelam

Anda juga dapat menyelam hingga ke dasar telaga. Bertemu dengan ikan-ikan yang ekosistemnya masih terjaga, Anda dapat merasakan pengalaman menyelam atau snorkeling meski tidak berada di laut. Dijamin, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dibanding hanya berenang saja.

Kegiatan Menarik di Telaga Herang
Image Credit: Google Maps Siti Juhariah

4. Menyusuri Danau

Anda juga dapat menyusuri danau dengan beberapa fasilitas yang telah disediakan, seperti skuter air, bola air, perahu dayung, dan sebagainya. Aktivitas ini sepertinya cocok bagi Anda yang tidak ingin menceburkan air di danau, tetapi ingin merasakan sensasi yang berbeda. Namun, kemungkinan Anda harus membayar biaya sewa sesuatu ketentuan yang berlaku.

5. Berburu Foto Keren

Telaga Herang juga menyediakan beberapa spot foto, di mana Anda dapat mengambil gambar atau video di berbagai spot tersebut, bisa di sekitar danau, permukaan danau hingga dasarnya dengan ribuan ikan yang masih hidup secara normal, wahana-wahana air, dan sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Telaga

Fasilitas Tersedia di Kawasan Telaga Herang
Image Credit: Google Maps Wandi Yunizard

Telaga Herang menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung, termasuk Anda sendiri, baik di danau itu sendiri maupun di kawasan sekitarnya. Umumnya beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati, yaitu sebagai berikut:

1. Lahan Parkir

Bagi Anda yang ingin memarkirkan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, objek wisata tersebut telah menyediakan tempat parkir yang cukup luas dan dapat digunakan, namun tetap saja Anda harus membayar biaya retribusi parkir sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku.

2. Toilet dan Kamar Mandi

Bagi Anda yang ingin memuaskan hajat buang air, pengelola telah menyediakan toilet/MCK yang dapat Anda gunakan. Selain itu, bagi Anda yang ingin mengganti pakaian, mungkin setelah berbasah-basahan di danau, Anda dapat mandi dan mengganti pakaian dengan menggunakan fasilitas tersebut.

3. Mushola

Bagi Anda yang bingung di mana Anda bisa beribadah namun jauh dari masjid, jangan khawatir, karena Anda dapat mengunjungi mushola yang telah disediakan pengelola. Di sana terlihat masih disediakan alat-alat sholat seperti sajadah, sarung, dan mukena, dan dijamin dapat menambah kekhusyukan Anda, apalagi di suasana yang tenang nun jauh dari kota.

4. Wahana Permainan Air

Di kawasan wisata tersebut juga tersedia beberapa wahana permainan air, misalnya bola air, perahu, skuter air, seluncuran, dan sebagainya, yang dapat Anda nikmati. Bahkan, di dekat kawasan wisata tersebut juga tersedia tempat khusus bernama Wanda WaterPark yang bisa dikunjungi untuk memuaskan hasrat bermain dan berenang Anda.

5. Spot Foto Instagramable

Telaga Herang juga menyediakan berbagai spot yang dapat digunakan menjadi latar background foto Anda, misalnya di sekitar telaga, di atas batu-batu, di atas patung kura-kura, di permukaan telaga yang terlihat ikan-ikan, atau bahkan Anda bisa menyelam ke dalamnya untuk mengambil gambar di dalam air.

6. Tempat Makan

Bagi Anda yang tidak sempat membawa bekal perjalanan selama berlibur, jangan khawatir, karena terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan-minuman yang bisa Anda pilih sesuka hati, terutama makanan-makanan olahan ikan yang banyak tersedia di danau tersebut, dijamin Anda akan kenyang nantinya.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Telaga Herang di Majalengka. Bagaimana, sangat menarik perhatian Anda, bukan? Danau yang terletak cukup jauh dari pusat kota dengan air jernih dan dingin serta keindahan di dalamnya yang sangat menenangkan hati menjadikan kawasan wisata ini layak direkomendasikan untuk dikunjungi oleh Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di telaga tersebut?