Kawasan Puncak Bogor memang memiliki banyak pesona wisata. Salah satu wisata yang menjadi surga tersembunyi yaitu Telaga Saat Puncak, yang menjadi titik 0 Sungai Ciliwung.

Harga Tiket: Rp 22.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Terkenal dengan julukan kota hujan, Bogor yang memiliki udara sejuk menjadi salah satu destinasi yang populer dituju kala liburan tiba, khususnya daerah Puncak. Ternyata di daerah Puncak ini ada surga tersembunyi yang sangat sayang untuk dilewatkan, yaitu Telaga Saat Puncak yang acap kali dijuluki sebagai titik nol kilometernya Ciliwung.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Saat

Daya Tarik Telaga Saat
Image Credit: Twitter.com @tinaleepart2

1. Memiliki Letak yang Tersembunyi

Telaga cantik yang berada di Bogor belum lama mulai dikenal oleh wisatawan secara luas. Pasalnya letak dari destinasi ini terbilang cukup sembunyi, yaitu di balik perkebunan teh dan perbukitan yang telah banyak ditumbuhi oleh pepohonan hijau. Letaknya yang tersembunyi ini menjadi salah satu daya tarik dari objek wisata tersebut.

Telaga ini memiliki luas yang mencapai sekitar 1,5 hektar dan memiliki pemandangan perbukitan kebun teh yang indah, dan diapit oleh Gunung Gede Pangrango dan Gunung Kencana. Letaknya yang berada di balik kebun teh dan perbukitan membuat udara di telaga ini terasa sangat sejuk, bahkan nyaris dingin apabila Anda datang pada pagi hari atau sore hari.

Pesona alamnya benar benar cocok bagi Anda yang menyukai aroma khas dari pegunungan dan perbukitan, dengan udara sejuk dan angin semilir. Yang mana Anda akan menemukan pemandangan halaman luas yang penuh dengan padang rumput hijau. Kiri dan kanan, sejauh mata memandang dijamin memanjakan mata hingga menjernihkan pikiran.

2. Punyai Air yang Tenang dan Jernih

Telaga Saat Puncak layak disebut sebagai surga tersembunyi, karena pesona yang mampu dihadirkannya tidak hanya berasal dari pemandangan alam nan hijau yang menyegarkan mata dan pikiran. Melainkan juga berasal dari air telaga itu sendiri yang begitu jernih dan masih alami serta tidak tercemar oleh limbah apapun.

Bahkan, banyak wisatawan yang berkunjung ke sini dan hanya menghabiskan waktu untuk menikmati pemandangan tersebut. Kombinasi dari air laut yang tidak hanya jernih, tapi juga tenang, bersama dengan pemandangan hijau dari perkebunan teh dan perbukitan. Lalu ditambah udara sejuk di sekitar memang bisa membuat siapapun menjadi betah untuk berlama lama di sana.

3. Spot Instagramable

Tidak hanya mampu memanjakan mata, semua keberadaan pesona alam yang begitu alami di telaga yang berada di daerah Puncak ini juga dapat memuaskan hasrat fotografi yang Anda miliki. Bagaimana tidak, panorama alam yang tersaji dengan sempurna ini merupakan spot instagenic yang bisa menghasilkan sebuah potret mahakarya di tangan para pecinta fotografi.

Banyak dari mereka yang sengaja datang di pagi hari untuk mengabadikan momen di sini. Karena kolaborasi warna telaga yang diselimuti oleh kabut tipis, terlihat begitu menawan ketika berhadapan dengan jepretan kamera. Tidak hanya pagi, sore hari kala matahari sudah mulai menyingsing ke arah barat juga menjadi waktu yang tepat untuk berburu foto di telaga tersebut.

Daya Tarik dari Telaga Saat
Image Credit: Instagram.com @nusan_klasik

4. Punya Aroma yang Unik

Percaya atau tidak, Telaga Saat memang memiliki bau yang begitu unik. Jika mendekat ke arah telaga seluas kurang lebih 1,5 hektar tersebut, Anda akan mencium aroma seperti air seni kuda. Aroma tersebut konon katanya berasal dari kuda kuda milik para penunggang kuda, yang dulunya dijebak oleh Prabu Kian Santang pada masa Kerajaan Pajajaran.

5. Menjadi Titik 0 Ciliwung

Telaga yang berada di Puncak, Bogor, ini merupakan titik 0 Ciliwung. Bahkan di sana sudah dibangun tulisan besar bertuliskan hal sama, yang mana tulisan tersebut acap kali dijadikan sebagai latar belakang foto bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Sungai Ciliwung sendiri sudah melegenda bagi masyarakat di Jabodetabek.

Mengapa demikian ? Karena jika berbicara mengenai geografi dari daerah Jabodetabek, masyarakat pasti sudah tahu betul bagaimana bencana banjir yang cukup sering terjadi di daerah ibu kota dan sekitarnya tersebut. Dimana banjir yang menghiasi kehidupan pemukiman di sana, berasal dari aliran Sungai Ciliwung yang berhulu di telaga ini dan bermuara di Ancol.

Masyarakat sendiri, khususnya yang tinggal di sekitar sepanjang sungai, banyak yang menggantungkan hidup dan mendapat berbagai manfaat dari sungai tersebut. Jadi, walaupun terjadi banjir dari aliran Sungai Ciliwung, sebenarnya merupakan akibat dari perbuatan warga sendiri. Maka dari itu, menjaga sungai ini harus dilakukan oleh setiap warga termasuk titik 0-nya ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Telaga Saat

Alamat Telaga Saat Bogor
Image Credit: Google Maps (Suhandi Widjaja)

Telaga Saat Puncak secara administratif terletak di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor. Letaknya sendiri berada di tengah tengah perbukitan atau di balik perkebunan teh yang ada di desa tersebut. Lokasinya tersebut hanya berjarak kurang lebih 1 km saja dari arah Jalan Raya Puncak Cisarua.

Karena area Puncak sudah begitu terkenal di kalangan wisatawan, Anda pasti tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Dari arah loketnya sendiri, Anda perlu berjalan lagi sejauh 1 km untuk sampai tepat di telaga. Di pos tiket, ada motor yang dapat disewa untuk mengantarkan Anda ke arah telaga.

Apabila telah melewati pos tiket, Anda akan menemukan dua simpang jalan yang mana jalur ke arah kiri adalah yang menuju ke Telaga Saat, sementara jalan ke arah kanan menuju ke Telaga Warna yang juga tidak kalah indah. Karena setelah persimpangan Anda akan menemukan simpang dua arah jalan lagi, maka lebih baik jika langsung menggunakan jasa yang ditawarkan di loket tiket.

Harga Tiket dan Jam Operasional Telaga Saat

Harga Tiket Telaga Saat
Image Credit: Google Maps (Andy Hidajat)

Telaga Saat Puncak dibuka untuk umum mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB, jadi pastikan Anda datang di antara pukul tersebut jika ingin menikmati keindahan yang ditawarkannya. Untuk tarif masuknya sendiri, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp. 22.000 sampai Rp. 26.000 saja per orang yang sudah termasuk biaya masuk ke Telaga Warna juga.

Namun sesampainya ke lokasi telaga tersebut, Anda perlu membayar kembali sebesar Rp. 10.000 per orangnya yang akan dibayarkan di loket samping pintu masuk telaga. Semua biaya ini belum termasuk kontribusi parkir, apabila Anda membawa kendaraan sendiri. Pun dengan jasa persewaan sepeda motor di loket awal, yang akan mengantarkan Anda menuju lokasi telaga.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Telaga Saat

Kegiatan di Telaga Saat
Image Credit: Instagram.com @eka_hartatik

1. Naik Perahu

Melihat airnya yang tenang dan jernih, siapapun pasti ingin lebih mendekat ke telaga yang menjadi titik 0 Sungai Ciliwung tersebut. Tidak perlu khawatir karena di sini sudah tersedia perahu yang dapat disewa oleh para pengunjung agar bisa lebih dekat dengan telaga. Sambil keliling telaga, Anda dapat menyaksikan panorama alam yang mengagumkan di sekitar secara leluasa.

Mulai dari pemandangan kebun teh, hamparan ladang hijau, dan pemandangan gunung akan memanjakan mata Anda selama berkeliling telaga. Satu perahunya sendiri mampu menampung maksimal hingga 6 orang, sehingga Anda yang datang bersama keluarga bisa menikmati pemandangan cantik tersebut dalam satu perahu.

2. Berburu Foto

Panorama alam yang begitu mempesona di sini membuat para pengunjung tergoda untuk mengabadikannya dalam sebuah potret. Jadi jika bertandang ke sini sebaiknya Anda jangan lupa untuk membawa kamera, atau siapkan ruang yang banyak di smartphone untuk menampung hasil berburu foto selama di sana.

Bahkan saking indahnya pemandangan alam yang ditawarkan, banyak orang yang pernah melakukan foto pre wedding di Telaga Saat Puncak tersebut. Pengelola tempat ini sendiri begitu sigap melihat potensi tersebut, sehingga Anda bisa mengkomunikasikan dengan pihak pengelola apabila ingin melakukan prewedding di sana.

Dimana untuk melakukan sesi foto pre wedding di kawasan telaga, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan. Yang mana dengan biaya tersebut, maka sudah bisa mendapatkan berbagai fasilitas seperti ruang ganti, perahu rakit yang apik dan sudah dihias, serta gazebo. Sedangkan untuk fotografer dan kostumnya dibawa sendiri oleh pengunjung.

3. Piknik

Liburan adalah waktu yang tepat untuk melakukan piknik. Dengan pemandangan indah yang ditawarkan oleh telaga ini, maka saat saat piknik bersama dengan keluarga maupun teman akan menjadi lebih berkesan. Terlebih ditambah dengan udara sejuk yang mengelilingi Anda, membuat bercengkrama semakin mengasyikkan. Di sini Anda bahkan bisa menyewa tikar untuk melakukan piknik.

Kegiatan Telaga Saat
Image Credit: Instagram.com @dnasft_

4. Olahraga

Olahraga ditemani hawa yang sejuk dan pemandangan alam indah adalah hal yang cukup jarang bisa Anda lakukan di tengah pemukiman padat penduduk. Maka dari itu, gunakan kesempatan berkunjung ke telaga ini sebagai sarana untuk berolahraga dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Karena pihak pengelola kawasan wisata satu ini juga mempersilahkan para pengunjung untuk berolahraga di sekitar telaga, melihat adanya jogging track yang disediakan di lokasi tersebut. Dengan olahraga di alam terbuka seperti ini, maka pikiran menjadi lebih segar dan tubuh pun menjadi lebih bugar.

5. Offroad

Ingin melakukan kegiatan yang jauh lebih menantang ? Tentu bisa, karena Telaga Saat sendiri acap kali dijadikan sebagai salah satu area trek atau lintasan off the road ketika melakukan offroad. Banyak paket wisata Puncak yang menawarkan hal tersebut, yang mana Anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu agar tidak kehabisan kuota.

6. Menyaksikan Sunset

Ketika berkunjung ke Telaga Saat Puncak, jangan buru buru pulang jika sudah mendapatkan banyak foto ciamik di sini. Sebaiknya tunggu hingga menjelang matahari terbenam, karena dijamin tidak akan menyesal melihat pemandangan sunset di sini. Langit sore yang berubah menjadi warna orange, mampu memberikan kesan hangat di kawasan telaga yang akan sempurna untuk menutup hari.

Fasilitas yang Tersedia di Telaga Saat Puncak Bogor

Fasilitas Telaga Saat
Image Credit: Google Maps (Alasroban)

Meski dulunya telaga dengan julukan 0 kilometer Ciliwung ini pernah sempat terbengkalai, namun sekarang pengelolaannya sudah semakin baik. Sehingga Anda pun bisa menemukan fasilitas yang cukup lengkap di sini. Mulai dari berbagai persewaan yang akan membuat kunjungan Anda semakin seru, seperti persewaan perahu dan tikar, sampai warung warung yang menjajakan aneka kuliner.

Bahkan jika Anda datang ke sini tanpa membawa kamera dan ingin mendapatkan hasil foto terbaik juga dapat dilakukan, karena di sini tersedia jasa tukang foto yang akan membantu Anda mengabadikan momen terbaik. Beberapa fasilitas lain yang tersedia di Telaga Saat Puncak yaitu toilet umum, gardu pandang, gazebo, banyaknya tempat duduk, sampai mushola.

Sekarang Anda sudah tahu mengenai telaga tersembunyi yang ada di daerah Puncak ini, yang mana keberadaannya menghadirkan banyak pesona wisata bak surgawi. Maka dari itu, Anda bisa memasukkan Telaga Saat ini sebagai list daftar kunjungan ketika melancong ke Kota Bogor. Kombinasi semua panorama alam yang dimilikinya dijamin tidak akan membuat Anda kecewa.