Telaga Warna salah satu objek wisata alam yang begitu menawan di Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Danau cantik ini memiliki keunikan airnya bisa berubah warna, panorama alam sekitar yang indah dan cerita legenda yang menyelimuti.

Harga Tiket: Rp 22.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat menjadi salah satu tujuan wisata yang paling kondang. Terutama untuk wisatawan yang datang dari Jakarta selalu menjadikan kawasan wisata satu ini sebagai tujuan utama. Tidak hanya terkenal dengan kebun tehnya, Anda juga bisa menjadikan Telaga Warna sebagai tempat untuk menikmati keindahan alam. Penasaran dengan pesona yang tersaji di danau cantik ini, simak ulasan berikut.

Pesona dan Legenda Telaga Warna Bogor

Pesona Telaga Warna Bogor
Image Credit: Twitter.com @muhamadbasukis

Di Indonesia, telaga Warna memang tidak hanya bisa Anda temukan di Puncak Bogor, mengingat Dieng juga memiliki telaga unik. Untuk yang berada di Bogor, bisa dikatakan jika tempat satu ini tak pernah kehilangan pesonanya. Masih menjadi destinasi wisata yang akan membuat liburan Anda menyenangkan, sekalipun di Bogor ada banyak tempat baru yang muncul.

Telaga Warna sendiri berada di kawasan dataran tinggi Bogor yang menawarkan pesona luar biasa. Perpaduan alam puncak dan juga telaga air yang warnanya akan berubah di waktu waktu tertentu. Menghabiskan waktu di tempat ini dijamin akan membuat semua penat Anda hilang. Apalagi ketika segala aktivitas seakan tidak memberikan Anda jeda.

Telaga cantik ini telah menjadi kawasan cagar alam hutan gunung Hambalan dan hutan Gunung Mega Mendung. Dimana peresmiannya ini sudah berlangsung sejak lama yakni sekitar tahun 1972 silam. Karena berada di dataran tinggi, tentu Anda bisa menikmati udara sejuk yang menenangkan. Apalagi kawasan ini masih terbilang alami sekalipun sudah sejak lama ada.

Tidak hanya memiliki pesona yang luar biasa, sejarah di balik hadirnya Telaga Warna ini juga sangat menarik untuk diulas. Memang cerita yang beredar tentang kemunculan telaga ini tidak semua orang mempercayainya. Namun tetap saja menarik untuk diketahui. Konon katanya sebelum telaga ini terbentuk, hiduplah raja bernama Prabu Suryalaya.

Pesona Telaga Warna
Image Credit: Instagram.com @agunk_mullyanna

Raja ini memiliki istri yang dikenal dengan nama Ratu Purbamanah. Menjalani kehidupan rumah tangga yang cukup lama, keduanya tidak segera dihadirkan seorang anak untuk menjadi penerus. Di tengah kegundahan dan rasa ingin memiliki penerus, sang raja akhirnya bertapa ke tengah hutan. Dalam pertapaan ini sang raja memohon kepada sang Maha untuk memiliki anak.

Karena bertapa dalam waktu yang lama, konon doa juga keinginan sang raja dikabulkan. Permaisuri hamil beberapa bulan setelah sang raja kembali dari pertapaannya. Hingga akhirnya ratu melahirkan seorang putri yang sangat cantik jelita. Tetapi sayangnya, kecantikannya berbanding terbalik dengan perangainya.

Sang putri justru menjadi seorang anak yang melawan dan tak patuh pada kedua orang tuanya. Hingga suatu hari sang putri menolak hadiah dari sang ratu. Membuat sang ratu sedih dan menangis sejadi jadinya hingga air matanya menenggelamkan seluruh kerajaan. Dan inilah yang konon menjadi awal mula terbentuknya Telaga Warna ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Warna

Daya Tarik Telaga Warna
Image Credit: Google Maps (Martin Hardiono)

Tak hanya memiliki cerita yang unik tentang pembentukannya, daya tarik yang dimiliki oleh Telaga Warna ini memang tidak main main. Salah satu daya tarik utamanya memang pemandangannya yang indah dan memiliki udara yang begitu sejuk. Membuat siapapun akan betah untuk menghabiskan waktu liburan di tempat ini.

Memiliki kawasan yang luas, pengunjung juga bisa menemukan beragam fauna maupun flora. Membuat kegiatan yang bisa dilakukan di danau cantik ini sangat banyak. Beberapa fauna juga bisa Anda ajak untuk berinteraksi secara langsung, karena jinak. Satwa tersebut antara lain seperti lutung, kera dan beberapa fauna yang dilindungi oleh negara.

Dan daya tariknya yang membuat banyak orang penasaran adalah airnya yang bisa berubah ubah. Inilah yang membuatnya dikenal sebagai Telaga Warna. Pada waktu waktu tertentu terutama ketika sedang cerah dan matahari tak terhalang apapun, cahaya matahari ini akan menembus dasar telaga. Dan membuat telaga ini memiliki gradasi warna yang begitu cantik.

Tentu saja jika Anda beruntung Anda bisa menyaksikan sendiri keindahan perubahan warna telaga ini. Perlu Anda tahu, jika perubahan warna ini dikarenakan pepohonan yang ada di sekitar. Selain itu beragam bebatuan yang ada di dalam telaga juga memberikan pengaruh perubahan warna ini. Daya tarik ini tentu saja tidak bisa ditemukan di semua telaga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Telaga Warga

Alamat Telaga Warga
Image Credit: Google Maps (Fadly Alkahfi)

Bagi Anda yang ingin mengunjungi telaga ini, tentu saja harus mengetahui lokasinya. Alamat lengkapnya berada di Jalan Raya Puncak, Kec. Cisarua, Tugu Utara, Bogor. Perjalanan dari pusat kota Bogor tidaklah jauh, hanya sekitar 16 menit. Setidaknya Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 5 km. Terbilang dekat dengan akses yang mudah untuk dijangkau.

Untuk menuju Telaga Warna, Anda tak perlu takut untuk tersesat. Sebab rute menuju tempat satu ini tidaklah sulit untuk ditempuh. Untuk Anda yang melakukan perjalanan dari Bogor, Anda bisa berpatokan dengan Masjid Atta’awun. Setelah melewati masjid ini, Anda bisa berbelok kiri dan mengikuti perjalanan yang ada.

Nantinya akan ada petunjuk yang memudahkan pengunjung untuk sampai di lokasi telaga. Sementara Anda yang melakukan perjalanan dari Jakarta, Anda hanya perlu melewati Tol Ciawi untuk sampai ke arah Kawasan Puncak Bogor. Sama halnya dengan perjalanan dari Bogor, Anda juga akan memasuki kawasan kebun teh.

Barulah nanti akan melewati masjid ATTa’Awun atau sekitar 250 meteran sebelum restoran Rindu Alam. Nanti Anda juga akan mengambil belok kiri hingga menemukan papan petunjuk menuju tempat wisata andalan Bogor ini. Warga sekitar juga sangat ramah, sehingga Anda tak perlu sungkan untuk bertanya kepada warga setempat.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum. Dari Bogor, Anda bisa ambil kendaraan yang menuju arah Cipanas. Nanti Anda bisa turun di TWA Telaga Warna. Setelah itu dari Jalan Raya Puncak, Anda bisa berjalan sekitar 10 menit. Memang paling mudah menggunakan kendaraan pribadi agar Anda bisa lebih leluasa.

Harga Tiket dan Jam Operasional Telaga Warna

Harga Tiket Telaga Warna
Image Credit: Google Maps (Lidia Y Tarck)

Menikmati keindahan tempat wisata ini, Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Harga tiket menuju lokasi pada hari Senin hingga Jumat sekitar Rp 22 ribu. Sementara ketika akhir pekan atau musim liburan, harga tiketnya bisa naik hingga Rp 26 ribu. Tiket ini akan diberlakukan mulai anak usia 6 tahun dan sudah wajib memiliki tiket masuk.

Dan harga tiket tersebut masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan Anda. Harga tiket juga bisa berubah sewaktu waktu tergantung dari ketentuan pengelola. Sementara untuk jam operasional Telaga Warna mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 WIB. Agar lebih puas, Anda lebih datang ketika pagi hari sehingga bisa melakukan banyak hal.

Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi satu ini tentu saja ketika cuaca sedang cerah. Dengan begitu Anda bisa menyaksikan indahnya telaga yang terkena sinar matahari. Walaupun sebenarnya di hari biasa keindahan yang dimiliki juga tidak akan membuat Anda menyesal mengunjunginya. Jika ingin lebih tenang, Anda bisa datang ketika hari biasa bukan weekend atau musim liburan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Telaga Warna Puncak

Kegiatan di Telaga Warna Puncak
Image Credit: Google Maps (Papay Lepa)

1. Menikmati Keindahan Alam & Warna Air

Hal pertama yang pasti dilakukan oleh semua pengunjung adalah menikmati pemandangannya. Menikmati hamparan danau tenang dengan pepohonan hijau yang mengelilinginya, membuat Anda seakan akan sedang di sebuah negeri dongeng. Hembusan udara yang sejuk turut hadir membuat Anda tak ingin segera pulang.

Jika beruntung, Anda bisa melihat airnya yang berubah menjadi kuning gelap, hijau, kuning terang hingga menjadi coklat. Perubahan warna ini bukanlah tanpa sebab, selain karena pantulan matahari ternyata di dalamnya terdapat algae danau. Tumbuhan yang memenuhi danau inilah yang menjadikan telaga ini bisa berubah ketika matahari masuk ke dalam.

2. Menyaksikan Flora dan Fauna

Layaknya pegunungan lainnya, Anda juga bisa menemukan berbagai tumbuhan khas pegunungan tropis. Beberapa flora justru dilindungi dan mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain. Apalagi kini kawasan ini termasuk dengan cagar alam, sehingga sudah pasti jika tumbuhan yang ada dalam pengawasan atau konservasi.

Selain flora, Anda juga bisa berinteraksi dengan fauna liar yang bisa Anda temukan. Telaga Warna Bogor memang tak hanya menjadi habitat dari flora tetapi juga fauna langka. Terdapat macan tutul, kera abu abu, lutung hingga babi hutan. Tenang saja kehadirannya tak mengganggu manusia selama Anda juga tidak mengganggunya. Kera biasanya akan turun dan bermain di sekitar danau

3. Mencoba Berbagai Wahana

Bukan hanya memiliki pemandangan indah, telaga cantik di Puncak ini juga menawarkan beberapa wahana yang bisa dinikmati pengunjung. Anda bisa meluncur dari atas ketinggian dengan menggunakan flying fox. Atau Anda juga bisa menyewa perahu atau sepeda air untuk mengelilingi telaga. Wahana outbound juga disediakan untuk Anda yang ingin mencobanya.

4. Berburu Foto Instagramable

Rasanya tidak lengkap jika Anda tidak berburu foto ketika mengunjungi destinasi satu ini. Memiliki pemandangan indah, telaga ini juga gudangnya spot foto yang indah dan kekinian. Yang paling favorit adalah mengambil foto dengan latar belakang danau yang luas. Pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda dan siapkan memori penyimpanan yang besar.

Fasilitas yang Tersedia di Telaga Warna Puncak

Fasilitas di Telaga Warna Puncak
Image Credit: Twitter.com @sitisolehat5

Fasilitas yang dimiliki destinasi satu ini terbilang sudah memadai dan memanjakan wisatawan. Mengingat tempat wisata andalan Bogor ini memang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sehingga sejumlah fasilitas sengaja dihadirkan oleh Pemerintah Setempat. Fasilitas yang bisa Anda temukan mulai dari tempat parkir yang cukup luas.

Selain itu juga terdapat toilet umum dan mushola untuk beribadah. Wisatawan juga bisa membeli makanan atau minuman di warung makan yang ada. Fasilitas penunjang seperti hadirnya beberapa wahana juga turut hadir untuk dinikmati wisatawan. Telaga Warna juga dilengkapi dengan jogging track yang cukup luas dan beberapa gazebo untuk bersantai.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahannya lebih lama, Anda bisa menginap di tepi telaga. Terdapat pondok penginapan dengan harga yang ramah yakni sekitar Rp 100 ribu per malamnya.. Bagi Anda yang ingin penginapan lebih berkelas untuk bermalam, hotel sekitar telaga jug banyak. Hotel dibanderol mulai dari Rp 450 ribu tergantung fasilitasnya.

Berada di area yang mudah dijangkau, Anda bisa menjadikan Telaga Warna di Puncak Bogor sebagai tujuan liburan yang menyenangkan. Memandang hamparan telaga dengan pemandangan alam yang indah akan membuat segala penat Anda terhempas. Belum lagi ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Fasilitas pendukung juga terbilang memadai dan bisa Anda manfaatkan.