16 Tempat Makan di Cirebon Paling Enak & Murah

Tempat Makan Cirebon

Mengujungi suatu daerah tanpa mencicipi kuliner khasnya, rasanya ada hal yang mengganjal di hati. Sebab berwisata ke suatu tempat, kurang lengkap tanpa adanya wisata kuliner. Kedua poin tersebut, seakan menjadi satu kaitan yang tidak dapat dipisahkan. Untuk mendapatkan kuliner yang diinginkan, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat makan yang sudah dikenal kepopulerannya. Yuk simak beberapa tempat makan yang bisa dijajal tersebut.

1. Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong H. Apud

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Kab. Cirebon. – Image Credit by Pergidulu.com

Ingin mencicipi kuliner khas yang telah melegenda ? Kamu bisa mendatangi empal gentong H. Apud. Perjalanan serasa kurang lengkap, sebelum mencicipi sajian legendaris ini. Tempat makan yang sangat populer dari dahulu tersebut, memiliki menu empal gentong terbaik dengan cita rasa yang tidak bisa ditolak oleh lidah. Bahkan daging yag disajikan teras empuk, sehingga mudah untuk mengkonsumsinya.

Selain ada menu empal gentong, tempat makan ini juga meyediakan empal asem yang tidak kalah populernya.  Rasa kuahnya begitu menyegarkan, bahkan sejak tegukan pertama. Pada umumnya, sajian kuliner tersebut dapat disandingkan dengan nasi maupun lontong. Kamu bisa mengunjunginya langsung di  Jl. Raya Ir. H. Djuanda no. 24 Battembat, Tengah Tani.  Untuk bisa mencicipinya, kamu hanya perlu mengeluarkan dana dibawah Rp. 20 ribu saja.

2. Gokana Ramen dan Teppan

Gokana Ramen dan Teppan

Lokasi: Jl. DR. Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon. – Image Credit by Myfave.com

tempat makan satu ini, menjadi restoran Jepang yang letaknya berdekatan dengan Grage Mall. Hanya berjarak 3.3 km dari Mall tersebut, kamu akan menemukan restoran yang menyediakan aneka kuliner khas Jepang. Berbagai masakan Jepang bisa ditemui seperti  ramen, paket bento, sushi, dan berbagai kuliner populer lainnya.

3. Restoran Kelapa Manis

Restoran Kelapa Manis

Lokasi: Jl. Raya Gronggong, Patapan, Kec. Beber, Kota Cirebon. – Image Credit by Ratnanene.blogspot.com

Kamu yang senang dengan dekorasi dan view indah, bisa mengunjungi restoran kelapa manis. berlokasi di kuningan kota Cirebon, restoran satu ini akan memanjakan pengunjungnya dengan pesona alam nan keindahan kota Cirebon. Selagi bercengkrama ria, kamu bisa melihat lingkungan sekitar yang dapat menyejukkan mata.  Panorama sekitar semakin cantik, ketika mengunjunginya di malam hari.

BACA JUGA:  10 Taman di Depok yang Cocok untuk Refreshing

Ketika berkunjung ke restoran ini, kamu bisa langsung ke lantai atasnya untuk melihat panorama tersebut. Selagi menikmatinya, kamu bisa memesan  berbagai olahan nasi  yang mengenyangkan perut. Menu yang tersedia di tempat ini terdiri dari nasi timpel polos, nasi bakar tongkol, nasi tutug oncom, dan berbagai menu hidangan lainnya. Harga yang ditawarkan, mulai dari Rp. 5 ribu hingga dibawah Rp. 500 ribuan saja.

4. Urban Chicken

Urban Chicken

Lokasi: Jl. DR. Sudarsono No.33, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon. – Image Credit by Aboutcirebon.id

Masuk dalam jajaran masakan asli dari Cirebon, ayam guling tidak boleh kelewatan untuk dicicipi. Berbahan dasar daging ayam yang diolah bersama berbagai rempah pilihan, semakin nikmat karena baluran saus yang dibuat dengan resep rahasia. Ketika semua bahan tersebut sampai dimulut, seakan tidak bisa berhenti untuk menyantapnya.

Menu andalan lain yang tidak kalah populer, yaitu pedesan ayam. Dibalik rasa pedas yang menendang, ada rasa gurih yang berasal dari bumbu masakannya tersebut. Sebagai pelengkap makanan, kamu bisa mencoba minuman khas Cirebon yang bernama Tjampolay pisang susu ataupun es tape. Kedua minuman tersebut, sangat cocok dipadukan dengan kedua makanan tersebut. Untuk bisa menikmatinya, silahkan kuinjungi langsung di jl. Sudarsono No. 33, kota Cirebon.

5. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang Ibu Nur

Lokasi: Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Garnesia.com

Memasuki jam makan siang, kamu tidak perlu bingung mencari tempat makan yang menyediakan makanan sedap. Kunjungi saja tempat makan satu ini, dengan berbagai menu andalan di dalamnya. Sebagai menu primadona, Nasi Jamblang menjadi hidangan yang paling banyak dicari ditempat tersebut. Nasi yang diberi alas daun jati ini, memiliki aroma harum yang dapat menggungah selera.

6. Tomodachi Steak and Seafood

Tomodachi Steak and Seafood

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Jalanjalankenai.com

Mengusung konsep unik nan menarik, pengunjung akan diberikan tempat makan yang ada di atas waterland. Restoran unik ini, terletak di pinggir laut dengan hembusan khas angin laut. Pengunjung yang datang, dapat merasakan sensasi seakan makan di atas kapal. Berdekatan dengan lautan, menu yang disajikan berupa steak dan seafood segar. Namun restoran ini juga menyediakan varian menu lainnya, yang tidak kalah penting untuk dicoba.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru & Terhits Dikunjungi

7. Restoran Marina

Restoran Marina

Lokasi: Jl. Parujakan No.2A, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Restoran satu ini, mengajak pengunjung untuk merasakan sensasi makan di restoran premium. Bahkan menu yang disajikannya, memiliki cita rasa premium pula. Menu yang diandalkan dalam restoran terdiri dari berbagai olahan seafood, aneka masakan dari sayur mayur, aneka olahan dari daging ayam maupun bebek, hingga sup dan salad. Kamu juga disiapkan dengan fasilitas untuk mengadakan pernikahan, dengan kapasitas mencapai 700 orang.

8. Bubur Toha

Bubur Toha

Lokasi: Jl. Moh. Toha No.20, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Pergidulu.com

Lapar di tengah malam dan kebingungan mencari tempat makan ? Kamu bisa mengunjungi tempat makan satu ini kapanpun. Sebab tempat makan ini, akan siap sedia selama 24 jam penuh untuk melayani pelanggan kelaparan. Sesuai dengan namanya, kamu bisa memesan bubur ayam beserta topingnya. Bosan mengkonsumsi bubur ? Masih ada pilihan menu lainnya seperti bubur kacang hiaju dan bubur ketan hitam.

9. Cuppa Coffee Inc

Cuppa Coffee Inc

Lokasi: Jl. Dr Cipto Mangunkusumo 26 Cirebon, Panjunan, Lemahwungkuk, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon. – Image Credit by Daerahwisata.com

Tempat makan satu ini, menyediakan menu yang cukup langka ditemukan di berbagai tempat lainnya. Dengan menyediakan makanan alam Western dan berbagai masakan lokal lainnya, sehingga banyak pengunjung yang ingin mencicipinya. Tidak hanya mengunggulkan menu masakannya, namun pengunjung dapat memesan kopi. Sehingga tempat makan satu in, sangat cocok digunakan sebagai empat nongkrong para anak muda.

10. Rumah makan padang Sinar Budi

Rumah makan padang Sinar Budi

Lokasi: Jl. Pasuketan No.15, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Travelingyuk.com

Dibangun sudah cukup lama, rumah makan satu ini menyediakan berbagai masakan Padang seperti restoran lainnya. Yang membedakannya dengan rumah Padang lainnya, terletak dari kesan mewah yang diusungnya. Ketika berlibur menuju Cirebon bersama keluarga maupun kerabat terdekat, kamu bisa mengunjungi tempat makan satu ini sebagai alternatif. Rumah makan satu ini berlokasi di Jalan Pasuketan No. 15, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

BACA JUGA:  15 Curug (Air Terjun) di Cianjur yang Lagi Hits Dikunjungi

11. Mimi Choice

Mimi Choice

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.24 A, Sukapura, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Cirebonkuliner.blogspot.com

Mencari restoran dengan konsep lesehan dengan cita rasa masakan sedap, bisa mengunjungi tempat makan satu ini. Konsep yang diusungnya, membuatnya cocok digunakan untuk berbagai acara bersama kerabat terdekat. Tidak jarang pula, rumah makan ini digunakan untuk kepentingan kantor maupun acara kumpul keluarga.

Seafood menjadi menu andalan di retoran satu ini. Mulai dari udang tepung saus tiram,  gurami cobek dan cah kangkung, hingga gurami asam manis tersedia disini. Semua sajian masakan di tempat makan ini, nampaknya tidak perlu diragukan kembali. Untuk mencicipi kuliner tersebut, pengunjung harus sedikit bersabar lantaran proses pembuatannya yang memakan waktu.

12. Raja dimsum

Raja dimsum

Lokasi: Jl. Tuparev No.10, Sukapura, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Liputan6.com

Dimsum menjadi makanan yang sudah populer sejak beberapa tahun silam. Ketika ingin mencicipi rasa dimsum berbeda, kamu bisa mengunjungi tempat makan satu ini. Dimsum yang dijual di tempat ini, dijamin memiliki rasa sedap dan terjamin kebersihannya. Berbeda dengan sajian dumsum lainnya, kuliner satu ini dibuat tanpa menggunakan MSG, pewarna, maupun pengawet. Agar lebih menarik, disini memiliki varian menu dimsum yang bisa dipilih sesuai keinginan.

13. Arirang Korean Restoran

Arirang Korean Restoran

Lokasi: Jl. Siliwangi No.69, Kesenden, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Yogiarlanda.wordpress.com

Beberapa waktu belakangan, nuansa Korea sedang diminati di berbagai kalangan. Kamu bisa mencicipi masakan khas Korea, ketika berkunjung ke tempat makan satu ini. Belut bakar menjadi menu yang banyak diincar, lantaran rasanya yang membuat ketagihan. Sajian menu yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba, yaitu Bibim Bab dan Seng Geli. Untuk bisa mencicipinya, pengunjung hanya perlu mengeluarkan dana Rp. 80 ribuan.

14. Al Mumtaz

Al Mumtaz

Lokasi: Jl. Bahagia, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Cirebonkuliner.blogspot.com

Mampirlah ke tempat makan satu ini, ketika ingin mencicipi kuliner khas Timur Tengah. Desain interior yang digunakan, telah disesuaikan dengan ciri khas Timur Tengah. Selagi menikmati interiornya, kamu bisa memesan nasi kebuli, paha kambing akar madu, iga kambing bakar madu, nasi kapsah, kopi arab, dan berbagai kuliner lainnya. Penasaran dengan rasanya ? Silahkan kunjungi di Jl. Syarif Abdurahman, Lemahwungkuk, Kota cirebon.

15. Restoran Seafood Jumbo

Restoran Seafood Jumbo

Lokasi: Jl. Siliwangi No.191, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Traveloka.com

Di restoran satu ini, kamu bisa memakan segala kuliner seafood dengan ukuran jumbo. Sesuai dengan nama restorannya, tempat ini memang menyajikan kuliner dalam ukuran yang sangat besar. Karena mendapatkan porsi jumbo , pengunjung akan merasa lebih puas saat mengkonsumsinya. Namun ada juga ukuran seafood normal, apabila kamu tidak mampu menghabiskannya.

16. Seafood and Chinese Food H. Moel

Seafood and Chinese Food H. Moel

Lokasi: Jl. Kalibaru Selatan No.39, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by H-moel-seafood.business.site

Sesuai dengan namanya, resoran satu ini menyediakan menu seafood dan berbagai menu Chinese Food. Menu andalan di rumah makan tersebut terdiri dari udang saus tiram, kepiting, kerang rebus, dan berbagai olahan dari hasil laut lainnya. Sedangkan menu andalan dari Chinese Food terdiri dari capcai, kwetiaw goreng, hingga kwetiau rebus.

Lelah melakukan perjalanan mengelilingi kota Cirebon, kini saatnya menjadi tempat makan yang menyediakan kuliner yang menggoda selera. Kamu tidak perlu khawatir untuk menemukannya, sebab di kota ini tersedia berbagai tempat makan dengan cita rasa jempolan. Dari banyaknya restoran tersebut, kamu bisa memilih sesuai keinginan dan budget yang dimiliki.