18 Tempat Makan di Garut Paling Enak & Murah

Tempat Makan Garut

Mengunjungi sebuah daerah di Indonesia tentunya tak lengkap jika tidak menjajal kulinernya. Karena cita rasa masakan Indonesia begitu kaya dan wajib untuk menyapa lidah para pecinta kuliner. Begitu juga ketika Anda menginjakkan kaki di Garut Jawa Barat, ada banyak kuliner enak dengan tempat makan yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Untuk lebih lengkapnya yuk simak ulasan mengenai tempat kulineran di Garut berikut.

1. Kedai Soto Fahri

Kedai Soto Fahri

Lokasi: Jl. Raya Cimanuk No.271, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Pergidulu.com

Setiap Daerah tentunya memiliki soto yang berbeda dengan ciri khas yang menggugah selera. Soto Ayam di Garut wajib untuk Anda coba karena memiliki cita rasa asin dan gurih yang menggoda. Yang membedakan soto ayam di Garut dengan soto ayam yang lainnya adalah, adanya tambahan santan pada kuahnya yang kuning pekat. Rempah rempahnya juga lebih terasa sehingga ketika dinikmati dengan nasi hangat yang pulen.

Kedai soto yang bisa dijadikan tujuan wisata kuliner adalah kedai soto Fahri. Kedai satu ini sudah tersohor akan rasanya yang lezat. Satu porsi soto ayam yang menggoda lengkap dengan taburan kedelai goreng serta irisan daun bawang. Untuk mencicipinya Anda bisa langsung menuju Jl. Cimanuk No. 297 Garut, jangan lupa untuk menambahkan perasan jeruk nipis agar rasanya semakin menggoyang lidah anda.

2. Mie Bakso Parahyangan

Mie Bakso Parahyangan

Lokasi: Jl. Ciledug No.35, Regol, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Pergidulu.com

Mie dan bakso merupakan paduan kuliner yang sangat lezat dan banyak digemari. Mie Baso Parahyangan menjadi tempat makan yang telah lama ada di Kota Garut. Menu yang ditawarkan memang lebih banyak varien mie seperti mie kuah, bihun kuah, hingga yamien yang banyak digemari. Selain mie Anda juga bisa mencoba nasi goreng, nasi tim ayam, hingga lo cu pan. Jika Anda ingin menikmati Anda bisa datang ke Jl. Cildeug No. 35 Regol, Garut.

3. Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Lokasi: Leles, Cangkuang, Kec. Leles, Kab. Garut. – Image Credit by Saricobek.com

Rumah Makan Sari Cobek  menjadi tempat makan yang paling direkomendaikan karena kelezatan yang tidak bisa dilupakan. Memiliki menu utama Nasi liwet serta gurame Cobek dengan suasana makan yang pas membuat perut Anda akan terpuaskan. Cita rasa masakan dari resto ini tak perlu diragukan lagi bahkan banyak orang yang kembali lagi untuk menikmatinya. Anda bisa memilih gazebo hingga meja makan biasa ataupun lesehan.

BACA JUGA:  Farm House Lembang, Wisata Asik Bersama Keluarga di Bandung

Terletak dekat dengan wisata air candi cangkuang menjadikan tempat ini menjadi destinasi kuliner yang tak boleh dilewatkan. Karena setiap tempat akan dikelilingi dengan kolam ikan dan pemandangan asri yang memanjakan mata anda. Tak heran jika banyak yang menjadikan tempat ini untuk swafoto karena banyak spot uniknya. Bahkan Anda juga bisa menginap di sini karena ada bungalow yang bisa menampung 100 orang.

4. Pujasega Family Restaurant

Pujasega Family Restaurant

Lokasi: Jl. Otto Iskandardinata No. 64, Tarogong, Pananjung, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut. – Image Credit by Facebook.com (Pujasegarestogarut)

Konsep tempat makan satu ini adalah restaurant untuk keluarga namun tetap kekinian. Menu yang ditawarkan di tempat ini sangat beragam dari kuliner nusantara, Jepang hingga western bisa Anda jadikan pilihan. Suasana yang ditawarkan juga sangat tenang serta nyaman sehingga membuat nafsu makan membumbung. Tempat ini beralamat di Jl. Otto Iskandardinata No. 64m Tarogong yang buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 22.00.

5. Sate Maranggi Pa’Nur

Sate Maranggi Pa’Nur

Lokasi: Mekargalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Tabloidintan.blogspot.com

Ingin menikmati olahan sate dengan tempat makan yang nyaman dan tenang? Maka Sate Maranggi Pa’Nur ini bisa menjadi pilihan. Menyediakan berbagai menu termasuk menu unggulan yakni satenya. Tempat satu ini juga memiliki saung dengan kolam ikan yang sangat nyaman. Lokasinya yang strategis menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sate ini berada di Jl. Raya Semarang No. 119, Tarogong Kidul.

6. Rumah Makan Kampung Muara Sunda

Rumah Makan Kampung Muara Sunda

Lokasi: Jl. Raya Bayongbong Km. 3, Garut Kota, Muara Sanding, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Twitter.com @MuaraSundaResto

Kampung Muara merupakan rumah makan yang menawarkan konsep restauran apung menyediakan aneka menu makanan. Menu seperti gurame bakar, oseng hingga udang asam manis sangat menggoda. Terlebih tempatnya sangat nyaman dengan pemandangan sawah hijau yang membentang. Lokasi dari Kampung Muara sendiri berada di Jl. Raya Bayongbong Km. 3, Muara Sandang, Garut. Untuk jam operasionalnya mulai pukul 10.00 hingga pukul 22.00 WIB.

7. Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk

Lokasi: Jl. Otista No.321, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut. – Image Credit by Katalogwisata.com

Salah satu kuliner yang identik dengan Garut adalah Sambel Cibiuk. Sambel unik yang banyak dibuat di daerah asalnya yakni desa Cibiuk kini bisa Anda temukan di rumah makan satu ini. Sajian ikan gurame hingga menu seperti pepes, tumis toge jambal rotio hingga tumis genjer bisa Anda nikmati di sini. Untuk menikmati kelezatannya Anda bisa langsung datnag ke Jl. Otista No. 321 Garut. Bagaimana tertarik mencoba sambel unik ini?

BACA JUGA:  Taman Wisata Matahari, Destinasi Keluarga Favorit di Bogor

8. Bakso Mang Ano

Bakso Mang Ano

Lokasi: Jl. Raya Cipanas No.23, Langensari, Kec. Tarogong Kaler, Kab.Garut. – Image Credit by Liputan6.com

Bakso menjadi makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena cita rasanya yang gurih dan menggugah. Di Garut ada sebuah tempat yang akan membuat Anda puas menikmati bakso. Bakso uratnya yang menggoyang lidah lengkap dengan potongan kulit sapi tak bisa Anda lewatkan begitu saja. Bakso Mang Ano ini ada di Jl. Raya Cipanas No. 23 Langensari.

9. Nasi Liwet Pak Asep Stroberi

Nasi Liwet Pak Asep Stroberi

Lokasi: Jl. Raya Kadungora No.245, Leles, Talagasari, Kec. Kadungora, Kab. Garut. – Image Credit by Otwnesia.blogspot.com

Nasi liwet menjadi menu yang banyak diburu oleh pelancong maupun warga lokal ketika ke Garut. Dan tempat makan yang menyediakan menu nasi liwet yang mantap adalah nasi liwet Pak Asep Stroberi. Nasi liwet disajikan dalam kastrol dengan aroma rempah yang menggoda. Aneka lauk dan juga lalapan juga bisa Anda dapatkan tempat di Jl. Raya Kadungora No. 245, Garut.

10. Cargo Kitchen & Lounge

Cargo Kitchen & Lounge

Lokasi: Tarogong, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Cargo-kitchen-lounge.business.site

Tempat makan satu ini tak hanya memiliki tempat yang bagus dan dijadikan tempat nongkrong, menu makanan yang disajikan juga sangat lezat. Untuk itu ketika sedang ke Garut jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini. Makanan nusantara hingga western bisa Anda nikmati dengan tambahan live musik di akhir pekan. Untuk mengunjunginya silahkan datang ke  Tarogong Kidul, Garut.

11. Graha Sindang Reret

Graha Sindang Reret

Lokasi: Jl. Raya Cimanuk No.338, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Iyakan.net

Graha Sindang Reret merupakan tempat makan yang populer di daerah Garut. Menyediakan aneka olahan khas Sunda dengan olahan daging ikan beserta sup menjadi daya tarik utama tempat ini. Bagi Anda yang ingin makan bersama keluarga, tempat ini bisa menjadi inspirasi. Suasana khas pedesaan dengan makanan yang nendang tentunya tak bisa dilewatkan. Jika Anda tertarik silahkan ke Jl. Patriot No. 13 hingga 14 Sukagalih, Garut.

12. Ramen Gorilla

Ramen Gorilla

Lokasi: Jl. Terusan Pembangunan, Pataruman, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Ramen-gorilla.business.site

Di Garut Anda juga bisa menikmati nikmatnya makanan asal negeri Sakura ini. Ramen ini banyak dijadikan tempat untuk kulineran dan juga untuk berkumpul dengan teman. Harga yang ditawarkan untuk makanan serta minuman di tempat ini cukup terjangkau untuk segala kalangan. Lokasi Ramen Gorilla berada di Jayaraga, Tarogong Kidul ini buka mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.

BACA JUGA:  Wisata Sehat Sambil Belajar di Taman Herbal Insani Depok

13. Rumah Makan Megawati

Rumah Makan Megawati

Lokasi: Jl. Ciceuri Cilawu – Garut Tasik Km. 11, Mekarsari, Cilawu, Mekarsari, Kec. Cilawu, Kab. Garut. – Image Credit by Garnesia.com

Salah satu rumah makan enak yang menyediakan makanan khas Sunda selanjutnya adalah rumah makan Megawati. Tempat makan ini menyediakan berbagai menu mulai dari olahan ayam kampung hingga oncom dan sambel dadak. Lidah Anda akan dimanjakan dengan berbagai olahan di rumah makan yang terletak di Jl.Ciceuri Cilawu, Garut Tasik Km 11, Mekarsari. Tertarik untuk menikmati olahan Sunda di tempat ini?

14. Racik Desa

Racik Desa

Lokasi: Jl. Cipanas Baru No.1, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut. – Image Credit by Vebriyantidewi.wordpress.com

Tempat makan satu ini sangat kental dengan nuansa pedesaan asri yang membuat Anda betah. Berderet deret saung dengan fasilitas yang memadai sangat pas untuk Anda yang makan dengan keluarga. Menu yang ditawarkan juga beragam, dan kebanyakan memang makanan nusantara. Racil Desa Berada di Jl. Cipanas Baru No. 1, Pananjung , tarogong Kaler. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 22.00 malam.

15. Rumah Makan Dua Saudara

Rumah Makan Dua Saudara

Lokasi: Jl. Otista No.199, Tarogong, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut. – Image Credit by Google.com (Putu Sulyartha Retinaworks)

Rumah makan Dua Saudara menyajikan berbagai makanan Sunda dan juga Jawa. Sop kaki, sop iga dan juga semur jengkol hingga tumis jamur. Lokasinya yang strategis dekat dengan pariwisata Cipanas Garut membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan maupun warga lokal. Bagi Anda yang sedang di daerah tersebut bisa singgah ke Jl. Otista No. 199 Taragong Kidul. Dengan jam buka mulai dari 08.00 pagi hingga 22.00 malam.

16. Baso Aci Ceu Imas

Baso Aci Ceu Imas

Lokasi: Jl. Karacak No.49, Kota Kulon, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Beritabaik.id

Baso aci atau yang lebih dikenal dengan Baci ini merupakan kuliner yang sedang tren saat ini. Di Garut ada salah satu tempat makan Baci yang tersohor yakni Baso Aci Ceu Imas. Dalam satu porsi Baci Anda bisa menikmati berbagai isian yang menggugah selera mulai dari ceker, tetelan hingga, tahu kering dan baso acinya. Untuk satu porsinya dijual dengan harga sekitar Rp. 25 ribuan dengan porsi kenyang. Alamatnya berada di Jl. Karacak Garut.

17. Es Goyobod

Es Goyobod

Lokasi: Jl. Kiansantang No.24, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Pergidulu.com

Tak lengkap rasanya jika ke Garut tak menikmati segarnya es satu ini. Es tradisional ini bisa Anda temui di depan alun alun Garut. Tampilannya memang mirip dengan es campur, namun rasanya lebih kaya karena isiannya yang lebih beragam. Potongan tepung aren akan dipadukan dengan buah alpukat, roti tawar, kolang kalimg, gula aren hingga susu kental manis. Harga satu porsinya juga sangat murah meriah yakni mulai dari Rp. 5 ribuan.

18. Pasar Ceplak

Pasar Ceplak

Lokasi: Jl. Siliwangi No.33-55, Regol, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. – Image Credit by Pergidulu.com

Ingin berburu berbagai kuliner selama liburan ke Garut? Jangan khawatir karena Anda bisa mengunjungi Pasar Ceplak untuk berburu kulineran. Pasar ini menjadi pusat jajanan malam yang menyediakan berbagai makanan berat hingga camilan yang menggugah selera. Sepanjang jalan 300 meter ini Anda akan menemukan berbagai penjual makanan yang layak untuk Anda coba. Pasar ini beroperasi mulai pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Untuk harga makanan di Pasar ceplak sangatlah beragam dan dijamin tak akan menguras kantong anda. Makanan dijual mulai dari Rp. 2 ribu hingga Rp. 40 ribu tergantung menu yang Anda beli. Pasar ceplak sendiri terletak di Jl. Siliwangi, kota Garut. Pastinya menyenangkan menyusuri jalan bersama keluarga atau teman untuk berbelanja aneka makanan yang membuat perut kenyang dan puas.

Beberapa tempat makan di Garut yang bisa Anda kunjungi tersebut memang lebih banyak menyajikan menu nusantara. Meskipun demikian untuk rasa dan kualitas tak perlu diragukan karena sebagian merupakan tempat makan legendaris. Selain makanan berat Anda juga bisa memborong beberapa makanan ringan yang tak kalah endeus. Jadi sudah siap untuk berburu berbagai makanan di tempat makan nyaman di Kota Garut?