15 Tempat Makan di Jogja Paling Enak & Murah

Tempat Makan Jogja

Selain terdapat banyak tempat wisata alam hingga wisata budaya, kota Jogja juga memiliki aneka ragam kuliner yang menggoda. Selain gudeg yang menjadi kenamanan, masih ada makanan khas yang harus diburu dan anda coba sendiri. Disamping memiliki beberapa menunya yang menggugah, rupanya kota Jogja belum puas memanjakan pengunjungnya. Terbukti dengan adanya tempat makan di Jogja yang menyajikan panganan enak dan tempat yang mempesona. Yuk simak ulasannya berikut.

1. House of Raminten

House of Raminten

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Kompasiana.com

Tempat satu ini sangat kental dengan budaya Jawanya, bahkan ketika anda melihat dari bangunannya saja. Suara gamelan musik Jawa dengan para pekerja yang juga memakai baju khas Jawa akan membuat rasanya anda benar benar di Jogja. Dalam satu tempat anda sudah bisa menikmati aneka kuliner khas Jogja. Restoran ini berada di Jl. FM Noto No 7 Kotabaru, dan House Of Raminten ini ada 2 tempat jadi jangan salah membedakan.

Karena salah satu House of Raminten hanya menyediakan ayam geprek. Meskipun berada di jalan yang berbeda, tapi masih ada saja yang susah membedakan karena nama tempatnya sama. Sementara untuk House of Raminten yang satunya menyediakan banyak menu khas Jogja. Meskipun antriannya memang terbilang lebih panjang jika di House Of Raminten yang di Kotabaru.

2. The Manglung Café

The Manglung Café

Lokasi: Jl. Ngoro Ngoro Ombo No.16, Patuk, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul. – Image Credit by Qupas.id

Berada di Gunung Kidul membuat tempat makan satu ini memberikan pemandangan yang memanjakan mata anda. Pemandangan kota Jogja tersaji luas di depan mata lengkap dengan makanan yang juga sedap. Berkonsep outdoor anda bisa menikmati makanan nusantara hingga western. The Manglung terletak di Jl. Ngoro Ngoro Ombo No. 16 Patuk. Ketika sedang di Gunung Kidul tempat ini sangat rekomended untuk mengisi perut.

3. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari

Lokasi: Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur No.5,  Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul. – Image Credit by Traveloskyholiday.com

Setelah sempat masuk dalam sebuah adegan di film Ada Apa Dengan Cinta, sate klathak Pak Bari semakin terkenal. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate klathak Pak Bari ditusuk mengunakan ruji besi. Sate klathak sendiri berbahan daging kambing yang masih muda. Untuk menikmati kelezatannya anda bisa menngunjungi Pasar Jejeran yang ada di Jl. Imogiri Timur, Wonokromo Bantul. Sementara harganya dijual mulai Rp. 20 ribu satu porsinya.

BACA JUGA:  15 Wisata Museum di Jogja yang Patut Anda Kunjungi

4. Angkringan KR

Angkringan KR

Lokasi: Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Santapjogja.com

Angkringan menjadi salah satu tempat makan khas dari Jogja yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Meskipun anda bisa menemui angkringan di mana saja, namun menikmati di Jogja jelas akan berbeda. Angkringan KR selain menyediakan banyak menu, harga terjangkau dan tempatnya juga nyaman. Angkringan ini ada dI Jl. P. Mangkobumi, Gowongan. Tempat ini tentunya sangat cocok untuk kulineran sekalian nongkrong bersama teman atau kerabat.

5. Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum

Lokasi: Jl. Wulung, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman. – Image Credit by Tribunnews.com

Makanan yang sedang naik daun ini, merupakan makanan khas Jogja. Ayam geprek yang lezat ini bisa anda nikmati di salah satu warung yang memang telah terkenal. Ayam Geprek Bu Rum berada di Jl. Wulung Lor, Papringan, Depok Jogja. Harga yang ditawarkan juga harga mahasiswa yakni mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 15ribuan saja. Hanya saja jika anda ingin rasa yang lebih pedas dan melewati level yang ditentukan maka anda harus membayar lebih Rp. 5 ribu.

6. Nasi Goreng Kambing Kridosono

Nasi Goreng Kambing Kridosono

Lokasi: Jl. Juadi, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Makanjogja.com

Ingin menikmati nasi goreng yang berbeda dan suka daging kambing? Anda bisa langsung menuju nasi goreng kambing Kridosono yang lezat. Meskipun warungnya hanya warung tenda pinggir jalan, namun dari segi rasa bisa dikatakan kualitas bintang 5. Rasanya yang tidak amis akan sangat cocok untuk lidah penggemar nasi goreng. Lokasi nasi goreng ini ada di Jl. Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman, tepatnya dekat stadion Kridosono.

7. Warung Sawah Gondang Legi

Warung Sawah Gondang Legi

Lokasi: Jl. Gito Gati, Dusun Gondanglegi Sari Harjo, Ngaglik, Tegal Weru, Sariharjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman. – Image Credit by Pinterest.com

Jika anda sedang berada di daerah Sleman, anda bisa singgah di tempat makan satu ini. Tak hanya lokasinya yang khas pedesaan karena berada di tengah sawah, makanan yang ditawarkan juga tak kalah menggiurkan. Menu seperti sate lilit, sambal kecombrang dan bebek krispi menjadi yang istimewa, untuk lokasinya berada di Jl. Gito Gati, Gondanglegi, Ngaglik. Tempatnya yang pas pastinya akan membuat nafsu makan anda semakin meningkat.

BACA JUGA:  26 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Wajib Anda Bawa Pulang

8. Bakmi Pak Pele

Bakmi Pak Pele

Lokasi: JL. Pojok Tenggara, Jl. Alun-Alun Utara, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.net

Bakmi khas Jogja begitu tersohor dan populer, karena rasanya yang tak bisa dilupakan begitu saja. Sementara jika anda ingin menikmati yang paling enak, anda bisa langsung menuju Bakmi Pak Pele. Karena bakmi satu ini sangat gurih berkat telur bebek yang digunakan sebagai campuran. Anda bisa memilih bakmi gosog, bakmi nyemek dan bakmi goreng. Untuk lokasinya berada di selatan Alun Alun Utara Jogja, persisnya di depan SD Keputran.

Bakmi ini buka mulai pukul 17.30 hingga habis. Selain menyajikan menu bakmi, anda juga bisa menikmati menu lain seperti nasi goreng atau magelangan. Untuk rasanya memang patut untuk diacungi jempol. Tak heran jika tempat satu ini selalu ramai karena rasanya yang bikin ketagihan. Untuk harganya juga masih terbilang terjangkau, yakni sekitar Rp. 19 ribu untuk satu porsi makanannya.

9. Restoran Bukit Indah

Restoran Bukit Indah

Lokasi: Jl. Yogyakarta – Wonosari Hargo Dumilah KM 15, Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul. – Image Credit by Yogyakarta.panduanwisata.id

Konsep outdoor dengan pemandangan yang mempesona memang selalu menarik perhatian. Pemandangan malam hari akan sangat cantik jika anda mengunjungi restoran Bukit Indah ini. Karena restoran ini terletak di ketinggian 1500 mdpl. Menu yang disajikan cukup beragam dan kebanyakan menu tradisional seperti bakmi goreng, ayam bakar sampai nasi merah. Alamatnya ada di Jl. Rejowinangun No. 13, Kotagede, Jogja.

10. Oseng Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Oseng Mercon Bu Narti

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Kec. Ngampilan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Liandamarta.com

Oseng oseng Mercon yang bercita rasa pedas memang tak bisa dilewatkan begitu saja. Dipadukan dengan nasi hangat yang pulen pasti akan membuat perut tiba tiba keroncongan. Salah satu tempat makan yang sediakan menu andalan ini adalah oseng oseng mercon Bu Narti. Lokasi warung ini ada di Jl. KH. Ahmada Dahlan, Gg Purwodiningratan. Jam bukanya mulai dari pukul 17.00 hingga pukul 23.00.

BACA JUGA:  Pantai Indrayanti, Wisata Bahari yang Eksotis dan Romantis di Yogyakarta

11. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Lokasi: Jl. Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.net

Gudeg dengan Joga adalah hal yang tak bisa dilepaskan begitu saja. Tidak lengkap rasanya ke Jogja tidak menikmati Gudeg. Dari sekian banyak penjual gudeg yang ada di Jogja, Gudeg Pawon menjadi gudeg dengan rasa yang paling enak. Gudeg ini juga terbilang unik karena pembelinya harus mengambil sendiri pesanannya di pawon atau dapur. Warung ini buka pada pukul 22.00 dan berada di Jl. Janturan UH/IV No 36, Warungboto, Umbulharjo.

12. Jejamuran

Jejamuran

Lokasi: Jl. Pendowoharjo No.RT.01, RW.20, Niron, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman. – Image Credit by Kulineronline.files.wordpress.com

Seperti namanya, tempat makan satu ini menyajikan aneka masakan dengan bahan dasar jamur. Menu seperti tumis jamur pedas, telur dadar jamur hingga puyonghai jamur bisa menjadi menu anda. Untuk minumannya juga cukup banyak untuk bisa anda pesan. Lokasinya yang berada di perkebunan jamur membuat anda juga bisa mengunjungi dan melihatnya. Jejamuran ada di Jl. Ptamuka No. 53 Pandowoharjo dan jam bukanya mulai 09.00 hingga 21.00.

13. Kedai Rakjat Djelata

Kedai Rakjat Djelata

Lokasi: Jl. Wijaya Kusuma, Kutu Tegal, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman. – Image Credit by Traveloskyholiday.com

Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata kuliner anda di Jogja dengan mengunjungi kedai satu ini. Konsep tempo dulu menjadikan tempat ini begitu menarik di mata para pelancong. Bukan hanya desain interior dan peralatan makannya yang akan membawa anda ke masa lalu. Menu makanannya juga sangat Jawa sekali seperti es kembang desa atau roti bakar dengan saus gula jawa. Lokasinya berada di Jl. Dr. Soetomo, Yogjakarta.

14. Manggut Lele Mbah Marto

Manggut Lele Mbah Marto

Lokasi: Jl. Sewon Indah Nengahan RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul. – Image Credit by Food.detik.com

Bagi anda penggemar makanan berbahan dasar ikan lele, anda harus mencoba Manggut Lele Mbah Marto ini. Memiliki rasa yang sangat lezat yakni keset dan pedas lantaran memasaknya juga menggunakan tungku. Lelenya juga ditusuk menggunakan pelepah pisang terlebih dahulu. Karena memasaknya yang memang unik membuat Manggut Lele Mbah Marto menjadi kuliner yang tak bisa dilewatkan. Tempat ini ada di Dusun Nengaham Ngiring Ngiring, Bantul.

15. Brongkos Bu Padmo

Brongkos Bu Padmo

Lokasi: Jl. Magelang No.12, Jlegingan, Margorejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman. – Image Credit by Myeatandtravelstory.wordpress.com

Brongkos merupakan makanan yang bentuknya seperti rawon, tapi menggunakan santan. Kuliner satu ini merupakan salah satu makanan kesukaan dari Sri Sultan Hamengkubuwono X. Anda bisa menikmati nasi dengan daging sapi, tempe, kacang tolo dan tahu ini di Brongkos Bu Padmo. Perpaduan rasa gurih, pedas dan manis pasti akan membuat anda ketagihan. Brongkos Bu Padmo berada di daerah Tempel, Sleman, Jogja.

Kuliner yang ditawarkan oleh kota Jogja memang selalu beragam. Untuk menikmati kenikmatan kulinernya anda bisa mengunjungi tempat makan yang telah disebutkan. Sebagian memang rumah makan yang sudah teruji rasanya karena sudah lama bergerak. Bahkan anda harus rela untuk mengantri agar bisa merasakannya langsung. Sementara sebagian memberikan pemandangan alam Jogja. Sudah memutuskan akan kemana?