17 Tempat Makan di Magelang Paling Enak & Murah

Tempat Makan Magelang

Berwisata ke kota Magelang tentu saja tak lengkap jika Anda tidak mencoba beragam kuliner yang menggoyang lidah anda. Kuliner tersebut tersebar di beberapa tempat makan yang pastinya akan sayang untuk Anda lewatkan. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa rekomendasi tempat makan di Magelang yang bisa Anda kunjungi, yang pastinya akan cocok untuk Anda nikmati bersama keluarga. Berikut simak ulasannya.

1. Terracotta Resto

Terracotta Resto

Lokasi: Jl. Mayor Kusen No.8, Citran, Paremono, Kec. Mungkid, Kab. Magelang. – Image Credit by Terracottaresto.business.site

Untuk Anda yang mencari tempat makan di lingkungan yang asri, maka Anda pun bisa mencoba untuk berkunjung ke Terracota Resto yang berada di Jalan Mayor Kusen, Magelang ini. Restoran ini menyediakan suasana yang nyaman sekali sehingga Anda pun merasa seakan berada di rumah. Ditambah lagi nuansa yang artsy akan membuat Anda betah berlama-lama sini.

2. Pawon Joglo Kopi Ndeso

Pawon Joglo Kopi Ndeso

Lokasi: Jl. Balaputradewa Brojonalan No.12, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang. – Image Credit by Traveloka.com

Jika Anda berada di sekitar Candi Borobudur, maka pastikan untuk mampir ke tempat kopi hits yang berada di sekitarnya. Tempat ini sangat cocok untuk Anda menikmati suasana pedesaan yang asri. Untuk menunya sendiri, restoran ini pun menyediakan menu prasmanan yang pastinya akan menggugah selera makan anda.

3. Rumah Makan Seafood & Jamuran Joglo Tanjung

Rumah Makan Seafood dan

Lokasi: Gunung Merah Putih Tanjung Anom No.Km.7, Bringis, Banjarnegoro, Kec. Mertoyudan, Kab. Magelang. – Image Credit by Inmagelang.com

Siapa bilang tak boleh menyantap hidangan yang sehat saat berlibur? Jika Anda mengunjungi tempat satu ini, maka Anda akan mendapati menu olahan ikan yang sangat bervariasi dan menu jamur yang tentu saja menyehatkan. Restoran ini pun memiliki konsep gaya Joglo tradisional Jawa Tengah yang mempunyai interior kayu jati yang menyatu dengan alam.

4. Saung Makan Bu Empat

Saung Makan Bu Empat

Lokasi: Jl. Raya Borobudur No.4, Ngrajek II, Kec. Mungkid, Kab. Magelang. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Ketika berada di Magelang, Anda pun juga dapat menyantap hidangan khas Jawa saat sedang berlibur di kota ini. Restoran satu ini menyediakan makanan seperti lalapan, petai hingga yang terkenal adalah udang galah bakar madu dan sup gurame yang akan membuat ketagihan. Untuk Anda yang penasaran, baiknya Anda mengunjungi rumah makan ini saat berkunjung ke Magelang.

5. Rumah Makan Bale Kambang

Rumah Makan Bale Kambang

Lokasi: Jl. Raya Borobudur No.Km. 2, 8, Slak, Pabelan, Kec. Mungkid, Kab. Magelang. – Image Credit by Tripadvisor.com

Terletak di sekitar Candi Borobudur, rumah makan yang mempunyai suasana santai ini pun mempunyai harga yang tidak terlalu mahal. Meskipun memiliki harga yang terjangkau, akan tetapi restoran ini mempunyai rasa yang berselera. Disini, Anda bisa menikmati makanan di saung-saung lesehan seakan-akan sedang bersantap di tengah danau.

6. Senthong Asri

Senthong Asri

Lokasi: Jl. Balaputradewa No.22, Dusun XVII, Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang. – Image Credit by Booking.com

Ingin mencicipi kuliner dengan konsep pendopo yang semi terbuka ? Senthong Asri merupakan tempat yang cocok untuk anda. Disini, Anda bisa menikmati makanan dengan nuansa Jawa dengan aksen lampu gantung yang menambah elegan dan menimbulkan efek romantis ketika menyantap hidangan bersama pasangan anda. Ada beragam makanan yang bisa Anda nikmati seperti gado-gado hingga ayam goreng yang begitu gurih dan empuk.

7. Coffee Dsik Kopi & Eatery

Coffee Dsik Kopi & Eatery

Lokasi: Jl. Ringroad Barat, Tangkilan, Pabelan, Kec. Mungkid, Kab. Magelang. – Image Credit by Facebook.com @Coffee DSik kopi & eatery

Bagi Anda yang ingin menikmati secangkir kopi, kudapan ringan dan menikmati pemandangan sawah, maka Anda pun dapat mengunjungi tempat satu ini. Dengan mengusung tema tradisional yang cocok untuk Anda jadikan lokasi untuk berkumpul dan juga bercengkrama di alam terbuka.

8. Pasar Kebon Watu gede

Pasar Kebon Watu gede

Lokasi: Gumuk, Gandusari, Kec. Bandongan, Kab. Magelang. – Image Credit by Beritamagelang.id

Jika Anda ingin berbelanja dan kuliner di pasar tradisional, maka Anda pun bisa mengunjungi pasar kebun watugede yang berada di dusun Jetak. Pasar yang buka setiap hari Minggu ini akan menyuguhkan berbagai kuliner khas kota Magelang yang akan sayang untuk Anda lewatkan. Selain itu, Anda pun bisa menikmati pemandangan sawah yang pastinya instagenik.

9. Amata Resto

Amata Resto

Lokasi: Jl. Mendut, Jl. Sendangsono, Cabean, Progowati, Kec. Mungkid, Kab. Magelang. – Image Credit by Amataborobudur.com

Merupakan bagian dari hotel resort Amata Borobudur, restoran ini menawarkan nuansa pedesaan yang akan membuat Anda betah untuk bersantai disini. Dengan suasana yang asri, membuat tempat makan ini layak untuk Anda kunjungi ketika berada di kota Magelang. Selain itu, tersedia pula menu mulai dari Salmon Steak with MushroomSauce, Chicken Satay hingga Gado-Gado.

10. Alea Coffee shop

Alea Coffee shop

Lokasi: Jl. Balaputradewa, Dusun XVI, Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang. – Image Credit by Booking.com

Coffee shop yang berada di kawasan sekitar Borobudur ini menawarkan nuansa khas tradisional Jawa. Dimana bangunan arsitektur dari tempat ngopi ini didominasi dengan material bambu ini sangat cocok untuk tempat nongkrong anda. disini, Anda bisa menikmati berbagai makanan seperti roti bakar, mie instan dengan suasana sawah yang pastinya akan cocok digunakan untuk bersantai sembari bercerita.

11. Rumah Makan Moro Sakeco

Rumah Makan Moro Sakeco

Lokasi: Kerajan, Klegen, Kec. Grabag, Kab. Magelang – Image Credit by Twitter.com @Kulinermagelang

Rumah makan satu ini memiliki konsep pemancingan dan menyediakan hidangan aneka olahan ikan sebagai menu utamanya. Disini, Anda bisa memancing ikan dan hasil tangkapan tersebut dapat akan nikamati dan langsung Anda makan dengan berbagai pilihan macam olahan ikan. Untuk itu, Anda pun bisa mengunjungi makanan yang menyediakan suasana tradisional Jawa Tengah.

12. BS Resto

BS Resto

Lokasi: Jl. Mayor Kusen No.KM. 2,4, Pabelan, Kec. Mungkid, Kab. Magelang. – Image Credit by Primahapsari.com

Restoran satu ini mengususng tema natural dan tradisional yang menjadi tempat singgah favorit yang diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Letak restoran ini pun menjadi satu komplek dengan pusat kerajinan perak Borobudur Silver (BS). Disini, Anda bisa menikmati indahnya Pegunungan Menoreh dan Gunung Sumbing sembari menikmati hidangan yang super lezat di restoran ini.

13. Sekar Kedhaton

Sekar Kedhaton

Lokasi: JL Borobudur, Km. 2, 5, Pabelan, Kec. Mungkid, Kab. Magelang. – Image Credit by Yogyakarta.panduanwisata.id

Tempat makan ini merupakan sebuah restoran yang berbalut nuansa tradisional yang sangat unik. Disini, Anda akan menemukan menu makanan yang tersaji dengan perpaduan Indonesia, Asia dan juga Barat yang akan menggoyang lidah anda. Selain itu, disini pun Anda akan disuguhkan dengan dekorasi etnik Jawa yang sangat kental.

Dengan adanya arsitektur Joglo yang mewarnai restoran satu ini akan membuat Anda bisa menikmati makanan di tengah hamparan sawah. Sehingga Anda pun akan serasa menyatu dengan alam. Restoran ini pun juga menyuguhkan pertunjukan wayang kulit pada saat jam makan siang yang tentunya akan menambah kenyamanan dan aksen Jawa di tengah suasana makan anda.

14. Villa Sumbing French Restaurant

Villa Sumbing French Restaurant

Lokasi: Jl. Raya Kalegen, Kiringan, Kalegen, Kec. Bandongan, Kab. Magelang. – Image Credit by Travelingyuk.com

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana Perancis ketika berada di kota Magelang, maka Anda pun wajib untuk mengunjungi tempat makan satu ini. Terletak di Jalan Kalegean, restoran ini menyajikan menu yang unik sehingga akan membuat pelanggannya ingin kembali ke tempat ini. Mulai dari French Soup, Rib Eye Steak hingga Turkey Steak dapat Anda temui di restoran satu ini.

Restoran ini merupakan restoran yang dimiliki oleh pasangan koki asal Perancis. Sehingga tak heran jika makanan yang disediakan pun terkesan Perancis sekali. Tempat ini pun cukup terpencil sehingga warga lokal pun jarang yang mengetahuinya. Justru kebanyakan turis lah yang  mengunjungi tempat satu ini. Hal ini dikarenakan letak restoran ini yang cukup terpencil yakni sekitar 30 hingga 45 menit yang melewati jalan kecil.

15. Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik

Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik

Lokasi: Jl. Dukun, Dusun Kuthan, Sedayu, Kadirojo, Kec. Muntilan, Kab. Magelang. – Image Credit by Facebook.com (Joglo Ndeso Restoran dan Kebun hidroponik)

Bagi Anda yang sedang berlibur dan ingin mendapatkan suasana desa yang kental dengan adat Jawa, maka pastikan Anda untuk mengunjungi tempat satu ini. Disini, Anda akan menemukan konsep rumah joglo dan Anda pun akan leluasa untuk memilih tempat makan yang Anda inginkan. Mulai dari bagian outdoor yang terdiri dari saung dan mengelilingi kolam serta adanya perkebunan hidroponik yang akan menciptakan suasana yang berbeda ketika Anda bersantap.

16. Stupa Restaurant

Stupa Restaurant

Lokasi: Kretek – Plataran Heritage Borobudur, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang. – Image Credit by Arifsetiawan.com

Ingin suasana makan yang berbeda ? Pastikan Anda untuk mengunjungi tempat makan yang berada di Pelataran Borobudur ini. Tempat unik ini akan menyediakan menu makanan yang sangat menggiurkan sehingga Anda pun akan betah untuk berlama-lama di tempat tersebut. selain itu, Anda pun akan mendapatkan sensasi makan dengan pemandangan rumput dan juga perbukitan yang tidak Anda temukan di tempat lain.

17. Paksi Coffee House

Paksi Coffee House

Lokasi: Jl. Badrawati, Ngaran I, Kec. Borobudur, Kab. Magelang. – Image Credit by Traveloka.com

Tempat satu ini memiliki konsep tempo dulu yang mempunyai tata ruang dengan gaya klasik yang akan membuat Anda bernostalgia. Menu yang disediakan oleh restoran ini pun beragam, mulai dari gado-gado hingga nasi goreng yang akan menggugah selera makan anda. Tempat makan yang beratapkan genting tanah merah inipun akan membuat akan kembali ke Magelang kuno, sehingga Anda pun nantinya wajib untuk mampir ke tempat satu ini.

Bagi Anda yang ingin menikmati makanan dengan suasana yang sangat khas dan bergaya Jawa, maka Anda pun sebaiknya datang dan mengunjungi tempat tersebut. Selain memiliki gaya arsiterktur yang sangat artsy, tempat tersebut juga menyediakan menu makanan yang pastinya tidak akan mengecewakan Anda dan membuat Anda ingin kembali ke tempat tersebut.