17 Tempat Makan di Semarang Paling Enak & Murah

Tempat Makan Semarang

Apa yang terlintas di benak kamu, ketika berbicara tentang Semarang ?  Beberapa dari kita, mungkin akan langsung menyebut hidangan Lumpia.Tidak hanya sebatas Lumpia, Semarang juga terkenal dengan olahan makanannya yang lezat dan menggugah selera. Jika kamu hendak mengunjungi kota Pesona Asia ini, yuk simak beberapa tempat makan di Semarang paling enak!

1. Toko Oen

Toko Oen

Lokasi: Jl. Pemuda No.52, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Pegipegi.com

Kamu dapat menemukan toko yang terkenal dan legendaris di Semarang, ialah Toko Oen. Restoran dengan nuansa tempo dulu ini, terkenal dengan es krimnya yang homemade dan menyegarkan. Jika kamu ingin mengunjungi dan menikmati segarnya es krim homemade, kunjungi Jalan Pemuda no. 52 Semarang. Toko Oen sangat mudah untuk dijangkau dan ditemukan, karena toko legendaris ini tepat berada di pinggi jalan utama.

Tidak hanya ice cream, Toko Oen juga menyediakan menu jalan kolonial Belanda. Beberapa menu tersebut seperti Uitsmijter, Kastengels, hingga Huzarensalade. Karena menu khas kolonial itulah, Toko Oen masih banyak dikunjungi wisatawan dari Belanda ketika mengunjungi Semarang. Toko Oen mulai beroperasi pada pukul 08.00, hingga pukul setengah sepuluh malam.

2. Waroeng Kaligarong

Waroeng Kaligarong

Lokasi: Jl. Mayor Jend. D.I. Panjaitan No.64, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Semarangpedia.com

Jika kamu mencari kuliner di sekitar Simpang Lima, ada satu rumah makan di Semarang paling enak dan selalu ramai dikunjungi. Ialah Waroeng Kaligarong, tempat makan yang berada di Jalan Pandjaitan no.64, Semarang. Di tempat ini, kamu bisa merasaka berbagai makanan khas Indonesia. Salah satu hidangan yang paling nikmat adalah, Bebek Goreng Sambal Mangga Muda. Sekali gigit saja, empuknya dagiing Bebek Goreng akan siap menggoyang lidahmu.

3. Grill On Resto

Grill On Resto

Lokasi: Jl. Pleburan Barat No.3A, Pleburan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. – Image Credit by Ceritamakankita.blogspot.com

Bagi pecinta sate ayam, sudah pasti restoran ini sangat menjadi tempat favorit. Pasalnya Grill On Resto menawarkan tidak hanya sate ayam biasa, seperti sate kalak. Penasaran ingin mencoba sate ayam dengan bumbu kalak ? Langsung saja kunjungi Grill On Resto yang berada di Susan Building lantai 3, Jalan Seroja Timur No.2 Semarang. Tempatnya yang instagramable, serta varian menu yang menggiurkan, sangat sayang untuk dilewatkan.

4. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.48-52, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Imissforest.wordpress.com

Mencari hidangan gulai ? Langsung saja meluncur ke tempat makan Gulai Kepala Ikan Pak Untung. Sesuai dengan namanya, gulai kepala ikan adalah menu unggulannya. Gulai yang dimasak dengan berbagai rempah ini, memiliki aroma yang manis dan rasa yang gurih dan lezat. Apalagi harga yang ditawarkan untuk satu porsinya pun sangat ramah dikantong, yaitu dimulai dari harga Rp 9 ribu rupiah saja. . Gulaui Kepala Ikan Pak Untung berada di Jalan Siwalan No. 1 Semarang.

5. Gudeg Abimanyu

Gudeg Abimanyu

Lokasi: Jl. Abimanyu VI No.39, Pindrikan Lor, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Goresankata.com

Jika ingin merasakan rasa yang berbeda dari Gudeg Jogja, kamu bisa mengungi Gudeg Abimanyu. Berbeda dengan kota asalnya yang cenderung memiliki rasa manis, Gudeg Abimanyu lebih memiliki rasa yang gurih. Gudeg Abimanyu ini berada di Jalan Ki Mangunsarkoro no 15, Semarang. Di tempat makan ini, rasakan Gudeg dengan perpaduan berbagai bahan yang disiram dengan santan kental menambah kegurihan dalam Gudeg Abimanyu.

6. Pujasera Simpang Lima

Pujasera Simpang Lima

Lokasi: Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. – Image Credit by Desnantara-tamasya.blogspot.com

Bingung ingin mencari menu makanan ? Gampang, datangi saja Pujasera Simpang Lima. Ada sebanyak 172 stan kuliner, membuatmu mudah untuk menemukan hampir seluruh masakan Nusantara. Pujasera ini dapat menjadi tempat makan paling enak di Semarang, setelah lelah berjalan jalan di sekitar Simpang Lima. Aktivitas pujasera mulai terlihat sejak pukul 17.00 hingga dini hari. Harga yang ditawarkan di Pujasera ini pun sangat ramah di kantong, yaitu dimulai dari Rp 5 ribu rupiah.

7. Restoran Pesta Keboen

Restoran Pesta Keboen

Lokasi: Jl. Veteran No.29, Lempongsari, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang. – Image Credit by Semarangarea.com

Ingin merasakan menikmati hidangan di tempat tempoe doeloe ? Restoran Pesta Keboen dapat memberikan sensasinya. Restoran ini menempati bangunan yang telah berdiri cukup lama, yaitu sejak pada tahun1850. Interior dan seluruh peralatan yang ada di restoran ini pun, menggunakan perabotan abad 18 hingga 19.  Jika kamu ingin kembali mengarungi waktu, kunjungi Restoran Pesta Keboen yang berada di Jalan Veteran No.29.

8. Gama Ikan Bakar dan Seafood

Gama Ikan Bakar dan Seafood

Lokasi: Bangkong, Jl. MT. Haryono No.870A, Peterongan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. – Image Credit by Semarang-corner.blogspot.com

Satu lagi tempat makan di Semarang, yang menggunakan bangunan jaman tempoe doeloe. Gama Ikan Bakar dan Seafood menempati bangunan lama Belanda, yang memiliki ruang cukup luas. Sesuai dengan namanya, restoran ini menawarkan menu ikan bakar dan seafood yang siap membuat lidahmu menari. Kamu bisa menemui tempat makan Gama Ikan Bakar dan Seafood ini, di Jalan MT Haryono No. 870 – A Veteran No.29.

9. White Rabbit Dessert

White Rabbit Dessert

Lokasi: Jl. Abdulrahman Saleh No.225, Manyaran, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang. – Image Credit by Openrice.com

Jika sebelumnya tempat makan dengan gaya khas Nusantara jaman dulu, White Rabbit Dessert adalah cafe dengan gaya Eropa. Tempat makan ini memiliki tatanan interior yang bagus dan nyaman, sangat cocok untuk pasangan karena suasana sekelilingnya yang romantis. Kedai ini menawarkan berbagai macam dessert seperti cake,  Macaroni Shottle, hingga berbagai minuman. Jika ingin mengunjunginya, datangi saja Jl. Adbud Rahman Saleh No. 225.

10. KoenoKoeni Cafe Gallery

KoenoKoeni Cafe Gallery

Lokasi: Jl.Tabanan No.4, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang. – Image Credit by Adelinatampubolon.com

Memiliki nama yang terdengar unik, nyatanya KoenoKoeni adalah istilah Jawa Kuna Kuni yang artinya kuna atau sangat tua. Restoran ini masuk sebagai kategori rumah makan paling enak dan nyaman di Semarang, dengan ruangan yang luas dan bangunan khas berbentuk joglo jawa. Kamu bisa menikmati 2 tema hidangan, yaitu menu Jawa dan Menu Barat. Kunjungi saja Jalan Tabanan No. 4 Semarang, dan nikmati berbagai hidangan yang nikmat dan menggugah selera

11. The Hills Dining Restaurant

The Hills Dining Restaurant

Lokasi: Royal Park – Bukit Sari, Jl. Bukit Baladewa No.22-24, Ngesrep, Kec. Banyumanik, Kota Semarang. – Image Credit by Phinemo.com

Bagaimana rasanya menikmati hidangan, ditemani dengan indahnya gemerlap lampu kota Semarang ? Suasana itu bisa kamu dapatkan, dengan mengunjungi The Hills Dining Restaurant. Jika kamu ingin mengunjunginya, datanglah saat cafe dibuka mulai jam 17.00 hingga dini hari. The Hills Dining Restaurant memiliki ruangan indoor dan outdoor, yang setiap ruanganya di desain dengan sangat cantik. Restaurant ini, berada di Jalan Bukit Baladewa No.22-24.

12. Rumah Makan Kampung Laut

Rumah Makan Kampung Laut

Lokasi: Puri Maerokoco Tawang Mas, Jl. Puri Anjasmoro Raya, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang. – Image Credit by Annienugraha.com

Setelah sebelumnya menikmati hidangan di atas ketinggian, kini kamu bisa merasakan serunya wisata kuliner di atas air. Konsep restoran ini adalah, tempat makan apung yang dilengkapi dengan gazebo untuk menikmati hidangan sekaligus bersantai. Tidak perlu takut, tempat makan ini memiliki interior bahan kayu yang kuat dan mampu mengambang di atas air dengan aman.

Lokasi Rumah Makan Kampung Laut tidak begitu jauh dari pantai Marina, tepatnya berada di Puri Maerokoco Jalan Anjasmoro Tawang Mas. Udara sekitar yang sejuk, dan fasilitas wahana permainan anak membuat rumah makan ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Sesuai namanya, tentu saja masakan yang disajikan di Rumah Makan Kampung Laut lebih mayoritas pada Seafood.

13. Hanamasa

Hanamasa

Lokasi: Jl. Atmodirono I No.24, Wonodri, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. – Image Credit by Hanamasaresto.com

Semarang memang memiliki berbagai tempat makan unik, mulai dari masakan nusantara hingga masakan internasional. Salah satunya adalah Hanamasa, yang memang khas dengan masakan Jepangnya. Tempat makan ala jepang di Jalan Atmodirono I No 24 Semarang ini, menggunakan konsep self service dengan menu dalam bentuk buffet.

Meski menggunakan olahan Jepang, namun rasa pada setiap menu telah di sesuaikan dengan lidah Indonesia. Sehingga kamu tidak perlu takut dengan rasa yang tidak sesuai dengan selera, dan kelezatannya pun pas dengan lidah kita. Menu andalan Hanamasa adalah Yakiniku atau makanan yang dibakar,  serta  Shabu-Shabu atau makanan yang direbut.

14. Kedai Beringin

Kedai Beringin

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.114, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Jatenglive.com

Jika kamu mencari tempat makan yang enak, murah, dan nyaman, Kedai Beringin adalah solusinya. Tatanan Kedai Beringin, memberikan kursi-kursi kayu yang panjang, dan sofa pada sisi pinggirnya. Selain rapi, tatanan pada Kedai ini menciptakan suasana yang akrab bagi pengunjung. Karena kenyamanan yang diberikan itulah, membuat Kedai Beringin pun masuk dalam kategori Tempat makan paling enak.

Kamu dapat menemukan berbagai menu di Kedai ini, umumnya menu paling banyak adalah masakan oriental. Harga yang diberikan untuk masakan pada Keda Beringin, dimulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu rupiah. Jika kamu ingin mengunjungi Kedai Beringin, langsung saja datang ke Jalan Imama Bonjol No. 114 A.

15. Bowery & Eastman

Bowery & Eastman

Lokasi: Jl. Seroja Dalam No.6, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Constructionplusasia.com

Cafe dan resto ini mungkin berbeda, dibandingkan dengan tempat makan yang telah disebutkan. Tempat ini menggunakan bata ekspose, serta interior beraksen kuna. Dengan interior artistik ini, ditempati Eastman Coffee House dan Bowey Bar dan Resto. Kedua bisnis tempat makan tersebut, berada di bawah managemen yang sama.

Kamu bisa menikmati kenyamanan  cafe, dan desain yang simple dan classy. Terdapat 28 menu makanan, dan 44 menu minuman yang disiapkan untuk para pengunjung. Jika kamu ingin mengunjungi Bowery & Eastman, datangi saja Jalan Ahman Yani No. 140 Semarang. Kamu bisa mengunjungi pada pagi hari, tepatnya pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

16. Kampoeng Menara Resto

Kampoeng Menara Resto

Lokasi: Jl. Gajahmada No.102-104, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Wisatasemarang.wordpress.com

Jika sebelumnya menikmati pemandangan malam kota Semarang, kini kamu bisa menikmati keindahan kota Semarang pada pagi hari. Kampoeng Menara Resto adalah tempat makan di Semarang paling enak, yang berlokasi di Tower Asmaul Husna MAJT lantai 18. Dengan lantai restoran yang dapat berputar, membuat anda dapat melihat pemandangan kota dari segara arah. Bagaimana, ingin merasakan serunya menyantap hidangan di atas ketinggian 100 meter?

17. Social Canteen

Social Canteen

Lokasi: Jl. Setia Budi No.75, Tinjomoyo, Kec. Banyumanik, Kota Semarang. – Image Credit by Writravelicious.com

Bagaimana rasanya menikmati hidangan, ditemani dengan pemandangan alam berupa pepohonan hutan Tinjomoyo ? Udara yang segar dan desain tempat makan yang cantik, membuat anda semakin nyaman berada di Social Canteen. Tempat makan ini memiliki tagline “More than a Canteen”, dan menyediakan 2 ruangan luas indoor dan outdoor.

Harga yang ditawarkan pada Social Canteen pun cukup ramah, yaitu dimulai dari harga Rp 5 ribu hingga Rp 30 ribu rupiah. Ada begitu banyak varian menu yang disajikan oleh Social Canteen, mulai dari nasi goreng hingga roti bakar. Untuk weekdays, Social Canteen buka pada pukul 17.00 hingga dini hari. Sedangkan pada weekend, Social Canteen bisa buka hingga jam 1 pagi.

Mengunjungi sebuah tempat baru, tentu tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi olahan nikmat khas warga sekitar. Apalagi Semarang juga terkenal dengan makanannya yang menggiurkan, baik itu jajanan ringan maupun tempat makan berat. Setiap tempat makan yang unik di Semarang ini, masing-masing memberikan nuansa dan pengalaman yang berbeda. Jika kamu ingin mengunjungi Semarang, 17 lokasi kuliner tersebut sangat cocok untuk dikunjungi.