15 Restoran & Tempat Makan di Tulungagung Paling Enak & Mudah

Tempat Makan Tulungagung

Ayam Lodho salah satu kuliner di Tulungagung yang tidak boleh dilewatkan. Inilah daftar retoran dan tempat makan terbaik di Tulungagung untuk menikmati kuliner yang lezat.

Mengunjungi suatu daerah rasanya tidak lengkap jika tidak sekalian mencicipi kulinernya. Apalagi kuliner dari masing masing daerah selalu memiliki ciri khas tersendiri. Begitu juga ketika Anda mampir ke Tulungagung. Selain bisa mengunjungi berbagai destinasi wisatanya, Anda juga bisa sekalian mampir untuk mencicipi sajian khasnya.

Berikut beberapa rekomendasi restoran dan rumah makan yang bisa Anda kunjungi ketika di Tulungagung untuk menikmati kuliner yang enak dan harganya tetap terjangkau.

1. Soto Ayam Condong Raos

Image Credit: Soto-ayam-kampung-condong-raos-h-sukeni.business.site

Soto ayam menjadi makanan yang sangat mudah di temui di Indonesia. Meskipun demikian selalu ada rasa yang menjadi ciri khas setiap daerah. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak mencoba soto ayam di berbagai daerah. Tulungagung memiliki soto ayam yang juga wajib untuk Anda jajal. Salah satu tempat soto yang terkenal adalah Soto Ayam Condong Raos. Dalam satu porsi soto ini, Anda akan menikmati nasi dengan kuah soto yang menggiurkan.

Potongan ayamnya yang besar membuat tampilannya makin menggugah. Soto satu ini cenderung memiliki kuah yang bening. Yang membuatnya semakin unik adalah tambahan telur bebek asinnya yang membuat makin gurih. Apalagi satu porsi makanan yang digemari warga Tulungagung ini juga begitu ramah kantong. Bagaimana tidak sekali makan, Anda hanya perlu menyiapkan dana mulai dari Rp. 25 ribu rupiah saja yang sudah termasuk minum.

Lokasi: Jl. Raya Ngrendeng No.42, Batak, Ngrendeng, Kec. Gondang, Kab. Tulungagung.

2. Nasi Pecel Mak Kitun

Nasi Pecel Mak Kitun

Image Credit: Wisatadanhotelmurah.com

Tempat makan selanjutnya yang begitu populer adalah nasi pecel Mak Kitun. Umumnya pecel banyak ditemui ketika pagi hari, tetapi Anda bisa menemui kuliner satu ini ketika malam hari. Sajian pecel legendaris ini memiliki bumbu kacang yang sedikit pedas dan menjadi ciri khasnya. Anda bisa menikmati  berbagai lauk untuk pendamping nasi pecelnya. Tempat makan yang berada di Jepun ini menjadi tujuan kawula muda untuk kulineran di malam hari.

Lokasi: Jl. Mastrip, Jepun, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

3. Ayam Lodho

Ayam Lodho

Image Credit: Cookpad.com

Ayam Lodho merupakan makanan khas Tulungagung yang tidak bisa Anda lewatkan. Olahan satu ini memang sudah terkenal di mana mana. Umumnya menu Ayam Lodho akan hadir di berbagai acara penting seperti hajatan. Kuah opor ayam yang disiramkan pada ayam panggang ini memang begitu menggugah. Semakin nikmat jika disandingkan dengan nasi maupun lontong sebagai teman. Tak jarang Anda juga bisa menambahkan urap urap atau gorengan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Lamongan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Untuk menemukan Ayam Lodho di Tulungagung bukanlah hal yang sulit. Ada banyak tempat makan yang  bisa Anda tuju untuk menikmati sajian lezat ini. Salah satunya di daerah Kedungwaru yang terkenal dengan rasanya yang begitu nikmat. Mengunjungi kota satu ini memang tidak lengkap jika tidak menikmati Ayam Lodhonya. Apalagi harga kuliner satu ini juga terbilang ramah kantong dan sebanding dengan rasanya.

Lokasi: Jl. KHR Abdul Fattah No.88, Botoran, Kec. ngemplak, Kab. Tulungagung.

4. Kepiting Sambal Ijo

Image Credit: Faktualnews.co

Apakah Anda pecinta kuliner seafood? Jika iya maka Anda harus mengunjungi rumah makan satu ini. Tempat kulineran satu ini memiliki menu andalah berupa kepiting yang pastinya akan membuat Anda ketagihan. Kepiting diolah dengan bumbu rahasia yang membuat rasanya berbeda dengan tempat lainnya. Anda bisa memilih ukurannya, dan tenang saja semua kepitingnya dalam kondisi yang fresh sehingga membuat Anda puas.

Lokasi: Jl. MT Haryono No.77, Kedungwaru, Bago, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

5. Sop Ayam Bu Sumirah

Image Credit: Tripadvisor.com

Tempat makan yang legendaris selanjutnya adalah Sop Ayam Bu Sumirah yang sudah ada sejak tahun 90an. Di tempat sederhana ini, Anda bisa merasakan nikmatnya sop ayam yang begitu disukai masyarakat Tulungagung. Dalam satu porsi sop ayam, Anda akan menemukan daging ayam suwir yang begitu empuk. Isian lainnya berupa telur puyuh, kol iris halus dan juga soun. Tidak lupa perkedel kentang yang akan membuat Anda begitu kenyang.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.9, Kauman, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

6. Nasi Goreng Bang Petruk

Nasi Goreng Bang Petruk

Image Credit: Emydut.blogspot.com

Nasi Goreng satu ini merupakan nasi goreng yang berbeda dengan lainnya. Kuliner nasi goreng memang sangat mudah untuk Anda temukan. Tetapi Anda wajib mencicipi Nasi Goreng Bang Petruk di Tulungagung ini. Bumbu yang digunakan merupakan bumbu rendang yang kaya akan rempah. Ditambahkan dengan telur mata sapi dan bawang goreng membuatnya begitu nikmat. Silahkan saja menuju ke daerah Kedungwaru, Tulungagung.

Lokasi: Kedung Indah, Kec. Kedungwaru, Kab. Tulungagung.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Wajib Anda Bawa Pulang

7. Resto Lesehan Nirwana Bambu

Resto Lesehan Nirwana Bambu

Image Credit: Garnesia.com

Tempat satu ini cocok untuk wisata kuliner bersama dengan keluarga. Selain memiliki view yang menyejukkan mata, sajian makanannya juga akan membuat perut Anda dipuaskan. Anda bisa menemukan berbagai menu mulai dari ayam, daging, sayuran hingga aneka olahan ikan tawar yang nikmat. Memiliki fasilitas pendukung yang memadai, membuat tempat satu ini harus Anda kunjungi ketika di Tulungagung.

Lokasi: Jl. Raya Demuk-Kalangan No.117, Kalangan, Kec. Ngunut, Kab. Tulungagung.

8. Jepun View Resto

Image Credit: Facebook.com @JepunViewResto

Resto satu ini memiliki desain interior dan juga tempat yang strategis sehingga bisa Anda kunjungi dengan mudah. Tempatnya yang nyaman akan membuat Anda betah berlama lama. Sajian menu yang disediakan juga sangat beragam, mulai dari sapi lada hitam, udang saus telor asin hingga berbagai menu steak yang rasanya sesuai dengan lidah lokal. Tak heran jika resto satu ini tak pernah sepi dikunjungi oleh warga lokal maupun pendatang.

Lokasi: Jl. Mayor Sujadi, Jepun, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

9. Waroeng Kampoeng AG One

Waroeng Kampoeng AG One

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Untuk Anda yang ingin menikmati sajian Ayam Pangggang dan Gurami yang nikmat, tempat kulineran satu ini bisa Anda kunjungi. Waroeng Kampoeng AG One memang tak hanya menyediakan kedua menu tersebut, tetapi keduanya memang yang menjadi andalan. Menariknya lagi, harga makanan yang ditawarkan juga terbilang terjangkau dan sesuai dengan harganya. Untuk bisa mengunjungi warung ini, langsung saja menuju daerah Jl. Mt.Haryono

Lokasi: Jl. MT Haryono No.77, Kedungwaru, Bago, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

10. Tiga Dapoer Batavia

Tiga Dapoer Batavia

Image Credit: Tripadvisor.com

Rumah makan satu ini memang terbilang unik, terutama dari suasananya. Karena Tiga Dapoer Batavia memiliki konsep layaknya rumah pribadi. Sehingga Anda akan merasakan suasana seperti makan di rumah sendiri. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam, Anda bisa menikmati hidangan tradisional hingga menu modern dengan harga terjangkay. Umumnya harga menunya dibandrol mulai dari Rp. 4500 hingga Rp. 30 ribuan.

Lokasi: Jl. Mastrip, Jepun, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

11. Tahu Lontong Mbah Ganong

Tahu Lontong Mbah Ganong

Image Credit: Matain.id

Pecinta kuliner harus mencoba citarasa olahan tahu lontong yang sudah terkenal ini.Tahu Lontong sendiri merupakan perpaduan tahu serta lontong yang disiram dengan bumbu kacang. Perpaduan rasa manis, gurih dan pedasnya akan memanjakan lidah anda. Tahu Lontong Mbah Ganong juga memiliki harga yang ramah kantong. Satu porsi tahu lontongnya dibandrol mulai Rp. 6 ribuan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Jl. Adi Sucipto, Kenayan, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

12. Lodeh Lodho

Lodeh Lodho

Image Credit: Idntimes.com

Berada di daerah Mangunsari, rumah makan ini memiliki menu andalan berupa Lodeh Lodho. Lodho sendiri identik dengan kuah santan yang membuat rasa masakan makin gurih. Dan yang membuatnya unik, lodeh lodho disajikan di cobek dengan lele goreng yang dilumuri sambal. Kemudian disiram dengan kuah lodho yang terlihat menggiurkan. Menu ini paling nikmat jika disandingkan dengan nasi uduk serta urap sayur. Jangan lupakan nasi putih hangatnya.

Lokasi: Jl. Raya Pulosari, Demangan, Bendiljati Wetan, Kec. Sumbergempol, Kab. Tulungagung.

13. Warung Sate Kambing dan Gule Pak Kuwat

Warung Sate Kambing dan Gule Pak Kuwat

Image Credit: VYMaps.com

Di Tulungagung Anda memang akan sangat mudah menemukan penjual sate maupun gule kambing. Makanan satu ini bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang memang menyukai daging kambing. Salah satu resto yang disarankan adalah warung milik Pak Kuwat. Warung sate ini tak pernah sepi pengunjung, terutama di akhir pekan. Banyak keluarga yang menghabiskan waktunya dengan mengunjungi warung satu ini. Rasanya yang mantap akan membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Rejoagung, Kec. Kedungwaru, Kab. Tulungagung.

14. Rujak Uleg Gelombang dan Sompil Ayu

Rujak Uleg Gelombang dan Sompil Ayu

Image Credit: Kedirikab.go.id

Panganan yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Tulungagung adalah Sompil. Anda bisa menemukan menu ini di beberapa tempat, salah satu di Rujak Uleg Gelombang dan Sompil Ayu. Tempat sederhana ini menyajikan sompil dengan rasa yang tidak akan membuat Anda kecewa. Dalam satu porsi, Anda akan menemukan sayur rebung, irisan lontong dan sayur lainnya yang rasanya pedas.

Lokasi: Bangunjaya, Kec. Pakel, Kab. Tulungagung.

15. D’Java Coffee House

D’Java Coffee House

Image Credit: Ekokepet.com

Untuk menutup perjalanan kuliner anda, maka Anda bisa mampir ke D’Java Coffe House. Sajian kopi di tempat satu ini akan menjadikan wisata kuliner Anda makin istimewa. Tidak hanya kopi, Anda juga bisa menikmati berbagai menu yang menggoyang lidah. Begitu masuk, Anda akan disambut dengan aroma kopi yang menguar. Tempatnya yang nyaman menjadikan tempat satu ini banyak dijadikan tempat nongkrong.

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro No.78, Tamanan, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

Kota Tulungagung akan memberikan Anda pengalaman wisata kuliner yang tak terlupakan. Selain menyediakan berbagai menu legendaris, perut dan lidah Anda juga akan dimanjakan dengan menu modern lainnya. Selain itu, beberapa tempat juga menyediakan suasana yang bisa merefresh pikiran. Jadi tertarik menjajal resto atau tempat makan di Tulungagung yang mana lebih dulu?