12 Restoran & Tempat Makan di Wonosobo Paling Enak & Murah

Tempat Makan Wonosobo

Tempat makan yang populer dan legendaris memang menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke suatu daerah, termasuk Wonosobo terdapat beberapa restoran dan rumah makan yang populer dengan menu ramah di kantong.

Daerah Wonosobo, selain terkenal dengan objek wisatanya juga terkenal dengan kuliner khasnya yang menggoda. Kota satu ini menawarkan wisata kuliner yang kaya akan rasa, bahkan banyak sekali tempat makan di Wonosobo yang sudah terkenal dan legendaris. Sehingga perjalanan wisata kuliner anda akan semakin seru.

Hidangan yang ditawarkan tempat tersebut pun beraneka ragam. Berikut sederet tempat makan dan restoran di Wonosobo yang patut anda kunjungi.

1. Soto EDS

Soto EDS

Image Credit: Tripadvisor.com

Soto EDS merupakan rumah makan yang terletak di Jalan Jendral A. Yani. Tempat ini termasuk salah satu rumah makan legenda kuliner di Wonosobo, penggemarnya pun dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain diramu oleh seorang koki yang handal, hidangan di Soto EDS hanya menggunakan bahan bumbu pilihan saja. Sehingga menghasilkan sajian dengan cita rasa yang khas dan berbeda dengan soto yang lain.

Ada beberapa varian soto yang ditawarkan oleh rumah makan ini, di antaranya yaitu soto sapi dan soto ayam. Dimana rasanya tidak pernah berubah sejak dulu hingga sekarang, ditambah kuahnya juga segar dan bening. Dengan daging yang dipotong besar-besar dan empuk. Tak hanya rasa sotonya yang khas, sambal yang disediakan di tempat ini juga memiliki rasa yang khas dan menambah kenikmatan dari soto tersebut.

Lokasi: Jl. A. Yani No.118, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

2. Mie Ongklok Longkrang

Mie Ongklok Longkrang

Image Credit: Tripzilla.id

Rasa yang juara siap dihadirkan oleh Mie Ongklok Longkrang yang berlokasi di Jalan Pasukan Ronggolawe. Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1975 dan selalu ramai setiap waktu. Hal ini dikarenakan cita rasa legendarisnya yang selalu dipertahankan hingga sekarang. Disajikan dengan cara yang khas, Mie Ongklok Longkrang direbus dengan menggunakan racikan bumbu khusus. Lalu dikombinasi dengan potongan daun kucai dan kubis.

Jika anda sudah menyantap Mie Ongklok Longkrang ini, anda akan merasa kurang jika hanya menyantapnya satu piring saja. Selain Mie Ongklok, rumah makan ini juga menyediakan berbagai macam gorengan seperti tempe kemul dan tahu kemul untuk teman pendampingnya. Sedangkan untuk minumannya, tempat ini menyediakan minuman Purwoceng yang juga merupakan hidangan khas dari Wonosobo yang begitu populer.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Solo Paling Hits

Lokasi: Jl. Pasukan Ronggolawe No.14, Longkrang, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

3. Mie Ongklok Muhadi

Mie Ongklok Muhadi

Image Credit: Kulinerbangsakoe.blogspot.com

Jangan heran jika rumah makan yang sudah beroperasi sejak tahun 1980 an ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. Pasalnya, tempat ini sudah sangat populer karena kelezatan rasanya. Dengan tekstur mie yang sangat halus dan kuah yang legit serta gurih, membuat pengunjung selalu datang kembali untuk menikmati Mie Ongklok di warung makan milik Pak Muhadi ini. Bahkan banyak pengunjung dari luar kota yang penasaran dengan rasanya.

Warung Mie Ongklok Muhadi ini tidak hanya sekedar menyajikan mie ongklok saja, tapi juga sate sapi dan berbagai sajian tambahan seperti geblek dan tempe kemul. Beberapa makanan khas Wonosobo tersebut tersedia di semua meja, yang sangat cocok untuk disantap bersama dengan mie ongklok. Jika anda datang kemari dengan banyak orang, maka tidak perlu khawatir, karena tempatnya cukup besar dan Pak Muhadi sudah menyiapkan lahan parkir yang luas.

Lokasi: Jl. A. Yani No.1, Tosari, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

4. Mie Ongklok Bu Umi

Image Credit: Phinemo.com

Rumah makan lain yang juga menyajikan mie ongklok, yaitu Mie Ongklok Bu Umi. Hanya berada sekitar 500 meter dari pusat kota Wonosobo, warung mie satu ini sangat sayang bila anda lewatkan. Soal rasa pun tempat ini pantas diacungi jempol, apalagi bagi anda para pecinta kuliner pedas. Karena Mie Ongklok Bu Umi ini terkenal cukup pedas, anda bahkan dapat meminta tambahan potongan cabai rawit yang pedasnya menggigit.

Lokasi: Jl. Masjid No.11 RT. 01 RW. 14 Kauman Utara, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

5. Krishna Resto Garden

Krishna Resto Garden

Image Credit: Tripadvisor.com

Suasana yang dibangun Krishna Resto Garden yaitu nuansa hijau tumbuhan yang sangat segar. Rumah makan ini berletak di Jalan Mayor Muin, dengan menawarkan berbagai macam varian makanan. Selain beragam, cita rasanya pun luar biasa nikmat. Kuliner yang disajika tersebut yaitu mulai dari aneka nasi goreng, mie, hingga sop. Dengan rasa yang khas yang cocok dengan lidah anda, dan nuansanya yang kental dengan budaya Jawa.

Lokasi: Jl. Kyai Mansyur No.100,  Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

6. Asia Restaurant

Image Credit: Tripadvisor.com

Kuliner dengan cita rasa oriental juga ada di Wonosobo, tempatnya berada di Asia Restaurant. Rumah makan ini berlokasi di Jalan Angkatan 45, dengan rasa yang disuguhkan sangat enak dengan harga yang relatif murah. Di sini, anda dapat menemukan berbagai menu seperti gurame, dan sup kepiting yang terasa masih sangat segar. Selain itu, restoran ini juga memiliki beragam jenis kuliner unggas yang dapat memanjakan perut anda.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Semarang Paling Hits

Lokasi: Jl. Angkatan 45 No.43, RT.04/RW.07, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

7. Oemah Juminten

Image Credit: Satumenitnews.com

Jika anda menginginkan hidangan yang memiliki nuansa Jawa yang kental, maka Oemah Juminten adalah tempat yang tepat. Di sini tersedia berbagai macam masakan yang memiliki cita rasa dan sensasi khas Jawa. Bahkan terdapat menu Mie Jawa, yang memiliki rasa dan tampilan yang unik. Mie ini memiliki tekstur halus dan bumbu rempah yang luar biasa di setiap lembaran mienya.

Kenikmatan menyantap sajian di Oemah Juminten pun semakin lengkap. Karena di sini juga disediakan live music yang bisa anda nikmati setiap saat. Selain itu, kemewahan bangunan dan detail ornamennya yang khas akan sangat pas menjadi latar belakang foto selfie anda. Bila ingin mengunjungi tempat ini, anda bisa langsung menuju ke Jalan Mayor Kaslan di Wonosobo.

Lokasi: Jl. Mayor Kaslam No.45, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

8. Warung Api Selere Raja

Warung Api Selere Raja

Image Credit: Tripadvisor.com

Anda bisa bersantap sembari menikmati suasana eksotis di Dataran Tinggi Dieng, dengan berkunjung ke Warung Api Selere Raja. Di sini, anda dapat menikmati pemandangan alam dan kultur budaya beserta cita rasa tinggi kulinernya sekaligus. Hal ini karena Warung Api Selere Raja berada di kompleks Candi Arjuna, Dieng Kulon. Hidangan yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari mie ongklok hingga minuman Purwoceng.

Lokasi: Jl. Dieng No.27, Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara

9. Rumah Makan Dieng

Rumah Makan Dieng

Image Credit: Tripadvisor.com

Masih di kawasan Dataran Tinggi Dieng, terdapat Rumah Makan Dieng yang tak lezat. Rumah makan satu ini menyajikan beragam kuliner dengan cita rasa yang juara, mulai dari ayam goreng yang sangat empuk, hingga beragam olahan lele dan daging sapi. Bagi anda para pecinta nasi goreng, rumah makan ini juga menyediakan berbagai varian nasi goreng yang siap menggoyang lidah. Selain itu pemandangan sekitar yang menakjubkan akan semakin memanjakan anda.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sragen Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Sindoro No.12,  Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

10. Warung Joglo

Warung Joglo

Image Credit: Tripadvisor.com

Menikmati kuliner di sebuah rumah makan yang dikeliling oleh pegunungan dan diselimuti kabut akan memberikan sensasi tersendiri. Anda pun dapat menikmati suasana tersebut di Warung Joglo yang terletak di Jalan Raya Wonosobo, di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Hawa dingin yang berpadu dengan desain restoran yang mengusung tema rumah joglo, akan semakin menambah suasana asri ketika berkunjung ke sana.

Menu andala di restoran ini yaitu sup buntut goreng dan gurame bakar, yang juga pernah disantap oleh beberapa artis terkenal ibu kota. Sejumlah foto testimoni dari para artis hingga pejabat memang dipajang secara rapi di dinding-dinding bagian dalam restoran. Selain rasanya enak dan lezat, porsinya pun tidak pelit sehingga hidangan di sini dijamin membuat perut anda kenyang. Terlebih, harga yang ditawarkan pun sangat wajar untuk rasanya yang begitu nikmat.

Lokasi: Kapencar, Candiyasan, Kec. Kertek, Kab. Wonosobo.

11. White House Cafe

Image Credit: 2Pos.asia

Satu lagi tempat makan di Wonosobo yang tidak boleh ketinggalan untuk anda cicipi, yakni White House Cafe. Mengusung konsep yang kekinian, cafe ini menawarkan menu yang sangat beragam. Rasanya pun juara, dengan harga yang begitu ramah di kantong. Meski mengusung tema modern, di sini juga menyajikan beberapa hidangan tradisional khas Wonosobo. Seperti minuman Carica, Purwoceng, serta beberapa gorengan semacam Tempe Kemul dan lain sebagainya. Sehingga anda bisa sekalian membeli oleh oleh untuk keluarga di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Sabuk Alu No.121B, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

12. Brother House

Image Credit: 2Pos.asia

Terakhir, ada tempat makan modern yang juga tidak kalah terkenal yaitu Brother House. Tempat makan ini menawarkan beragam kuliner modern dari mancanegara, seperti Pizza dan Sandwich. Cita rasa yang ditawarkan dari Pizzanya sangat identik dengan negara asal, yaitu Italia. Meski begitu, rumah makan ini juga menyediakan masakan lokal seperti mie ayam dengan bumbu-bumbu pilihan yang sangat nikmat.

Lokasi: Jl. A. Yani No.35 A, Tosari, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

Itulah beberapa daftar restoran dan tempat makan di Wonosobo yang sangat populer, baik di kalangan warga setempat maupun wisatawan luar. Beberapa di antaranya bahkan sudah berdiri dan terkenal sejak bertahun-tahun yang lalu. Dengan mempertahankan cita rasanya yang khas, berbagai tempat kuliner ini selalu memiliki tempat di hati para pengunjung. Jadi anda tertarik untuk mengunjungi destinasi kuliner yang mana?