20 Tempat Wisata di Ambarawa Semarang yang Paling Hits

Tempat Wisata Ambarawa Semarang

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Populer di Ambarawa Semarang, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan.

Keindahan yang dimiliki oleh Indonesia memang tidak bisa ditawar dan selalu menarik untuk dikunjungi. Begitu juga bagi Anda yang berencana liburan ke Semarang, kota ini menawarkan banyak keindahan yang bisa Anda ulik. Menginjakkan kaki di kota ini, Anda bisa mengunjungi Ambarawa yang merupakan kecamatan di Semarang mampu menghadirkan banyak hal menarik untuk dikunjungi.

Beberapa tempat menarik di kecamatan ini tidak hanya tentang wisata alam, namun juga wisata modern dan sejarah yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Berikut rekomendasi tempat wisata terbaik di Ambarawa Semarang yang bisa dimasukkan dalam list liburan Anda selanjutnya.

1. Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening

Image Credit: Wikipedia.org

Mengunjungi kota yang dikenal dengan lumpianya ini tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi danau Rawa Pening. Untuk itu, Anda bisa menjadikan destinasi satu ini sebagai tujuan utama untuk disambangi. Begitu Anda tiba, Anda akan disuguhkan dengan hamparan danau luas. Benar saja karena danau ini sendiri karena danau ini luasnya sekitar 2.670 hektar.

Sebenarnya, danau ini merupakan kawasan kampung yang di bagian tengahnya terdapat sawah hijau. Di bagian selatan, Anda bisa berkesempatan menyaksikan Gunung Telomoyo serta Merbabu yang megah. Panorama inilah yang menjadikan Danau kebanggaan Semarang ini tak pernah sepi pengunjung.

Apalagi selain bisa menikmati semilir angin lengkap dengan pemandangan yang mempesona, danau ini juga menyediakan banyak fasilitas dan wahana. Anda bisa menjajal wahana seperti ATV, bebek air, becak air hingga perahu karet untuk berkeliling danau. Jangan lupakan untuk mengabadikan semua momen Anda ketika mengunjungi wisata satu ini.

Lokasi: Bejalen, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

2. Pemandian Muncul

Pemandian Muncul

Image Credit: Instagram.com @wisatajateng

Di Rawa Pening memang tidak bisa melakukan aktivitas seperti berenang, selain berkeliling dengan perahu. Untuk itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan liburan dengan mengunjungi Pemandian Muncul. Pemandian ini bukanlah pemandian biasa, karena termasuk dalam pemandian alami yang wajib Anda kunjungi.

Sekalipun alami, tapi pemandian ini memiliki sirkulasi air yang bagus dan terjaga kualitasnya. Sumber air ini memancar secara alami dari dalam tanah, sehingga airnya begitu bersih. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan ritual Padusan yang biasanya digelar menjelang puasa. Selain itu, pemandian ini juga bisa dimanfaatkan untuk memancing atau pembibitan ikan.

Lokasi: Jl. Raya Muncul, Rowoganjar, Rowoboni, Banyubiru, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

3. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur

Image Credit: Detik.com

Puas berenang di pemandian alami, kini saatnya untuk berpetualang lebih jauh di Ambarawa. Air Terjun Kali Pancur menjadi salah satu air terjun cantik yang memang sangat cocok untuk para petualang. Karena untuk menjangkaunya, pengunjung harus melakukan treking dan menaklukkan anak tangga yang jumlahnya mencapai 800an.

Medan yang harus Anda taklukkan juga terbilang menantang. Kendati demikian, pemandangan yang mampu membuat lelah Anda menguap. Bagaimana tidak, air terjun yang memiliki ketinggian 150 meter ini dikelilingi dengan tebing serta bebatuan alam yang eksotis. Menikmati suasananya yang asri lengkap dengan suara gemericik dijamin akan hilangkan penat Anda.

Lokasi: Gejayan, Nogosaren, Kec. Getasan, Kab. Semarang.

4. Wisata Umbul Sidokmukti

Umbul Sidomukti

Image Credit: Tianlustiana.com

Ambarawa memang memiliki pesona alam yang akan membuat siapapun berdecak kagum. Dan inilah yang bisa Anda rasakan ketika mengunjungi wisata umbul Sidomukti yang berada di Ambarawa. Sebenarnya wisata satu ini menawarkan banyak atraksi wisata yang akan membuat Anda mampu menghilangkan semua penat.

Yang menjadi andalan adalah kolam renang yang berada di lereng gunung Ungaran. Dengan begitu Anda bisa merasakan berenang sembari menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Karena memang kolam renangnya sengaja diletakkan di tempat paling tinggi alias di puncaknya. Berenang di tempat ini akan memberikan sensasi yang berbeda.

BACA JUGA:  The Heritage Palace, Tempat Rekreasi Seru Ala Romawi Kuno di Sukoharjo

Jika suasananya cerah, tentunya akan memudahkan Anda untuk menikmati pemandangan di depannya. Pengunjung juga bisa bebas melakukan berbagai wahana seperti outbond. Anda yang ingin menikmati waktu lebih panjang bisa mendirikan tenda di area camping groundnya. Yang jelas destinasi satu ini masih menjadi favorit di Ambarawa atau di Semarang.

Lokasi: Manggung, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

5. Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang

Image Credit: Myimage.id

Membuat kegiatan bermain air makin lengkap, Anda bisa menjadikan air terjun Semirang ini menjadi tujuan selanjutnya. Air yang mengalir dari ketinggian di antara bebatuan ini memang akan membuat siapapun terpesona. Saat musim penghujan, debit air dari air terjun Semirang ini terbilang besar. Sehingga akan menjadi sebuah perpaduan yang membuat Anda terpana.

Hawanya yang sejuk juga akan membuat Anda betah berlama lama menikmati keindahan air terjun ini. Anda bisa mengabadikan semua momen Anda ketika mengunjungi wisata alam di Ambarawa satu ini. Airnya yang jernih akan mengundang siapapun untuk bermain air atau sekedar meredam kaki. Tak heran jika air terjun ini begitu kondang di kota satu ini.

Lokasi: Gogik, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

6. Bukit Cinta

Bukit Cinta

Image Credit: Kompas.com

Penjelajahan Anda di Ambarawa Anda belum akan berakhir, karena masih ada banyak tempat menarik yang bisa Anda jelajahi. Salah satunya adalah Bukit Cinta yang lokasinya tidak jauh dari Rawa Pening. Anda bisa menikmati keindahan danau dari atas ketinggian, lengkap dengan suasana yang asri dan menyejukkan.

Begitu tiba di tempat ini, Anda akan langsung melihat ikon yang begitu khas. Yakni kepala ular yang begitu besar dan dibuat seakan melingkari bukit. Hal ini karena kepala dan ekornya hampir bersentuhan. Selain itu, Anda juga akan menemukan banyak spot foto yang dipadukan dengan pemandangan Rawa Pening yang menjadi latar belakangnya.

Lokasi: Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.

7. The Fountain Waterpark

The Fountain Waterpark

Image Credit: Instagram.com @fountainungaran

Tidak jauh dari pusat kota, Anda bisa menjadikan The Fountain Waterpark ini sebagai tujuan wisata Anda. Anda bisa menjadikan tempat satu ini sebagai lokasi liburan keluarga, karena tersedia wahana untuk anak anak hingga dewasa. Kolam renang yang dihadirkan tempat wisata ini tidak hanya saja, mengingat kolam dewasa dan anak anak dipisahkan.

Kolam renang ini juga dilengkapi dengan berbagai seluncuran yang membuat kegiatan berenang makin menyenangkan. Taman di sekelilingnya juga menambah asri lingkungan dari tempat wisata ini. Sehingga bisa dijadikan sebagai lokasi untuk mengambil beberapa foto. Fasilitas dari Fountain Waterpark juga terbilang lengkap, sehingga akan memanjakan liburan Anda.

Lokasi: Jl. Bima Sakti Raya No.16A, Lerep, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

8. Curug Lawe

Curug Lawe

Image Credit: Google Maps (Atha Indra Rifansha)

Curug Lawe juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik. Air yang mengalir dari ketinggian ini memiliki debit air yang terbilang besar. Air yang mengalir juga jernih membuat siapapun yang mengunjunginya ingin segera bermain air di bawahnya. Suasana pedesaan yang khas juga turut menjadikan curug Lawe begitu asri dan alami.

Suasana alamnya yang masih terjaga, udara yang sejuk dengan suara gemiricik air sebagai background musik akan membuat Anda terlena. Semua penat yang selama ini membelenggu akan hilang begitu Anda menghabiskan waktu di tempat ini. Pastikan untuk membawa baju ganti jika Anda memang berniat untuk berenang atau basah basahan.

Lokasi: Desa Kalisidi, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

9. Eling Bening

Eling Bening

Image Credit: Hargatiket.net

Eling Bening menjadi tempat liburan paling hits di Ambarawa yang tidak boleh dilewatkan adalah Eling Bening. Eling Bening sebenarnya adalah sebuah restoran yang mengusung konsep keluarga, hanya saja karena viewnya cantik membuat banyak wisatawan yang mengunjunginya. Anda bisa menyaksikan keindahan danau Rawa Pening dari ketinggian.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Purwodadi Grobogan yang Paling Hits

Danau yang berlatar belakang deretan gunung ini memang menjadi spot yang instagramble. Tidak hanya bisa kulineran dan berburu spot foto, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari trekking hingga outbound yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Lokasinya yang mudah ditempuh menjadikan wisata ini tak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Jl. Kartini Tambakboyo, Bawen, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

10. Puncak Lereng Kelir

Puncak Lereng Kelir

Image Credit: Baabun.com

Selain menikmati air yang turun dari ketinggian, panorama dari ketinggian juga sulit untuk dilewatkan. Mengunjungi Ambarawa atau Semarang, Anda berkesempatan untuk mampir ke Puncak Lereng Kelir. Apalagi untuk Anda yang doyan berpetualang, tempat satu ini akan memberikan Anda tantangan sekaligus pengalaman yang tak terlupakan.

Jalanan yang terjal dan cukup menguras tenaga akan menjadi tantangan yang harus ditakhlukkan. Sepanjang perjalanan Anda akan ditemukan keindahan pepohonan di kanan kiri. Dan begitu tiba, netra Anda akan disajikan pemandangan yang mampu menghapus semua lelah. Tersedia gardu pandang, Anda bisa melihat panorama kota satu ini lebih leluasa.

Lokasi: Brongkol, Kec. Jambu, Kab. Semarang.

11. Goa Rong View

Goa Rong View

Image Credit: Myimage.id

Masih belum puas melihat kemolekan dari ketinggian, maka Anda bisa mengunjungi Goa Rong View. Berada di puncak bukit, Anda bisa menyaksikan lanskap kota Ambarawa dari atas ketinggian. Lokasi satu ini sangat kondang di kalangan milenial yang senang berburu spot spot foto kekinian. Udaranya yang sejuk dan pemandangan cantik sangat cocok untuk melepas penat.

Lokasi: Jl. Raya Tuntang–Beringin KM.2, Desa Delik, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

12. Agro Wisata Kebun Tlogo

Image Credit: Wisataagroindonesia.com

Tak hanya menawarkan panorama dari ketinggian, di kota ini Anda juga bisa mengunjungi wisata yang mengusung konsep agro wisata. Anda bisa menyaksikan berbagai koleksi tanaman yang beragam. Pemandangan hijau yang menyejukkan mata lengkap dengan udara yang sejuk akan membuat Anda merasa rileks. Selain itu Anda juga bisa berburu spot yang instagramable.

Lokasi: Jl. Raya Tuntang-Beringin No.KM.2, Ngelerak, Delik, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

13. Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa

Image Credit: Mamikos.com

Setelah puas menjelajah berbagai tempat, kini saatnya Anda memanjakan perut dan lidah Anda. Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu daerah tanpa berwisata kuliner. Kampoeng Rawa akan menjadi tujuan yang tepat untuk Anda memanjakan lidah dan perut. Berbagai menu bisa Anda pesan sembari menikmati pemandangan sekitar yang menenangkan.

Selain menjadi tempat kulineran yang kondang, Kampoeng Rawa juga menjadi tempat yang cocok untuk berburu spot foto. Gazebo gazebo yang dibuat terapung ini sengaja di sediakan untuk jadi tempat kulineran andalan. Tenang saja, menggunakan pelampung yang kuat gazebo ini akan kuat menahan beban dan juga tidak akan oleng.

Lokasi: Jl. Sarbini KM.03, Ambarawa, Kec. Waduk Rawapening, Kab. Semarang.

14. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Image Credit: Adeutomo.com

Selepas Anda mengisi tenaga dengan kulineran, kini saatnya Anda melanjutkan perjalanan wisata Anda. Ada beberapa destinasi andalan lainnya yang bisa Anda tuju untuk mengintip pesona Ambarawa lebih jauh. Tidak ketinggalan Benteng Pendem yang merupakan peninggalan pada zaman Belanda dan masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Dahulu, benteng ini merupakan pusat tentara Belanda berkumpul. Dan hingga hanya menyisakan bangunan dengan arsitektur yang kokoh dan unik. Sehingga kebanyakan wisatawan yang datang untuk hunting foto atau berjalan jalan saja. Bangunannya memang sanggup untuk memberikan taste vintage dan juga instagramable yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Bugisari, Lodoyong, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

15. Candi Gedong Songgo

Candi Gedong Songgo

Image Credit: Rinransel.blogspot.com

Ambarawa juga memiliki candi dengan panorama yang tidak bisa dianggap remeh. Candi yang dikenal dengan Candi Gedong Songgo ini tidak hanya menjadi artefak yang mengagumkan. Namun juga menjadi jejak sejarah yang sudah ada bahkan sebelum Belanda berhasil datang ke Indonesia. Candi ini sangat cocok jika dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Purworejo yang Wajib Anda Coba

Suasananya yang asri dengan panorama hijau di sekitarnya sangat menarik untuk Anda kunjungi. Jika cuaca cerah, Anda bahkan bisa menyaksikan megahnya jajaran gunung di belakangnya. Tak hanya berfoto foto, Anda bisa mengelilingi candi dengan menyewa kuda. Aktivitas ini akan menjadikan liburan Anda semakin berkesan dan menjadi cara unik untuk nikmati candi ini.

Lokasi: Krajan, Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

16. Bandungan

Bandungan

Image Credit: Instagram.com @alifiansyah_aw

Tak jauh dari Ambarawa, Anda bisa mengemudikan kendaraan Anda untuk menuju Bandungan. Kawasan dataran tinggi ini memang menjadi favorit bagi wisatawan untuk habiskan waktu liburan. Pemandangan indah dengan udara sejuk nan dingin memang sangat pas untuk dijadikan tujuan wisata. Bagi para pemula juga bisa menjadikan kawasan ini sebagai jalur pendakian.

Berbagai destinasi wisata di daerah ini bisa Anda kunjungi dan menghadirkan berbagai atraksi yang wajib Anda kunjungi. Salah satunya yang paling terkenal adalah curug 7 bidadari yang lengkap dengan 7 kolam yang dibentuk dengan alami. Tenang saja, untuk mengunjungi daerah ini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak budget karena harga tiketnya yang terjangkau.

Lokasi: Desa Keseneng, Kec. Sumowono, Kab. Semarang.

17. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran

Image Credit: Cnnindonesia.com

Pahitnya kopi nyatanya memang tidak pernah gagal untuk menghibur para pecintanya. Dan berada di Ambarawa, Anda yang mengaku pecinta kopi tidak boleh melewatkan kampoeng Kopi Banaran ini. Karena selain bisa mencicipi kopi Anda juga akan dihadirkan dengan pemandangan yang memukau. Gugusan gunung turut hadir untuk menaungi kawasan perkebunan kopi ini.

Anda bisa mengelilingi kebun kopi ini dengan menggunakan kereta wisata. Perpaduan agro wisata dan juga kuliner ini memang begitu memanjakan para pengunjungnya. Suasana pedesaan yang kental akan menghapus semua penat dan lelah Anda. Selain bisa nongkrong, Anda juga bisa hunting foto cantik untuk diunggah di media sosial Anda.

Lokasi: Jl. Raya Bawen–Solo KM.1,5, Gentong, Asinan, Kec. Bawen, Kab. Semarang.

18. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa

Image Credit: Lingkarjateng.com

Berwisata tak hanya bisa dengan mengunjungi tempat tempat yang indah saja. Mengunjungi destinasi wisata sejarah juga bukanlah ide yang buruk. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengunjungi salah satu monumen atau museum di Ambarawa ini. Tempat satu ini sengaja dibangun untuk mengenang pertemuan Palagan Ambarawa di tahun 1945 silam.

Anda tidak hanya bisa menyaksikan sebuah monumen, tetapi juga menemukan berbagai koleksi. Mulai dari senjata, kendaraan hingga pakaian dan juga barang lainnya. Peninggalan dari jaman Belanda dan juga Jepang. Membawa Anda ke nostalgia masa lalu, Anda bisa mengunjunginya untuk liburan dan menambah wawasan.

Lokasi: Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

19. Goa Maria Ambarawa

Goa Maria Ambarawa

Image Credit: Sintiaastarina.com

Tujuan wisata di Ambarawa yang tidak pernah sepi berikutnya adalah Goa Maria Ambarawa. Sudah ada sejak tahun 1954, goa maria ini memiliki ikon berupa patung Bunda Maria yang mempesona. Memiliki ketinggian kurang lebih 42 meter, patung ini juga dilengkapi dengan lukisan kehidupan dari Yesus yang lokasinya berada di bawah patung.

Selain dijadikan sebagai tempat untuk berdoa, tempat satu ini juga akan menjadi wisata religi yang tak pernah sepi pengunjung. Berbagai souvenir yang berbau dengan barang rohani juga tersedia di tempat satu ini. Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk mengunjungi destinasi religi ini.

Lokasi: Jl. Gua Maria Kerep, Kerep, Panjang, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

20. Museum Kereta Api

Museum Kereta Api

Image Credit: Wisatajateng.com

Untuk menjadikan liburan Anda makin lengkap, Anda bisa menjadikan Museum Kereta Api Ambarawa sebagai pamungkas. Tidak hanya memiliki bangunan yang khas Belanda, di tempat ini Anda juga menemukan banyak lokomotif yang merupakan peninggalan Belanda. Koleksi lainnya juga menarik untuk ditilik untuk menambah wawasan.

Lokasi: Jl. PanjangKidul No.1, PanjangKidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Ambarawa Semarang dan sekitarnya. Memiliki kondisi alam yang strategis, tempat satu ini memang sangat cocok untuk refreshing. Perpaduan wisata alam dengan modernnya akan menjadikan liburan Anda berkesan. Jadi sudahkah Anda memutuskan tempat mana yang akan masuk dalam list liburan anda?