DI Yogyakarta

18 Tempat Wisata di Bantul

18 Tempat Wisata di Bantul

Masih berada di sekitar Yogyakarta membuat tempat ini memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan daerah istimewa tersebut. Serta untuk urusan wisata daerah ini tidak bisa Anda pandang sebelah mata. Mengingat banyak hak yang bisa Anda temui di tempat ini selain kuliner tentunya adalah tempat wisata. Seperti beberapa tempat yang akan di bahas berikut ini.

1. Kaliurang

Kaliurang

Lokasi: Rejosan, Srimartani, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Instagram @rzd_risdha_

Memiliki nama yang berarti Sungai Udang, tempat ini merupakan salah satu Tempat Wisata di Bantul yang menyuguhkan panorama indah yang bisa Anda nikmati. Berada di kaki gunung membuat tempat ini memiliki udara sejuk. Serta pada tempat ini nantinya Anda bisa menikmati pemandangan panorama alam sekitar.

Tempat ini terdapat beberapa fasilitas yang dapat Anda gunakan bersama keluarga ada nantinya. Seperti kolam renang, air terjun, serta resort terdia lengkap dalam satu paket dalam tempat ini. Jadi tidak usah ragu dan banyak berpikir untuk menuju tempa ini nantinya.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Lokasi: Jl. Raya Temulawak, Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Infobudaya.net

Tempat sekaligus menjadi ikon Internasional yang sudah banyak di akui oleh banyak Negara Dunia. Serta tidak kalah pengakuan dari badan Internasional UNESCO menjadi salah satu warisan peradaban Dunia. Memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dengan Candi Borubudur akan tetapi terdapat ciri yang cukup menarik pada kedua bangunan tersebut.

Jika Borobudur memiliki desain yang cenderung mengembang akan tetapi candi ini cenderung miliki desain tegak berdiri. Tempat ini salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi terutama saat Anda berada di kota ini. Sembari menikmati bangunan ini dengan berjalan-jalan di sekitar area tersebut.

3. Parangtritis

Parangtritis

Lokasi: Kec. Kretek, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Wisatajogjamurah.com

Pantai yang memiliki warna pasir hitam dan coklat ini menyimpan banyak misteri yang masih melegenda hingga saat ini. Untuk mengunjungi tempat ini terdapat beberapa pantang yang harus Anda hindari. Seperti tidak memakai baju dengan warna tertentu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak dinginkan nantinya.

Anda juga tidak dapat bermain air pada lokasi ini karena ombak di tempat ini seakan hidup dan dapat berubah kapan saja. Sering kali korban yang meninggal pada tempat ini terseret ombak yang tiba-tiba saja besar. Tempat ini di kekelilingi dataran tinggi yang indah di setiap sisinya.

4. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Lokasi: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kec. Kraton, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Paketwisata.id

Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berada di tempat ini adalah Keraton Yogyakarta. Yang sangat di sayangkan untuk Anda lewatkan ketika berkunjung ke tempat ini, di tempat ini ketika masuk. Harap Anda benar-benar menjaga norma dan sopan santun yang ada di tempat ini.

Salah satunya dengan tidak bercanda kelewat batas, berkata kasar, memakai baju yang sopan. Serta ikuti aturan serta tuntunan yang di berikan oleh para abdi dalem yang ada pada tempat ini. Di tempat ini Anda akan banyak melihat dan memadati banyak peninggalan sultan dan anggota kerajaan kala itu.

5. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Lokasi: Jl. Pangurakan No. 6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Academia-salamanca.info

Tempat ini memiliki berbagai koleksi budaya dan adat istiadat jawa yang masih di pertahankan hingga saat ini. Diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada 1935. Tempat ini merupakan koleksi seni budaya serta sejarah jawa yang paling lengkap yang ada di Indonesia.

Hal ini semata-mata di lakukan agar generasi penerus sadar dan paham mengenai sejarah bangsanya. Yang pada saat ini mulai tergerus dengan istilah modernisasi atau pun era gadget yang menggerus norma. Para generangi penerus yang saat ini mulai mengkhawatirkan.

6. Malioboro

Malioboro

Lokasi: Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Eksotisjogja.com

Salah satu pusat perbelanjaan yang sudah sangat di kenal di tempat ini dan menjadi destinasi wisata yang paling banyak di kunjungi adalah Malioboro. Yang merupakan tempat berbelanja oleh-oleh dengan segudang barang yang bisa Anda pilih dan temui di tempat ini.

Di tempat ini juga banyak terdapat angkringan yang bisa Anda nikmati bersama nantinya. Tempat ini selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan yang hendak menikmati suasan malam Jogja. Ataupun mereka yang ingin membeli oleh-oleh.

7. Kotagede

Kotagede

Lokasi: Kec. Kotagede, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tempat ini dahulunya merupakan pusat peradaban yang ada di kota ini terbukti hal tersebut terlihat dari beberapa peninggalan serta nuasan dari kota ini. Di bangun pada pertengahan abad ke-16 hingga saat ini. Tempat ini menjadi saksi bisu mengenai perjalanan panjang dan cerita luas yang ada di kota ini mengenai bangsa ini.

Tempat ini wajib untuk Anda kunjungi untuk menambah pengetahun serta melihat-lihat aneka bangunan bersejarah yang ada di tempat ini. Tempat ini saat ini berhasil di sulap menjadi wilayah industri yang ada di kota ini.

8. Pantai Baron

Pantai Baron

Lokasi: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Travelmahasiswa.com

Tempat selanjutnya yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota ini adalah Pantai Baron. Tempat ini banyak di kunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan dari kota. Pada daerah ini Anda juga dapat menimati berbagai macam kuliner yang ada dan disediakan bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di tempat ini.

Selain pemandangan yang indah Anda juga akan dapat merasaka aneka kuliner yang di sajikan di tempat ini. Anda juga dapat menikmati bermain air di sekitar pantai ini bersma pasangan atau keluarga Anda. Jangan lewatkan untuk berfoto bersama teman atau pasangan Anda di tempat ini yah.

9. Goa Jomblang

Goa Jomblang

Lokasi: Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Camerawisata.com

Sedikit informasi bahwa daerah atau beberapa kota yang ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Memiliki tanah yang berwarna merah serta banyak terdapat batu koral dan kapur yang terdapat pada beberapa tempat tersebut. Dari goa ini terdapat beberapa celah lubang yang menjadi tempat untuk masuknya cahaya matahari.

Serta warna beberapa ornamen yang ada di gua ini menjadi hiasan sendiri yang dapat Anda nikmati. Goa ini terlihat cantik dan menarik serta keindahan dari tempat ini sudah banyak di kenal. Jangan lewatkan goa ini yah ketika Anda berkunjung ke kota ini nantinya.

10. Taman Pintar

Taman Pintar

Lokasi: Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Palingseru.com

Berkunjung ke taman ini bukan menjadikan Anda langsung pintar. Akan tetapi Destinasi Wisata di Bantul ini memiliki konsep pendidikan yang bisa Anda bikmati. Mengingat pada tempat ini terdapat laboratorium yang telah di ubah konsep dan desainnya.

Sehingga tempat ini sangat baik dan di anjurkan bagi Anda yang ingin mengajak putra dan putri Anda untuk berlibur. Tentunya selain itu terdapat beberpa fasilitas yang menunjang liburan Anda ke tempat ini. Dan semua hal tersebut telah di siapkan dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan Anda bersama keluarga.

11. Goa Selarong

Goa Selarong

Lokasi: Waktu Gedug, Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Java-promo.com

Goa yang satu ini cukup di kenal dan menjadi tempat bagi mereka dengan tujuan spiritual. Mengingat tempat ini dahulunya merupakan pusat komando tempur dari pasukan Diponegoro. Yang pada kala itu melakukan pertempuran melawan pasukan Belanda bersama para pengikutnya.

Tempat ini menjadi tempat yang memiliki banyak kisah sejarah yang bisa Anda temukan di dalamnya. Akan pada tempat ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang bisa Anda gunakan ketika berkunjung. Mulai dari tempat ibadah, tempat istirahat, dan lain sebagainya.

12. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Lokasi: Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Alodiatour.com

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda nikmati keindahannya adalah Hutan Pinus Mangunan. Yang memiliki keindahan yang tidak kalah dengan beberapa tempat wisata lainnya. Tempat ini sering di jadikan tempat mengambil foto prewedding mengingat keindahannya yang sudah di kenal.

Lokasi hutan yang masih asri dengan segala keindahan yang Anda dilamnya. Dapat Anda gunakan untuk berkeliling dan menikmati keindahan dari tempat ini nantinya. Karena keindahannya tidak jarang tempat ini menjadi salah satu background pada beberapa film.

13. Pemandian Tirta Budi

Pemandian Tirta Budi

Lokasi: Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Beritane.com

Setelah puas mengunjungi Hutan Pinus dan ketika Anda merasa gerah. Sebaiknya mengunjungi tempat ini untuk berendam dan menyegarkan badan yang sudah lelah berkeliling hutan. Pada tempat ini terdapat tiga mata air yang berbeda.

Karena untuk mandi di tempat ini pun harus berbeda menurut jenis kelamin masing-masing dari pengunjung. Ada khusus yang di peruntukan bagi para wanita, serta ada pula yang di khususkan bagi para pria.

14. Puncak Becici

Puncak Becici

Lokasi: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Alodiatour.com

Puncak Becici juga merupakan dataran tinggi yang banyak di tumbuhi dengan pohon pinus di sekeliling tempat ini. Bisa dikatakan aneka fasilitas yang ada di tempat ini menggunakan konsep yang sederhana. Karena sebagian besar dari tempat ini fasilitasnya menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya.

Tentunya kayu yang di gunakan pada tempat ini merupakan kayu dari pohon pinus yang banyak terdapat di tempat ini. Ada ayunan, gazebo, gardu pandang, dan lain sebagainya dan semua hal tersebut menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya.

15. Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo

Lokasi: Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Visitingjogja.com

Sedikit bergeser dengan membahas mengenai tempat wisata yang memiliki konsep air. Yaitu tempat ini adalah Air Terjun Lepo, yang merupakan air terjun alami dari puncak bebatuan. Dan membentuk sebuah kolam alami akibat benturan air yang terjadi pada tempat ini selama ribuan tahun.

Pada tempat ini terdapat 3 mata air terjun yang terdapat dalam 1 tempat wisata. Serta beberapa kolam alami yang terbentuk akibat proses benturan batu dengan air. Anda bisa berendam dan menikmati wisata ini bersama.

16. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran

Lokasi: Tlogo, Terbah, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jogjapedia.net

Gunung ini menjadi salah satu spot untuk menikmati sunset ataupun sunrise. Serta pada kondisi alam sekitar pada tempat ini tidak kalah menarik yang bisa Anda nikmati nantinya. Sebenarnya gunug ini merupakan Gunung Api Purba yang saat ini telah mati dan tidak berfungsi.

Akan tetapi bukan berati tempat ini nantinya tidak dapat aktif kembali yah kawan. Beberapa bekas erupsi yang pernah terjadi antara ribuan tahun yang lalu masih meninggalkan sisa hingga saat ini. Berupa bongkahan batu besar yang ada di sekitar tempat ini yang bisa Anda dapati sendiri nantinya.

17. Tegalarum Adventure Park

Tegalarum Adventure Park

Lokasi: Gunungkidul, Sidorejo, Karangtengah, Kec. Wonosari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jogjaempatroda.com

Pada tempat ini Anda bisa melakukan petualangan menelusi aneka pepohonan dan aliran sungai yang ada di tempat ini. Pemandangan yang indah dan menawan dari tempat ini akan membuat Anda rindu untuk berkunjung kembai ke tempat ini. Menariknya pada tempat ini Anda dapat menyusuri aliran sungai.

Yang dimana pada batu-batuan yang ada di sungai tersebut memiliki ukiran yang bisa Anda nikmati. Di jamin Anda akan betah berlama-lama mengunjungi tempat ini. Terutama ketika Anda menikmati keseruan tersebut bersama pasangan Anda nantinya.

18. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi: Desa Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Sofyanhotel.com

Air Terjun Sri Gethuk merupakan menjadi penutung mengenai pembahasan Objek Wisata di Bantul. Akan tetapi memiliki nama Sri Gethuk bukan berarti air yang terjun dari tempat ini berupa Gethuk atau makanan khas Jawa yah kawan. Itu hanya sebuah nama yang di miliki oleh tempat yang memiliki panorama indah ini.

Air terjun ini merupakan sumber air bagi persawahan yang ada di sekitarnya. Ada yang unik dari air tejun yang satu ini karena sampai saat ini airnya tidak pernah surut atau berkungan serperti air terjun pada umunya. Debit air yang keluar dari tempat ini selalu sama tanpa berkurang sedikit pun meskipun musim kemarau.