15 Tempat Wisata di Banyumas Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Banyumas

Keindahan alam Jawa Tengah tergambar jelas melalui kabupaten Banyumas yang ada di lereng Gunung Slamet. Kondisi alam yang asri dan alami membuat wisata alam di Banyumas masih sangat terjaga, sehingga mampu menarik minat banyak wisatawan untuk datang.

Pulau Jawa terkenal dengan keindahan alamnya yang asri dan indah, begitu pula dengan Jawa Tengah. Banyumas adalah salah satu kawasan yang ada dekat Purwokerto, Jawa Tengah. Kondisi alam yang asri dan alami membuat wisata alam di Banyumas masih sangat terjaga, sehingga mampu menarik minat banyak wisatawan untuk datang.

Banyak yang belum mengetahui keindahan alam yang disuguhkan oleh Banyumas kepada para wisatawan. Destinasi wisata yang tersedia cukup bervariasi, sehingga bisa Anda jadikan sebagai pilihan terbaik yang sangat menyenangkan. Yuk intip rekomendasi tempat wisata di Banyumas yang populer.

1. Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturraden

Image Credit: Travelspromo.com

Objek wisata populer satu ini menjadi pilihan yang paling menarik karena mengemas lebih dari satu konsep liburan dalam satu area. Para pengunjung dipuaskan dalam satu tempat, sehingga tempat wisata satu ini meraih banyak pengunjung. Anda dapat menikmati udara segar yang masih sangat alami dari pepohonan di sekitar tempat wisata. Dengan begitu, tempat satu ini bisa dijadikan sebagai pelepas penat dan menyegarkan pikiran anda.

Kawasan wisata satu ini dirancang dengan berbagai unsur tambahan yang membuatnya semakin menarik. Para wisatawan dapat menikmati area taman, pemandian, kolam renang yang besar, wahana air yang menyenangkan, dan beberapa spot lain. Yang tidak kalah menarik, yaitu jembatan hits yang mampu menarik perhatian banyak orang. Di era digital ini, tentu disediakan spot foto populer yang beragam dan tentu saja instagrammable.

Lokasi: Karangmangu, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

2. The Village Baturraden

The Village Baturraden

Image Credit: Explorewisata.com

Masih berada di kawasan yang sama, destinasi wisata ini memiliki konsep yang cukup beda daripada lainnya. Tempat berlibur satu ini sangat cocok untuk keluarga, terutama bagi yang telah memiliki anak. Saat ini, permainan yang ramah anak sangat kurang sehingga banyak anak yang memainkan permainan berbahaya atau tidak sesuai dengan usianya. Akan tetapi, tempat ini memiliki permainan ramah anak yang sangat aman untuk buah hati anda.

Wisata keluarga yang tergolong baru ini cukup digandrungi karena juga bisa dikunjungi bersama teman. Banyak spot foto menarik yang bisa dijadikan latar untuk menambah koleksi foto di galeri. Anda bisa memilih berlibur ke The Village karena udara segar di sekitar destinasi yang sangat menenangkan. Selain itu, tersedia pula wahana air seperti perahu atau bebek untuk dimainkan bersama partner liburan Anda sembari menyusuri sungai kecil.

Lokasi: Rempoah, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

3. Air Terjun Curug  Jenggala

Air Terjun Curug Jenggala

Image Credit: Pegipegi.com

Sekilas tampak seperti air terjun pada umumnya, tetapi sederet pemandangan menarik telah disuguhkan untuk Anda. Air terjun ini memiliki empat air yang jatuh ke bawah dengan sumber air cukup deras. Yang membuat destinasi ini menarik, yaitu lanskap pemandangan eksotis antara air terjun, pepohonan di sekitar, dan spot foto ikonik di depannya. Anda bisa berfoto dengan kekasih atau pasangan di tanda hati yang ada di depan air terjun.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Jepara yang Wajib Anda Coba

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati air terjun yang sangat segar ini dengan bermain air di bawah guyurannya. Daya tarik lainnya, yaitu air yang jatuh selalu jernih dan bening tanpa ada kotoran yang turut turun karena kebersihan lingkungan terjaga dengan baik. untuk menikmati pemandangan sekitar, Anda bisa melihatnya melalui ketinggian yaitu gardu pandang di atas bukit. Dengan begitu, tidak ada pemandangan yang terpotong oleh suatu hal.

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

4. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

Image Credit: Outboundbaturraden.com

Sesuai dengan namanya, telaga satu ini sangat sunyi dan tidak terdengar suara sedikit pun. Suara alam yang terdengar hanya gemericik air dan angin sepoi sepoi, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menyendiri. Menyepi dari hiruk pikuknya perkotaan cukup menyenangkan dengan menikmati telaga sepi satu ini. Mata para pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan luar biasa dari telaga yang berada di Limpakuwus ini.

Bagi pecinta berenang, tentu Anda akan tergoda untuk menikmati segarnya air di telaga sunyi. Air jernihnya hingga mampu memantulkan langit serta pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Selain itu, kedalaman bawah telaga juga dapat dilihat secara jelas dari bagian tepinya. Pastikan memilih lokasi yang tidak terlalu dalam dan miliki kemampuan berenang yang baik agar tidak tenggelam. Jangan lupa untuk berfoto di tepi telaga dengan background air yang jernih.

Lokasi: Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas.

5. Pancuran Pitu

Pancuran Pitu

Image Credit: Nomadictrip.com

Masih berada di kawasan wisata yang ada di Baturraden, Pancuran Pitu ini bukan hanya sekadar nama. Anda akan melihat secara langsung wisata dengan tujuh pancuran air yang mengandung belerang. Fungsi utama dari sumber air ini, yatu mencuci muka dan membilas kulit di pemandian. Dengan begitu, kulit akan jauh lebih terawat karena kandungan air ini sangat baik untuk menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda serta bebas dari penyakit.

Bila tubuh merasa lelah, Anda juga bisa menikmati jasa pijat yang tersedia di kawasan yang sama. Daya tarik lainnya, masih ada petilasan Mbah Atas Angin yang dipercaya sebagai tempat mistis bagi sebagian orang. Selain itu, makan ini juga dianggap sebagai keramat sehingga tidak ada yang boleh bermacam macam di tempat tersebut. Selain itu, para wisatawan juga disuguhi keindahan alam di sekitar lokasi yang berada di lereng Gunung Slamet ini.

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

6. Dream Land Water Park

Dream Land Water Park

Image Credit: Dolanyok.com

Bila rekomendasi sebelumnya banyak yang cocok untuk generasi milenial yang sudah cukup umur, maka kali ini cocok untuk keluarga. Memilih wisata yang memiliki trekking cukup sulit tentu sangat berbahaya bagi anak anak. Oleh sebab itu, Dream Land Water Park ini cocok untuk Anda yang ingin berlibur bersama buah hati. Yang membuat wisata ini sangat menarik yaitu adanya wahana air yang memuaskan untuk anak anak.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tentu anak anak menyukai aktivitas berenang, meskipun mereka tidak bisa mengapung dia tas air. Bermain air dapat membuat mereka senang, sehingga tempat wisata satu ini cocok dikunjungi bersamanya. Tersedia kolam renang yang cukup besar lengkap wahana air, seperti perosotan dan ember tumpah. Tidak kalah menarik, lokasi ini juga menyediakan berbagai tempat untuk bersantai yang nyaman dan spot foto menarik untuk pengunjung yang datang.

Lokasi: Pancasan, Kec. Ajibarang, Kab. Banyumas.

7. Taman Rekreasi Andhang Pangrenan

Taman Rekreasi Andhang Pangrenan

Image Credit: Radarbanyumas.co.id

Tidak pernah puas untuk memberikan destinasi wisata keluarga terbaik, hingga muncullah taman Rekreasi Andhang Pangrenan. Lokasi satu ini memang tergolong ramai karena banyak keluarga yang datang, terutama di akhir pekan. Taman ini sebelumnya dipakai sebagai terminal Purwokerto, tetapi sekitar 8 hingga 9 tahun lalu konsepnya diubah. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai lokasi hunting foto yang menarik untuk hasil jepretan yang estetik.

Lokasi: Karangklesem, Kec. Banyumas, Kab. Banyumas.

8. Curug Telu

Curug Telu

Image Credit: Maszaladventure.com

Arti sebuah nama terasa sangat cocok disandingkan dengan air terjun saut ini. Air yang jatuh ke tanah terdapat tiga sumber dengan debit air yang berbeda beda. Ketinggian dari air terjun ini pun tak sama, sehingga menambah kesan estetik pemandangannya. Anda bisa berkunjung ke tempat ini bersama partner berlibur yang tepat. Curug yang ada di kawasan Karangsalam ini wajib dikunjungi karena indahnya pemandangan alam yang luar biasa.

Lokasi: Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

9. Taman Balai Kemambang

Taman Balai Kemambang

Image Credit: Pasangmata.com

Tergolong sebagai destinasi wisata baru, tetapi sudah mampu memikat banyak wisatawan untuk berkunjung. Anda dapat melihat konsep bangunan yang berada di tengah kolam air cukup besar. Di tempat ini juga tersedia wahana air yang ramah anak, sehingga aman saat dimainkan oleh buah hati Anda. tidak kalah penting, setiap wisatawan bisa ikut memberi pakan kepada hewan dan berjalan berkeliling area Taman Balai Kemambang.

Lokasi: Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara, Kab. Banyumas.

10. Desa Wisata Ketenger

Desa Wisata Ketenger

Image Credit: Topwisata.info

Ingin berlibur ke kawasan desa dengan fasilitas yang sangat lengkap? Desa Ketenger ini sangat cocok untuk liburan keluarga karena menawarkan lingkungan yang asri dan masih kental dengan budayanya. Tidak hanya itu, lokasi satu ini juga memiliki aliran sungai di sepanjang desa lengkap dengan rumah tradisional yang berjajar rapi. Desain rumah yang dipakai, yaitu bentuk panggung sehingga membuat udara sejuk masuk dengan baik ke dalam rumah.

BACA JUGA:  10 Taman di Semarang yang Cocok untuk Refreshing

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

11. Baturraden Botanical Garden

Baturraden Botanical Garden

Image Credit: Travelspromo.com

Dilabeli sebagai tempat hits yang tidak boleh terlewatkan saat Anda berlibur ke Banyumas. Botanical garden ini berada di dalam kawasan Wanawisata Baturraden, sehingga menjadi satu paket liburan yang sangat lengkap. Suasana yang disuguhkan untuk para wisatawan yaitu udara yang sejuk, kondisi alam yang asli dan alami. Tidak hanya itu, lokasi ini juga jadi surga bagi pecinta tanaman karena tersedia beragam jenis dengan bentuk dan warna beragam.

Lokasi: Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

12. Small World Miniatur Dunia

Small World Miniatur Dunia

Image Credit: Ksmtour.com

Terdapat tujuh keajaiban dunia yang tersebar di beberapa negara, sehingga memikat orang untuk berkunjung ke tempat tersebut. Akan tetapi, biaya yang harus dikeluarkan cukup besar sehingga bisa diawali dengan pergi ke Small World Miniatur Dunia. Di tempat ini, Anda akan melihat replica dari Menara Pisa, Taj Mahal, bangunan khas Jepang, dan lain lain yang dibuat sangat mirip. Bedanya, ukuran gedung tersebut dibuat jauh lebih kecil dalam ukuran miniatur.

Lokasi: Jl. Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kota Purwokerto.

13. Curug Nangga

Curug Nangga

Image Credit: Mediaindonesia.com

Kabupaten Banyumas berada di lereng Gunung Slamet, sehingga suasana dan kondisi alam yang disuguhkan masih sangat asri serta alami. Tidak heran wisata alamnya juga sangat terjaga, seperti curug Nangga ini. Daya tarik utamanya, yaitu adanya undak undakan pada bebatuan yang dipakai sebagai jalannya air turun. Alirannya tidak terlalu deras, sehingga membuat para wisatawan betah bermain air di bawahnya dan tentu saja aman untuk anak anak.

Lokasi: Petahunan, Kec. Pekuncen, Kab. Banyumas.

14. Wisata Tuk bening dan Goa Jepang

Wisata Tuk bening dan Goa Jepang

Image Credit: Travelspromo.com

Perkebunan teh selalu jadi destinasi menarik karena suasana alamnya yang asri serta masih sangat alami. Tidak hanya itu, hamparan hijau ini masih dilengkapi pohon yang menjulang di sekitarnya sehingga menambah keeksotisannya. Oleh sebab itu, objek wisata ini cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat. Adanya goa Jepang di tengah tempat ini justru membuat kawasan ini semakin komplit. Liburan Anda pun akan terasa semakin menyenangkan dengan ke goa sempit ini.

Lokasi: Tumiyang, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes.

15. Museum BRI

Museum BRI

Image Credit: Mimuhkadul.blogspot.com

Wisata sejarah selalu jadi hal yang terlupakan saat berlibur ke suatu tempat, tetapi Banyumas memiliki destinasi tepat untuk Anda. Berwisata dengan anak anak sangat cocok bila mengajaknya untuk belajar di museum BRI ini. Anda bisa mempelajari peradaban dan keuangan di Indonesia serta beberapa negara tetangga. Yang lebih menarik, Anda juga bisa melihat koleksi uang kuno yang saat ini masih ada di dalam museum.

Lokasi: Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Barat, Kab. Banyumas.

Banyumas adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah dengan lokasi tepat di lereng Gunung Slamet. Kondisi alamnya sangat asri dan sejuk, sehingga banyak destinasi alam yang dapat Anda kunjungi. Destinasi alam yang disuguhkan menawarkan panorama yang masih terjaga hingga saat ini dan para wisatawan pun harus menjaga kebersihan di tempat ini. Tidak ketinggalan, wisata sejara di museum BRI juga wajib dijajal.