16 Tempat Wisata Favorit di Batang

Tempat Wisata Batang

Inilah Daftar Tempat Wisata di Batang, Destinasi Favorit & Lagi Hits Dikunjungi Wisatawan.

Mendengar nama Kabupaten Batang mungkin tidak sepopuler daerah lainnya. Ada Banjarnegara, Pekalongan dan Kendal yang sebenarnya mengapit Kabupaten ini di berbagai sisi. Tetapi siapa sangka bahwa Batang memiliki banyak tempat wisata seru yang mana masuk dalam garis Pantai Utara atau Pantura. Jika memang dalam waktu dekat Anda memiliki waktu untuk berlibur, mengunjungi Batang dengan berbagai destinasi wisata yang dimilikinya bisa menjadi pilihan menarik.

Meski tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini mendengar nama Batang hanya sebatas daerah yang berada di tengah beberapa daerah lainnya seperti yang telah disebutkan. Namun bagi mereka yang tak punya waktu banyak untuk berlibur dan berada di wilayah setempat, mengeksplor Batang akan memberi Anda pengalaman baru. Berikut daftar destinasi wisata di Batang yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Sigandu

Pantai Sigandu

Lokasi: Sidomulyo, Klidang Lor, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat wisata yang pertama adalah Pantai Sigandu dengan pesona pasir putih dan juga panormata matahari terbit. Ada beberapa fasilitas yang diketahui cukup lengkap. misalnya saja seperti tempat parkir, toilet, resto hingga musholla. Pantai ini juga bersebelahan dengan Batang Dolphin Centre hingga Taman Safari Indonesia.

Letaknya berada di 2 km di sebelah utara Batang. Anda hanya membutuhkan waktu 10 menit saja menuju tempat wisata.

2. Pantai Cemoro Sewu

Pantai Cemoro Sewu

Lokasi: Kebonan, Proyonanggan Utara, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Kompas.Com

Masih tentang tempat wisata pantai, kali ini Anda bisa mendatangi Pantai Cemoro Sewu. Di pantai ini ditanami banyak sekali pohon cemara dan dulunya dilakukan untuk bisa mencegah abrasi. Tetapi sekarang, pohon-pohon tersebut menjadikan Pantai Cemoro Sewu terlihat indah dan memberi suasana begitu sejuk.

Anda bisa berkemah atau outbound di bibir pantai. Ada karang maheso yang cukup terkenal sebagai tempat memancing para wisatawan. Letaknya berada di Kebonan, Proyonanggan Utara.

3. Pantai Ujung Negoro

Pantai Ujung Negoro

Lokasi: Rowokudo, Ujungnegoro, Kec. Kandeman, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Aslibatang.com

Berikutnya adalah pantai ujung negoro, para wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas seperti memancing misalnya di area batu karang yang ada di sisi tebing samping pantai. Anda juga bisa menelusuri goa yang ada di dekatnya dan mendaki bukit untuk melihat pemandangan.

Letaknya berada di Desa ujungnegoro, kecamatan Kandeman. Jaraknya sekitar 12.8 km dari pusat kota dan dari jalur Pantura dijangkau hanya 15 menit saja. Anda bisa berkunjung ke sentra pembuatan terasi juga yang ada di samping pantai.

4. Curug Gombong

Curug Gombong

Lokasi: Gombong, Kec. Pacalungan, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Kompas.com

Setelah bermain ke pantai, kita tengok Curug Gombong yang memiliki dua air terjun besar yakni Curug Lanang dan Curug Wadon. Anda bisa menuruni sekitar 30 anak tangga agar sampai di tempat ini. Keindahan air terjun ini akan terlihat dengan tinggi 18 meter.

Letaknya berada di Desa Gombong yang jaraknya sekitar 20 menit dari Jalur Pantura. Anda bisa menggunakan jalur via Subah.

5. Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran

Lokasi: Jln, Botosari, Pagilaran, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Kompas.com

Masih di daerah Batang, ada kebun teh yang cukup tersohor. Namanya adalah Kebun Teh Pagilaran yang menjadi agrowisata unggulan di Kabupaten Batang. Kebun teh ini berada di atas 600 hingga 1600 mdpl dengan luas sekitar 1.130 hektare. Ada atraksi wisata agro yang bisa dinikmati yakni tea walk.

Anda bisa menelusuri 6 km jalur perkebunan teh yang ada di Desa Pagilaran. Jaraknya sekitar 1 jam jika ditempuh dari pusat Kabupaten Batang ke arah Selatan. Ada suasana yang sangat sejuk dan akan sayang jika dilewatkan.

6. Bukit Sri Gunung

Bukit Sri Gunung

Lokasi: Jl. Banyuputih,  Kedawung , Kec. Banyuputih, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelingyuk.com

Bagi Anda yang merupakan pecinta tanaman, Bukit Sri Gunung merupakan tempat wisata terbaik dan pilihan. Menyuguhkan pemAndangan dengan hamparan bunga dan latar belakang perbukitan menjadi alasan mengapa Bukit Sri Gunung ini benar-benar wajib untuk dikunjungi. Ada puluhan jenis bunga yang ditanam di puncak bukit dan ada gazebo untuk menikmati suasana taman.

Untuk sampai di tempat ini, Anda bisa menempuh perjalanan ke Jalan Raya Pantura Kabupaten Batang. Lokasinya tak jauh dari jalan tersebut. Nikmati pemandangan perbukitan dan abadikan momen liburan Anda disini.

7. Pantai Pelabuhan Perikanan

Pantai Pelabuhan Perikanan

Lokasi: ketanggan, Kec. Gringsing, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Kalau sebelumnya Anda sudah melihat pantai yang indah karena pemandangan alamnya, kali ini Anda bisa melihat spot memancing yang dikunjungi oleh pemancing dari berbagai daerah di sekitar Batang. Nama tempat wisata ini adalah Pantai Pelabuhan Perikanan.

Lokasinya ada di Desa Ketanggan, Kecamatan Gringsing. Jika selama ini sudah terbiasa memancing di sungai, Anda bisa memilih untuk merasakan memancing di pantai ini.

8. Curug Sijeglong

Curug Sijeglong

Lokasi: Margosono, Kec. Tersono, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Yti09fr.blogspot.com

Kabupaten Batang masih memilih curug indah bernama Curug Sijeglong. Curug ini memiliki segudang keindahan. Anda bisa melihat bagaimana pesona air terjun dan berenang menikmati sejuknya suasana di sekitar tempat wisata. Ada beberapa spot keren yang bisa Anda gunakan untuk berfoto.

Curug Sijeglong bisa Anda kunjungi di Desa Margosono, Kecamatan Tersono. Akses menuju lokasi ini memang tak begitu sulit tetapi tetap membutuhkan kondisi tubuh yang fit, ya!

9. Telaga Dringo

Telaga Dringo

Lokasi: Mojotengah, Kec. Reban, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Travellink-indonesia.com

Namanya adalah Telaga Dringo. Disini nanti wisatawan bisa melihat bagaimana suasana hijau di sekitar lokasi wisata serta suasana tenang yang ada di wilayah tersebut. Cocok untuk mereka yang ingin sekadar santai menikmati pemAndangan alam.

Telaga ini ada di Mojotengah yang merupakan perbatasan dengan Banjarnegara. Telaga Dringo masuk sebagai kawasan di Kecamatan Reban dan Kabupaten Batang. Tertarik untuk berkunjung?

10. Desa Wisata Pranten

Desa Wisata Pranten

Lokasi: Praten, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Batangkabupaten.blogspot.com

Batang memiliki sebuah desa wisata. Namanya adalah Desa Wisata Pranten yang menghasilkan berbagai sayur mayur. Untuk mendatangi wisata ini, Anda bisa melakukan perjalanan bersama rombongan. Tujuannya adalah semakin seru atau tidak membosankan.

Desa Wisata Pranten berlokasi di ketinggian sekitar 1700 Mdpl. Desa ini juga memiliki sumber mata air hangat yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

11. Batang Dolphin Center

Batang Dolphin Center

Lokasi: Jl. Pantai Sigandu , Ujungnegoro, Kidanglor, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelspromo.com

Seperti  yang disebutkan di awal bahwa di Batang Anda bisa menemukan Dolphin Center. Tempat ini akan membawa Anda untuk bercengkrama bersama para lumba-lumba. menjadi salah satu tempat penangkaran lumba-lumba yang disukai oleh anak-anak.

Lokasinya ada di sekitaran Sigandu dan mudah untuk diakses. Bagi para wisatawan dari luar kota bisa menyiapkan perjalanan wisata dengan anak-anak menuju Dolphin Center. Anda juga bisa mengabadikan momen bermain bersama dolphin.

12. Batu Gamelan Batang

Batu Gamelan Batang

Lokasi: Tosa , kec. Bandar, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Jelajahkhatulistiwa.com

Setelah puas bermain di pantai dan curug, ada tempat wisata yang bisa Anda pilih untuk membuat liburan makin menyenangkan. Tidak hanya cagar budaya di daerah Silurah saja tetapi Anda bisa datang ke Batu Gamelan. Tempat ini merupakan temapt wisata sejarah dan edukasi. Konon sering terdegnar buyi gamelan yang berasal dari batu.

Berada di Desa Tosa, Kecamatan Bandar, Batu Gamelan Batang memiliki akses yang mudah untuk dikunjungi. Batu-batu yang ada di tempat ini adalah peninggalan dari zaman megalithikum.

13. Cagar Budaya Silurah

Cagar Budaya Silurah

Lokasi: Silurah, Kec. Wonotunggal, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Cahwonotunggal.blogspot.com

Mengeksplor wisata sejarah di Batang adalah salah satu yang juga bisa Anda lakukan. Kali ini datang dari Cagar Budaya Silurah. Menjadi salah satu peninggalan Hindu, Anda bsia menemukan arca siwa yang agung dan peninggalan di abad ke 9 masehi.

Cagar Budaya Silurah ini berada di Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal. Termasuk dalam Kabupaten Batang, dengan mudah Anda bisa mengunjunginya.

14. Pemandian Air Panas Sangubanyu

Pemandian Air Panas Sangubanyu

Lokasi: Pesanggrahan, Sangubanyu, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Boladiensadventure.blogspot.com

Ketika berlibur ke suatu tempat, seringkali kita merasa lelah dalam perjalanan. Untuk membuat tubuh kembali rileks Anda bisa memilih pemandian air panas sangubanyu. Ada suasana sejuk dan berendam di tempat ini tentu menjadi agenda wajib untuk dilakukan.

Pemandian berada di lereng pegunungan Batang. Anda bisa membayangkan bagaimana sejuknya udara sekitar dan hangatnya berendam air panas.

15. Tubing Pandansari

Tubing Pandansari

Lokasi: Jln, Raya Gunung Tugel, Kec. Warungasem, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Tidak hanya di Sungai Lampir saja Anda bisa body rafting tetapi ada juga tempat lain yang tak kalah cantik. Namanya adalah Tubing Pandansari. Tempat ini merupakan tempat wisata yang menawarkan Anda untuk menikmati malam indah dengan berkemah atau sekadar melakukan outbound saja.

Tubing Pandansari merupakan tempat wisata yang ada di Desa Pandansari, Kecamatan Warungasem. Cocok untuk siapa saja yang menikmati wisata alam dengan suasana malam yang dingin.

16. Curug Genting

Curug Genting

Lokasi: Bawang, Kec. Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Inibaru.id

Dulunya tempat ini memang menjadi hits sekitar tahun 2009. Kondisi alam yang masih begitu alami menjadi salah satu daya tarik utama Curug Genting sekarang ini tidak lagi dikelola oleh pemerintah. Konon ada aura mistis dan menjadi sepi.

Lokasi Curug Genting berada di Desa Bawang, Kecamatan Blado, Jawa Tengah Bagi Anda yang suka dengan suasana mistis dan ingin menantang diri, mengunjungi tempat wisata ini tentu menjadi salah satu agenda yang sayang untuk dilewatkan.