16 Tempat Wisata di Batu Malang yang Paling Hits

Tempat Wisata Batu Malang

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata di Batu, Malang. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan atau pun Mengisi Akhir Pekan.

Mengunjungi tempat wisata adalah salah satu upaya untuk melepas penat dan menghilangkan lelah. Kota Malang sendiri yang memang dijuluki sebagai surga wisata, karena memiliki banyak destinasi untuk berlibur. Di Batu Malang, makin banyak menjamur tempat pariwisata yang sangat menarik. Mulai dari wisata air, satwa, hingga museum pun tidak ketinggalan.

Kota yang terkenal dengan hawa dingin dan buah apelnya ini, mempunyai begitu banyak keindahan wisata. Berikut deretan tempat wisata hits di Batu Malang untuk mendapatkan liburan yang berkesan.

1. Jatim Park 3

Jatim Park 3

Image Credit: Ongistravel.com

Mulai dari wisata yang masih terbilang baru, yaitu Jatim Park 3. Tempat wisata buatan Jatim Park Group ini, baru resmi dibuka tahun 2017 lalu. Dengan mengambil tema taman dinosaurus untuk spot utamanya. Di dalam Dino Park, Anda akan dibawa ke zaman dimana masih terdapat dinosaurus. Taman ini dilengkapi dengan area Dino Park nuansa Timur Tengah, Zaman Ice Age, dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah puas dengan zaman purbakala, Anda bisa berkunjung ke wahana Fun Tech. Wahana satu ini akan mengajak Anda ke zaman modern. Disini Anda dapat merasakan bermain game futuristic dengan menggunakan teknologi terbaru seperti Virtual Reality. Jadi, seakan-akan Anda ikut bermain di dalam game tersebut. Tak hanya itu saja, masih banyak bagian dari Jatim Park 3 ini yang bisa Anda jelajahi dan nikmati keseruannya selama satu hari penuh.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu.

2. Jatim Park 2

Jatim Park 2

Image Credit: Bromomalangtour.com

Masih tergabung dalam Jatim Park Group, ada juga Jatim Park 2. Jatim Park 2 ini menawarkan konsep modern zoo, di dalamnya terdapat banyak koleksi hewan dari berbagai negara di dunia yang bisa Anda lihat.

Bukan hanya hewan yang masih ada saat ini, hewan purba yang telah punah pun bisa Anda jumpai di sini. Sehingga tak hanya liburan, Anda pun bisa mengajak anak-anak belajar banyak hal dari tempat wisata Jatim Park 2 ini.

Lokasi: Jl. Jatim Park II, Temas, Kec. Batu, Kota Batu.

3. Jatim Park 1

Image Credit: Hargatiket.net

Jatim Park 1 merupakan tempat wisata Malang yang sudah lama terdapat di Kota Batu, dan menjadi wisata unggulan dari Jatim Park Group. Tempat wisata ini, memang favorit bagi warga Kota Batu dan sekitarnya.

Terutama bagi pengunjung pelajar, karena di dalamnya selain terdapat berbagai permainan juga terdapat edukasinya juga. Anda bisa menemukan banyak anak sekolah yang melakukan studi wisata di Jatim Park 1 ini.

Lokasi: Jl. Dewi Sartika Atas, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.

4. Batu Night Spectacular (BNS)

Image Credit: Ikutilangkahkaki.com

Salah satu tempat wisata yang juga tergabung dalam Jatim Park Group, yaitu Batu Night Spectacular. Wisata ini, menawarkan sensasi yang berbeda dari yang lain. Anda bisa menaiki wahana permainan, ditemani hawa dingin Kota Batu pada malam hari.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Surabaya Paling Hits

Beberapa wahana favorit pengunjung di antaranya rumah hantu, cinema 4D, dan sepeda udara. Tak hanya itu saja, di BNS juga terdapat taman lampion. Yang dijadikan sebagai spot foto, dan merupakan ikon dari BNS itu sendiri.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu.

5. Predator Fun Park

Predator Fun Park

Image Credit: Dakatour.com

Objek wisata yang berada di Batu Malang di bawah Jatim Park Group lainnya, yaitu Predator Fun Park. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini mengusung tema predator terutama buaya. Anda bisa menemukan galeri buaya yang berisi berbagai jenis dan ukuran.

Tidak hanya buaya hidup saja, tapi juga fosil buaya, serta buaya yang telah diawetkan. Ditambah, beberapa fasilitas yang disediakan di sini pun cukup lengkap. Seperti pasar wisata, mushola, food court, dan bike station.

Lokasi: Jl. Raya Tlekung No.315, Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu.

6. Museum Angkut

Museum Angkut

Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Masih berada di bawah naungan Jawa Timur Group, ada lagi wisata edukasi yang berada di Batu Malang yakni Museum Angkut. Museum ini memiliki lebih dari 300 koleksi mobil dan motor klasik yang ada di seluruh dunia.

Anda akan menemukan koleksi ini di area depan, saat pertama kali memasuki museum di zona hall utama. Ada juga zona Las Vegas, yang menggambarkan kehidupan malam di Kota Las Vegas. Dan zona lainnya yang tak kalah menarik.

Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu.

7. Eco Green Park

Eco Green Park

Image Credit: Gotripina.com

Eco Green Park merupakan wisata edukasi yang sangat cocok untuk wisata keluarga. Di destinasi wisata ini sedikitnya terdapat lebih dari 10 zona. Antara lain zona walking bird, zona music plaza, zona animal farm, zona duck kingdom, zona jungle adventure, zona world parrots, zona insectarium, dan zona rumah terbalik.

Ada juga zona memerah susu sapi, dimana akan ditunjukkan demonya terhadap 2 jenis sapi perah yang didatangkan langsung dari Australia.

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.

8. Omah Kayu Paralayang

Omah Kayu Paralayang

Image Credit: Superadventure.co.id

Omah Kayu Paralayang adalah salah satu objek wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Pada destinasi ini, Anda bisa mendapatkan 2 objek wisata sekaligus yaitu Omah Kayu dan Bukit Paralayang. Mengusung konsep back to nature, Omah Kayu meyediakan rumah pohon mini di atas pohon pinus. Kapasitas maksimal dari masing-masing rumah ini adalah 3 orang. Di depannya, terdapat bangku kayu yang bisa Anda gunakan untuk bersantai menikmati hawa sejuk perbukitan.

Sedangkan Bukit Paralayang, merupakan salah satu spot yang berada di samping Omah Kayu. Di sini Anda dapat merasakan sensasi terbang menggunakan paralayang, dengan didampingi oleh instruktur yang sudah ahli di bidangnya. Dijamin, Anda akan ketagihan melihat indahnya Kota Batu sembari menaiki paralayang tersebut. Terdapat juga beberapa spot foto instagramable di destinasi wisata ini yang bisa Anda nikmati.

BACA JUGA:  11 Oleh-Oleh Khas Blitar yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

9. Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta

Image Credit: Dakatour.com

Bagi masyarakat asli Batu, mungkin Selecta adalah tempat wisata yang sudah tidak asing lagi. Tempat wisata ini memang sudah ada sejak jaman Belanda, dan tidak kalah ramai dikunjungi pengunjung.

Selecta kini sudah semakin membaik dengan banyaknya penambahan fasilitas di sana. Selain taman bunga yang indah, Anda juga bisa menikmati kereta gantung, flying fox, naik kuda, kolam renang, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

10. Flora Wisata San Terra

Image Credit: Travelmalang.id

Image Credit: Travelmalang.id

Flora Wisata San Terra masih terbilang tempat wisata yang cukup baru. Namun sudah menjadi tempat favorit para warga Malang. Destinasi wisata ini menyuguhkan warna warni tanaman bunga cantik. Selain itu, tempat ini juga memiliki konsep replika bangunan BelAnda dan Little Korea sebagai spot berfoto. Untuk menambah estetik foto anda, di sini pun menyediakan penyewaan kostum Hanbok maupun kostum khas perempuan Belanda.

Sedangkan untuk akses jalan menuju Flora Wisata San Terra ini, cukup mudah dijangkau. Karena destinasi ini berada di dataran tinggi, maka jalannya memang cukup menanjak dan berkelok. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena jalannya mulus dan bersahabat. Anda dapat mencapainya dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jaraknya dari pusat Kota Malang pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 29 kilometer.

Lokasi: Jl. Truno Joyo, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang.

11. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata

Image Credit: Dakatour.com

Kusuma Agrowisata adalah salah satu tempat wisata petik apel di Kota Batu. Di sini, Anda tidak hanya bisa memetik buah apel saja. Namun buah seperti jeruk, strawberry, serta buah naga juga bisa Anda petik. Buah-buah yang Anda petik ini, bisa Anda bawa pulang dengan membayarnya.

Selain petik buah, Kusuma Agrowisata juga menyediakan beberapa fasilitas permainan anak menarik, seperti naik ATV berkeliling kebun dan banyak permainan seru lainnya.

Lokasi: Jl.  Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu.

12. Kebun Bunga Matahari dan Peternakan Kuda Megastar

Kebun Bunga Matahari dan Peternakan Kuda Megastar

Image Credit: Dakatour.com

Tempat satu ini sangat hits di kalangan anak muda Kota Malang. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini, bertujuan untuk mengabadikan foto di area kebun bunga matahari. Bunga matahari tidak selalu mekar sepanjang tahun, jadi ketika Anda ingin berkunjung kemari maka pastikan saat bunga-bunga ini mekar. Sehingga Anda bisa berfoto di tengah-tengah bunga matahari.

Masih satu lokasi dengan kebun bunga matahari tersebut, terdapat area peternakan kuda Megastar. Peternakan kuda ini mengusung konsep wisata, dimana pengunjung diperbolehkan melihat-lihat kuda yang dipelihara di tempat tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mencoba naik kuda berkeliling area peternakan dengan didampingi oleh instruktur profesional.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Nganjuk Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jalibar, Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu.

13. Coban Rais

Image Credit: Myeverydayisholiday.wordpress.com

Objek wisata yang tidak kalah hitas di Batu Malang, adalah Coban Rais. Tempat wisata ini sebenarnya merupakan air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Air terjun ini mempunyai air khas pegunungan yang sangat jernih. Tempatnya pun sangat sejuk, karena terdapat banyak pepohonan di sekitarnya. Yang menjadikan destinasi ini sangat populer, adalah karena spot-spot foto unik yang berada sebelum masuk kawasan air terjun.

Terdapat setidaknya 4 spot foto favorit pengunjung, yang terdiri dari Bukit I Love U, Hammock, Sepeda Udara, dan Batu Flower Garden. Untuk mendapatkan spot terbaik ini, disarankan untuk mengunjunginya pada saat cuaca cerah. Karena jalan menuju spot foto tersebut adalah tanah gunung, yang saat hujan menjadi becek dan berlumpur. Dan pada kondisi mendung atau menjelang petang, akan menjadi gelap.

Lokasi: Jalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu.

14. Coban Rondo

Coban Rondo

Image Credit: Wikipedia.org

Air terjun Coban Rondo merupakan salah satu air terjun yang berada di Batu Malang. Air terjun ini sudah lama terkenal sebagai objek wisata alam di Malang. Akses jalannya pun juga cukup mudah untuk dilalui oleh semua jenis kendaraan.

Kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan pemandangan yang masih alami. Tidak hanya itu saja, di area sebelum air terjun kini dibangun fasilitas permainan seperti Outbond, Shooting Target, Labirin, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kota Malang.

15. Coban Putri

Coban Putri

Image Credit: Travelspromo.com

Selanjutnya, ada air terjun Coban Putri. Air rerjun ini juga menjadi salah satu objek wisata alami di Batu Malang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun Coban Putri memiliki air yang sangat jernih, yang melewati celah-celah bebatuan tebing yang sangat tinggi. Destinasi ini, memiliki beberapa spot foto favorit di antaranya yaitu jembatan bambu dengan latar belakang air terjun yang menawan.

Lokasi: Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu.

16. Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting

Image Credit: Outboundindonesia.com

Jika Anda penyuka kegiatan yang memicu adrenalin, maka Anda wajib mencoba wisata Kaliwatu Rafting. Destinasi ini berada di daerah Bumiaji, Batu. Sungai untuk rafting di Kaliwatu memiliki arus yang cukup deras dengan banyak bebatuan. Memiliki jarak tempuh sepanjang kurang lebih 7 km dan durasi sekitar 2 jam, Anda akan mengarungi derasnya arus sungai tersebut. pemandangan tumbuhan hijau yang menyegarkan akan menemani Anda sepanjang perjalanan.

Lokasi: Jl. Bung Tomo No.19, Bumiaji, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

Itulah sederet tempat wisata yang hits di Batu Malang, yang selalu ramai akan pengunjung. Selain wahana permainannya yang seru, beberapa destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan indah yang sangat cocok untuk berfoto ria. Ditambah dengan banyaknya fasilitas yang lengkap, akan membuat Anda nyaman selama berada di sana. Berminat mengunjungi salah satu tempat wisata tersebut?