10 Tempat Wisata di Baturaden Banyumas yang Paling Hits

Tempat Wisata Baturaden Banyumas

Ingin Liburan ke Banyumas? Periksa List Tempat Wisata Populer di Baturaden Banyumas, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Terhits yang Menarik untuk Dijelajahi.

Baturaden merupakan kecamatan yang berada di Kabupaten Banyumas. Letaknya yang dekat dengan lereng Gunung Slamet, membuat daerah tersebut dikaruniai segudang pesona alam yang wajib dinikmati. Ketika musim liburan tiba, para wisatawan akan berbondong bondong menuju ke beberapa objek wisata yang ada di sana.

Selain pesona pemandangan yang menawan, beberapa destinasi wisata dilengkapi fasilitas yang memadai. Berikut beberapa tempat wisata favorit di Baturaden Banyumas yang bisa Anda pilih.

1. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

Image Credit: Explorewisata.com

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata alam ini memiliki suasana yang tenang dan cenderung sunyi. Gemercik air dan suara kicauan burung menjadi suara yang mendominasi tempat tersebut. Bagi Anda yang ingin sejenak melarikan diri dari hiruk pikuk kota, Telaga Sunyi bisa menjadi pilihan pengisi waktu liburan yang tepat. Pepohonan yang masih rimbun juga menambah keasrian suasana.

Objek wisata alam ini dikelilingi dengan hutan rimbun dengan banyak vegetasi pepohonan yang semakin membuatnya sejuk. Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan telaga yang luas beserta kejernihan air layaknya kristal. Terdapat beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika mengunjungi Telaga Sunyi, diantaranya snorkeling, berendam, piknik, dan lain lain.

Bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan snorkeling namun tak membawa peralatannya, pihak pengelola sudah menyediakan persewaan peralatan snorkeling yang sangat lengkap. Berbicara mengenai fasilitas, Telaga Sunyi dibekali dengan sarana yang cukup memadai. Mulai dari, kamar mandi, toilet, lahan parkir, dan warung warung yang menjajakan berbagai makanan.

Lokasi: Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas.

2. Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden

Image Credit: Homestayrose50.com

Bagi Anda yang senang berwisata bersama seluruh anggota besar, destinasi wisata alam yang satu ini bisa dijajal. Lokawisata Baturaden merupakan tempat rekreasi yang ramah untuk semua kalangan. Oleh sebab itulah para pengunjung wisata ini selalu dipenuhi dengan anggora keluarga besar mereka. Konsep wisata ini sendiri memadukan keindahan alam dan wisata kekinian.

Keindahan alam berupa air terjun alami mengaliri tebing kecil yang bermuara di kolam yang terletak di bagian bawahnya. Sedangkan hiburan kekiniannya, pihak pengelola menyediakan berbagai permainan seru mulai dari, seluncuran, teater alam, pemandian air panas, dan sensasi berenang di bawah air terjun. Karena tergolong wisata alam, tempat rekreasi yang satu ini memiliki hawa sejuk nan segar.

Anda tak perlu khawatir untuk kelengkapan fasilitasnya, pasalnya pihak pengelola sudah menyediakan sarana yang dapat menunjang kebutuhan bagi setiap pengunjungnya. Beberapa fasilitas tersebut seperti toilet, wahana permainan seru, tempat bersantai, warung kecil, dan tempat beristirahat untuk para pengunjung yang datang dari luar kota.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Pati yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Karangmangu, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

3. Curug Telu

Curug Telu

Image Credit: Mgriyahotel.com

Sesuai dengan namanya, objek wisata alam ini memiliki air terjun kecil atau curug yang berjumlah tiga buah. Ketiga air terjun rendah tersebut memiliki debit aliran air yang berbeda beda. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama objek wisata Curug telu. Ada banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika mengunjungi wisata ini.

Ketika berada di Curug Telu, Anda bisa melakukan kegiatan seperti bermain air, berenang di bawah air terjun, berburu foto menarik, dan masih banyak kegiatan seru lainnya. Masyarakat sekitar lokasi tersebut percaya, bahwa Curug Telu merupakan sumber untuk mencari rezeki. Oleh karenanya, banyak sekali penduduk lokal yang menjajakan beragam oleh oleh.

Lokasi: Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

4. Curug Jenggala

Curug Jenggala

Image Credit: Mgriyahotel.com

Destinasi wisata alam Curug Jenggala menyuguhkan betapa asrinya pemandangan hutan hujan tropis yang menghasilkan oksigen terbaik. Suara gemercik air yang dipadukan dengan hembusan udara sejuk membuat tempat rekreasi yang satu ini layak dijadikan sebagai tempat untuk memanjakan diri sejenak dari aktivitas harian yang tentunya melelahkan.

Masyarakat setempat juga sering menyebut wisata ini sebagai Air Terjun Cinta, entah bagaimana asal muasalnya. Yang jelas, destinasi wisata alam yang ada di Kecamatan Baturaden ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang datang bersama pasangan mereka. Suasana romantis disertai dengan pemandangan yang masih asri menjadi daya tarik utama Curug Jenggala.

Pihak pengelola Curug Jenggala juga sudah membangun beberapa spot foto menarik yang bisa dijadikan latar belakang. Salah satu spot foto yang paling populer ialah, papan berbentuk hati yang menghadap langsung ke arah air terjun utama. Perlu diketahui, spot tersebut masih menjadi primadona pengunjung yang ingin melakukan kegiatan berswafoto.

Lokasi: Jl. Pangeran Limboro, Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

5. Taman Miniatur Dunia (Small World)

Image Credit: Gotravelly.com

Puas menjajal destinasi wisata alam di Baturaden, kini saatnya bagi Anda untuk menjajal wisata kekininan yang juga tak kalah menarik. Salah satu destinasi wisata yang digandrungi kaum milenial adalah Taman Miniatur Dunia atau Small World. Sesuai dengan namanya, tempat rekreasi tersebut menyuguhkan berbagai bentuk dan miniatur yang menjadi ikon di seluruh dunia.

Banyaknya bangunan yang menjadi ikon beberapa negara dijamin akan membuat galeri foto Anda semakin penuh. Beberapa miniatur memang tidak terlihat sebagaimana aslinya, namun hal tersebut tidak mengurangi gambaran tentang bangunan ikon dunia tersebut. Di sana, Anda juga bisa mendapatkan foto yang bagus dan bisa dicetak sekaligus.

Di malam hari, bangunan dan miniatur tersebut akan dihiasi dengan lampu yang bergelap warna warni. Hal inilah yang menjadi daya tarik pengunjung yang lebih memilih untuk mendatangi Small World di malam hari. Ketika musim liburan tiba, destinasi wisata buatan ini akan dipenuhi dengan para pengunjung yang berasal dari berbagai wilayah.

BACA JUGA:  Umbul Manten, Wisata Air Sarat Mitos di Klaten

Lokasi: Jl. Raya Baturaden Barat, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

6. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden

Image Credit: Google Maps (Avuk Jimmy)

Kebun Raya Baturaden merupakan destinasi wisata alam sekaligus wisata edukasi yang juga tak kalah menarik. Penataan dan pengelolaan tumbuhan yang dibuat dengan apik membuat wisata ini menjadi primadona bagi para wisatawan. Ketika mengunjunginya, Anda bisa membawa serta sang buah hati untuk memperkenalkan berbagai macam tumbuhan kepada mereka.

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, di sana sudah disediakan beragam spot foto menarik yang juga sangat menarik. Hamparan bunga berbentuk hati, gapura yang dibuat dari rangkaian tumbuhan, serta beberapa pohon eksotis bisa menjadi latar belakang menarik untuk berswafoto. Sebagai saran, Anda bisa mendatangi Kebun Raya Baturaden saat bunga sedang bermekaran.

Tak hanya memiliki berbagai spot indah yang bisa dijadikan sebagai latar belakang foto saja, Kebun Raya Baturaden juga sangat cocok bagi para pelajar yang tertarik dalam ilmu biologi. Pasalnya, pihak pengelola taman rekreasi tersebut memiliki layanan yang bisa menjelaskan mengenai berbagai macam vegetasi tumbuhan mulai dari tumbuhan khas Indonesia hingga luar negeri.

Lokasi: Jl. Pancurantujuh, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

7. Curug Bidadari

Curug Bidadari

Image Credit: Jogjainside.com

Bagi Anda yang gemar untuk melakukan kegiatan eksplorasi alam, objek wisata Curug Bidadari bisa dijadikan sebagai tujuan wisata di akhir pekan. Hal ini dikarenakan, untuk menuju ke wisata tersebut Anda perlu menapaki perjalanan dengan menyusuri hutan dan sungai. Bahkan, beberapa jalanan terjal membuat tenaga cukup terkuras.

Meskipun medan perjalanan cukup terjal, rasa lelah Anda akan terbayar seketika saat melihat dominasi warna hijau sejauh mata memandang. Panorama hutan dengan pepohonan yang masih lebat membuat suasana semakin menenangkan jiwa. Secara otomatis, badan dan pikiran akan kembali rileks setelah berhari hari bekerja.

Hutan di kawasan tersebut masih sangat asri, jadi jangan kaget jika Anda melihat tumbuhan asing dan hewan hewan di sekitar hutan. Sebagai saran, Anda perlu membawa beberapa cadangan makanan dan air minum agar tidak kelelahan atau kelaparan saat menempuh perjalanan menuju Curug Bidadari. Bawa pula obat obatan untuk memberikan pertolongan pertama apabila kondisi tubuh bermasalah.

Jika Anda mengunjungi Curug Bidadari di pagi hari, sinar matahari yang masuk dari celah rimbun pepohonan akan menjadi daya tarik tersendiri yang sayang jika dilewatkan. Hawa sejuk nan segar membuat siapa pun pengunjungnya akan betah berlama lama di Curug Bidadari. Kesegaran dan jernihnya air juga menjadi nilai tambah pesona Curug Bidadari.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Wonogiri yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

8. Baturaden Adventure Forest

Baturaden Adventure Forest

Image Credit: Ariefpokto.com

Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang gemar wisata petualangan. Di sana sudah tersedia beragam wahana menantang yang bisa Anda nikmati. Salah satu wahana bermain air yang menjadi primadona ialah River Boarding. Wahana tersebut memungkinkan Anda untuk menyusuri ruas sungai dengan menggunakan papan.

Selain wahana River Boarding, Anda juga wajib menjajal wahana yang juga memacu adrenalin yakni Rapperlling. Wahana Rapperlling merupakan sebuah aktivitas untuk menuruni sebuah jurang dan tebing yang memiliki tingkat kecuraman tinggi. Soal keamanan, Anda tak perlu khawatir, pihak pengelola sudah lebih dulu melakukan uji coba dan memastikan keamanan setiap wahana.

Baturaden Adventure Forest atau yang biasa dikenal dengan BAF tak hanya menyajikan pemandangan alam saja, ada beberapa pesona yang mengemas 6 unsur alam. Diantaranya sungai, gunung, hutan, kabut, flora, dan fauna. Selain itu, ada banyak permainan menantang lainnya seperti Highrope, Mountain Bike, Water Slide, Canyoning, Trampoline, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

9. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Image Credit: Wikipedia.org

Bisa dikatakan, objek wisata yang ada di Kecamatan Baturaden didominasi dengan berbagai jenis curug yang memiliki keindahan tersendiri. Salah satu wisata alam curug yang juga tak kalah terkenal ialah Pancuran Telu dan Pancuran Pitu. Seperti namanya, objek wisata ini memiliki 3 dan 7 buah pancuran air yang alirannya berasal dari sungai dataran tinggi.

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu pada dasarnya merupakan sumber air panas yang mengalir dari sungai di atasnya. Menurut kepercayaan warga sekitar, air panas dalam sumber tersebut mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Maka jangan heran jika berkunjung dan menemukan banyak wisatawan yang membawa pulang air sumber tersebut.

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

10. Desa Wisata Ketengger Baturaden

Desa Wisata Ketengger Baturaden

Image Credit: Mastourdev.blogspot.com

Ketika mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, Anda akan disuguhkan dengan pesona pedesaan yang dikelilingi keeksotisan alam. Desa Wisata Ketengger memiliki beragam keindahan yang patut dinikmati. Tak hanya menyimpan keindahan alam saja, ada pula beragam kegiatan menarik yang bisa mengisi waktu luang ketika mengunjungi Desa Ketengger.

Beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan seperti memancing, bersantai di gazebo, mencicipi kuliner khas Baturaden, bermain air di sekitar sungai, mengunjungi taman yang indah, dan masih banyak lagi. Di luar keindahannya, Desa Wisata Ketengger sering kali mengadakan seni pertunjukan dalam rangka melestarikan budaya tradisional Indonesia.

Lokasi: Ketenger, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata populer di Baturaden, Banyumas. Bisa dikatakan, lokasi Kecamatan ini sendiri masih tergolong sangat terpencil. Oleh karenanya, berbagai destinasi wisata seperti curug, telaga, taman, sungai, dan hutan masih sangat terjaga keasriannya. Ketika berkunjung ke salah satu wisata tersebut, jangan lupa mengajak teman atau keluarga.