15 Tempat Wisata di Blora Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Blora

Ingin Liburan ke Blora? Temukan Beragam Tempat Wisata Menarik di Blora, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Populer & Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan.

Berlibur menjadi kegiatan yang biasa dilakukan untuk melepas penat. Untuk itu, bagi Anda yang ingin merasakan serunya liburan dengan destinasi eksotis dan spot objek kekinian, maka kabupaten Blora dapat menjadi tujuan wisata Anda. Mulai dari wisata alam, wisata anak hingga wisata keluarga lengkap tersedia di kota satu ini. Sejuta pesona dan panorama alam memukau pastinya akan bisa untuk Anda temui disini.

Di kota ini, Anda akan menjelajah berbagai tempat wisata keren yang akan memanjakan hati dan pikiran. Dalam ulasan berikut akan dirangkum sederet tempat wisata di Blora untuk liburan Anda di akhir pekan.

1. Waduk Greneng

Waduk Greneng

Image Credit: Fadilaprilyan.blogspot.com

Berada di Waduk Greneng, maka pengunjung pun akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Dengan adanya hutan jati yang mengelilingi wisata satu ini, maka Anda pun akan bisa untuk mendapatkan udara yang sangat sejuk. Ada beberapa aktifitas yang bisa Anda lakukan saat berada disini. Salah satunya adalah memancing, bahkan Anda juga bisa menyewa alat pancing di Waduk Greneng.

Namun, bagi Anda yang tidak suka memancing tak perlu khawatir. Pasalnya Anda juga bisa mengelilingi waduk dengan menyewa perahu yang dimiliki oleh warga sekitar. Dengan harga sewa yang murah, maka Anda pun bisa berkeliling sembari menikmati sore di tempat wisata satu ini. Setelah lelah berkeliling, maka Anda bisa menyantap ikan bakar yang menjadi menu khas wisata satu ini.

Lokasi: Tunjungan, Kec. Tunjungan, Kab. Blora.

2. Wisata Kereta Uap Cepu

Wisata Kereta Uap Cepu

Image Credit: Inibaru.id

Ketika Anda mengunjungi Blora, maka Anda pun juga bisa mengunjungi Heritage Loko Tour yang berada di daerah Cepu. Tempat satu ini bisa menjadi wisata edukasi yang Anda kunjungi bersama si kecil. Pasalnya, lokomotif wisata ini merupakan salah satu paket perjalanan yang bisa dilakukan untuk melintasi hutan jati KPH Cepu. Uniknya lagi, Anda nantinya akan diajak berjalan jalan dengan menggunakan kereta tua buatan Jerman.

Memiliki jarak tempuh yakni sebesar 60 kilometer per jam, membuatnya memiliki kecepatan maksimum lokomotif 20 kilometer per jam. Kereta wisata ini memiliki kapasitas penumpang yakni 25 orang per gerbongnya. Tak hanya menyediakan paket kereta diesel, tempat wisata yang ada di Blora ini juga menyediakan tambahan gerbong bagi Anda yang ingin berlibur dengan keluarga besar. Pastinya akan menjadi pengalaman seru tak terlupakan.

Lokasi: Ngelo, Kec. Cepu, Kab. Blora.

3. Gunung Manggir

Gunung Manggir

Image Credit: Wisata4dieng.blogspot.com

Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki, maka wisata satu ini wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Blora. Hal ini dikarenakan Pegunungan Manggir menjadi tempat wisata yang memiliki pemandangan alam memukau dan udara yang sejuk. Sehingga akan membuat Anda betah untuk berlama lama di lokasi satu ini. Terletak di perbukitan kapur dengan ketinggian 250 meter dari permukaan laut, wisata ini memiliki goa yang terdapat di ujung gunung.

BACA JUGA:  16 Oleh-Oleh Khas Solo yang Wajib Anda Bawa Pulang

Untuk goanya sendiri terdapat tiga tingkatan. Pada tingkatan pertama memiliki kedalaman hingga 15 meter dari permukaan. Sedangkan untuk tingkatan tengah akan memiliki kedalaman hingga 7 meter dari permukaan dan juga terdapat stalakmit menarik yang bisa Anda temukan. Sedangkan di puncak Gunung satu ini terdapat tanah terbuka sekitar 5 meter. Dari sini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang akan membuat Anda terpukau.

Lokasi: Ngumbul, Kec. Todanan, Kab. Blora.

4. Gunung Cengklik

Gunung Cengklik

Image Credit: Anggotaorion.blogspot.com

Memiliki panorama alam yang hijau dan sangat mempesona ini, maka Gunung Cengklik dapat menjadi destinasi liburan Anda selanjutnya. Dengan mempunyai latar belakang pemandangan berupa hutan jati yang hijau di gugusan Pegunungan Keneng Utara, membuat pandangan Anda tidak teralihkan ketika berada di tempat satu ini. Dengan banyaknya orang yang membuat postingan di media sosial, membuat tempat ini menjadi sangat terkenal.

Sehingga, hal ini membuat pemuda yang bertempat tinggal di sekitar lokasi memiliki inisiatif untuk membuat sejumlah spot foto menarik yang digunakan untuk berfoto di tempat ini. Salah satunya adalah tempat duduk yang sekilas mirip dengan rumah pohon. Spot satu ini sangatlah populer dikarenakan Anda bisa melihat keindahan sawah dan deretan pegunungan dari tempat satu ini.

Lokasi: Bicak, Kec. Todanan, Kab. Blora.

5. KDR Park

KDR Park

Image Credit: Blorakab.go.id

KDR Park memiliki daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan beramai ramai mengunjungi destinasi ini. Pasalnya, tak hanya memiliki pemandangan yang memukau, tempat wisata ini juga mempunyai banyak fasilitas yang menunjang pelancong untuk berlibur. Sebut saja seperti permainan ATV, panahan, kereta mini hingga kolam renang anak anak yang membuat Anda betah berlama lama di tempat satu ini.

Lokasi: Sambiroto, Kec. Kunduran, Kab. Blora.

6. Bukit Pencu

Bukit Pencu

Image Credit: Jihannina.blogspot.com

Untuk Anda yang ingin menyaksikan matahari terbit yang sangat cantik di Blora, maka Bukit Pencu menjadi lokasi yang tepat untuk Anda kunjungi. Berada sekitar 400 meter di atas permukaan laut, maka wilayah yang terletak di pegunungan ini memiliki bentang alam yang sangat indah. Dari atas puncak, maka Anda bisa memandang hutan jati yang sangat luas. Segarnya udara pun bisa Anda rasakan saat berkunjung ke bukit satu ini.

Lokasi: Gandu, Kec. Bogorejo, Kab. Blora.

7. Sungai Kalinanas

Sungai Kalinanas

Image Credit: Okezone.com

Tempat wisata satu ini memiliki keunikan tersendiri jika dilihat dari bentuknya. Hal ini dikarenakan Sungai Kalinanas terletak diantara dua dinding batu yang membentuk ukiran sangat khas. Dinding tersebut terbentuk secara alami akibat kikisan air sungai yang yang terjadi selama jutaan tahun. Ukiran yang terdapat pada dinding sungai ini menunjukkan jejak sungai Purba. Sehingga tak heran banyak orang yang menyebut sungai ini sebagai Sungai Purba.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Kalinanas, Kec. Japah, Kab. Blora.

8. Bukit Kunci

Bukit Kunci

Image Credit: Instagram.com (@ryo_tsuky)

Pemandangan Gunung Lawu di pagi hari menjadi salah satu panorama yang sangat memanjakan mata. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan sunrise maka bisa mengunjungi Bukit Kunci. Destinasi wisata satu ini kerap kali dijadikan tempat bagi anak muda yang ingin berburu sunrise. Dengan memiliki akses yang mudah dijangkau, tempat wisata satu ini pun mulai banyak diburu oleh pelancong.

Terdapat banyak spot menarik yang bisa untuk Anda temukan di tempat satu ini. Salah satunya adalah kayu dan bambu yang berwarna warni berada di atas bukit. Dari tempat ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat cantik. Sehingga Anda pun akan bisa melihat deretan pegunungan yang berada di belakang. Selain itu, spot satu ini pun sangat cocok untuk dijadikan background foto bersama dengan keluaraga maupun sahabat.

Lokasi: Bangoan, Kec. Jiken, Kab. Blora.

9. Air Terjun Masohan

Air Terjun Masohan

Image Credit: Tripzilla.id

Tak hanya perbukitan dan gunung saja yang bisa Anda temukan di Blora, kota ini juga menyimpan wisata air terjun yang sangat indah. Berada di lokasi yang tersembunyi, maka Anda pun perlu membutuhkan usaha yang cukup keras ketika ingin sampai ke tempat satu ini. Di Air Terjun Masohan, maka Anda akan menemukan aliran sungai dari tebing yang cukup tinggi.

Ketika berada disini, maka Anda juga akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat natural. Pasalnya, Anda akan menikmati indahnya pemanangan hijau yang akan membuat hati dan pikiran menjadi tenang. Ditambah dengan tebing dan aliran sungai yang mengalir membuat suasana menjadi lebih sangat asri dan alami. Untuk itu, Anda pun wajib mengagendakan untuk mengunjungi wisata satu ini.

Lokasi: Kec. Jiken, Kab. Blora.

10. Kracakan Watu Gong

Kracakan Watu Gong

Image Credit: Cakrawalatour.com

Tempat wisata yang ada di Blora ini memiliki keunikan tersendiri. Hal ini dikarenakan pada bulan kemarau saja Anda bisa mengunjunginya. Keeksotisan tempat satu ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pasalnya, air yang mengalir dan jatuh ke tanah ini akan menjadi pemandangan yang sangat memukau dan sayang untuk Anda lewatkan. Menjadi wisata musim yang ada di Blora, maka Anda pun wajib untuk mengunjunginya di waktu yang tepat.

Lokasi: Kapuan, Kec. Cepu, Kab. Blora.

11. Goa Terawang

Goa Terawang

Image Credit: Commons.wikimedia.org

Goa terawang menjadi salah satu destinasi wisata yang memikat banyak wisatwan. Hal ini dikarenakan sinar matahari yang masuk ke goa melalui celah dinding atap ini, akan memunculkan siluet cahaya yang sangat cantik. Ketika memasuki goa ini, Anda akan disuguhkan dengan langit langit gua yang memiliki lubang alami dengan lebar yang bervariasi.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Brebes Terbaru & Terhits Dikunjungi

Sehingga, dengan adanya lubang tersebut akan membuat sinar matahari bisa masuk ke dalam gua. Lubang tersebut berfungsi sebagai ventilasi udara yang menyebabkan kondisi di dalam gua tidak menjadi pengap. Detail dinding pada goa dapat terlihat dari adanya stalaktit dan stalakmit yang bisa dengan mudah untuk Anda lihat. Bagi Anda yang menyukai tantangan, maka wisata satu ini cocok untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Kedungwungu, Kec. Todanan, Kab. Blora.

12. Waduk Bentolo

Waduk Bentolo

Image Credit: Wspamungkas-blora.blogspot.com

Waduk Bentolo menjadi salah satu lokasi wisata yang cocok untuk Anda kunjungi ketika akhir pekan. Dengan memiliki pemandangan berupa pepohonan yang rimbun, pastinya akan sangat sejuk ketika Anda berkunjung di sore hari. Sehingga, ketika mengunjungi wisata satu ini, maka dapat menjadi salah satu alternatif wisata yang bisa Anda singgahi untuk melepas lelah dan penat.

Lokasi: Tinapan, Kec. Todanan, Kab. Blora.

13. Kedung Londo

Kedung Londo

Image Credit: Explorewisata.com

Tempat wisata satu ini memiliki daya tarik yakni area kedung yang dijadikan tempat untuk berendam dan bermain air. Berada di pedesaan, membuat kedung satu ini memiliki aliran air yang sangat jernih dan juga bersih. Dengan memiliki bentuk yang unik membuat wisata ini sangat cocok dijadikan tempat untuk berswafoto. Untuk itu, bagi Anda yang sedang di Blora wajib untuk menjadikan destinasi ini sebagai alternatif untuk berlibur.

Lokasi: Gayam, Kec. Bogorejo, Kab. Blora.

14. Wisata Cemoro 7

Image Credit: Infoblora.com

Hutan wisata satu ini menawarkan keindahan yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Hal ini dikarenakan hutan yang telah dilengkapi beragam fasilitas ini mengusung konsep Go Green yang sangat apik. Dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang seperti hammock, ayunan pada pohon dan juga janggung musik, membuatnya menjadi salah satu tempat yang bisa Anda kunjunngi bersama keluarga.

Lokasi: Tunjungan, Kec. Tunjungan, Kab. Blora.

15. Embung Keruk

Embung Keruk

Image Credit: Youtube.com

Mencari tempat berlibur bersama keluarga? Maka Anda pun bisa mengunjungi Embung Keruk. Destinasi satu ini sangat cocok untuk Anda kunjungi ketika sore hari. Hal ini dikarenakan Anda akan disuguhkan pemandangan sunrise yang sangat cantik dengan pemandangan berupa waduk yang indah. Pastinya Anda pun tidak akan bisa melewatkan tempat satu ini menjadi destinasi liburan Anda.

Lokasi: Randublatung, Kec. Randublatung, Kab. Blora.

Berlibur di Blora menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan bersama keluarga dan sahabat. Hal ini dikarenakan nantinya Anda bisa merasakan keseruan saat berkunjung ke salah satu destinasi tersebut. Beragam jenis tempat wisata dapat Anda temukan di kabupaten Blora. Sebut saja seperti wisata alam, wisata edukasi dan juga wisata yang menghadirkan banyak spot foto kekinian. Untuk itu, Anda pun wajib mengunjungi salah satu destinasi tersebut saat berada di Blora.