Jawa Tengah

15 Tempat Wisata di Brebes

Tempat Wisata Brebes

Brebes terkenal dengan sebutan Kota Bawang. Termasuk dalam kawasan Provinsi Jawa Tengah yang mana letaknya berbatasan langsung dengan Kota Cirebon. Untuk kehidupan sehari-hari, masyarakat di sana memang sebagian besar menggunakan bahasa Sunda. Kalaupun menggunakan bahasa Jawa maka dialeknya adalah dialek Ngapak. Inilah salah satu bukti bahwa Indonesia ragam bahasa. Tak hanya itu, Brebes juga menawarkan tempat-tempat wisata Andalan yang bisa Anda kunjungi.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap wilayah di Indonesia seolah memiliki tempat wisata Andalan. Sama halnya dengan Brebes yang memiliki tempat wisata seperti Kaligua, Pemandian Air Panas Tirta Husada, Waduk Penjalin hingga Waduk Malahayu Banjarharjo. Mau tahu selengkapnya? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Air Terjun Ranto Canyon

Air Terjun Rato Canyon

Lokasi: Gunungtajem, Winduasri, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat wisata yang pertama adalah Air Terjun Ranto Canyon. Pesona alam ini dimiliki Brebes dan menjadi air terjun yang cukup eksotis. Salah satu yang menjadi Andalan dan menyuguhkan hijaunya pemAndangan alam serta menjadi satu dengan tebing-tebing terjal. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 hingga 29 meter.

Air Terjun Ranto Canyon berada di Desa Windusari. Tepatnya ada di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Agar bisa sampai di lokasi waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2.5 jam dari kota Brebes.

2. Candi Pangkuan

Candi Pangkuan

Lokasi: Hutan, Cilibur, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Brebeskuberhias.blogspot.com

Candi Pangkuan merupakan tempat rekreasi yang sebenarnya bukanlah sebuah bangunan candi tetapi hutan tua. Hutan tersebut memiliki artefak candi dengan tinggi 50 cm dan dikelilingi oleh pepohonan yang usianya mencapai ratusan tahun. Candi Pangkuan ini ditemukan pertama kali oleh penduduk pribumi yang ada di tahun 1965.

Letak Candi Pangkuan ini berada di Desa Cilibur Kecamatan Paguyangan. Anda bisa menikmati sejuknya pepohonan yang rindang dan tidak ada tiket masuk yang dikenakan. Cukup banyak pengunjung yang datang dan menikmati suasana di sana.

3. Desa Wisata Cisereun

Desa Wisata Cisereun

Lokasi: Lereng Gunung Kumbang, Kec. Ketanggung, Kab. Brebes. Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatasia.com

Berada di Lereng Gunung Kumbang, Desa Wisata Cisereun ini menjadi desa yang terkenal di Brebes. Masyarakat di sana asik sangat kuat untuk menjaga budaya dan tradisi daerah bahkan Anda bisa melihat bagaimana tradisi unik ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Salah satu keunikannya adalah masyarakat setempat tidak menanam bawang merah.

Lokasi tepatnya berada di Lereng Gunung Kumbang yang masuk di Kecamatan Ketanggung. Ada upacara Ngasa setiap hari Selasa Kliwon. Upacara Ngasa ini merupakan simbol rasa syukur kepada Tuhan.

4. Curug Putri

Curug Putri Brebes

Lokasi: Mendala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Superadventure.co.id

Curug Putri merupakan tempat piknik yang dikelilingi oleh tebing-tebing alami yang membentuk ornamen khas alam. Untuk sampai di tempat ini harus berhati-hati karena medan yang dilalui cukup menantang. Kalau memang ingin menggunakan kendaraan, sebaiknya parkir dulu di tempat tertentu kemudian trekking melewati hutan.

Tempat wisata ini berada di Desa MAndala, Kecamatan Sirampong Kabupaten Brebes. Ketinggian dari air terjun adalah kurang lebih 35 meter. Meski belum ada fasilitas yang lengkap tapi para pengunjung juga tidak sedikit yang datang.

5. Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas Tirta Husada

Lokasi: Kedungoleng, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Inibumiayu.com

Tidak hanya obek wisata Waterboom saja tetapi Brebes juga memiliki pemandian air panas Tirta Husada dimana tempat ini dikelilingi oleh hutan pinus yang begitu asri dan berendam air panas disana begitu terasa menenangkan. Anda cukup membayar Rp. 6000 saja per orang dan nikmati fasilitas yang sudah disediakan.

Lokasi pemandiannya berada di Desa Kedungoleng di kecamatan Paguyangan, Brebes. Ada kolam pemandian air panas, kamar mandi VIP bahkan karaoke keluarga. Jaraknya sekitar 75 km dari kota Brebes.

6. Pantai Randusongo

Pantai Randusanga

Lokasi: Randusanga, Kab. Brebes Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatasia.com

Pantai Randusongo adalah tempat favorit untuk melihat pemAndangan sunset di sore hari. Bahkan lokasi ini juga sering dijadikan tempat nongkrong di Brebes. Kawasan pantai juga terkenal dengan budidaya rumput laut dan juga ikan bandengnya. Ada hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang serta menambah keeksotisan pantai.

Lokasi pantai berada di daerah Randusanga Kulon. Anda bisa berkunjung dan melakukan balap motor di arena yang sudah disediakan, adanya area perkemahan hingga kios-kios wisata kuliner.

7. Waduk Malahayu

Waduk Malahayu

Lokasi: Malahayu, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Sumaterapost.co

Waduk yang satu ini merupakan waduk peninggalan kolonial Belanda. Tidak hanya digunakan untuk irigasi saja tetapi juga dibuka untuk masyarakat yang ingin memanfaatkannya sebagai tempat rekreasi. Biaya masuknya juga murah yakni hanya RP. 6000 saja dan Anda bisa bebas menikmati keindahan di sekitar waduk.

Lokasinya berada di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharja. Akses menuju tempat wisata ini tidaklah begitu sulit. Anda bisa berkemah dan piknik dengan suasana sejuk di sekitar lokasi.

8. Kalibaya Park

Kalibaya Park

Lokasi: Pasir Panjang, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Ariefpokto.com

Ada banyak tempat wisata yang menyuguhkan pesona alam puncak gunung dan juga pemAndangan langsung ke Waduk Malahayu. Tempat ini juga dikelola langsung oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan dari Pemerintah Desa Pasir Panjang.

Menjadi tempat wisata paling indah di Brebes, banyak fasilitas yang bsa menambah keseruan seperti outbound, gardu pAndang, padang savana hingga ATV Track. Lokasi Kalibaya Park ini ada di puncak Malio.

9. Hutan Mangrove Kaliwlingi

Hutan Mangrove Brebes

Lokasi: Pandansari, Kaliwlingi, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Blueturtlebeachhouse.com

Menawarkan wisata alam beragam, Brebes juga memiliki hutan mangrove kaliwlingi. Hutan mangrove ini dibuat oleh pemerintah untuk mencegah adanya abrasi yang makin meluas di pesisir Kabupaten Brebes. Para pengunjung juga bisa menikmati area hutan dengan berbagai budidaya biota laut yang memukau.

Lokasi hutan mangrove berada di Desa Wisata Pandansari Kaliwlingi. Di lokasi wisata Anda juga bisa menggunakan perahu kecil yang dimanfaatkan pengunjung untuk berkeliling. Suasana di hutan ini juga cukup sejuk.

10. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan

Lokasi: Wanoja, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Twitter.com @officialInibaru

Tempat wisata bukit Panenjoan ini terbilang sangat strategis karena memang tak jauh dari Jalan Raya Windusakti-Capar. Daya tarik dari tempat ini adalah Anda bisa menikmati sunset di sore hari. Objek wisata tersebut juga menyediakan fasilitas kursi untuk bersantai. Ada warung dan wisata kuliner yang tak kalah lezat.

Lokasi Bukit Panenjoan berada di Desa Wanojo. Para wisatawan seringkali mengunjungi pada sore hari dan mengabadikan moment di Gardu Pandang Bukit Panenjoan. Bahkan para wisatawan bisa mengantri untuk menikmati wisata ini.

11. Danau Beko

danau beko

Lokasi: Jatilaba, Kec. Margasari, Kab. Tegal, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatasia.com

Tempat wisata berikutnya tak bayak diketahui orang. Uniknya danau ini berasal daari kerukan jenis beko yang dulunya terbengkalai oleh proyek dari perusahaan. Bahkan galian di sana juga membuat kawasan tersebut terbentu seperti danau. Keindahan di tempat ini menjadikan para wisatawan sering berkunjung.

Lokasinya di Desa Margasari. Ada udara yang segar degnan hamparan karang putih yang mengelilingi air danau. Anda bisa berkunjung ke tempat ini tanpa dipungut biaya atau gratis.

12. Waduk Penjalin

Waduk Penjalin

Lokasi: Jln. Raya Waduk Penjalin, Winduaji, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by News-mojo.blogspot.com

Objek wisata berikutnya adalah Waduk penjalin. Waduk ini dulunya dibangun dan mengyuguhkan panorama indah di tahun 1930. Luasnya sekitar 1.5 km dan tak ada biaya masuk yang dikenakan. Tetapi para pengunjung tetap harus menjaga kebersihan. Lokasinya cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga.

Waduk Penjalin berada di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan. Anda bisa menikmati beberapa spot foto unik. Juga dengan panorama yang tersaji terutama ketika sore hari.

13. Ciblon Waterboom

Ciblon Waterboom

Lokasi: Jln. Yos Sudarso, Ps. Batang, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Kali ini kita beralih ke wisata waterboom. Anda bisa menggunakan tempat wisata ini sebagai alternatif untuk liburan bersama keluarga. Termasuk yang cukup baru dan ada banyak wahana permainan yang bisa dinikmati oleh orang dewasa atau anak-anak.

Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso Brebes. Tiket masuk Ciblon ini juga terjangkau yakni hanya Rp. 13.000 saja. Anda bisa menikmati semua wahana bersama keluarga dan sangat disukai anak-anak.

14. Curug Panyusuhan

Curug Panyusuhan

Lokasi: Tembongraja, Kec. Salem Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Bantarkawungpunyacerita2.blogspot.com

Tidak hanya Curug Putri dan Awu saja, ada lagi air terjun yang menjadi Andalan dari warga Brebes. Curug Panyusuhan memiliki daya tarik yakni adanya 7 curug yang berbeda. Agar bisa menuju lokasi, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1.5 jam untuk sampai di curug.

Lokasinya berada di Desa Tembongraja dan Windusakti. Anda harus memarkirkan kendaraan di Desa Tambongrejo terlebih dahulu sebelum ke Curug Awu. Semua keindahan alam di sana akan menghapus rasa lelah Anda.

15. Kebun Teh Kali Gua

Kebun Teh Kali Gua

Lokasi: Pandansari, Kec. Paguyangan Kab. Brebes, Jawa Tengah,. – Image Credit by Enaknyakemana.com

Bisa dibilang bahwa destinasi wisata yang satu ini adalah yang paling favorit. Sebab, ada pesona pemAndangan hamparan kebun teh yang bisa memanjakan dan menyegarkan mata. Juga dengan suasana dan udara yang sejuk untuk menambah lengkap liburan Anda.

Lokasi tempat wisata tersebut berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Jawa Tengah Di sini Anda bisa mengunjungi wisata terdekat juga seperti Goa Jepang, Telaga Ranjang hingga Mata Air Teluk Bening. Tertarik untuk segera berkunjung?