14 Tempat Wisata Terbaik di Cilacap

Tempat Wisata Cilacap

Butuh Liburan Mengesankan? Berikut Daftar Tempat Wisata di Cilacap Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi.

Sebagai salah satu daerah yang banyak dikunjungi, Cilacap menawarkan sejuta pesona baik dari segi tempat-tempat wisata ataupun dari kebudayaan yang ada di wilayah tersebut. Menjadi wilayah dari Jawa Tengah, Cilacap memiliki daya tarik yang cukup besar sehingga mampu mendatangkan banyak wisatawan untuk menengok bagaimana tempat wisata di sana.

Destinasi wisata yang ditawarkan mulai dari pantai hingga tempat-tempat sejarah yang merupakan peninggalan dari jajahan Belanda tentu dengan kondisi yang masih baik dan dikelola oleh pemerintah setempat. Ada keindahan tersendiri yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung.

Salah satu ikon yang paling dikenal adalah Pantai Teluk Penyu. Ada juga Pulau Nusakambangan yang diketahui sebagai penjara khusus untuk narapidana dengan tingkat kejahatan sangat berat. Apa saja yang bisa Anda temukan? Yuk simak daftar tempat wisata di Cilacap berikut!

1. Pantai Teluk Penyu

pantai teluk penyu

Lokasi: Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Aengaeng.com

Menjadi awal pembuka destinasi, tempat wisata yang satu ini dinamakan sebagai Pantai Teluk Penyu karena memang Anda akan menjumpai banyak penyu liar. Tetapi seiring berkembangnya zaman, penyu liar tidak pernah terlihat lagi. Juga, pantai ini terkenal dengan pemecah ombak yang bisa Anda susuri hingga ujungnya. Anda bisa melakukan aktivitas pantai seperti biasa karena tergolong aman.

Lokasi pantai berada di Kecamatan Cilacap Selatan. Ada banyak oleh-oleh yang khas dan juga kios-kio penjual pakaian hingga makanan khas dari Cilacap. Siapkan budget untuk menikmati fasilitas air seperti speed boat dan semacamnya.

2. Kampung Laut

Kampung Laut

Lokasi: Ujungalang, Kec. Kampunglaut, Kab. Cilacap, Jawa Tengah, – Image Credit by Wartanasional.com

Ada banyak yang belum mengetahui tentang keberadaan Kampung Laut ini. Padahal keindahan alamnya tak bisa diremehkan. Kampung Laut ini memberikan keindahan pemandangan alam dengan aktivitas para warga diatas laut. Anda bisa leihat bagaimana hutan bakau dan gua karst yang bisa dikunjungi. Bahkan untuk menuju kampung laut, Anda bisa menggunakan kalap melalui sebuah dermaga yang ada di Cilacap sana.

Tempatnya ada di Kampung Laut, Ujungalang. Anda bisa menyusuri hutan bakau menggunakan kapal boat dan wisata kampung laut akan begitu indah saat musim kemarau.

3. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Lokasi: Jl. Benteng, Sentolokawat, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Ksmtour.com

Berikutnya, tepat wisata Cilacap yang tak kalah indah adalah Benteng Pendem. Lokasinya memang cukup dekat dengan teluk penyu. Benteng ini menjadi peninggalan sejarah dan penjajahan Belanda yang luas serta masih begitu terjaga keutuhannya. Di sini Anda bisa menyewa tour guide untuk menuntun serta memberi informasi detail tentang semua spot yang ada di benteng.

Lokasinya berada di pesisir Pantai Teluk Penyu, Kabupaten Cilacap. Ada beberapa spot penting yang bisa Anda kunjungi yakni benteng pengintai, terowongan, ruangan untuk amunisi hingga ruang tembak.

4. Gunung Srandil

Lokasi: Glempang Pasir, Kec. Adipala, Kab. Cilacap, Jawa Tengah . – Image Credit by Delapanmataangin.com

Tak lengkap rasanya jika tidak mendaki gunung selama berada di Cilacap. Namanya adalah Gunung Srandil yang menjadi wisata religi untuk mereka yang suka berziarah ke tempat wisata ini. Ada banyak yang masih menganut kepercayaan dengen bersemedi di malam jumat kliwon. Mereka juga seringkali bersemedi di malam satu syuro dengan tujuan masing-masing.

Lokasi Gunung Srandil adalah di Glempang pasir, Kecamatan Adipala. Gunung Srandil memang terkenal sebagai tempat wisata religi. Ada jejak sejarah yang bisa Anda amati di sana.

5. Curug Cimandaway

Curug Cimandaway

Lokasi: Serang, Datar, Kec. Dayeuhluhur, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Cillcomanlodge.com

Rasakan suasana segar saat berkunjung ke tempat wisata berupa curug. Banyak objek wisata Cilacap yang berupa curug. Seperti Curug Cimandaway yang memukau. Curug ini berada di sebelah barat bagian dari Cilacap dan berbatasan daari Jawa Tengah dan Jawa Barat. Aliran airnya cukup deras dan memiliki ketinggian 65 meter.

Lokasinya berada di Serang, Datar. Curug Cimandaway ini resmi dibuka untuk umum sebagai objek wisata Cilacap di tahun 2012. Tentu ada suasana segara yang bisa Anda dapatkan di sana.

6. Pantai Jetis

Pantai Jetis

Lokasi: Jetis, Kec. Nusawungu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Tempatwisatapilihan.com

Jetis berada di ujung bagian timur wilayah Kota Cilacap. Ada gelombang Laut Selatan yang terkenal dan begitu besar dengan pemandangan dan pegunungan kapur di wilayah Kota Kebumen. Ada bentangan hampir 3 km di pintu timur tempat pintu masuk ke TPI atau tempat pelelangan ikan Pantai Jetis. Anda bisa melihat pemandangan yang berbeda dari pantai ini.

Alamat pantai berada di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu. Lokasinya begitu unik dengan pemandangan yang bisa Anda jadikan background foto alami.

7. Pantai Kalipat

Pantai Kalipat

Lokasi: Pulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Manggaul.com

Daftar tempat wisata berikutnya adalah pantai Kalipat. Pantai ini bisa Anda jadikan sebagai tempat berlibur yang mempesona. Menjadi salah satu pantai yang ada di kawasan Nusakambangan yang begitu mempesona. Ada hamparan pasir putih dan ombak biru dengan bukit yang hijau.

Alamat Pantai Kalipat berada di Pulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Cilacap. Tempat wisata ini masuk di Kabupaten Cilacap. Kondisi pantai masih begitu terjaga alami. Anda bisa melihat deburan ombak biru yang menawan.

8. Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana

Lokasi: Jl. Nusakambangan, Kec. Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Masih berada d Pulau Nusakambagan dan berupa destinasi wisata pantai. Namanya adalah Pantai Kali Kencana. Pantai ini memiliki panorama yang indah dan kondisi di sekitar juga masih terjaga. Sayangnya akses menuju lokasi terbilang cukup melelahkan dan harus melewati hutan atau beberapa sungai.

Lokasi pantai berada di Sidanegara, Cilacap. Letaknya yang berada di kawasan lapas Nusakambangan ini memang membuat masyarakat jadi enggan datang karena sulitnya perjalanan. Butuh waktu 3 jam perjalanan dan Anda akan menemukan beberapa aliran sungai dengan dasar batu dan berwarna perak. Anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar 25 ribu rupiah untuk mengantar ke seberang Nusakambangan.

9. Waduk Kubang Kangkung

Waduk Kubang Kangkung

Lokasi: Sokawera, Kubangkangkung, Kec. Kawunganten, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Ketika berada di Kawunganten, Anda bisa berlibur ke Waduk Kubang Kangkung. Waduk ini menyuguhkan pemandangan pepohonan dan menyejukkan. Bahkan di sekitarnya ada warung-warung yang menjual minuman segar seperti misalnya kelapa muda. Liburan bisa menjadi lebih menyenangkan karena dilengkapi dengan beberapa wahana. Seperti bebek kayuh, mandi bola, kereta wisata hingga kapal wisata.

Waduk Kubang Kangkung ini ada di Perkebungan Karet Kawungaten. Tiket masuk yang harus dibayarkan hanya Rp. 2000 saja. Anda bisa berkunjung jam 7 pagi hingga 5 sore.

10. Gunung Selok

Gunung Selok

Lokasi: Karangbenda, Kec. Adipala, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Mgriyahotel.com

Gunung dengan panorama menakjubkan ini bisa menjadi tempat wisata favorit. Sebab ada panorama alam yang istimewa. Ada spot selife Deck dengan view hamparan air laut selatan serta dikelilingi pemandangan pepohonan yang cukup rindang. Baik itu diatas bukit untuk sekadar bersantai atau selfie.

Alamat Gunung Selok berada di Karangbenda, Adipala. Di lokasi ini Anda bisa menemukan banyak hammock yang terpasang di pepohonan untuk sekadar bersantai. Ada juga bangku cinta dan menjadi daya tarik tersendiri.

11. Pantai Permisan

Pantai Permisan

Lokasi: Permisan, Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Manggaul.com

Satu pantai lagi yang masih begitu alami adalah pantai permisan. Pantai ini memang tak banyak dikunjungi oleh warga sekitar. Pantainya sangat cocok untuk wisatawan yang suka berselancar dan memiliki deburan ombak yang menantang. Bahkan para wisatawan juga bisa melihat keindahan pulau-pulau kecil dan batu karang di depan pantai.

Lokasi pantai berada di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap. Anda bisa duduk bersantai dan menikmati pemandangan ombak dari laut di pantai ini.

12. Pantai Widara Payung

pantai widara payung

Lokasi: Widarapayung, Kec. Binangun, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Widarapayungwetan.sideka.id

Pantai Widara Payung merupakan tempat wisata di Cilacap yang juga memiliki kondisi alam yan g tak tersentuh. Anda bisa masuk melalui 3 jalan yang mana letak utamnya memang berada di Desa Widara Payung.

Lokasinya berada di Widarapayung Wetan, Sidayu. Anda bisa bermain air disana menyewa andong dan menjelajahi pantai. Tiket masuk per orang hanya Rp. 5000 per anak.

13. Pura Mandara Giri Gunung Selok

Pura Mandara Giri Gunung Selok

Lokasi: Jl. Srandil, Kec. Adipala, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Jalanjalanenak.com

Tempat wisata kali ini merupakan wisata religi yang merupakan kawasan wisata dari Gunung Selok. Tiket masuknya juga sama dengan wisata Gunung Selok. Pura ini merupakan tepat persembahyangan dari umat Hindu dan para wisatawan bisa menikmati arsitektur pura yang terlihat unik.

Lokasinya berada di Jalan Srandil, Adipala. Tarif untuk tiket masuk adalah Rp. 4000 per orang. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan selama berada di tempat wisata.

14. Waterpark Tirta Mas

Waterpark Tirta Mas

Lokasi: Jl. Rinjani, Perumahan Pertamina, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. – Image Credit by Twitter.com

Untuk Anda yang ingin bermain air sepuasnya, Anda bisa mengunjungi Waterpark Tirta Mas. Tempat wisata ini menjadi yang terfavorit ketika akhir pekan di waktu libur panjang. Bahkan di waterpark ini Anda bisa menemukan tiga kolam renang yakni untuk anak kecil, menengah dan untuk orang dewasa.

Lokasinya berada di Jalan Rinjani, Sidanegara Jawa Tengah Tiket masuk per orang adalah Rp. 19.000. Waterpark Tirta Mas cocok sebagai tempat wisata untuk anak-anak yang suka bermain air.