20 Tempat Wisata di Cilegon Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Cilegon

Berlokasi dekat dengan selat Sunda, Kota Cilegon menawarkan beragam tempat wisata yang memiliki panorama apik dan sayang untuk dilewatkan. Anda bisa berkunjung ke pantai, gunung atau melakukan wisata religi saat berkunjung ke kota industri ini.

Kota Cilegon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Banten dan dekat dengan tepi Selat Sunda. Kota ini juga lebih dikenal sebagai kota industri karena banyak sekali pabrik pabrik yang berdiri di wilayah ini. Meskipun dikenal sebagai kota industri bukan berarti Cilegon tidak memiliki wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Bagi anda ingin berkunjung ke Kota Cilegon, yuk simak deretan tempat wisata terbaru dan paling hits untuk liburan dan berakhir pekan.

1. Pulau Merak Besar

Image Credit: Cheria-travel.com

Pulau Merak Besar memiliki lokasi yang sangat strategis sehingga cocok untuk dijadikan destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Dengan luas sekitar 40 hektar, pulau ini akan memanjakan para pengunjungnya dengan menyaksikan hamparan pasir putih di bagian barat dan selatan.

Selain itu, para pengunjung yang datang juga bisa menikmati keindahan terumbu karang di sebelah timur dan utara dari pulau cantik ini.

Lokasi: Tamansari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

2. Pantai Kelapa Tujuh

Pantai Kelapa Tujuh

Image Credit: Ihategreenjello.com

Pantai yang satu ini memiliki keindahan sangat menakjubkan dan mampu membuat para wisatawan terpesona. Hal ini karena pantai kepala tujuh memiliki panorama alam yang masih sangat alami sehingga memberikan nuansa yang berbeda.

Terlebih lagi saat anda berada di pantai ini maka anda akan merasakan tenangnya ombak. Pemandangan di pantai ini sangat indah ditambah banyaknya kapal kapal yang melintas menuju pelabuhan Merak.

Lokasi: Desa Suralaya, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

3. Gunung Batu Lawang

Gunung Batu Lawang

Image Credit: Trepelin.com

Tak hanya wilayah pantai saja, Kota Cilegon juga memiliki deretan daratan tinggi yaitu Gunung Batu Lawang. Lokasi wisata ini akan menyajikan pegunungan granit yang berjajar berbentuk pintu gerbang. Dari puncak gunung ini anda akan bisa menyaksikan pemandangan yang indah. Pemandangan hamparan pesisi sebelah barat yang terlihat terang dan jelas. Sementara itu hamparan air laut yang berwarna biru serta pasir putih yang tampak kejauhan menjadi suguhan pemandangan yang memukau.

Untuk bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa indah ini, para pengunjung harus melakukan trekking atau hiking terlebih dahulu. Anda akan melewati medan yang terjal sehingga membutuhkan tenaga yang ekstra. Namun perjalanan yang cukup melelahkan tersebut akan terbayarkan oleh pemandangan yang begitu memukau dari atas gunung lawang. Anda akan menyaksikan keindahan Kota Cilegon dari atas gunung tersebut.

Lokasi: Jl. Batu Lawang, Gerem, Kec. Gerogol, Kota Cilegon.

4. Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil

Image Credit: Pinikasik.com

Pulau Merak Kecil memiliki perpaduan koral yang sangat indah sehingga akan menyihir semua pengunjung yang datang. Pulau ini terletak hampir berdekatan dengan Pulau Merak Besar di bagian baratnya.

Para pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang menakjubkan. Anda bisa melihat banyak sekali kapal yang berlayar di dan menuju ke Pelabuhan Merak.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Tangerang yang Paling Hits

Lokasi: Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

5. Krakatau Country Club

Krakatau Country Club

Image Credit: Ihategreenjello.com

Krakatau Country Club adalah wahana permainan air serta kolam renang yang sangat diminati oleh kalangan muda. Tempat wisata ini menjadi salah satu objek wisata favorit yang kerap kali dikunjungi oleh semua kalangan. Terdapat kolam renang dan permainan air yang lengkap di destinasi wisata ini.

Selain bermain air, para pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru seperti arena jogging, golf, karaoke, spa dan sauna.

Lokasi: Jl. Kh. Marzuki No.39, Kebondalem, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon.

6. Pantai Anyer Cilegon

Pantai Anyer Cilegon

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Pantai Anyer memang sudah sangat familiar di telinga para treveller karena memiliki pesona yang berbeda. Pantai Anyer sendiri adalah kawasan yang sangat ramai dikunjungi dan memiliki banyak penginapan yang disediakan di tempat ini.

Para pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan pantai yang indah dan bisa melakukan aktivitas seru lainnya. Beberapa aktivitas seru yang bisa dinikmati oleh para pengunjung adalah snorkeling, banana boat, jet ski dan lain sebagainya.

Lokasi: Desa Sindanglaya, Kec. Cinangka, Kab. Serang.

7. Masjid Agung Nurul Ikhlas

Masjid Agung Nurul Ikhlas

Image Credit: Pinterest.com @Mulyadi Kombih

Tak hanya wisata alam yang sangat memukau, Kota Cilegon juga memiliki wisata religi yang sayang untuk dilewatkan. Masjid Agung Nurul Ikhlasa adalah masjid andalan dari Kota Cilegon dan sudah berdiri sejak zaman penjajahan.

Anda akan melihat menara masjid yang tinggi menjulang dengan desain bangunan masjid yang sangat megah dan indah. Meskipun sudah direnovasi selama beberapa kali, namun masjid ini tegap memiliki pesona yang memukau.

Lokasi: Jl. Nn No.274, Jombang Wetan, Kec. Jombang, Kota Cilegon.

8. Rawa Arum Cilegon

Image Credit: Tangerangnews.com

Rawa Arum Cilegon adalah salah satu wisata berbentuk danau yang terkenal. Hal ini karena rawa ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan terasa masih sangat asri. Bagi anda yang benar benar ingin melepas penat dan mencari suasana yang tenang, maka Rawa Arum ini menjadi pilihan yang tepat.

Rawa Arum ini juga memiliki sisi mistis yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Meskipun demikian berkunjung ke Cilegon tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke Rawa Arum.

Lokasi: Rawa Arum, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon.

9. Gunung Batur

Gunung Batur

Image Credit: Okezone.com

Daerah wisata Gunung Batur merupakan kawasan yang populer karena memiliki spot foto yang sangat bagus. Bagi para pecinta alam pemandangan kebuh teh, kawasan kebun yang ditanami oleh sayur dan buah menjadi latar belakang yang sangat ciamik.

Selain berfoto, anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan seru di Gunung Batur. Kegiatan seru tersebut seperti hiking, camping serta belajar berbagai jenis flora dan fauna.

Lokasi: Desa Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

10. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

Image Credit: Idntimes.com

Kota Cilegon ternyata memiliki tempat wisata Bukti Teletubbies yang berada di kawasan Suarlaya. Bukit satu ini memang menjadi incaran bagi para wisatawan karena keindahan yang tersimpan di dalamnya.

BACA JUGA:  Masjid Agung Banten, Masjid Megah yang Sarat Nilai Sejarah

Tempat ini juga sangat cocok untuk anda yang suka berpetualang karena anda diharuskan untuk menaiki beberapa puncak bukit tersebut. Nama bukit teletubbies sendiri karena bentuk bukit dan mirip dengan film Teletubbuies yang ada di layar kaca.

Lokasi: Pringori, Suralaya, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

11. Kolam Renang Metro

Kolam Renang Metro

Image Credit: Dairykotaku.blogspot.com

Jika anda gemar untuk berenang, maka anda bisa langsung mampir ke Kolam Renang Metro yang berada di Kota Cilegon. Kolam renang ini memiliki beberapa jenis kolam yang terbagi berdasarkan usia.

Para pengunjung akan merasa sangat nyaman ketika berenang di area ini karena terdapat beberapa lie guard yang berfungsi untuk melindungi kolam dan sebagai bantuan bila ada pengunjung yang tenggelam.

Lokasi: Jl. Raya Bojonegara, Pangurawi, Masigit, Kec. Jombang, Kota Cilegon.

12. Cagar Alam Gunung Tukung Gede

Cagar Alam Gunung Tukung Gede

Image Credit: Foursquare.com

Cagar Alam Gunung Tukang Gede memiliki keindahan alam yang luar biasa berbeda dibandingkan tempat wisata lainnya. Cagar alam ini memiliki dua sungai besar yang mengalir dan bermuara di Pantai Anyer.

Saat anda tiba di wisata ini maka anda bisa langsung melakukan banyak aktivitas seru yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa melakukan hiking atau belajar mengenai aneka ragam hayati di tengah suasana alam yang masih sangat asri.

Lokasi: Jl. Raya Mancak, Kec. Kadu Agung, Kota Serang.

13. Alun Alun Cilegon

Alun Alun Cilegon

Alun Alun Cilegon

Tempat yang tak kalah seru untuk dikunjungi adalah Alun Alun Cilegon yang merupakan bagian sarana publik yang dibangun oleh pemerintah Cilegon. Di Alun Alun Cilegon banyak sekali pengunjung yang datang untuk menyaksikan air mancur menari.

Biasanya pertunjukan air mancur ini akan dilakukan pada malam hari terutama pada malam minggu. Saat atraksi air mancur dimulai, maka anda akan melihat lampu berwarna warni yang sangat cantik untuk menyemarakkan pertunjukan.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Ramanuju, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon.

14. Krakatau Bike Park

Krakatau Bike Park

Image Credit: Ihategreenjello.com

Wisata seru yang ada di Kota Cilegon selanjutnya adalah Krakatau Bike Park. Tempat wisata ini diperuntukkan bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana bersepeda di kawasan yang sejuk dan dihiasi dengan pemandangan alam yang memukau.

Anda akan menemukan lintas sepeda yang nyaman dana man untuk pengendara. Namun akan lebih seru lagi jika anda bersepeda bersama dengan orang orang terdekat untuk mendapatkan suasana yang berbeda.

Lokasi: Jl. Kabel No.20, Kotabumi, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon.

15. Batu Gambir

Batu Gambir

Image Credit: Nurulnoe.com

Batu gambir adalah salah satu daerah perbukitan di awasan Merak Cilegon dan memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Suasana disekitar bukit ini sangat sejuk karena terdapat beberapa pepohonan hijau yang tumbuh subur.

BACA JUGA:  11 Restoran & Tempat Makan di Serang Paling Enak & Murah

Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan batu yang gagah berdiri ditambah dengan pepohonan yang tumbuh disekitarnya. Banyak sekali pengunjung yang datang karena kawasan ini memiliki udara yang sejuk dan cocok untuk melepas penat.

Lokasi: Tamansari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

16. Café Oregano

Café Oregano

Image Credit: Dinnipurnama.wordpress.com

Selain destinasi alam, wajib rasanya bagi anda untuk mengujungi Café Oregeno yang berada di Jalan Bhayangkara No 17 ini. Saat berkunjung ke café ini anda akan akan melihat banyak sekali jenis pepohonan yang ditanam.

Tanaman yang ditanam antara lain pohon pal, pohon kamboja kuning, sawo belanda dan lain sebagainya. Saat datang berkunjung anda akan disambut dengan musik Bali yang khas dan berbagai ornament khas dari café tersebut.

Lokasi: Kedaleman, Kec. Cibeber, Kota Cilegon.

17. Waduk Krakatau Steel

Waduk Krakatau Steel

Image Credit: Faktabanten.co.id

Obyek wisata satu ini merupakan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah dan memanjakan mata. Anda juga akan menyaksikan sebuah masjid tua di bagian bibir selatan waduh yang masih berdiri hingga hari ini.

Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam di setiap sorenya sambil menikmati hiruk pikuk Kota Cilegon di waduk ini.

Lokasi: Kebon Sari, Kec. Citangkil, Kota Cilegon.

18. Masjid Sumpah

Masjid Sumpah

Image Credit: Ihategreenjello.com

Masjid Sumpah memiliki desain yang berbentuk persegi panjang dan menampilkan sisi kuno dari masjid tersebut. Terdapat beberapa tambahan bangunan sebagai tempat untuk beribadah masyarakat setempat. Saat berkunjung ke Masjid Sumpah ini maka anda akan merasakan kesan kuno dari kubah masjid yang terbuat dari terakota.

Hal yang lebih menarik lagi, masjid ini memiliki tinggi tidak lebih dari 1,5meter sehingga pengunjung harus menundukkan kepala jika ingin memasukinya.

Lokasi: Jl. Pangeran Jayakarta, RT.2/RW.2, Masigit, Kec. Jombang, Kota Cilegon.

19. Keindahan Puncak Ciperuh

Image Credit: Faktabanten.co.id

Tempat wisata yang sedang hits di kalangan anak muda adalah Puncak Ciperuh. Puncak ini menawarkan spot spot yang menarik untuk dijadikan latar belakang berfoto. Wisata ini menawarkan pemandangan khas pedesaan dengan aktivitas penduduknya.

Anda juga bisa menyaksikan birunya selat sunda dari atas puncak tersebut. Saat malam hari maka anda akan melihat cahaya lampu kerlap kerlip dari pabrik petrokimia di wilayah tersebut.

Lokasi: Gunungsugih, Kec. Ciwandan, Kota Cilegon.

20. Wisata Gunung Pinang

Wisata Gunung Pinang

Image Credit: Wartaotonomi.com

Selain Puncak Ciperuh, Cilegon juga memiliki puncak Pinang yang memiliki spot instagramable dan layak untuk anda kunjungi. Banyak sekali spot foto yang menarik di area puncak gunung ini. Selain itu tempat ini juga memiliki banyak sekali arena bermain dan didukung dengan udara yang sangat sejuk.

Saat masuk ke kawasan ini, maka pengunjung akan disambut dengan indahnya payung berwarna warni yang tergantung diantara pepohonan. Dijamin anda akan betah berlama lama di Puncak Pinang.

Lokasi: Pejaten, Kec. Kramatwatu, Kota Serang.

Masih banyak lagi tempat wisata hits dan populer di Kota Cilegon yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa mengajak saudara ataupun keluarga untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut. Selain wisata alam, Cilegon juga memiliki wisata religi yang memiliki arsitektur unik dan menarik. Liburan anda pun akan semakin menyenangkan dan tidak terlupakan jika mengunjungi wisata di Cilegon. Tunggu apalagi, yuk agendakan berlibur ke Kota Cilegon.