15 Tempat Wisata di Demak Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Demak

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Populer di Demak, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan Tiba.

Tinggal di Indonesia sebenarnya tidak perlu bingung atau pusing ketika menentukan tujuan liburan. Bentangan alam dari Sabang hingga Merauke menghadirkan pesona yang luar biasa. Begitu juga dengan Jawa Tengah yang memiliki kota Demak dan mempunyai pesona wisata yang tak kalah menarik.

Objek wisata di Kabupaten Demak menyajikan beragam destinasi pilihan untuk berlibur. Kota yang juga mendapat julukan sebagai kota wali ini bisa dijadikan tujuan wisata yang menyenangkan, mulai dari wisata alam hingga budaya dapat Anda temukan. Selengkapnya simak deretan tempat wisata hits di Demak yang patut Anda kunjungi.

1. Hutan Mangrove Morosari

Hutan Mangrove Morosari

Image Credit: Wisatadaerahjawa.blogspot.com

Hutan Mangrove Morosari ini bisa dikatakan sebagai destinasi wisata di Demak paling anyar. Sebab, hingga kini masih belum banyak yang mengetahui destinasi satu ini. Sebelumnya, lokasi satu ini merupakan sebuah perkampungan kecil. Para penduduk setempat akhirnya berinisiatif untuk membangun sebuah wisata alam yang bertajuk hutan mangrove. Mungkin untuk tiba di hutan mangrove ini, Anda membutuhkan perjuangan yang panjang.

Akses jalannya memang belum memadai sepenuhnya, sehingga Anda akan menemukan jalanan berbatu dan rusak di beberapa sisi. Namun suasana yang masih sejuk akan menjadi pelepas penat yang mujarab. Untuk Anda yang ingin mendapatkan pemandangan asri dan spot foto yang menawan. Jangan lupakan untuk mengabadikan seluruh kegiatan Anda sebagai kenang kenangan.

Lokasi: Tambaksari, Bedono, Kec. Sayung, Kab. Demak.

2. Kelenteng Hok Tek Bio

Kelenteng Hok Tek Bio

Image Credit: Damenherrenparkach.com

Menjelajahi kota Demak, maka Anda wajib untuk melakukan perjalanan wisata religi dan budaya. Salah satunya dengan mengunjungi Klenteng Hok Tek Bio yang memiliki ornamen warna merah ini. Klenteng satu ini sebenarnya merupakan salah satu tempat ibadah umat Konghucu yang ada di Demak. Meskipun kental dengan budaya dan adat Jawa, namun daerah ini juga terdapat banyak orang yang menganut agama Konghucu.

Untuk itu, tempat ibadah yang memiliki bentuk yang sangat khas ala China ini mulai dijadikan untuk tempat wisata. Bahkan pendiri dan juga sesepuh yang ada di Klenteng tersebut tidak keberatan jika tempat ibadah ini dibuka untuk umum. Akan tetapi, ketika perayaan maupun hari hari tertentu, maka Klenteng satu ini biasanya akan khusus digunakan untuk beribadah.

Lokasi: Jl. Siwalan No.3, Stinggil, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak.

3. Brown Canyon

Brown Canyon

Image Credit: Perpus.jatengprov.go.id

Berwisata ke kawasan satu ini tentu saja tak akan membuat Anda bosan. Pasalnya, terdapat banyak tempat wisata yang bisa untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Brown Canyon. Bagi Anda yang ingin melihat indahnya Grand Canyon yang ada di Amerika, maka Anda bisa melihat Brown Canyon terlebih dahulu saat berada di Demak. Sehingga, Anda bisa menemukannya cukup dekat, tak perlu untuk jauh jauh menuju ke negeri Paman Sam.

BACA JUGA:  5 Makanan Khas Sukoharjo yang Wajib Anda Coba

Untuk Anda yang doyan foto, maka tempat satu ini menjadi surga tersendiri yang wajib untuk Anda kunjungi. Hal ini dikarenakan tempat yang cukup hits ini memang kerap kali dijadikan lokasi untuk berfoto. Perlu Anda ketahui, Brown Canyon yang ada di Demak ini merupakan tebing yang terbentuk akibat dari pengikisan tanah dan batuan. Meskipun hasil dari pengikisan, Anda pun akan tetap bisa melihat keindahan yang sangat memukau dari tempat ini.

Lokasi: Kebonbatur, Kec. Mranggen, Kab. Demak.

4. Agrowisata Jambu Merah Delima dan Belimbing

Agrowisata Jambu Merah Delima dan Belimbing

Image Credit: Wisata.daftar.co

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda jelajahi adalah agrowisata jambu merah delima dan belimbing. Selain terkenal dengan wisata budaya dan religinya yang sangat kental, namun untuk hasil pertaniannya sendiri cenderung sangat melimpah. Anda pun bisa menemukan jambu merah delima dan juga belimbing yang menjadi buah khas dari Kabupaten Demak.

Kedua buah tersebut tentu saja akan memiliki rasa yang sangat enak dan segar. Untuk itu, tak mengherankan jika hasil panen tersebut telah diekspor hingga ke negara tetangga yakni Malaysia. Selain itu, lokasi dari agrowisata satu ini pun berada di daerah Mranak yang memiliki suhu cukup sejuk. Sehingga akan membuat kedua tanaman tersebut dapat tumbuh dengan subur.

Lokasi: Mranak, Kec. Wonosalam, Kab. Demak.

5. Pantai Morodemak

Pantai Morodemak

Image Credit: Sanjayatour.com

Selain menawarkan wisata budaya, Demak juga memiliki destinasi wisata alam yang sangat indah. Oleh karena itu, akan sayang sekali untuk Anda lewatkan begitu saja. Pasalnya, keindahan dari pantai Morodemak sangatlah pas untuk Anda yang rindu akan suara deburan ombak. Memiliki lokasi yang cukup dekat dari pusat kota, membuat tempat satu ini ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk berakhir pekan.

Tak hanya pantai saja, di destinasi ini maka Anda pun akan menemukan hutan bakau yang terhampar luas. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki hobi memancing maka lokasi satu ini sangat pas untuk Anda menghabiskan waktu. Perlu Anda ketahui, banyak warga yang berada di sekitar pantai memiliki profesi sebagai nelayan. Hal ini dikarenakan pantai Morodemak merupakan salah satu Pelabuhan Perikanan Pantai yang ada di Kabupaten Demak.

Lokasi: Morodemak, Kec. Bonang, Kab. Demak.

6. Pantai Morosari

Pantai Morosari

Image Credit: Instagram.com @n_saputra_dwi

Setelah Anda puas berjalan jalan menyusuri Taman Mangrove Morosari, maka saatnya Anda untuk menjelajah keindahan pantainya. Hal ini dikarenakan memiliki lokasi yang cukup dekat dengan taman mangrove, yakni sekitar 3 km saja. Pantai satu ini sangat cocok untuk Anda kunjungi di kala sang fajar mulai terbenam. Bagi Anda yang mengajak pasangan untuk berlibur di pantai ini saat senja, pastinya akan menimbulkan suasana yang sangat romantis.

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih seru, maka Anda bisa menyewa perahu di pantai satu ini. Nantinya, Anda pun akan merasakan secara langsung keindahan air laut yang tenang hanya dengan membayar sekitar 15 ribu rupiah saja. Maka Anda pun bisa mengitari laut dengan puas. Uniknya lagi, Anda juga bisa memesan makan di rumah makan terapung yang ada di pantai ini. Sehingga pengalaman seru akan bisa Anda dapatkan saat berlibur disini.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Semarang-Demak Km.9, Morosari, Bedono, Kec. Sayung, Kab. Demak.

7. Pantai Surodadi

Pantai Surodadi

Image Credit: Imgrum.net

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai dengan nuansa yang tenang, maka Pantai Surodadi adalah lokasi yang tepat. Hal ini dikarenakan banyak orang yang masih belum tahu tentang keberadaan pantai satu ini.

Biasanya wisatawan yang mengunjungi pantai yang indah ini hanyalah warga lokal Demak. Meskipun memiliki letak yang tersembunyi namun keindahan yang dimiliki oleh Pantai Surodadi tak ada duanya.

Lokasi: Surodadi, Kec. Sayung, Kab. Demak.

8. Museum Masjid Agung Demak

Museum Masjid Agung Demak

Image Credit: Detik.com

Wisata religi masih menjadi daya tarik dari wisata di kabupaten Demak. Untuk itu, setelah Anda melakukan ibadah di Masjid Agung Demak maka tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat satu ini. Anda bisa menempuhnya hanya dengan berjalan kaki saja. pasalnya, di museum satu ini Anda pun akan menemukan banyak sekali peninggalan Wali Songo.

Dengan memiliki luas yang hanya sekitar 4 x 4 meter saja, namun jangan salah koleksi yang ada di museum satu ini pun terbilang sangat lengkap. Hal ini dikarenakan Anda bisa menemukan Soko Guru yang merupakan tiang utama dari masjid. benda satu ini didapatkan dari empat wali yakni Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Kalijaga dan sunan Gunung Jati. Tak hanya itu saja, Anda pun juga akan bisa untuk menemukan benda benda bersejarah yang lain.

Lokasi: Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak.

9. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak

Image Credit: Popbela.com

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Demak, namun belum sempat beribadah di Masjid Agung Demak. Tempat ibadah umat Islam ini merupakan salah satu yang tertua di Jawa Tengah. Bahkan masjid ini pun memiliki umur paling tua di Pulau Jawa. Untuk itu, ketika Anda berkunjung ke tempat satu ini, maka Anda akan menemukan banyak sekali wisatawan yang berasal dari luar kota dan luar pulau.

Berada di tengah kota yakni bersebelahan dengan Alun Alun Kabupaten Demak, membuat masjid tersebut mudah sekali untuk Anda temukan. Memiliki bangunan yang berbeda dengan masjid lainnya, menjadikan tempat ibadah ini sangat unik. Hal ini dikarenakan Anda akan menemukan kubah yang memiliki bentuk limas dan bersusun tiga. Kubah tersebut ternyata memiliki arti yakni Iman, Islam dan Ihsan.

Lokasi: Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak.

10. Grebeg Pasar Demak

Image Credit: Jurnaljateng.id

Untuk Anda yang ingin berwisata malam, maka pastikan untuk datang ke Grebeg Pasar Demak di saat Idul Adha. Pasalnya, pada saat momen tersebut, maka sepanjang jalan kota yakni mulai dari Pendopo hingga Makam Sunan Kalijaga akan terdapat acara yang sangat meriah. Acara tersebut merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh yang Kuasa.

BACA JUGA:  26 Minuman & Makanan Khas Solo yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak.

11. Makam Raja Demak

Makam Raja Demak

Image Credit: Detik.com

Berlanjut ke wisata budaya, maka Anda bisa mengunjungi Makam Raja Demak ketika berada di kawasan satu ini. umumnya, makam tersebut akan ramai ketika perayaan Idul Fitri tiba. Pasalnya, para peziarah akan melakukan doa bersama di makam tersebut. Disini, Anda tak hanya akan menemukan makam raja demak saja. melainkan para abdi dalem dan juga kerabat maupun saudara raja juga dimakamkan di tempat satu ini.

Lokasi: Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak.

12. Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga

Image Credit: Wajibbaca.com

Salah satu wisata religi yang banyak dikunjungi saat berada di Demak adalah Makam Sunan Kalijaga. Saat berada disini, maka Anda pun akan melewati masjid terlebih dahulu. Kemudian, Anda akan diajak untuk memasuki lorong yang ada di sepanjang jalan hingga bisa sampai ke makam Sunan Kalijaga. Tak hanya makam sunan saja, kerabat dekat dari beliau juga dimakamkan di tempat satu ini.

Lokasi: Kadilangu, Kec. Demak, Kab. Demak.

13. Sentra Kerajinan Kaligrafi

Sentra Kerajinan Kaligrafi

Image Credit: Berwisata.id

Demak merupakan salah satu kota yang mendapat julukan kota Wali. Sehingga, ketika berada disini maka Anda pun akan menemukan banyak sekali pengrajin Kaligrafi. Untuk menemukannya, maka Anda bisa mengunjungi Sentra Kerajinan Kaligrafi. Anda bisa menjumpainya di area sekitar Masjid Demak. Bahkan Anda juga bisa untuk melihat proses pembuatan kaligrafi ini secara langsung saat berada di sentra tersebut.

Lokasi: Rejosari RT 2/RW 4, Kec. Mijen, Kab. Demak.

14. Sentra Kerajinan Batik

Sentra Kerajinan Batik

Image Credit: Instagram.com @demakhariini

Tak hanya kaligrafi saja, bagi Anda yang ingin melihat secara langsung proses pembuatan Batik, maka Anda pun bisa menemukannya di Desa Wedung. Disini, Anda bisa menyaksikan cara membuat batik dari awal hingga akhir. Untuk motifnya sendiri, Demak dikenal dengan perpaduan klasik kontemporer yang sangat unik dan khas. Untuk itu, Anda pun bisa mengunjunginya sekaligus mencari oleh oleh.

Lokasi: Wedung, Kec. Wedung, Demak.

15. Sentra Pengrajin Rebana

Sentra Pengrajin Rebana

Image Credit: Instagram.com @apig_cg

Seni budaya yang ada di Kabupaten satu ini sangatlah membuat Anda terpesona. Untuk itu, bagi Anda yang ingin tahu sekilas tentang bagaimana cara membuat rebana maka Anda bisa mengunjungi Desa Pasean. Desa satu ini merupakan tempat pengrajin rebana, bahkan industri pembuatan benda satu ini sampai dikirim ke seluruh pelosok dunia. Menarik bukan?

Lokasi: Pasean, Karangmlati, Kec. Demak, Kab. Demak.

Ada banyak hal yang bisa untuk Anda lakukan ketika berada di Demak. Mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata religi lengkap tersedia. Selain itu, bagi Anda yang ingin mengetahui cara pembuatan kaligrafi, batik hingga rebana bisa mendatangi kabupaten satu ini. Pasalnya, tak hanya sebagai tempat melepas penat saja, Anda pun akan bisa mendapatkan berbagai pengetahuan saat mengunjungi kota satu ini.