Jawa Barat

16 Tempat Wisata di Depok

16 Tempat Wisata di Depok

Salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki sejuta pesona adalah Depok. Bahkan banyak yang menyebut bahwa panorama alam di wilayah ini masih belum sepenuhnya tereksplor. Depok memiliki banyak spot objek wisata yang keren mulai dari situs budaya, situs yang bersejarah hingga spot foto yang kekinian. Ada juga air terjun yang memanjakan mata dan harus segera dieksplor.

Bagi wisatawan yang datang tak perlu khawatir kecewa dengan keindahannya sebab yang ada ialah akan betah dan berlama-lama di Depok. Beberapa titik Tempat Wisata di Depok bisa mudah ditemukan di berbagai media sosial.

1. Wisata Alam Kampung 99 Pepohonan

Wisata Alam Kampung 99 Pepohonan

Lokasi: Jl. KH. Muhasan II, Meruyung, Kec. Limo, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Satyawinnie.com

Nama tempat wisata yang pertama ini memang unik. Cocok untuk mereka yang mencari suasana tenang, damai dan terasa sejuk setelah beraktivitas cukup padat dalam satu minggu penuh.Kampung 99 Pepohonan ini merupakan tempat hunian sekaligus rekreasi yang berkonsep menyatu dengan alam.

Lokasi ini juga dikenal dengan nama kampung Rusa yang dekat dengan Masjid Dian Al Mahri. Kampung 99 Pepohonan ini berada di Jalan KH Muhasan II, kelurahan Maruyung Kecamatan Limo. Wisatawan bisa datang dengan anak-anak kecil yang akan menyukai lingkungan ini.

2. Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas

Lokasi: Meruyung, Kec. Limo, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Muslimobsession.com

Lebih tepatnya, mereka yang datang ke Masjid Kubah Emas ini tak hanya untuk beribadah tetapi juga wisata religi. Namanya adalah Masjid Kubah Emas atau Masjid Dian Al Mahri yang menjadi masjid kebanggaan kota Depok. Diresmikan di tanggal 31 Desember 2006 dan menjadi yang termegah di kawasan Asia Tenggara. Kubahnya mengacu pada kubah masjid-masjid di Persia dan India dengan balutan mozaik yang berlapiskan emas serta materialnya didatangkan langsung dari Itali.

Masjid menawan ini juga menjadi daya tarik wisatawan yang datang untuk melaksanakan Shalat atau sekadar melihat bangunan masjid yang megah. Masjid Kubah Emas berada di jalan Raya Maruyung, Limo Depok. Setiap harinya selalu ramai dengan para jemaah baik dari warga sekitar ataupun pengunjung dari luar Depok.

3. GodongIjo Depok

GodongIjo Depok

Lokasi: Jl. Cinangka Raya KM 10 No. 60, Serua, Kec. Bojongsari, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Intanfauzi.com

Tempat wisata selanjutnya adalah GodongIjo Depok. Tak boleh dilewatkan begitu saja karena memang memiliki daya tarik tersendiri. Ada wahana dengan luas sekitar 2.5 HA dan menjadi tujuan wisata keluarga terutama yang masih berusia anak-anak.

Nantinya para pengunjung bisa beraktivitas dengan pembibitan tanaman dan adanya fasilitas lapangan yang luas tentu cukup untuk arena bermain anak kecil. Ada juga Botanical Cafe yang terkenal akan kelezatannya serta memiliki variasi menu yang handal. GodongIjo Depok ini berada di jalan Cinangka Raya KM 10 nomor 60 Serua Bojongsari, Sawangan Depok. Jika ke arah Ciputat ke Parung ada di sebelah kanan jalan dan sekitar 2.6 KM sesudah perempatan Gaplek.

4. Pasir Putih Depok

Pasir Putih Depok

Lokasi: Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Idntimes.com

Jika ingin mencari tempat wisata untuk keluarga maka yang paling pas adalah Pasir Putih Depok. Taman Pasir Putih ini cocok untuk anak-anak karena bisa bermain tong tumpah, seluncur, air mancur dan masih banyak lagi. Wahana ini memang berada cukup jauh dari keramaian tetapi pengunjungnya selalu datang beramai-ramai.

Ada tiga jenis waterpark dengan bentuk dan juga kedalaman yang berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan anak. Pasir Putih Depok berada di Jalan Raya Pasir Putih, Sawangan Depok. Bagi wisatawan yang ingin menggunakan tempat ini untuk acara ulang tahun, perpisahan ataupun arisan keluarga dirasa sangat cocok.

5. Gema Pesona Depok

Gema Pesona Depok

Lokasi: Jl. Tole Iskandar No. 45, Sukmajaya, Kec. Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Traveloka.com

Masih dengan wisata air yaitu Gema Pesona Depok. Kolam renang ini memiliki ukuran besar dengan kedalaman sekitar 1 hingga 2 meter. Sementara kolam dengan ukuran kecil memiliki kedalaman 80 cm. Ada fasilitas kursus private renang, ada juga kantin, penyewaan ban dan senam pernafasan gratis di setiap hari Minggu pagi.

Cocok untuk destinasi wisata keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama. Gema Pesona Depok ini berada di Komplek Duta Gema Pesona Estat yang ada di Jalan Toel Iskandar 45 Sukmajaya. Jam operasional yang dimilikinya adalah Selasa hingga Minggu jam 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

6. Agrowisata Belimbing Dewa Depok

Agrowisata Belimbing Dewa Depok

Lokasi: Kel. Pasir Putih, Kec. Sawangan, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Panduanwisata.id

Objek Wisata di Depok berikutnya adalah Agrowisata Belimbing Dewa Depok. Tempat ini memang sudah terkenal sebagai penghasil belimbing terbesar yang ada di Indonesia. Disinilah nanti para wisatawan bisa menemukan agrowisata belimbing yang sudah cukup terkenal.

Pengunjung bisa berkeliling di tempat wisata ini dengan adanya petani lebih dari 500 orang. Lokasi Agrowisata Belimbing Dewa Depok berada di kelurahan Pasir Putih, Sawangan Depok. Disini nanti pengunjung bisa dimanjakan dengan adanya buah belimbing dan kita bisa memetiknya langsung dari pohonnya.

7. Hutan Kota Depok

Hutan Kota Depok

Lokasi: Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Jakartahariini.com

Tak perlu jauh-jauh untuk menikmati kesegaran alam kota Depok. Wisatawan bisa mampir ke Hutan Kota Depok yang diketahui menjadi alternatif liburan bersama keluarga. Ada sebuah danau yang juga asyik digunakan untuk memancing serta jalan setapak dan bangku-bangku untuk beristirahat yang menambah kesan romantis. Ada pemandangan indah dari atas dengan udara sejuk.

Lokasi hutan Kota Depok ini berada di Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa. Kawasan hutan yang difungsikan untuk konservasi satwa dan aneka vegetasi ini membuat liburan makin seru.

8. D’Kandang Amazing Farm Depok

D'Kandang Amazing Farm Depok

Lokasi: Jl. Penarikan, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Depoktren.com

Tujuan wisata edukasi di Depok ini memang memiliki nama unik. Tempat ini pada mulanya adalah peternakan sapi. Tetapi akhirnya bisa berkembang hingga menjadi destinasi wisata edukasi dan juga bermain. Wahana ekowisata edukasi ini juga tidak hanya memberi suasana nyaman dan asri tetapi juga memberi unsur permainan dan edukasi pada anak.

Lokasinya memiliki luas sekitar 8 ha dan mereka bisa diajak untuk berinteraksi langsung dengan berbagai hewan ternak. Misalnya saja seperti sapi, kambing ataupun kuda dan domba. Lokasi tempat ini ada di Sawangan Depok. Memiliki banyak kegiatan yang bisa diikuti seperti berkuda, menaiki delman kuda, delman domba hingga adanya kegiatan outbond low impact dan juga high impact.

9. Setu Pengasinan Depok

Setu Pengasinan Depok

Lokasi: Jl. Utomo No. 19-22, Pengasinan, Kec. Sawangan, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Panduanwisata.id

Sudah tahu tempat wisata yang satu ini? Setu Pengasinan Depok merupakan danau dengna luas enam hektar dan memiliki banyak fasilitas. Terutama untuk mereka yang ingin bermain air. Sementara bagi yang gemar memancing maka akan sangat cocok menemukan ikan lele, gurame, ikan mujaer, ikan mas dan masih banyak lagi.

Dari pihak pengelola danau sendiri tidak menyediakan tempat sewa peralatan memancing sehingga kita memang harus mempersiapkan peralatannya sendiri. Setu Pengasinan Depok ini tepatnya terletak di Kelurahan Pengasinan Kecamatan Sawangan Depok. Pengunjung bisa berkeliling ke Situ Pengasinan dengan naik sepeda atau berjalan kaki sejauh 1.8 km.

10. Studio Alam TVRI Depok

Studio Alam TVRI Depok

Lokasi: Jl. Raden Saleh No. 90, Jl. Studio Alam TVRI No. 1, Sukmajaya, Kec. Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Festivaljalanjalan.com

Saat ini studio alam TVRI Depok telah menjadi salah satu tempat wisata yang cukup terkenal. Luasnya area tersebut sekitar 30 ha dengan adanya 19 rumah adat dan tempat ini memang ramai oleh para wisatawan yang ingin menikmati liburan seru. Misalnya saja seperti berkuda atau piknik.

Disini nanti wisatawan bisa menemukan lapangan tenis yang dimanfaatkan juga sebagai lapangan tembak. Lokasi dari Studio Alam TVRI Depok ini berada di Jalan Raden Saleh 90 Sukmajaya. Tempat ini masuk dalam kecamatan Sukmajaya dan memiliki lokasi yang mudah ditemukan.

11. Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika

Lokasi: Jl. Jambore No. 1, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Panduanwisata.com

Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat penuh bunga maka Taman Bunga Wiladatika ini merupakan rekomendasi paling tepat. Taman yang cocok digunakan untuk piknik bersama keluarga ataupun sekadar bersantai dengan orang tersayang.

Ada beberapa fasilitas yang disediakan seperti kolam air mancur, taman bermain anak, taman buatan hingga air terjun buatan. Lokasi taman ini memang tak jauh dari bumi perkemahan Cibubur. Taman Bunga Wiladatika tepatnya berada di jalan Jambore 1 Kecamatan Cimanggis, Depok. Tempat wisata ini tutup pukul 17.00 setiap harinya.

12. Pondok Zidane Depok

Pondok Zidane Depok

Lokasi: Jl. Kekupu Blok Porek 1 No. 32, Bedahan, Kec. Sawangan, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Google Maps (Listani Tani)

Bagi mereka yang ingin memanjakan si kecil dengan arena bermain luas dan seru bisa datang ke Pondok Zidane Depok. Disini nanti siapa saja bisa belajar sekaligus menikmati banyak permainan. Pengunjung juga tidak akan bosan karena ada banyak kegiatan seperti naik rakit, memancing, flying fox atau menangkap ikan.

Bagi yang ingin datang berkunjung bisa menggunakan rute jalan raya pasir putih dari margonda dan lewat jalan raya sawangan hingga menemukan pertigaan jalan limo kubah mas. Ambil kiri jalan dan nanti akan menemukan pom bensin sekitar 200 m. Pondok Zidane Depok ini berada di Jl. Kekupu Blok Porek 1 No. 32, Bedahan. Tempat wisata ini juga menyediakan outbond untuk anak-anak agar bermain makin seru.

13. Situ Cilodong

Situ Cilodong

Lokasi: Jl. Abdul Ghani, Kel. Kalibaru, Kec. Cilodong, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Panduanwisata.id

Sama seperti Situ Pengasinan, tempat wisata ini memang populer sebagai kawasan pemancingan. Danau ini juga tergolong ramai dikunjungi wisatawan terutama ketika akhir pekan. Ada aktivitas seru yang bisa dilakukan yaitu balon air. Wahana ini memang mendapat sambutan baik dari masyarakat karena begitu menghibur.

Banyak orang yang ingin menikmati wahana balon air ini dengan suasana yang dingin dan sejuk di sekitar lokasi wisata. Situ Cilodong ini berada di Kalibaru Kecamatan Cilodong. Wisatawan bisa sekadar bersantai disini karena cocok untuk tempat wisata keluarga.

14. Taman Lembah Gurame

Taman Lembah Gurame

Lokasi: Jl. Nangka Raya No. 68, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Anandastoon.com

Taman ini merupakan taman umum yang ada di Depok. Seringkali Taman Lembah Gurame ini menyebut bahwa taman ini terbaik untuk tempat berolahraga tiap harinya. Taman Lembah Gurame ini buka mulai jam enam pagi hingga enam malam.

Lokasi Taman Lembah Gurame ini berada di Jalan Gurame Raya Depok, Pancoran Mas. Ada fasiltiastaman secara gratis. Misalnya saja seperti peralatan fitness, gazebo untuk beristirahat hingga ada saung-saung untuk dijadikan tempat erfot.

Lokasi tempat ini berada di Jalan Gurame Raya Depok Jaya. Mereka yang datang sering mendapat masakan yang lezat. Taman ini buka muai dari jam enam pagi hinga jam enam malam.

15. Arina Waterpark

Arina Waterpark

Lokasi: Pondok Petir, Kec. Bojongsari, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Tempat.me

Destinasi Wisata di Depok ini masih tak jauh-jauh dari konsep waterpark pada umumnya. Banyak fasilitas bermain untuk anak anak. Arina Waterpark terkenal dengan spot-spotnya yang cantik dan menawan. Ada juga background atau latar belakang bentuk kolam renang yang didesain khusus untuk Depok.

Apalagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu bersama anak-anak maka Arina Waterpark ini sangat cocok. Apabila sedang berada di Depok dan ingin tempat wisata yang segar maka bisa datang ke Arina Waterpark ini. Lokasinya berada di Pondok Petir, Bojongsari Sewangan.

16. Arung Jeram Sungai Ciliwung

Arung Jeram Sungai Ciliwung

Lokasi: Jl. Gandaria 1, Ratu Jaya, Ciliwung, Depok, Jawa Barat. – Image Credit by Extremeina.com

Jika pengunjung ingin sesuatu yang menantang dan memacu adrenalin? Arung Jeram Sungai Ciliwung ini salah satu referensi tepat. Dengan suasana indah dan pemandangan alam yang begitu mempesona tentu Sungai Ciliwung ini tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jika ingin datang dan bermain arung jeram maka bisa menghubungi yayasan sekretariat bersama sahabat ciliwung. Nantinya mereka yang akan menyediakan paket wisata arung jeram.

Lokasi dari Arung Jeram Sungai Ciliwung ini berada di jalan Gandaria 1 kelurahan Ratu Jaya, Ciliwung. Dengan menghubungi pihak yayasan pengunjung juga bisa menyepakati jam operasional.

Temukan berbagai keindahan alam yang dimiliki Depok dari berbagai tempat wisata yang dimilikinya. Susun rencana untuk libur dan bersama orang tersayang. Kunjungi tempat-tempat mengesankan agar liburan juga tak membosankan. Depok menyimpan sejuta potensi wisata yang patut dijaga.