Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Jakarta Selatan. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Kaya Pesona yang Wajib Anda Kunjungi Sebagai Tujuan Liburan Selanjutnya.

Jakarta Selatan merupakan salah satu wilayah di DKI Jakarta yang paling maju diantara bagian yang lain. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya pusat perbelanjaan dan pusat bisnis yang berada di wilayah ini. Selain itu, selatan Jakarta ini juga memiliki beragam tempat wisata menarik dan seru, mulai dari kebun binatang hingga taman dan museum tersedia di kota ini.

Bagi Anda yang penasaran, berikut rekomendasi tempat wisata favorit di Jakarta Selatan yang menarik untuk Anda jelajahi saat liburan.

1. Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir
Image Credit: Kompasiana.com

Objek wisata khusus anak yang berada di Jakarta Selatan ini sangat cocok untuk si kecil menghabiskan waktu luang. Untuk itu, apabila Anda berencana berlibur dengan anak di akhir pekan tak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Kampung Main Cipulir. Pasalnya, wahana bermain yang ada di destinasi satu ini sangat menarik untuk dicoba si kecil. Ada banyak berbagai permainan seru yang bisa dinikmati.

Untuk si kecil yang suka berenang, maka lokasi ini sangat cocok untuk dikunjungi saat hari minggu. Namun, bagi anak Anda yang lebih menyukai permainan yang memicu adrenalin maka outbond dan juga bermain flying fox menjadi kegiatan yang bisa dicoba. Selain itu, si kecil juga bisa untuk melakukan kegiatan seru yang lain seperti memanah, trampolin dan berkuda. Tentu saja akan membuat liburan si kecil menjadi berkesan.

Lokasi: Jl. Masjid Nurul Yaqin, Gang H. Sairi No.1A, Grogol Selatan, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

2. Taman Mataram

Taman Mataram
Image Credit: Liburananak.com

Ketika penat melanda, maka menghirup udara yang segar adalah solusi yang tepat. Bagi Anda yang berada di sekitaran Jakarta Selatan, maka Taman Mataram menjadi salah satu destinasi yang pas. Tempat satu ini bisa Anda jadikan sebagai lokasi untuk berlibur bersama keluarga ataupun menyendiri. Dengan banyaknya pohon rindang yang sejuk akan membuat Anda betah.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja, RT.2/RW.1, Selong, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

3. Speedy Karting Pancoran

Speedy Karting Pancoran
Image Credit: Kompas.com

Bermain Gokart masih menjadi permainan yang disukai oleh banyak orang. Oleh karena itu, Anda bisa mengunjungi Speedy Karting yang ada di daerah Pancoran. Tempat ini memiliki lahan seluas 3000 m2 yang digunakan sebagai arena untuk bermain Gokart. Dengan mengajak keluarga atau sahabat, dijamin liburan Anda akan bertambah seru dengan bermain balapan di arena satu ini.

Lokasi: Plaza Semanggi, Jl. Jend. Sudirman, RT.1/RW.4, Karet Semanggi, Kec. Setiabudi,  Kota Jakarta Selatan.

4. Museum Harry Darsono

Museum Harry Darsono
Image Credit: Okezone.com

Jika Anda mengira pusatnya museum hanya di kawasan Kota Tua Jakarta saja, maka Anda salah besar. Hal ini dikarenakan di wilayah Jakarta Selatan juga banyak museum yang bisa untuk Anda kunjungi, salah satunya adalah Museum Harry Darsono. Museum ini dimiliki oleh seorang perancang busana yang sangat terkenal asal Indonesia. Bahkan Harry Darsono pun sempat merancang busana untuk orang orang penting, seperti Lady Diana.

Mengunjungi museum ini, Anda akan disuguhkan dengan bangunan ala Eropa yang sangat khas. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik menggeluti dunia fashion tak ada salahnya untuk melihat lihat terlebih dahulu koleksi busana dan juga aksesoris di museum satu ini. Tentu saja, hal tersebut akan bisa menjadi salah satu inspirasi Anda di dalam mendesain busana.

Lokasi: Jl. Cilandak Tengah Raya No.71, Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

5. Komunitas Salihara

Komunitas Salihara
Image Credit: Salihara.org

Tertarik dengan seni? Maka Komunitas Salihara menjadi tempat jujukan yang pas. Pasalnya, tempat satu ini menjadi lokasi untuk berkumpulnya para seniman. Sehingga, tak jarang disini akan sering diadakan berbagai macam pertunjukan seni. Diantaranya adalah seperti diskusi sastra, lomba menulis hingga pentas sastra. Untuk Anda yang tertarik, maka Anda pun bisa mengunjungi halaman websitenya untuk mengetahui jadwal pertunjukan.

Lokasi: Jl. Salihara No.16, RT.11/RW.3, Pasar Minggu, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan.

6. The Escape Hunt

The Escape Hunt
Image Credit: Seputarkota.com

Mengunjungi tempat satu ini, Anda nantinya akan diminta untuk memilih salah satu topik dan memecahkan permasalahan. Tema yang bisa Anda pilih diantaranya adalah Kidnapping in The Study Room, Explosion in The Kitchen Room dan juga Murder in The Bedroom. Disini Anda akan bertugas untuk memecahkan permasalahan di balik kejadian tersebut. Nantinya Anda akan diberikan waktu sekitar 90 menit untuk menemukan dalangnya.

Permainan teka teki yang mengasah otak ini tentu saja menjadi wisata wajib yang Anda kunjungi. Terutama bagi Anda yang menyenangi permainan sekelas detektif Sherlock Holmes ini. Anda bisa mengikuti dua sesi dari permainan yang ada di The Escape Hunt. Pertama adalah sesi pagi yang dimulai pada kuli 9.30 pagi. Sedangkan untuk yang sesi kedua akan dimulai pada malam hari yakni pukul 8 malam.

Lokasi: Jl. Kemang Raya No.15, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

7. Taman Ayodya

Taman Ayodya
Image Credit: Jakarta-tourism.go.id

Taman ini terkenal sebagai tempat nongkrongnya anak Jaksel. Tak mengherankan setiap harinya terdapat sekumpulan anak muda yang terlihat ramai mengunjungi lokasi satu ini. Meskipun memiliki lokasi yang tidak terlalu luas, akan tetapi tempat dari Taman Ayodya cukup strategis untuk dijangkau. Selain itu, fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap mulai dari adanya jogging track dan bangku untuk bersantai tersedia di taman ini.

Lokasi: Jl. Lamandau III No.RT.4, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

8. Museum Tengah Kebun

Museum Tengah Kebun
Image Credit: Infojakarta.net

Museum unik lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Museum Tengah Kebun. Museum ini pertama kali didirikan di tahun 1980. Meskipun telah lama berdiri, namun keberadaan museum ini justru jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal terdapat sekitar 4 ribu koleksi dari benda bersejarah yang bisa Anda temukan disini. Benda bersejarah tersebut berasal dari Indonesia bahkan hingga berbagai penjuru yang ada di dunia.

Meskipun tidak dibebani biaya tiket masuk, tetapi ketika ingin mengunjungi wisata ini Anda harus membuat janji temu dan memesannya terlebih dahulu. Dan jumlah minimal pengunjung yang ingin mendatangi museum ini adalah minimal 10 orang. Untuk itu, sebelum mendatanginya maka perwakilan tersebut harus melakukan reservasi terlebih dahulu melalui telepon.

Lokasi: Jl. Kemang Timur Raya No.66, RT.7/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

9. The Wave Pondok Indah Water Park

Pondok Indah Water Park
Image Credit: Travelspromo.com

Bermain air dan seru seruan di Waterpark menjadi salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di hari libur. Hal ini dikarenakan tempat satu ini menyajikan destinasi yang luas dan sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Terdapat sekitar tujuh wahana air yang bisa Anda temukan disini. Selain itu, bagi Anda yang memiliki hobi berenang, maka Olympic Swimming Pool merupakan kolam renang dengan standar Internasional yang bisa dicoba.

Tak hanya itu saja, untuk Anda yang ingin belajar surfing maka The Wave Pondok Indah Water Park menyediakan sarana tersebut. Meskipun Anda sebelumnya belum pernah melakukan surfing, tent saja tak usah khawatir. Karena aktivitas tersebut juga akan dilakukan di tempat yang menggunakan ombak buatan. Sehingga, akan sangat aman untuk Anda coba.

Lokasi: Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

10. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala
Image Credit: Bitakawasan.com

Museum satu ini didirikan untuk mengenang perjuangan dan jasa para TNI. Di dalam museum ini, Anda akan menjumpai beragam jenis replika senjata milik TNI. Yang mana dulunya digunakan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selain menyimpan senjata, museum ini juga memiliki koleksi seragam maupun atribut yang lengkap beserta dengan lambang dan juga lencananya.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.14, RT.6/RW.1, Kuningan Barat, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

11. Taman Tabebuya

Taman Tabebuya
Image Credit: Anandastoon.com

Berkunjung ke taman satu ini, maka Anda akan disambut dengan bunga teratai indah yang ada di kolam. Taman Tabebuya sendiri mulai beroperasi dari pukul 6 pagi hingga 6 malam. Nama taman satu ini memang dikarenakan adanya pohon Tabebuya yang banyak ditemukan di taman ini. Ketika pohon ini berbunga, maka akan memiliki warna yang sangat indah yakni merah dan kuning. Bagi Anda yang menyukai ikan, maka disini Anda pun bisa menjumpai berbagai spesies ikan air tawar.

Lokasi: Jl. Muhammad Kahfi No.1, RT.1/RW.2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

12. Setu Babakan

Setu Babakan
Image Credit: Beritajakarta.id

Kampung tradisional ini memang sengaja dibuat untuk melestarikan budaya Betawi yang merupakan budaya asli masyarakat Jakarta. Berdiri diatas tanah seluas 30 hektar, maka Anda akan bisa menemukan danau buatan yang indah. Di danau tersebut, Anda pun bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari menaiki sepeda air hingga memancing. Selain itu, di sekitar danau Anda akan dimanjakan dengan pemandangan berupa rumat adat suku Betawi.

Lokasi: Jl. Mohammad Kahfi II, RT.10/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

13. KidZania

KidZania
Image Credit: Hargatiket.net

KidZania yang berada di Pacific Place ini merupakan salah satu wahana permainan edukasi yang ada di Jakarta Selatan. Disini, anak anak akan bisa mencoba secara langsung beragam profesi yang diinginkannya. Ketika telah memilih profesi, maka nantinya si kecil akan dibimbing untuk menjalankan profesi tersebut. Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dipilih, mulai dari memasak, menjadi pemadam kebakaran dan juga lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.Kav.52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

14. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan
Image Credit: Teronggemuk.com

Ragunan adalah salah satu kebun binatang yang tersohor di Jakarta. Ada beberapa jenis satwa yang bisa Anda temukan disini. Termasuk kebun binatang yang tertua maka tempat yang sangat luas ini akan cocok sebagai wisata edukasi untuk si kecil. Pasalnya, ketika mengunjungi wisata ini ketika liburan, Anda bisa mengenalkan berbagai hewan kepada anak sekaligus menikmati pentas satwa yang biasanya juga diadakan di kebun binatang ini.

Lokasi: Jl. Harsono No.1, Ragunan, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan.

15. Hauwke’s Auto Gallery

Hauwke’s Auto Gallery
Image Credit: Instagram.com @anggit_jati

Untuk Anda yang ingin melihat berbagai koleksi mobil, tak perlu jauh jauh untuk ke kota Malang. Sebab, di Jakarta Selatan terdapat Hauwke’s Auto Gallery yang menawarkan spot foto dengan berbagai macam koleksi kendaraan yang tentunya sangat instagramable. Koleksi yang ada disini pun juga beragam. Mulai dari kendaraan mewah hingga antik tersedia lengkap di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Puri Mutiara VI No.18B, Cipete, Cilandak Timur, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Jakarta Selatan yang memiliki beragam keunikan bisa Anda pilih. Selain itu, beberapa wisata tersebut juga memiliki tarif yang sangat terjangkau bahkan tidak dipungut biaya. Sehingga, Anda bisa melepas penat dengan nyaman meskipun akhir bulan. Beberapa obyek wisata yang ada di Jakarta Selatan tentu saja menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang bosan mengunjungi mall setiap akhir pekan.