21 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Puncak Bogor

Ingin Liburan ke Bogor? Periksa Daftar Tempat Wisata Menarik di Puncak Bogor, Jawa Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Paling Populer Dikunjungi Saat Liburan.

Dikenal dengan panorama alamnya yang begitu mempesona, tidak heran bila kota Bogor masuk dalam daftar kota yang banyak diminati untuk dikunjungi ketika musim liburan tiba. Ditambah lagi dengan lokasinya yang tidak jauh dari kota metropolitan, membuatnya banyak dikunjungi wisatawan.

Kira kira, tempat wisata mana saja yang bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi di Puncak Bogor? Berikut ulasannya.

1. Telaga Warna Puncak Cisarua

Telaga Warna Puncak Cisarua

Lokasi: Jl. Raya Puncak – Cianjur, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by Travelspromo.com

Warnanya yang eksotis, dalam sekejap mata Anda akan terhipnotis dengan pesonanya yang begitu menawan. Terlihat pula area persawahan serta gunung kecil yang berdiri kokoh, seakan menjadi sebagai latar pendukung keindahan si Telaga Warna. Apa yang membuatnya tampak menarik untuk dikunjungi ? Warna telaga satu ini dapat berubah seiring berjalannya waktu, mulai dari kehijauan hingga coklat pun pernah ditampakkannya.

Tahukah Anda apa yang membuat warna air Telaga satu ini berubah ubah ? Hal ini disebabkan oleh faktor banyaknya ganggang yang tumbuh subur di dalam Telaga itu sendiri. Ketika air telaga terkena pantulan sinar matahari, maka muncullah warna warna unik yang memanjakan mata. Seringkali dibicarakan di berbagai situs wisata populer, sebab pengunjung bisa merasakan sensasi mengelilingi telaga menggunakan perahu ataupun rakit.

2. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol

Lokasi: Sukaharja, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor. – Image Credit by Cool4myeyes.com

Meski hanya memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl saja, Gunung Batu Jonggol bisa menjadi tempat untuk melatih kekuatan tubuh, sebelum melakukan pendakian yang lebih sulit. Selain medannya yang tidak terlalu susah dilalui, para pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan alam dari ketinggian yang membuat ketagihan. Bagaimana tidak, terlihat hamparan hijau dari aneka tumbuhan yang begitu terlihat megah nan menawan.

Ternyata dari puncak Gunung ini, pengunjung juga bisa melihat dan merasakan kemegahan dari Gunung Gede Pangrango. Selama berada di puncak, pengunjung akan menemukan beberapa spot menarik untuk mengabadikan momen berharga. Bahkan tak jarang pengunjung berkemah disana, untuk sekedar menyaksikan matahari terbit. Hanya dikenakan tiket masuk sekitar Rp. 15 ribuan saja, dirasa cukup ramah di kantong.

3. Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kab. Bogor. – Image Credit by Airyrooms.com

Tubuh terasa begitu letih, bukan menjadi penghalang untuk merasakan sensasi berlibur berbeda dari biasanya. Cobalah untuk mendatangi Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang berada di Ciseeng, Bojong Indah, Parung, Bojong Indah, bogor, Jawa Barat. Disini pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu cantik, selagi menikmati berendam di air panas yang membuat badan segar kembali.

Pesona alamnya yang indah, tak jarang pengunjung pun ingin mengabadikannya di smartphone canggihnya. Tak hanya berendam saja, disini tersedia pula berbagai wahana outbond yang tentu saja ramah bagi anak anak. Dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore, dimana setiap pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10 ribuan saja untuk bisa mencicipi segala fasilitas tersebut.

4. Gunung Munara Rumpin

Gunung Munara Rumpin

Lokasi: Kampung Sawah, Kec. Rumpin, Kab. Bogor. – Image Credit by Setapakkecil.com

Umumnya untuk bisa sampai di puncak sebuah Gunung, Anda membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Namun pengunjung hanya membutuhkan satu hari saja, ketika ingin sampai di puncak Gunung Munara Rumpin. Pengunjungnya pun dimanjakan dengan adanya penjual makanan dan minuman yang berada di setiap pos menuju puncak. Sehingga Anda tak perlu khawatir, ketika persediaan kebutuhan mulai menipis di tengah jalan.

BACA JUGA:  Devoyage Bogor, Kampung Eropa yang Instagramable & Lagi Hits!

Momen yang paling banyak ditunggu wisatawan, yaitu ketika bisa menyaksikan sunrise hingga mengikuti kabut turun. Pemandangan luar biasa tersebut akan mengingatkan kita akan kebesaran Tuhan, sang Pencipta seluruh alamnya. Tak jarang para pengunjung berlomba lomba untuk mendapatkan spot terbaik, yang kemudian diabadikan di kamera masing masing. Cukup dengan membayarkan tiket masuk sekitar Rp. 5.000,- saja, Anda sudah bisa menyegarkan mata kembali.

5. Curug Panjang Megamendung

Curug Panjang Megamendung

Lokasi: Jl. Curug Panjang, Cilember, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Berwisata ke puncak Bogor nampaknya belum sempurna jika belum mengunjungi si Curug Panjang Megamendung. Aliran airnya yang cukup melimpah, ternyata berasal dari sungai Cirangrang. Yang membuatnya banyak diminati wisatawan adalah kejernihan airnya sekaligus udara segar, mampu menghadirkan energi positif bagi tubuh. Kedalaman airnya bisa mencapai 5 meter, sehingga pengunjung perlu berhati hati bila tertarik untuk berenang disana.

6. Pondok Rasamala

Pondok Rasamala

Lokasi: Jl. Gunung Bunder, Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor. – Image Credit by Putratravel.net

Tanpa meninggalkan kehidupan modern namun tetap menyatu dengan alam, Pondok Rasamala adalah jawabannya. Disini pengunjung dapat merasakan sensasi berbeda saat kemping di alam terbuka, lantaran tidak perlu bersusah payah mendirikan tenda ataupun membuat makanan. Sebab disini Anda akan mendapatkan segala pelayanan bak di hotel mewah, hanya saja berlokasi di tengah hutan pinus layaknya sedang berkemah.

7. Ah Poong Floating Market

Ah Poong Floating Market

Lokasi: Cipambuan, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor. – Image Credit by Sawentiaic.blogspot.com

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana rasanya mengapung di atas sungai sambil menikmati kuliner ? Di tempat ini, pengalaman unik tersebut nampaknya bisa dirasakan. Tersedia setidaknya 30 gerai, yang menyediakan berbagai kuliner khas nusantara dan berbagai kuliner dari negara lain. Selagi asyik menyantap hidangan lezat, pengunjung dapat menikmati segarnya gemericik air.

8. Puncak Pass Resort

Puncak Pass Resort

Lokasi: Jl. Raya Puncak KM.90, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by Agoda.com

Bagi Anda yang berminat untuk bermalam di sekitar puncak Bogor, Puncak Pass Resort bisa menjadi pilihan tepat. Hotel sekaligus restoran ini, merupakan salah satu hotel tertua yang berada di puncak, dan menghadap langsung ke arah lereng Gunung. Tentu saja pemandangan sekitar hotel terlihat begitu indah, dan bisa dinikmati dari jendela kamar hunian. Pengunjung akan dibuat betah berlama lama disana, karena dapat melihat hamparan alam yang indah.

9. Taman Safari Indonesia Cisarua

Taman Safari Indonesia Cisarua

Lokasi: Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by Wikipedia.org

Dikenal sebagai icon wisata dari bogor, dimana pengunjung akan disuguhi dengan destinasi wisata alam beserta wahana edukasi yang cocok didatangi bersama keluarga. Agar lebih menarik, pihak pengelola pun menyusuhkan aneka koleksi satwa yang cukup beragam. Hanya perlu membayarkan sekitar Rp. 150 per orang, semua fasilitas dapat digunakan sesuai kebutuhan. Wahana permainannya pun cukup lengkap, sehingga pengunjung tidak akan pernah bosan.

10. Villa Rumah Putih

Villa Rumah Putih

Lokasi: Tajur Halang No. 8, RT. 4 / RW. 4, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor. – Image Credit by Facebook.com @Villarumahputihbogor

Lokasinya yang berada dekta dengan Gunung Salak, menghasilkan perasaan nyaman nan sejuk ketika berada disana. Apa yang membuat Villa ini patut dikunjungi ? Tak sembarang Villa, disini pengunjung akan disuguhi dengan aneka fasilitas yang dapat menghidupkan suasana liburan anda. Mulai dari permainan outbond, area olahraga seperti rafting ataupun paintball, barbeque, serta ruang meeting khusus.

BACA JUGA:  Keseruan Bermain Salju di Snow World International, Kota Bekasi

11. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Lokasi: Jl. Desa, Kampung Ciburial, RT.3/RW.3, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor. – Image Credit by Rubrikwisata.com

Pemandangan alamnya bak di negeri seberang, masyarakat pun berbondong bondong untuk mengunjungi si hutan pinus satu ini. Cukup melihatnya sepintas, Anda mungkin tersihir dan melupakan bila ini merupakan pemandangan alam di salah satu daerah di tanah air. Berlokasi di daerah Sentul Selatan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl, dijamin pengunjung tidak akan menyesal sudah pernah mengunjunginya.

Pohon pinus yang terlihat ramping nan menjulang ini, mampu memunculkan kesan romantis nan dramatis. Tak heran bila kawasan ini banyak diburu sebagai lokasi pemotretan khusus pre wedding. Sehingga pengunjung pun tak jarang melihat sekumpulan orang membawa kamera diikuti oleh dua orang berpakaian indah nan menawan. Dilengkapi dengan adanya pemandian air panas yang dibuka selama 24 jam penuh, menambah rasa betah dan tidak ingin buru buru pulang.

12. Cipamingkis

Cipamingkis

Lokasi: Jonggol, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor. – Image Credit by Curugcipamingkis.com

Mampu menghadirkan kesan romantisme, nampaknya tempat wisatawa satu ini cocok sebagai tempat menikmati eksotisme Bogor. Dari sekian wahana yang disediakan, rumah pohon cukup populer dibicarakan. Sebab dari rumah pohon tersebut, Anda bisa menyaksikan alam yang membentang indah di kejauhan. Ada sebuah perasaan yang tidak bisa digambarkan ketika melihat pemandangan tersebut.

Selain rumah pohon, tempat wisata ini pun menyediakan miniatur kapal yang diletakkan tepat di atas aliran sungai yang cukup deras. Miniatur tersebut kemudian dimanfaatkan oleh para pengunjung, untuk mendapatkan hasil gambar yang ciamik nan kekinian. Belum lagi aliran airnya yang terdengar syahdu di telinga, berhasil menghadirkan atmosfer menenangkan. Lokasi wisata ini terletak di Jonggol, Sukamakmur, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

13. Highland Park Resort

Highland Park Resort

Lokasi: Jl. Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor. – Image Credit by Tiket.com

Bagi pecinta petualangan, Highland Park Resort bisa menjadi pilihan alternatif untuk menghiasi hari libur. Dengan mengusung konsep tenda khas Mongol, pengunjung akan dibuat merasa nyaman seakan berada di rumah sendiri. Meski berbentuk tenda, fasilitas yang ditawarkan bisa diancungi jempol layaknya sebuah Villa. Mulai dari sofa, tempat tidur empuk, hingga pendingin ruangan tersedia di dalam tenda.

Jika dilihat dari segi fasilitasnya saja, mungkin Anda berfikir bila pihak pengelola akan mematok harga yang cukup fantastis. Namun nyatanya, Anda sudah bisa menikmati nuansa berkemah di  tenda hanya dengan harga dibawah Rp. 2 jutaan saja per malamnya. Tertarik mengunjunginya ? Silahkan kunjungi langsung di jalan Curug Nangka, Kabupaten Sinarwangi, Taman Sari, Bogor.

14. Paragaya Puncak

Paragaya Puncak

Lokasi: Jl. Venue Paralayang, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by Utamiriska.wordpress.com

Senang ketika berada di ketinggian ? Cobalah untuk mengunjungi si Paragaya Puncak, dimana pengunjung dapat merasakan sensasi seakan melayang di udara. Sebenarnya tempat wisata ini menyediakan sebuah pijakan yang terbuat dari kayu dan diletakkan di sebuah pohon, kemudian dilengkapi dengan pemandangan alam yang begitu memanjakan mata. Pengunjung dapat mengabadikan momen tersebut sebagai koleksi foto terbaru.

BACA JUGA:  Bukit Baros, Menikmati Keindahan & Kesejukan Hutan Pinus di Sukabumi

15. Danau Quarry

Danau Quarry

Lokasi: Talaga, Kec. Cikupa, Kab. Tangerang. – Image Credit by Bandung.panduanwisata.id

Siapa sangka bekas penambangan pasir, bisa menjadi tempat wisata dengan keindahan yang begitu menakjubkan seperti si Danau Quarry. Kemunculannya yang tidak disengaja, justru menjadi daya pikatnya untuk menarik perhatian pengunjung. Dengan memanfaatkan kreatifitas para traveler, yang tadinya hanyalah kubangan air biasa berubah menjadi tempat wisata yang cukup populer dikunjungi wisatawan.

Tak hanya berfokus pada keindahan danaunya semata, pemandangan sekitarnya pun tak kalah cantik seperti danaunya. Tentu saja berbagai spot menarik pun bisa menjadi latar belakang foto agar tampak lebih menarik. Namun jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan, dengan tidak memanjat tebing ataupun berenang di dalam danau tersebut. Sebab kondisi danau dianggap berbahaya dan masih minimnya pengawasan.

16. Penangkaran Elang Loji

Penangkaran Elang Loji

Lokasi: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor. – Image Credit by Kaskus.co.id

Bosan dengan rencana liburan yang begitu begitu saja ? Kini saatnya mengambil langkah perubahan, dengan mengakrabkan diri lebih dekat dengan alam. Dari sekian tempat wisata yang bisa dipilih, Penangkaran Elang Loji tampaknya bisa menjadi alternatif terbaik. Pengunjung akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan burung Elang. Selain itu, tersedia pula berbagai spot menarik untuk mengabadikan momen menyenangkan disana.

17. Melrimba Garden Puncak Cisarua

Melrimba Garden Puncak Cisarua

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM 87, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by Hargatiket.net

Pengunjung akan dibuat betah berada disini, lantaran suasana alamnya yang masih termasuk asri dengan suhu udara yang sejuk. Yang tak kalah menarik perhatian, yaitu penataan taman bunganya yang rapi dengan aneka macam bunga telah bermekaran indah. Tersedianya berbagai fasilitas outbond dan berbagai permainan seru, dijamin liburan pun tidak terasa membosankan. Hanya dikenakan tarif sekitar Rp. 30 ribuan per orang, hari hari pun penuh tawa riang.

18. Cimory Riverside

Cimory Riverside

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. – Image Credit by VenueMagz.com

Menikmati sajian lezat sembari memandang pemandangan alam yang tenang nan segar, restoran satu ini harus masuk dalam ide liburan selanjutnya. Apa alasan tempat makan ini menjadi pilihan terbaik ? Disini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah, lantaran lokasinya yang berada di tepi sungai dengan air yang jernih. Tak perlu khawatir akan harga yang ditawarkan, karena semua menunya dirasa ramah di kantong dengan cita rasa yang begitu sempurna.

Tempat satu ini dirasa cocok sebagai tempat bersantai, sebab pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas lain yang membuat pengunjung betah berlama lama disana. Selagi menunggu hidangan diantarkan, silahkan ajak putra putri Anda bermain di taman di dalam restoran tersebut. Tak hanya menyajikan makanan berat, disini pengunjung akan menemukan sebuah toko yang menjajakan aneka produk olahan susu dan yogurt.

19. Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Lokasi: Jl. Pasar Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kab. Bogor. – Image Credit by Udaindra.blogspot.com

Tak melulu menyajikan air jernih nan menyegarkan, disini Anda juga bisa menemukan spot berendam di hangatnya air di alam terbuka. Tak hanya sekedar berwisata semata, lantaran berendam di mata air panas dari Gunung Peyek ini menghadirkan sejumlah khasiat bagi tubuh. Nampaknya tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang merasakan tubuh pegal pegal karena lelah selama di perjalanan.

Selagi menikmati berendam, terbentangnya lahan sawah nan hijau menambah daya tariknya. Perasaan lelah perlahan menghilang dan tergantikan dengan energi positif untuk siap menjalani ke rutinitas sehari hari. Tertarik mencoba kenikmatan berendam disini ? Silahkan kunjungi di Jalan Pasar Ciseeng, Pasung, Bojong Indah, Parung, Bogor, Jawa Barat.

20. Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Lokasi: Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Kab. Bogor. – Image Credit by Kampungduhur.com

Bermain sambil bercAnda riang dengan aneka rusa yang menggemaskan, bisa menjadi agenda liburan selanjutnya bersama keluarga tercinta. Di penangkaran satu ini, dikembangbiakkan berbagai jenis rusa yang ternyata bisa menjadi objek wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Sebelum sampai lokasi utama, pengunjung harus melewati sebuah jembatan gantung yang terbentang tepat di atas sungai Cibeet.

21. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk

Lokasi: Jl. Gunungwangun No.rt 04, RW.05, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor. – Image Credit by Ayobogor.com

Sejak pertama kali melihat pesona alamnya, dijamin Anda akan bergumam dan menyadari betapa indahnya ciptaan Tuhan satu ini. Seakan tersihir dengan keindahannya, dimana kolam airnyan terlihat begitu jernih nan terasa begitu segar saat menyentuh kulit. Ditambah lagi dengan adanya pepohonan rindang yang tepat berada di atas bukit, membuat udara sekitarnya begitu sejuk nan menyegarkan.

Selain menikmati pesonanya, tak jarang pengunjung pun mengabadikan momen berlibur disana dengan berswafoto ria. Hasil bidikan gambarnya pun terlihat begitu ciamik, lantaran dibantu dengan paparan cahaya matahari yang sangat membantu. Oleh karenanya, rasanya tidak akan lengkap ketika datang ke Puncak Bogor tanpa menyempatkan diri ke Curug satu ini. Dibuka mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore, pengunjung harus membayar tiket masuk sekitar Rp. 10 ribuan saja.

Bosan dengan hiruk pikuk padatnya jalanan kota, kini saatnya untuk memanfaatkan waktu libur untuk menyegarkan pikiran. Dari berbagai daerah dengan pemandangan alam yang menawan, Puncak Bogor seringkali menjadi alternatif terbaik untuk dikunjungi. Dengan panorama asri dan udaranya yang sejuk, dirasa mampu mengisi energi kembali penuh. Cobalah mengunjungi beberapa tempat wisata di Puncak Bogor, untuk mendapatkan pengalaman berlibur tak terlupa.