Menawarkan suasana khas pegunungan dengan udara yang dingin, Dataran Tinggi Dieng cocok untuk tujuan anda menghabiskan liburan. Terutama untuk anda yang sudah rindu udarasejuk dan suasana yang tenang. Menyimpan banyak pesona, anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di dataran tinggi Dieng berikut.

Dijamin liburan akan semakin menyenangkan. Apalagi Kabupaten di Jawa Tengah ini terkenal dengan udaranya yang sejuk, bahkan cenderung dingin. Perpaduan yang pas untuk menghabiskan waktu berharga bersama teman ataupun keluarga. Mendapatkan julukan Negeri di Atas Awan anda siap siap saja berdecak kagum.

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir
Image Credit: Google Maps Ekka Alsha

Perjalanan pertama anda bisa dimulai dengan mengunjungi Bukit Sikunir sebagai destinasi. Di bukit ini, anda akan disuguhkan dengan panorama sunrise yang menawan. Tentu saja matahari terbit di Dieng ini selalu menjadi favorit para wisatawan. Para pengunjung biasanya sudah akan menaiki bukit ini sebelum fajar tiba.

Perjuangan anda tentu akan terbayar dengan indahnya panaroma goldern sunrisenya. Dikelilingi gunung gunung menjulang, tidak jarang anda juga akan disuguhkan hamparan awan di depan mata. Waktu paling tepat untuk berkunjung adalah di Bulan Mei sampai Agustus. Berada di ketinggian sekitar 2263 mdpl, anda akan dapatkan pemandangan tidak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

2. Gunung Prau Dieng

Gunung Prau Dieng
Image Credit: Google Maps brontox zz

Masih ingin menikmati pemandangan dari ketinggian? Anda bisa menjadikan Gunung Prau Dieng sebagai tujuan. Anda bisa melakukan pendakian untuk sampai di puncak tempat wisata di dataran tinggi Dieng ini. Ketinggian mencapai 2563 mdpl, terbilang pendek tetapi masih membutuhkan persiapan fisik yang cukup. Walaupun tidak sepopuler lainnya anda tidak akan menyesal.

Salah satu spot yang menjadi favorit wisatawan adalah kehadiran bukit Teletubbiesnya. Para pendaki akan disuguhkan padang rumput yang luas seperti yang ada di serial anak anak ini. Udaranya yang dingin dengan suasana khas pegunungan yang tenang akan cocok untuk melepas segala penat. Apalagi akan semakin menyenangkan jika anda naik dengan teman teman anda.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bakulan, Dieng, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

3. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin
Image Credit: Google Maps Hendra Widianto

Tempat wisata di dataran tinggi Dieng yang juga tidak kalah menarik berikutnya adalah Batu Ratapan Angin. Tebing satu ini lokasinya berdekatan dengan daerah Telaga Warna. Dan memang dari sinilah pengunjung bisa mengagumi indahnya Telaga Warna dari atas ketinggian. Anda juga bisa melihat Telaga Pengilon dari ketinggian di tebing ini.

Kedua telaga ini bersisian jika dari atas, dengan gunung gunung menjulang yang mengelilinginya. Untuk sampai di atas bukit Batu Ratapan Angin anda memang membutuhkan perjuangan yang cukup menguras. Tetapi semuanya akan terbayar lunas dengan pemandangan yang anda. Jangan lupa mengabadikan foto dengan latar belakang kedua telaga tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dieng,Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

4. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng
Image Credit: Google Maps alsafar gowes

Telaga Warna Dieng termasuk destinasi Dieng yang begitu kondang. Rasanya memang tidak lengkap jika singgah di kota ini tapi tidak mampir ke Telaga Warna. Seperti namanya, anda memang akan melihat telaga yang warnanya airnya akan berubah. Lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 2000 mdpl memiliki bentang alam yang juga akan membuat siapapun jatuh hati.

Air yang berada di Telaga Warna kadang berwarna kehijauan, lembayung, biru sampai dengan merah. Perubahan warna ini terjadi karena kandungan sulfur di dalam airnya terbilang tinggi. Dan akan memberikan perubahan warna jika terkena timpaan cahaya matahari. Dikelilingi pepohonan hijau, anda tidak akan menyesal singgah di telaga cantik ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

5. Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng
Image Credit: Google Maps Bambang Eko Listrianto

Tempat wisata di Dieng kebanyakan berada di ketinggian, seperti Gardu Pandang Tieng misalnya. Ketinggian Nya berkisar 1800 mdpl dan menjadi tempat yang cocok berburu matahari terbit. Panorama alam perkebunan sayur yang tampak berundak juga memberikan pesona berbeda. Tidak jarang juga akan diselimuti kabut, pastikan anda membawa kamera terbaik anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sidorejo, Tieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

6. Bukit Cinta Lembah Seroja

Bukit Cinta Lembah Seroja
Image Credit: Google Maps Purwantoro Joko Susilo

Anda masih belum puas menjelajah Dieng? Jangan khawatir masih ada banyak destinasi wisata Dataran Tinggi yang harus anda kunjungi. Anda akan dimanjakan dengan bentang alamnya yang indah. Seperti misalnya dengan singgah di Bukit Cinta Lembah Seroja. Destinasi hits satu ini sedang banyak digandrungi oleh wisatawan.

Terutama untuk anda yang senang mengambil foto foto cantik. Selain menawarkan panorama Kabupaten Wonosobo, spot foto yang disediakan juga melimpah. Seperti kehadiran jembatan gantung juga kolam ikannya. Pengunjung yang ingin berlama lama bisa mendirikan tenda di kawasan berkemah yang memang sudah disediakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Maron, Kec. Garung, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

7. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon
Image Credit: Google Maps Arya the Sneakerhead Pirate

Selain memiliki destinasi yang menawarkan wisata ketinggian, Dieng juga memiliki beberapa telaga. Seperti Telaga Pengilon yang termasuk dalam jajaran tempat wisata yang menawan. Warna telaga ini lebih dominan warna hijau kekuning kuningan. Pepohonan rindang yang mengelilinginya membuat kawasan Telaga Pengilon tampak lebih asri.

Di dalam telaga menawan ini, anda juga bisa menemukan ikan yang tinggal disana. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan akhirnya memilih untuk menikmati pesonanya sambil memancing. Biasanya para pendaki yang baru turun dari Gunung Prau ataupun Sikunir akan mampir di sini. Pesona Telaga Pengilon akan semakin melengkapi liburan anda di Dieng.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

8. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang
Image Credit: Google Maps Amri H

Dataran Tinggi Dieng juga memiliki beberapa kawah yang menjadi destinasi wisata. Kawah Sikidang menjadi kawah yang kondang dan selalu ramai pengunjung. Di area yang memiliki luas sekitar 200 meter persegi in, pengunjung akan melihat beberapa lubang. Jangan lupakan asap yang tampak mengepul dari kejauhan.

Kadar belerang yang ada di wisata populer ini cukup tinggi, namun terbilang aman. Pengelola memasang pagar pembatas di sekitar kawahnya. Pesonanya makin eksotis dengan pegunungan dan tanaman hijau yang mengelilinginya. Wisatawan bisa mengambil beberapa foto cantik, karena saat ini sudah ada dekorasi yang cocok untuk swafoto.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

9. Bukit Selatang

Bukit Selatang
Image Credit: Google Maps bu y

Melanjutkan perjalanan, kini saatnya anda mengunjungi tempat wisata di Dataran Tinggi Dieng ini. Bukit Selatang merupakan destinasi yang cocok untuk menikmati indahnya Dieng. Terdapat bangunan dari bambu dan dibangun dengan dengan sungai. Suasananya yang sejuk dengan suara gemericik air sungai akan membuat anda ingin berlama lama.

Yang menjadi daya tarik utama dari Bukit Selatang adalah kehadiran jembatan gantungnya. Demi keamanan, hanya empat orang saja yang bisa menaiki jembatan gantung ini. Beberapa dekorasi dari kayu juga bambu hadir untuk jadi spot foto kekinian. Wisata kondang Dieng ini sangat cocok sebagai tempat bersantai dengan pemandangan khas pegunungan yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tambi, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

10. Patean Tambi

Patean Tambi
Image Credit: Google Maps 3F action

Patean Tambi merupakan destinasi alam berupa wisata kebun teh yang juga menarik untuk anda kunjungi. Hamparan hijau kebun teh dengan pepohonan rindang memberikan kesan yang asri. Jembatan di tengah tengah kebun teh menarik perhatian. Pengunjung banyak yang mengabadikan momen di jembatan kayu ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tambi No.km.02, Tegalrejo, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

11. Dieng Park

Dieng Park
Image Credit: Google Maps Dieng Park

Lokasi Dieng Park dekat dengan Telaga Warna, sehingga anda bisa sekalian singgah. Wisata baru Dieng ini menawarkan banyak wahana yang akan membuat liburan makin seru. Salah satunya kehadiran ayunan besar yang langsung menghadap telaga. Anda juga bisa menemukan spot foto, area bermain juga mempelajari berbagai jenis tanaman yang ada.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Telaga Warna, Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

12. Desa Sembungan

Desa Sembungan
Image Credit: Google Maps Evya Tasniaty / Rezkia Althafunnisa

Desa Sembungan merupakan desa paling tinggi yang ada di Pulau Jawa. Anda tentu bisa membayangkan apa yang bisa didapatkan dari tempat wisata di Dataran Tinggi Dieng ini. Pemandangan dari ketinggiannya adalah yang terbaik. Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi seperti Air Terjun Sikarim ketika singgah di desa paling tinggi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

13. Batu Angkruk

Batu Angkruk
Image Credit: Google Maps Rochmat Purwanto

Anda ingin mengambil foto dengan latar belakang pegunungan? Maka Batu Angkruk adalah pilihan yang tepat. Nantinya anda harus menaiki platform yang terbuat dari kaca. Tenang saja semuanya aman dan menjadi spot foto favorit. Di area yang lain anda akan menemukan rerumputan lengkap dengan bean bag. Yang jelas Batu Angkruk menawarkan banyak spot foto indah.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dieng No.km 22, Sidorejo, Tieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

14. Dieng Plateau Theatre

Dieng Plateau Theatre
Image Credit: Google Maps FLORESFAM Channel

Jika anda ingin mengenal lebih dalam tentang Dataran Tinggi Dieng, maka wajib singgah di objek wisata ini. Di Dieng Plateu Theatre atau DPT anda akan menikmati tayangan audio visual terkait pembentukan dataran tinggi Dieng, kehidupan masyarakat juga aktivitas vulkanik. Di bangun sejak 2006 ini, anda akan dapatkan pengalaman menarik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

15. Candi Arjuna

Candi Arjuna
Image Credit: Google Maps Saudara Indonesia

Dataran Tinggi Dieng juga menawarkan wisata candi yang tidak kalah megah. Candi Arjuna contohnya yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram. Anda bisa menemukan lima buah candi yang dikelilingi dengan taman dan rerumputan asri. Pemandangan yang disuguhkan tidak kalah cantik dan terdapat juga spot foto kekinian.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

16. Tuk Bimo Lukar

Tuk Bimo Lukar
Image Credit: Google Maps Akmal Basinda

Berada di Negeri Di Atas Awan anda juga bisa singgah di Tuk Bimo Lukar. Destinasi wisata unik ini adalah sebuah sumber air yang mendapatkan julukan air abadi Dieng. Air yang jernih banyak dimanfaatkan pengunjung untuk mencuci muka atau minum. Konon, air dari Tuk Bimo Lukar bisa membuat anda awet muda. Anda juga bisa menemukan kolam, spot foto sampai taman cantik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalilembu, Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

17. Telaga Merdada

Telaga Merdada
Image Credit: Google Maps Novem Lawalata

Telaga yang juga menjadi tempat menarik untuk dikunjungi adalah Telaga Merdada. Menawarkan banyak aktivitas menarik, pesonanya juga memanjakan indera penglihatan. Pengunjung bisa mencoba berperahu, memancing, camping dan juga berburu foto cantik. Akses menuju lokasi juga mudah dan bisa dilalui roda empat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pauan, Karangtengah, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

18. D’Qiano Hot Spring Water Park

D’Qiano Hot Spring Water Park
Image Credit: Google Maps A DhieN

Anda bisa membuat tubuh anda rileks dengan mengunjungi D’Qiano Hot Spring Water Park. Objek wisata air panas satu satunya ini berada dekat kawah Sileri. Berbagai fasilitas yang disediakan cukup lengkap, cocok untuk liburan dengan keluarga. Anda bisa mencoba bermain flying fox, paintball, mini trail, dan juga kolam kolam untuk berendam.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Kepakisan, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

19. Lubang Sewu Erorejo

Lubang Sewu Erorejo
Image Credit: Google Maps simon simeon

Destinasi wisata baru yang juga menarik perhatian adalah Wisata Alam Lubang Sewu. Ribuan batu dan batu karang ini akan muncul saat waduk Wadaslintang surut. Anda bisa datang saat musim kemarau untuk melihat keeksotisan bebatuannya. Selain mengambil foto kekinian, pengunjung juga bisa memancing.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jurutengah, Erorejo, Kec. Wadaslintang, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

20. Air Terjun Sirawe

Air Terjun Sirawe
Image Credit: Google Maps Abel Clasher88

Dataran tinggi Dieng juga menawarkan air terjun yang siap anda kunjungi. Ketinggian Air terjun Sirawe menculang sekitar 80 meter. Alirannya deras dengan pemandangan alam yang masih alami. Menariknya anda bisa menemukan air dingin dan air panas yang jatuh secara alami. Pepohonan hijau juga membuat tempat wisata yang ada tidak membosankan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bitingan, Kepakisan, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Menikmati pesona Negeri di Atas Awan ini rasanya memang tidak akan cukup jika hanya sehari. Ada banyak destinasi wisata hits di Dataran Tinggi Dieng yang bisa anda kunjungi. Kebanyakan menawarkan wisata alam berupa pegunungan yang menyejukkan mata. Wisatawan juga bisa sekalian wisata kuliner saat singgah di kabupaten Wonosobo ini.