15 Tempat Wisata di Gresik Terbaru

Tempat Wisata di Gresik

Inilah Daftar Tempat Wisata di Gresik Terbaru & Terhits Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan.

Ada satu hal yang harus diketahui dari Gresik yakni objek wisata disana sudah makin berbenah. Meski sebelumnya, Kabupaten Gresik identik dengan kota industri, namun sekarang banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tidak kalah bagusnya dengan kota lain. Ada banyak spot foto kekinian dan cantik yang bisa Anda temukan. Juga dengan pantai yang berpotensi besar untuk bisa dikembangkan.

Deretan bukit kapur hingga pantai yang dibenahi menjadi lebih indah. Tentu pembenahan ini menuai respon positif. Tak lain datangnya dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Sekali lagi mereka mengenal bagaimana tempat wisata keren di Gresik yang tidak hanya terkenal karena industrinya.

Anda bisa menemukan wisata pulau, wisata bukit batu dan wisata alam lainnya. Bahkan beberapa diantaranya bisa Anda temukan wisata mangrove dan wisata alam gosari. Berikut referensi selengkapnya mengenai tempat wisata keren di Gresik.

1. Bukit Larangan Panceng

Bukit Larangan Panceng

Lokasi: Area Sawah, Prupuh, Kec. Panceng, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Jadipergi.com

Menjadi salah satu destinasi hidden paradise yang ada di Gresik. Bukit ini memang jarang dikunjungi para wisatawan. Tetapi Anda yang suka kegiatan camping bisa datang dan merasakan bagaimana berkemah di lokasi ini. Ada pemandangan yang indah di puncak bukit dan Anda juga bisa menikmati dedaunan hijau yang tumbuh mengelilingi bukit.

Untuk Anda yang ingin datang ke bukit ini, jangan lupa membawa bekal secukupnya karena tidak ada satu pun penjual di sana. Lokasinya berada di Prupuh, Panceng. Bukit Larangan Panceng merupakan titik tepat untuk melihat pemandangan dari ketinggian.

2. Sendang Pancuran Gosari

Sendang Pancuran Gosari

Lokasi: Gosari, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Wisataalamgosari.com

Spot wisata alam berikutnya adalah Sendang Pancuran Gosari. Memang awalnya adalah sumber mata air saja tetapi dalam perkembangannya ternyata tempat ini dipercantik dengan beebrapa dekorasi unik yang cocok untuk spot foto. Anda bisa menghasilkan foto yang keren dengan spot foto rumah kayu, sarang burung hingga jembatan kayu.

Tidak hanya itu, Anda bisa menemukan lingkungan alam yang asri dari lokasi wisata ini. Sendang Pancuran Gosari berada di Desa Gosari, Kecamatan Ujung Pangkah.

3. Situs Giri Kedaton

Situs Giri Kedaton

Lokasi: Jl. Sunan Giri 13, Pedukuhan, Kec. Kebomas, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Alamasedy.com

Berikutnya, tempat wisata di gresik ini tak kalah keren. Namanya adalah Situs Giri Kedaton yang merupakan puncak bukit yang tidak terlalu tinggi. Tetapi Anda juga bisa melihat keunikan dan keindahan alam yang ada di sana. Ada baiknya membawa air minum ketika berkunjung karena tidak ada penjual di lokasi wisata.

Sementara di sebalah kiri kanan undakan merupakan rumah-rumah penduduk yang padat. Tersisa ruang kosong di area yang mendekati bagian puncak bukit. Disinilah nanti Anda bisa mendapati Situs Giri Kedaton. Lokasinya ada di Dusun kedaton, Desa Sidomukti.

4. Pulau Gili Noko Gresik

Pulau Gili Noko Gresik

Lokasi: Pamona, Sidogedungbatu, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Disparbud.gresikkab.go.id

Ada perpaduan antara pantai berpasir putiih dan air laut tenang yang bisa Anda dapatkan. Tempat wisata tersebut berada di Pulau Gili Noko Gresik. Keindahan alam bawah laut yang ada di Pulau Gili Noko Gesik ini juga beragam. Anda bisa beraktivitas snorkeling, bersantai hingga mengeksplor keindahan biota laut agar menjadi objek fotografi.

Nikmati pemandangan sunrise dan sunset yang terlihat cantik. Lokasinya berada di Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura. Momen terbaik menikmati sunset bisa Anda dapatkan di Pulau Gili Noko Gresik.

5. Pantai Mombhul

Pantai Mombhul

Lokasi: Jl. Raya Bawean, Kec. Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Heikaku.com

Berikutnya merupakan destinasi wisata yang baru dan ada di Pulau Bawean. Meski terbilang baru tetapi Anda bisa menemukan keindahan wisata yang ditawarkannya. Saat ini, pantai dengan luas 45 hektare ini memang terbilang masih pembangunan. Ada beberapa spot foto yang hits yang bisa Anda temukan.

Misalnya saja seperti sarang burung, gardu pandang hingga spot love. Rencananya pantai ini akan dilengkapi dengan berbagai wahana wisata. Letaknya di Sidogedungbatu, Sangkapura.

6. Pantai Delegan

Pantai Delegan

Lokasi: Rejodadi, Delegan, Campurejo, Kec. Panceng, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Tanrisc.student.umm.ac.id

Masih dengan wisata pantai yang menawan. Anda akan menemukan kombinasi antara pasir putih dan ombak pantai yang cukup tenang. Nantinya di pantai ini Anda bisa menikmati momen santai dengan jalan-jalan di bibir pantai dan spot foto yang unik.

Ada juga stand penjual makanan yang cukup banyak serta aktivitas bermain air yang menyenangkan untuk anak. Tetapi jangan lupa untuk tetap mengawasinya. Pantai Delegan berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng.

7. Danau Kastoba

Danau Kastoba

Lokasi: Pulau Bawean, Danau/Waduk, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Ksmtour.com

Danau Kastoba berada di Pulau Bawean dan menjadi destinasi wisata andalan. Agar bisa mencapai lokasi danau, Anda harus trekking sekitar 25 menit. Ada tempat yang teduh dengan debit air yang tenang serta menjadikan suasana terasa damai dan menenangkan.

Di danau ini, para pengunjung bisa menikmati pemandangan, berenang atau berburu selfie dengan spot foto yang cantik. Danau Kastoba berada di Desa Paroman, Kecamatan Tambak.

8. Bayu Biru Lowayu

Bayu Biru Lowayu

Lokasi: Lowayu, Kaliagung, Bangeran, Kec. Dukun, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Faktualnews.co

Spot wisata murah meriah dan bisa Anda kunjungi adalah Banyu Biru Lowayu. Tempat wisata ini merupakan sendang yang memiliki aliran air bernuansa biru tetapi tidak hanya cantik dipandang. Ada sensasi unik karena mengandung belerang. Kandungan ini dipercaya ampuh untuk bisa mengatasi penyakit kulit.

Rasakan kesejukan alamnya dan merendam kaki di sendang ini memberi rasa rileks pada tubuh. Lokasinya ada di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun.

9. Dynasty Water World

Dynasty Water World

Lokasi: Jl. Rantau I No.27-29, Wonorejo, Yosowilangun, Kec. Manyar, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Masdaniblog.com

Dynasty Water World merupakan taman rekreasi yang terbesar di Gresik dan cocok untuk wisata keluarga di akhir pekan. Area wisata ini cukup luas dan lengkap dengan fasilitasnya yang dimilikinya. Anda bisa menggunakan wahana permainan air yang seru.

Wisata ini berada di Jalan Rantau I 27-29 Manyar. Ada juga foodcourt yang membuat suasana makin nyaman menyenangkan. Jangan lupa menyiapkan budget untuk membayar harga tiket masuknya.

10. Wisata Bajak Laut

Wisata Bajak Laut gresik

Lokasi: Masangan, Kec. Bungah, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Youtube.com (adi warsito)

Objek wisata di Gresik berikutnya juga cukup hits. Namanya memang tidak sepopuler Dynasty Water World. Tetapi Anda bisa melakukan kegiatan seru di sini. Wisata bajak laut yang emiliki keunikan tersendiri. Untuk para orang tua, agendakan bersama putra-putri karena banyak kegiatan seru yang berhubungan dengan air.

Objek yang sangat disukai anak-anak misalnya saja seperti permainan air, perosotan hingga spot foto unik. Ada spot telur pecah, sayap, spot love dan lain sebagainya. Lokasinya berada di Raya Grogol, Masangan.

11. Sate Tepi Sawah

Sate Tepi Sawah

Lokasi: Jl. Raya Petiken, Mulung, kota baru, Kec. Driyorejo, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Reresepan.com

Berbeda dengan tempat wisata yang satu ini. Fokus pada wisata kuliner, Anda bisa memilih menyantap masakan di sate tepi sawah. Meski hanya tempat makan tetapi nuansa pedesaan juga begitu kental terasa dengan hamparan sawah di sekitarnya.

Anda akan mendapati spot foto cantik yang bisa melengkapi momen liburan anda. Lokasi wisata kuliner ini ada di Jalan Raya Petiken, Mulung.

12. Banyu Urip Mangrove Center

Banyu Urip Mangrove Center

Lokasi: Banyulegi, Banyuurip, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Disparbud.gresikkab.go.id

Salah satu destinasi eco-wisata di Gresik adalah Banyu Urip Mangrove Center. Hutan mangrove yang rimbun ini ditanam sejak 17 tahun lalu dan menghadirkan nuansa alam yang sejuk. Ada area jogging track sepanjang 600 meter dan bisa memanjakan pengunjung dengan keindahan alam yang ada di sekitarnya.

Tidak hanya berjalan-jalan saja tetapi Anda bisa berburu spot foto yang keren. Anda juga bisa menanam bibit pohon mangrove di sini. Tempatnya di Desa Banyu Urip, Kecamatan Ujung Pangkah.

13. Bukit Kapur Suci

Bukit Kapur Suci

Lokasi: Jl Ponganganrejo No. 34, Suci, Kec. Manyar, Gresik, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Indiralarasputri.blogspot.com

Ada satu daerah perbukitan yang tidak boleh terlewatkan. Namanya adalah Bukit Kapur Suci yang merupakan destinasi menarik di Gresik. Bukit kapur ini berdekatan dengan Perumahan Gresik Kota Batu dan kawasan industri PT Petrokimia yang tak jauh dari pusat kota.

Anda bisa datang baik itu berdua atau dengan rombongan. Ada suasana tenang dan tidak berdebu seperti tambang kapur pada umumnya. Lokasinya di Jalan Ponganganrejo 34, Suci, Manyar.

14. Bukit Jamur

Bukit Jamur

Lokasi: Bungah, Kec. Bungah, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Dakatour.com

Apa yang Anda bayangkan dengan bukit jamur? Namanya adalah Mushroom Rock atau fenomena alam bukit jamur. Ada batu yang terkikis oleh angin dengan rentang waktu lama dan membentuk material batu tetapi menyerupai jamur. Banyak yang datang untuk berburu foto dan keindahan di sekitarnya.

Lokasi tempat wisata ini ada di tengah area persawahan yang membuat tempatnya makin indah. Tepatnya berada di Bungah, Kabupaten Gresik. Beberapa spot keren juga telah disediakan.

15. Bukit Sekapuk

Bukit Sekapuk

Lokasi: Slolok, Sekapuk, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik, Jawa Timur. – Image Credit by Alamasedy.com

Bukit Sekapuk merupakan area perbukitan kapur yang terlihat indah. Ada relief unik yang terbentuk dari aktivitas pertambangan. Juga dengan corak pahatan yang ada di bukit ini seolah menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa menemukan pilar-pilar yang menjulang tinggi.

Nuansanya seperti gaya Eropa dan cocok bagi mereka yang ingin mencari spot foto keren. Lokasinya berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah. Tak sedikit juga yang menggunakan tempat wisata ini sebagai lokasi pre wedding.