15 Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Paling Hits

Tempat Wisata Jakarta Barat

Ingin Liburan ke Jakarta? Inilah List Tempat Wisata Populer di Jakarta Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits Dengan Beragam Keunikannya yang layak Anda Jelajahi Saat Liburan.

Sebagai bagian dari wilayah kota metropolitan, Jakarta Barat menjadi salah satu kota yang termasuk dalam administratif di DKI Jakarta yang menawarkan potensi wisata sejarah unggulan. Selain wisata yang banyak berlokasi di kawasan Kota Tua Jakarta, ada banyak juga tempat menarik lainnya yang tersebar di seluruh Jakarta Barat yang tidak hanya seru, tapi juga mengedukasi dan menambah wawasan. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di Jakarta Barat yang wajib Anda kunjungi.

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Image Credit: Indonesiakaya.com

Museum yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta ini menjadi destinasi wisata pertama yang tidak boleh Anda lewatkan, ketika berkunjung ke Jakarta Barat. Museum yang dibangun pada tahun 1707 ini bahkan menjadi museum paling besar yang ada di kota Jakarta. Museum Fatahilah dulunya dijadikan sebagai balai kota, yang juga dilengkapi dengan ruang kantor, ruang pengadilan, dan penjara bawah tanah.

Namun pada tahun 1974, bangunan ini kemudian berubah fungsi menjadi sebuah museum. Kini jika berkunjung ke sana, Anda akan menemukan berbagai koleksi di antaranya yaitu barang arkeologi, prasasti, keramik, patung, meriam, mebel antik, benda kebudayaan betawi, dan lain sebagainya. Untuk fasilitasnya sendiri begitu lengkap, mulai dari museum, perpustakaan, kantin, taman, ruang pertemuan, toko souvenir, hingga mushola.

Lokasi: Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

2. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Image Credit: Arsipinfo.com

Jakarta Barat yang terkenal akan wisata sejarahnya memiliki museum lain bernam Museum Bank Indonesia. Museum satu ini mengusung konsep yang cukup modern, rapi dan bersih, sehingga akan membuat para pengunjung yang datang merasa betah untuk melihat lihat. Saat pertama memasuki museum, Anda akan langsung dimanjakan ruangan museum yang sejuk dan ber AC. Penataannya juga begitu rapi, sehingga sedap untuk dipandang.

Museum Bank Indonesia menyimpan berbagai koleksi berupa uang kertas, uang logam, emas batangan, brankas, serta berbagai jenis barang lainnya yang merupakan saksi sejarah keuangan Indonesia. Untuk memasuki museum, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Tentunya perjalanan wisata ini akan hemat, menghibur, serta menambah wawasan Anda.

Lokasi: Jl. Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

3. Museum Tekstil

Museum Tekstil

Image Credit: Jakartamrt.co.id

Museum Tekstil ini dulunya merupakan sebuah rumah milik orang berkebangsaan Perancis, yang kemudian diserahkan kembali kepada pemda Jakarta. Gedung bangunannya memiliki ciri khas, yang terlihat pada ukuran pintunya yang begitu besar. Selain itu, arsitektur kolonial serta keramik yang bermotif unik membuat bangunannya tampak lebih menarik dan begitu khas.

BACA JUGA:  28 Minuman & Makanan Khas Jakarta yang Populer

Sesuai dengan namanya, Museum Tekstil ini menyimpan ribuan kain yang asalnya dari berbagai penjuru di Indonesia. Namun yang dipamerkan pada pengunjung hanya sebagian kecilnya saja, meski begitu jenisnya masih begitu banyak di antaranya yaitu kain tenun, kain batik, kain jumput, serta baju yang terbuat dari kain campuran dan kulit kayu. Keunikannya layak untuk jelajahi pada saat liburan tiba.

Lokasi: Jl. Ks. Tubun No.2-4, RT.4/RW.2, Kota Bambu Selatan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat.

4. Museum Macan

Museum Macan

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Museum Macan ini merupakan museum institusi pertama, yang di dalamnya memiliki koleksi karya seni kontemporer serta modern yang ditampilkan pada publik. Museum yang telah beroperasi sejak tahun 2017 ini memiliki luas kurang lebih 4 ribu meter persegi, dan sukses membuat para pengunjung pecinta seni menjadi takjub dan terkagum kagum. Sebab di dalamnya setidaknya terdapat 800 koleksi seni yang telah dikumpulkan hampir selama 25 tahun.

Koleksi tersebut dikumpulkan oleh kolektor bernama Adikoesoemo, dan disimpan pada Museum Macan ini yang diberikan pada akses publik. Tentunya saat berada di dalam gedung museum, Anda bisa menjumpai berbagai karya seni rupa milik seniman asli Indonesia maupun dari berbagai negara di luar negeri. Destinasi wisata satu ini sangat estetik dan instagramable, dijamin mampu memanjakan para pecinta fotografi yang hadir.

Lokasi: Jl. Perjuangan No.5, RW.10, Kebon Jeruk, Kec. Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat.

5. Museum Seni dan Keramik

Museum Seni dan Keramik

Image Credit: Kompas.com

Destinasi wisata selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Jakarta Barat yaitu Museum Seni dan Keramik. Bangunan museum ini merupakan rumah bagi banyak hasil karya seni berkelas internasional, maupun karya seniman asli Indonesia yang telah ada sejak tahun 1800 an. Sedangkan untuk koleksi keramiknya, Museum Seni dan Keramik ini memiliki koleksi keramik dari luar negeri dan lokal yang juga menjadi warisan sejarah.

Lokasi: Jl. Pos Kota No.2, RT.9/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

6. Museum Wayang

Museum Wayang

Image Credit: Lav7a.liburananak.com

Museum Wayang memiliki kurang lebih sebanyak 6 ribu wayang sebagai koleksinya. Sedangkan jenisnya sendiri di antaranya yaitu wayang mainan, wayang golek, wayang kulit, wayang topeng, dan wayang klitik yang semuanya berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Tak hanya menampilkan koleksi wayang dari dalam negeri saja, pada lantai 2 museum ini Anda juga bisa menyaksikan koleksi wayang dari luar negeri yang berupa boneka.

BACA JUGA:  Pantai Ancol, Wisata Bahari Seru di Jakarta

Lokasi: Jl. Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

7. Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri

Image Credit: Cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Museum Bank Mandiri yang berada di kawasan Pinangsia ini adalah gedung bekas factoriji Belanda, yang kemudian diubah menjadi perusahaan keuangan. Di sini Anda bisa menemukan banyak sekali peralatan perbankan dari zaman dahulu, seperti surat berharga, mata uang kuno, brankas, dan lain sebagainya. Melalui barang barang peninggalan ini, Anda bisa menambah pengetahuan seputar dunia perbankan di zaman dahulu.

Lokasi: Jl. Lapangan Stasiun No.1, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

8. Museum Trisakti

Museum Trisakti

Image Credit: Renjanatuju.wordpress.com

Museum Trisakti adalah sebuah museum yang didirikan sebagai bentuk penghormatan untuk para pejuang reformasi, yang telah gugur pada tahun 1998 lalu. Untuk mengenang peristiwa itu, maka museum satu ini menyimpan koleksi berupa foto, barang barang korban, serta diorama yang menceritakan kerusuhan saat itu. Bahkan di dalam museum juga terdapat puisi karya dari Taufiq Ismail, yang dibuat sehari setelah peristiwa tersebut terjadi.

Lokasi: Lobby Gedung Dr. Syarif Kampus A Universitas Trisakti, Jl. Kyai Tapa No.1, RT.6/RW.16, Tomang, Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat.

9. Mini Waterpark Jakarta Barat

Mini Waterpark Jakarta Barat

Image Credit: Maps.google.com  @wachidin din

Apabila Anda ingin berlibur bersama keluarga sambil mengajak buah hati bermain air, maka mini waterpark adalah destinasi wisata pilihan yang tepat. Objek wisata ini berada di kawasan Villa Meruya, dan menawarkan 3 jenis kolam renang. Yaitu ada kolam renang seluncuran, kolam dewasa, dan kolam anak yang disuguhkan untuk para pengunjung. Di sisi kolam juga ada payung tenda yang dapat Anda gunakan sebagai tempat beristirahat.

Lokasi: Jl. Taman Palem Raya No.1, RT.2/RW.6, Meruya Selatan, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat.

10. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

Image Credit: Suara.com

Kota Tua Jakarta merupakan destinasi yang begitu populer dan sangat terkenal. Tempat wisata ini sejatinya adalah sebuah peninggalan sejarah yang dulunya menjadi pusat perdagangan pada abad ke 16. Di sini Anda bisa merasakan suasana khas zaman dahulu, karena berbagai bangunan yang ada belum mengalami perubahan. Untuk menambah keseruan, Anda dapat menyewa sepeda onthel sambil berfoto dan berkeliling Kota Tua.

Lokasi: Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

11. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium

Image Credit: Mediaindonesia.com

Objek wisata Jakarta Aquarium ini menyajikan pemandangan laut yang begitu indah di dalam kolam raksasa. Di sini Anda tidak hanya bisa bersenang senang saja, namun sekaligus juga belajar. Ajaklah putra putri Anda ke sini, sebab Jakarta Aquarium memiliki koleksi hewan laut yang cukup banyak yang bisa dikenalkan pada anak anak. Tempat wisata ini berada dekat dengan Mall Central Park, sehingga lokasinya mudah untuk dijangkau.

BACA JUGA:  20 Cafe Tempat Nongkrong di Jakarta yang Paling Hits

Lokasi: Tanjung Duren Selatan, Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat.

12. Bentara Budaya Jakarta

Bentara Budaya Jakarta

Image Credit: Wikimedia.org

Objek wisata satu ini adalah tempat kesenian yang berada di bawah naungan Kompas. Sesuai dengan namanya, Bentara Budaya menyuguhkan pertunjukkan kesenian Jakarta juga Indonesia dalam rangka memperkenalkan budaya budaya di Indonesia. Jenis pertunjukkan yang sering ditampilkan yakni lukisan serta berbagai macam kesenian yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Lokasi: Jl. Palmerah Selatan No.17, RT.4/RW.2, Gelora, Kec. Tanahabang, Kota Jakarta Pusat.

13. Kolam Renang Semanan Cengkareng

Kolam Renang Semanan Cengkareng

Image Credit: Datawisata.com

Destinasi wisata ini bisa menjadi tujuan liburan keluarga yang mengasyikkan, dimana Anda bersama keluarga bisa berenang sepuasnya di kolam yang cukup luas. Berbagai fasilitas pun tersedia dengan lengkap, mulai dari kolam renang yang bersih hingga toilet bersih yang jumlahnya cukup banyak. Selain itu tempat wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa wahana permainan air yang tentunya akan disukai oleh anak anak.

Lokasi: Jl. Dharma Pratama No.1, RT.1/RW.12, Semanan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat.

14. Sky Rink

Sky Rink

Image Credit: Ngetripkemana.com

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi bermain ski di atas es, maka tidak perlu jauh jauh ke luar negeri karena di Sky Rink ini Anda bisa menikmati permainan tersebut. Sky Rink berada di dalam Mall Taman Anggrek, dan di sini Anda bisa bermain ski sepuasnya. Cukup dengan hanya membayar tiket masuk yang terjangkau, Anda sudah bisa bermain skil selama 2 jam. Jika ingin lebih lama, maka akan dikenakan biaya charge.

Lokasi: Mall Taman Anggrek, Lantai 3, RT.12/RW.1, Tanjung Duren Selatan, Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat.

15. Taman Cattleya Jakarta

Taman Cattleya

Image Credit: Hariliburnasional.com

Jakarta banyak dikenal sebagai kota yang memiliki hawa panas, serta polusi udara yang cukup tinggi. Bagi Anda yang tengah berjalan jalan di Jakarta Barat dan ingin mencari suasana nyaman nan sejuk, maka bisa datang ke Taman Cattleya satu ini. Di sini Anda bisa melihat pemandangan alam yang rimbun dan hijau, cocok untuk melepaskan penat. Anda akan dimanja dengan panorama pepohonan yang memiliki warna hijau segar di sisi kiri dan kanan taman.

Lokasi: Jl. Anggrek Neli Murni, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat.

Pada masa penjajahan Belanda, Jakarta Barat pernah menjadi pusat pemerintahan dari VOC. Tidak heran apabila di beberapa bagian daerahnya terdapat bangunan bersejarah yang merupakan peninggalan Belanda. Hal ini membuat wilayah satu ini penuh dengan potensi wisata sejarah yang dapat diunggulkan. Selain itu, ada juga objek wisata seru lainnya di Jakarta Barat yang juga cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga.