15 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Paling Hits

Tempat Wisata Jakarta Pusat

Rencana Liburan ke Ibukota? Temukan Beragam Tempat Wisata Populer di Jakarta Pusat. Destinasi Wisata Menarik Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Jelajahi Saat Liburan.

Setiap bagian dari Kota Jakarta memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Begitu pula dengan Jakarta Pusat. Wilayah tersebut terkenal dengan pusat pemerintahan dan pemukiman yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Siapa sangka kota dengan kepadatan penduduk tinggi dan didominasi gedung-gedung bertingkat ternyata memiliki berbagai destinasi wisata memesona yang patut dikunjungi.

Apa saja tempat menarik di Jakarta Pusat? Berikut rekomendasi tempat wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan saat liburan.

1. Monas (Monumen Nasional)

Monas

Image Credit: Soekarnohatta-airport.co.id

Berkunjung ke Kota Jakarta tidak lengkap rasanya tanpa melihat Monas secara langsung. Sebagai informasi, Monas merupakan sebuah tugu yang menjulang tinggi dengan bentukan emas yang ada di puncaknya. Monas adalah ikon pertama Kota Jakarta dan menjadi ciri khas Negara Indonesia. Di sekitar area tugu Anda akan melihat beberapa spot yang memiliki nilai sejarah. Bahkan, di dalam tugu terdapat ruangan yang bisa dimasuki para wisatawan.

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Monas, jangan lupa untuk memasuki ruangan dalam Monas dan naik hingga ke bagian puncak monumen Nasional. Di sana, Anda akan melihat secara langsung suasana Kota Jakarta dari ketinggian puncak Monas. Akses untuk menuju ke Tugu Monumen Nasional juga sangat mudah. Bahkan, ada banyak sekali transportasi umum yang melintasi kawasan Monumen Nasional ikon Jakarta tersebut.

Lokasi: Gambir, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.

2. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Tempat wisata yang menyajikan hiburan rakyat dan pertunjukkan yang patut dikunjungi adalah Taman Ismail Marzuki. Ismail Marzuki merupakan sebuah nama seniman tersohor kebanggaan Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu, taman tersebut mulai dibangun sebagai Taman Ismail Marzuki yang berkembang menjadi sebuah wadah pertunjukan seni, pendidikan, dan kebudayaan lainnya.

Ketika mengunjungi Taman Ismail Marzuki, Anda akan melihat spot dan bangunan khusus yang berfungsi sebagai tempat pertunjukkan. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi spot edukasi planetarium dan perpustakaan yang sudah disediakan pihak pengelola. Berbeda dengan taman pada umumnya, objek wisata Taman Ismail Marzuki banyak didominasi oleh bangunan bangunan seni yang di depannya ada taman ditata rapi dan nyaman.

Lokasi: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

3. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Image Credit: Simas.kemenag.go.id

Salah satu tempat yang juga menjadi ikon Jakarta ialah Masjid Istiqlal. Wisata religi ini digadang gadang memiliki bangunan berarsitektur modern dan termegah di Asia Tenggara. Berkat kemegahannya, Masjid Istiqlal mampu menampung jamaah dengan jumlah ribuan. Desain interior dan ornamen masjidnya pun dibuat dengan sangat memukau. Meskipun dipergunakan sebagai tempat ibadah, Masjid Istiqlal juga terbuka untuk umum.

Para wisatawan yang mengunjunginya bisa menelusuri setiap sudut area masjid serta menjelajahi setiap sudut yang ada di masjid tersebut. Pihak pengelola masjid tersebut juga sering melakukan pemugaran dan renovasi agar tampilan masjid menjadi lebih megah dan lebih baik dari sebelumnya. Masjid yang berada di Jakarta Pusat ini telah menjadi destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.

BACA JUGA:  22 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

4. Museum Nasional

Museum Nasional

Image Credit: Travelblog.id

Di Kota Jakarta Pusat ada banyak sekali museum yang bisa dikunjungi. Mengingat Kota Jakarta merupakan salah satu daerah yang menjadi saksi sejarah kemerdekaan, maka tak heran wilayah tersebut memiliki tinggalan kebudayaan sejarah yang patut dilestarikan. Salah satu museum yang patut dikunjungi ialah Museum Nasional atau yang lebih banyak dikenal sebagai Museum Gajah. Museum ini banyak menyimpan beberapa benda sejarah koleksi Indonesia dan dunia.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kec.Gambir, Kota Jakarta Pusat.

5. Gereja Katedral

Gereja Katedral

Image Credit: Rumah123.com

Satu lagi objek wisata religi yang juga patut dikunjungi adalah Gereja Katedral. Wisata religi ini berlokasi tepat di depan Masjid Istiqlal. Desain eksteriornya sangat menarik akibat perpaduan gaya klasik dengan sedikit sentuhan modern yang menjadi ciri khas gereja tersebut. Objek wisata religi ini dibangun pada masa pemerintahan Belanda yang pada mulanya dipergunakan sebagai tempat pengurusan pemerintahan.

Lokasi: Jl. Katedral No.7B, Pasar Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

6. Taman Suropati

Taman Suropati

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Sebagian orang mungkin mengetahui bahwa Jakarta memiliki cuaca dan suhu yang lumayan panas. Hal ini disebabkan oleh letaknya yang berada di tepian laut dan dataran rendah. Akan tetapi, suhu yang panas akan langsung hilang ketika mengunjungi Taman Suropati. Dikarenakan Taman Suropati merupakan fasilitas umum, maka Anda tak perlu membayar biaya tiket masuk untuk dapat memasuki kawasan taman tersebut.

Lokasi: Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

7. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti

Image Credit: Wikipedia.org

Tempat wisata sejarah yang juga patut dikunjungi ialah Museum Taman Prasasti. Wisata sejarah ini ramai dikunjungi oleh rombongan pelajar yang ingin menambah wawasan terhadap sejarah Indonesia. Di lokasi tersebut, Anda akan disuguhkan beberapa koleksi batu prasasti, tugu, dan nisan. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan beberapa spot foto yang bisa digunakan sebagai latar belakang foto menarik.

Lokasi: Jl. Tanah Abang I No.1, RT.11/RW.8, Petojo Selatan, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.

8. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Tugu Proklamasi adalah salah satu wisata sejarah di Jakarta Pusat. Secara umum, destinasi wisata ini digunakan untuk memperingati pembacaan proklamasi. Di halaman depan, Anda akan melihat patung representasi proklamator Indonesia. Selain memiliki bentuk tugu, bangunan ini juga dilengkapi dengan beberapa relief. Isinya menggambarkan reklamasi sejarah proklamasi. Tempat ini layak dikunjungi untuk mengenal momen kemerdekaan Indonesia masa lampau.

BACA JUGA:  20 Wisata Museum di Jakarta yang Patut Anda Kunjungi

Di bagian kompleks juga terdapat dua monumen berupa patung Sukarno-Hatta dengan ukuran besar dan berdampingan. Monumen tersebut menggambarkan mirip detik detik naskah proklamasi pertama kali dibacakan. Di tengah tengah kedua monumen proklamator terdapat replika patung naskah proklamasi terbuat dari batu marmer hitam. Reklame tersebut dibuat dengan susunan yang mirip naskah ketikan aslinya.

Lokasi: Jl. Proklamasi No.10, RT.10/RW.2, Pegangsaan, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

9. Pecenongan

Pecenongan

Image Credit: Sabigaju.com

Objek wisata di Jakarta Pusat selanjutnya adalah Pecenongan. Wisata Pecenongan sudah ada sejak tahun 1970an. Bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah, Pecenongan merupakan lokasi yang tepat untuk menjajal ragam kuliner setempat. Di sana, Anda dapat mencicipi beragam sajian khas Kota Jakarta atau kuliner lain yang telah dijual di tempat tersebut sejak lama.

Taman Proklamator dibangun di atas tanah dengan luas 4 hektare. Tanah tersebut kemudian dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama merupakan bagian yang paling utama, yakni Tugu Proklamasi. Sebagian orang menyebutnya sebagai Tugu Jarum. Ada juga yang menyebutnya Tugu Wanita karena yang memelopori dibuatnya tugu tersebut ialah kaum wanita Jakarta. Yang terakhir merupakan Tugu Petir, menjadi titik dimana Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi.

Lokasi: Jl. Pecenongan, Kebon Kelapa, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.

10. Istana Merdeka

Istana Merdeka

Image Credit: Worldtourismindonesia.blogspot.com

Arsitektur Istana Bogor terdiri dari bangunan utama yang dipergunakan sebagai wadah untuk melaksanakan acara kenegaraan resmi. Di sebelah kanan terdapat empat kamar tidur untuk sahabat atau kerabat kepala negara yang berkunjung. Di bagian kiri terdapat enam kamar untuk menjamu tamu negara. Serta ruangan yang dipergunakan untuk kantor pribadi presiden Indonesia. Di sisi tersebut juga terdapat perpustakaan yang memiliki koleksi 4.500 buku.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Utara No.3, RT.2/RW.3, Gambir, Kec.  Gambir, Kota Jakarta Pusat.

11. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda

Image Credit: Wikipedia.org

Wisata Museum Sumpah Pemuda Jakarta Pusat sangat cocok untuk mengisi waktu liburan, apalagi saat liburan panjang nasional ataupun hari libur lainnya. Keindahan Museum Sumpah Pemuda ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang ingin mengistirahatkan diri dari kejenuhan aktivitas sehari hari. Di sana, Anda bisa mengedukasi diri dengan menambah wawasan terkait sejarah negara Indonesia.

Di bagian halaman tengah museum terdapat sebuah relief yang menunjukkan reklamasi pergerakan dan perjuangan para pemuda Indonesia sebelum terjadinya proklamasi. Di bagian belakang, Anda akan melihat beberapa patung para tokoh yang berperan dalam perjuangan revolusi kemerdekaan Kongres Pemuda II. Spot inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Museum Sumpah Pemuda yang banyak diincar pencinta fotografi.

Lokasi: Jl. Kramat Raya No.106, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat.

12. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Taman Mini Indonesia Indah merupakan sebuah wisata berupa taman yang berbasis budaya. Taman tersebut menampilkan miniatur gambaran keindahan dan keberagaman Indonesia dalam lahan yang lumayan luas. Objek wisata yang satu ini lebih populer dengan sebutan TMII. Di sana, Anda akan disuguhkan 26 replika rumah adat di Indonesia. Replika rumah tersebut ditampilkan secara lengkap mulai dari Aceh ke Kalimantan dan Papua.

BACA JUGA:  Museum Fatahillah, Menikmati Liburan Sekaligus Belajar Sejarah Jakarta

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat sebuah danau yang berbentuk peta Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Selain itu masih ada banyak sekali kebudayaan setiap provinsi di Indonesia yang bisa ditemui di sana, mulai dari tarian daerah, pakaian adat, rumah ibadah, museum kebudayaan, dan lain lain. Di beberapa spot TMII Anda juga bisa menjumpai kebudayaan khas dari 34 provinsi di Indonesia yang dikemas dengan cara menarik.

Lokasi: Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur.

13. Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional

Image Credit: Perpusnas.go.id

Sebagai tempat yang memiliki posisi sebagai Perpustakaan Nasional RI, perpustakaan tersebut memiliki koleksi buku yang paling lengkap. Tak hanya itu, bangunan yang telah dibuka pada Oktober 2017 silam ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan para wisatawan. Ketika memasuki halaman depan, Anda akan disuguhkan dengan bangunan rumah lawas berseni tinggi. Rumah tersebut kini dijadikan ruang pameran yang menarik.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, RW.2, Gambir, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat.

14. Taman Menteng

Taman Menteng

Image Credit: Ihategreenjello.com

Destinasi wisata Taman Menteng DKI Jakarta Pusat ini memiliki bentuk segi empat nyaris kubus dengan luas sekitar 2 hektar. Wisata Taman Menteng sangat cocok dikunjungi bagi yang ingin berolahraga atau sekedar berjalan jalan. Baru baru ini, pemerintah pusat bersama Presiden Joko Widodo melengkapi fasilitas Taman Menteng dengan tambahan akses internet berupa WIFI gratis. Akses tersebut diberikan secara gratis bagi setiap pengunjung Taman Menteng.

Lokasi: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

15. Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya

Image Credit: Arsitag.com

Destinasi wisata Galeri Indonesia Kaya terletak di wilayah Jakarta Pusat dengan akses yang sangat mudah dijangkau. Di lokasi tersebut terdapat sebuah ruangan edutaimen budaya yang berbasis teknologi digital. Dengan adanya teknologi tersebut para pengunjung bisa lebih berdekatan dengan kreativitas ekspresi para generasi muda di bidang seni. Di hari hari tertentu, Galeri Indonesia Kaya menampilkan beberapa pertunjukan seni yang sangat menakjubkan.

Galeri Indonesia Kaya bisa dibilang sebagai salah satu objek wisata yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas memadai. Fasilitas tersebut dibangun untuk menjamin kenyamanan para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya, area parkir kendaraan, arena edukasi, toilet atau kamar mandi, tempat istirahat para pengunjung, pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi. Untuk bisa memasuki wisata tersebut, Anda tak perlu membayar tiket masuk.

Lokasi: Jl. M.H. Thamrin No.1, RT.1/RW.5, Kebon Melati, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

Deretan tempat wisata yang ada di Jakarta Pusat tersebut memiliki keunikan yang wajib dikunjungi. Dari Monumen Nasional hingga Galeri Indonesia Kaya dapat memberi wawasan dan pengetahuan mengenai Negara Indonesia. Jakarta Pusat didominasi dengan objek wisata bersejarah. Hal ini dikarenakan, kota tersebut menjadi saksi bisu terhadap kejadian kejadian di masa lampau. Selamat liburan!