Jawa Timur

18 Tempat Wisata di Jember

18 Tempat Wisata di Jember

Letak dari kota Jember ini terletak pada bagian paling Timur dari Pulau Jawa tentunya sebelum kota Banyuwangi. Sekilas mungkin bagi beberapa orang kota ini kurang begitu di kenal mengingat terletak cukup jauh di ujung Timur. Akan tetapi tahukah Anda letak geografis dari kota ini cukup indah yang di kelilingi oleh bukit dan gunung disekitarnya. Sedangkan pada bagian Selatan dari kota ini berbatasan langsung dengan Laut Selatan, berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di kota Jember.

1. Pemandian Patemon

Pemandian Patemon

Lokasi: Krajan II, Patemon, Tanggul, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Tempatwisatadaerah.com

Untuk pembukaan dalam membahas Tempat Wisata di Jember. Pembahasan pertama akan di buka dengan Pemandian Patemon, yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kota ini. Mengingat kota ini berada di dataran tinggi jadi ketika Anda mengunjungi tempat ini nantinya Anda akan di sambut suasana udara sejuk dan menyenangkan khas dataran tinggi.

Pada pemandian ini Anda akan di suguhi dengan keadaan sekitar yang indah serta taman-taman yang memanjakan mata. Salah satu tempat yang harus Anda kunjungi ketika berada di kota ini adalah tempat ini. Jadi nantinya ketika Anda merasa gerah selama perjalanan menuju kota ini lebih baik menuju ke tempat ini yah kawan.

2. Pemandian Rembangan

Pemandian Rembangan

Lokasi: Darungan, Kemuning Lor, Arjasa, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Pesona.travel

Masih membahas mengenai pemandian yang ada di kota Jember. Kali ini pemandian yang akan di bahas adalah pemandian rembangan, yang langsung berada di puncak bukit. Medan yang harus Anda hadapi ketika menuju tempat ini cukup menantang yah kawan ada baiknya Anda lebih berhati-hati.

Akan tetapi semua tantangan dan rintangan tersebut akan di bayar impas ketika Anda telah mencapai lokasi ini. Selain pemandian pada tempat ini juga terdapat perkebunan teh serta peternakan sapi. Kondisi alam yang seperti ini sangat cocok Anda kunjungi ketika penat dengan segala rutinitas Anda.

3. Pemandian Kebon Agung

Pemandian Kebon Agung

Lokasi: Gebang Taman, Kb. Agung, Kec. Kaliwates, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatatempatku.com

Kalau gerah selama perjalanan menuju kota ini ada baik nya untuk singgah sebentar di tempat ini. Untuk melepas lelah dan meyegarkan diri sejenak dengan berenang atau bermain air di tempat ini. Air yang ada di tempat ini berasal dari mata air alami yang menyegarkan.

Anda juga dapat menginap dan menikmati kuliner yang ada dan telah di sediakan. Setelah lelah berendam tentunya pasti mengasikan dengan beristirahat sembari memesan makanan untuk dinikmati. Terutama dengan orang yang Anda sayangi nantinya.

4. Kolam Renang Kimo

Kolam Renang Kimo

Lokasi: Jl. Pangeran Limboro, Sumber Salak, Kranjingan, Kec. Sumbersari, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Tripjalanjalan.com

Kolam renang yang ada di tempat ini memiliki konsep yang cukup unik dan menarik. Tentunya semua hal tersebut tidak membosankan untuk Anda kunjungi atau memilih tempat ini sebagai tempat Anda menghabiskan waktu dengan keluarga. Deretan pepohonan yang rindang memenuhi dan mengelilingi tempat ini.

Mejadikan tempat ini cukup sejuk dan menyenangkan untuk Anda kunjungi. Konsep taman yang ada di sekitar tempat ini juga tidak kalah menarik. Jadi tidak pelru ragu lagi untuk mengujungi tempat ini untuk Anda jadikan tempat liburan Anda bersama keluarga.

5. Air Terjun Antrokan

Air Terjun Antrokan

Lokasi: Kali Tengah, Manggisan, Tanggul, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by KSMTour.com

Bisa di katakan tempat wisata yang ada di kota ini cukup lengkap dan tersedia semuanya. Mulai dari pantai, air terjun, dan lain sebagainya yang bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga Anda nantinya. Objek Wisata di Jember berikut ini adalah Air Terjun Antrokan yang masih berada di seputar kota Jember.

Ketinggian dari air terjun ini cukup rendah dari pada air terjun umumnya yaitu memiliki ketinggian 17 meter. Serta kondisi lingkungan yang ada di tempat ini cukup mendukung Anda. Terutama ketika Anda ingin mengunjungi tempat ini bersama dengan keluarga Anda nantinya.

6. Air Terjun Manggisan

Air Terjun Manggisan

Lokasi: Kali Tengah, Manggisan, Tanggul, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Tempat.me

Air terjun selanjutnya berada pada kabupaten Jember lebih tepatnya 60 km dari pusat kota. Air terjun ini memiliki aliran yang cukup deras tentunya tidak di anjurkan Anda untuk langsung berada di bawahnya. Memiliki aliran yang deras serta kualitas air yang masih jenrih dan bersih.

Medan dari lokasi ini lumayan menantang tapi tentunya perjuangan menuju tempat ini akan terbayar impas. Ketika Anda berhasil sampai menuju tempat ini dan menikmati keindahan dari air terjun tersebut. Di jamin Anda tidak akan bosan menikmati keindahan dari tempat ini nantinya.

7. Air Terjun Lereng Raung

Air Terjun Lereng Raung

Lokasi: Sumberarum, Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Dinamakan Air Terjun Lereng Raung karena tempat ini berada pada lereng gunung raung. Karena wilayahnya dari kota ini di penuhi dengan perbukitan. Untuk medan yang akan Anda lalui ketika menuju tempat ini cukup berat dan menantang.

Akan lebih baik Anda menggunakan sendal anti slip atau sendal gunung. Mengingat medan yang curam yang harus Anda lalui serta licinnya bebatuan yang ada di tempat ini. Di tempat ini Anda akan menemui banyak tumbuhan liar yang masih mengelilingi tempat air terjun tersebut.

8. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo

Lokasi: Sumberrejo, Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Travel.kompas.com

Untuk karakteristik pantai yang ada di kota ini memiliki kemiripan dengan beberapa lokasi sekaligus. Yaitu Malang dan Lumajang mengingat pantai tersebut di kelilingi dataran tinggi berupa pegunungan dan bukit. Sebelum mencapai pantai yang akan Anda temui setelah melewati tempat tersebut nantinya.

Pantai yang satu ini memiliki nama Pantai Watu Ulo yang dalam bahasa Jawa memiliki arti Pantai Batu Ular. Menurut legenda batu tersebut tadinya merupakan se ekor ular raksasa yang berubah menjadi batu. Anda bisa melihat batuan raksasa yang mirip dengan ular di tempat ini.

9. Air Terjun Sumber Salak

Air Terjun Sumber Salak

Lokasi: Salak, Sumber Salak, Ledokombo, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Masih belum meninggalkan pembahasan mengenai air terjun yang ada di kota ini. Mengingat kota ini memiliki segudang tempat wisata air terjun yang bisa Anda temui di berbagai tempat. Hal ini tidak terlepas dari kondisi wilayah dari kota ini yah kawan.

Tempat ini memiliki keunikan yang jarang Anda temui di berbagai air terjun yang ada di tempat lain. Yaitu air terjun di tempat ini memiliki dua tingkat yang nantinya sama-sama mengarah ke bawah. Sama halnya dengan tempat air terjun yang ada di kota ini nantinya Anda akan di hadapkan dengan medan yang terjal sebelum mencapai tempat ini.

10. Pantai Paseban

Pantai Paseban

Lokasi: Paseban, Kencong, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Pantainesia.com

Satu lagi pantai yang indah dan menarik dari kota Jember Jawa Timur yang bisa Anda nikmati keindahannya. Nama dari pantai tersebut adalah Pantai Paseban yang memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Meskipun berada di deretan pantai selatan yang memiliki ombak ganas.

Tempat ini aman kok untuk Anda gunakan bermain air dan menimati siraman sinar matahari. Anda juga dapat menikmati indahnya matahari terbit dan tenggelam sekaligus pada tempat ini nantinya. Anda tidak akan menyesal menikmati keindahan dari tempat ini nantinya.

11. Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak

Lokasi: Area Pegunungan Argop, Suci, Panti, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Jembersaja.blogspot.com

Tempat ini berada sebelum memasuki kota Jember dan berada ke arah utara dari kota ini. Air terjun ini banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal yang ingin mendapatkan ketenangan dengan berkunjung ke tempat ini. Berada pada lingkungan yang cukup tersembunyi membuat tempat ini masih terjaga hingga saat ini.

Untuk menuju ke tempat ini nantinya Anda harus menelusuri jalan setapak kurang lebih berjarak 4 kilometer. Sebelum nantinya dapat menikmati pemandangan yang ada di tempat ini dengan aman dan damai.

12. Pantai Papuma

Pantai Papuma

Lokasi: Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Pegipegi.com

Pantai yang satu ini sudah sangat di kenal oleh banyak masyarakat terutama para wisatawan lokal. Lokasi untuk masuk ke pantai ini tidak jauh dari tempat air terjun sebelumnya akan tetapi mengarah jauh ke bagian selatan sekitar 50 km dari jalan raya. Tentunya perjalanan ke tempat ini akan memakan waktu dan jarak.

Tentunya semua hak tersebut akan terbayar lunas jadi Anda tidak usah bingung atau takut tempat ini mengecewakan nantinya. Pantai indah yang di kelilingi tebing di setiap sisi nya dapat Anda nikmati bersama pasagan atau keluarga Anda nantinya.

13. Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo

Lokasi: Sidodadi, Pontang, Tempurejo, Sabrang, Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Kompasiana.com

Tempat ini memiliki arti Air Terjun Batu Tangga mengingat terdapat bebatuan yang besusun layaknya sebuah tangga pada tempat ini. Tempat ini telah ditingkatkan dalam hal fasiltias dan kelangkapan yang menunjang bagi para wisatawan. Seperti mulai adanya mushola, tempat parkir bagi kendaraan Anda, penunjuk arah dan lain sebagainya untuk melengkapi kenyamanan Anda.

Pada beberapa sudut juga terdapat para pedagang yang menjajakan makanannya. Akan tetapi Anda harus tetap ingat untuk mejaga kebersihan dan keindahan dari tempat ini nantinya. Agar tidak rusak dan dikotori oleh banyak sampah para pengunjung.

14. Pantai Bandealit

Pantai Bandealit

Lokasi: Andongrejo, Tempurejo, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Wisatidiprovinsijawatimur.blogspot.com

Kota ini menjadi salah satu kota yang memiliki garis pantai yang cukup panjang dan bersambung dari kota sembelumnya. Hanya saja beberapa pantai yang ada di tempat ini di pisahkan dengan tebing atau bebatuan terjal. Dan pada setiap pisahan tersebut menghasilkan pantai dengan keindahannya masing-masing.

Salah satu dari pantai tersebut adalah pantai bande alit yang indah dan masih asri. Meskipun pantai ini saat ini mulai di hantui dengan beberapa maslah seperti aneka sampah yang mulai banyak menumpuk. Tentunya sangat di sayangkan tempat indah ini di kotori oleh tangan-tangan kurang bertanggung jawab.

15. Pantai Puger

Pantai Puger

Lokasi: Jl. Pelabuhan, Mandaran, Puger Wetan, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Pantai ini berada di kabupaten dari kota ini yang satu jalur dengan jalan menuju Gunung Bromo. Pantai ini tidak kalah menarik dan indah seperti beberapa pantai lainnya. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang akan tetapi dapat berubah sewaktu-waktu.

Ketika Anda pertama kali menuju pantai ini ada baiknya segera menepi ketika ombak mulai membesar. Karena sering kali terjadi kejadian pengunjung terseret arus pada pantai ini. Tentunya hal ini tidak bisa di lepaskan dengan mitos dan legenda yang masih di percaya oleh masyarakat sekitar mengenai ceita pantai ini.

16. Pantai Rowo Cangak

Pantai Rowo Cangak

Lokasi: Kebonsari, Sabrang, Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Ayoberkunjung14.blogspot.com

Tempat ini merupakan salah satu pantai dengan pemandangan yang masih asri. Serta ciri dan karakter dari pasir yang ada di tempat ini adalah pasir hitam yang memiliki kandungan besi. Ombak pada pantai ini juga relatif tenang meskipun berada pada barisan Pantai Selatan.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai tempat memancing. Atau sekedar bermain air untuk sekedar menghabiskan waktu bersama sahabat atau pun keluarga Anda. Deburan ombak yang terus datang seakan menjadi musik yang menyambut Anda ketika tiba di pantai ini.

17. Teluk Love

Teluk Love

Lokasi: Jl. Ambulu – Watu Ulo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Wowhii.com

Destinasi Wisata di Jember ini di namakan seperti itu karena jika di lihat dari kejauhan memiliki bentuk yang mirip dengan bentuk hati. Serta ada dataran tinggi yang nantinya bisa Anda manfaatkan untuk berfoto ria bersama dengan keluarga atau pasangan Anda. Selain itu tempat ini menyajikan pemandangan yang indah loh kawan.

Medan pada tempat ini tidak terlalu berat kok, tentunya bisa Anda jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi Anda. Berfoto dengan background tempat ini mungkin menjadi hal yang paling menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini.

18. Pulau Nusa Barong

Pulau Nusa Barong

Lokasi: Desa Puger Wetan, Kec. Puger, Kab. Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Triptrus.com

Pulau ini merupakan pulau yang masih asri dan memiliki beberapa hewan yang hidup di dalamnya. Sekilas tempat ini juga di juluki sebagai Pulau Ular mengingat pada tempat ini terdapat beberapa hewan liar yang masih berkeliaran. Ekosistem dari tempat ini benar-benar di jaga dengan baik.

Sehingga nantinya ketika mengunjungi tempat ini Anda bisa melihat beraneka macam hewan masih bergerak dengan bebas. Tanpa takut di buru oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Untuk mencapai tempat ini di butuhkan waktu perjalanan selama 1 jam dari daratan utama.