35 Tempat Wisata di Jepara Terbaru & Terhits Dikunjungi

18 Tempat Wisata di Jepara

Jika Berencana Liburan ke Jepara, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Jepara, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Setiap daerah di Jawa Tengah memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Baik dari kondisi geografisnya ataupun dari hal paling sepele seperti kuliner khas. Tentu kondisi alam atau letaknya seringkali mempengaruhi bagaimana wilayah tersebut dianugerahi tempat-tempat wisata yang indah.

Seperti halnya yang ada di Jepara, tempat wisata disana cukup menarik perhatian banyak wisatawan baik lokal ataupun asing. Terutama bagi warga sekitar, waktu liburan yang singkat tidak akan menghalangi mereka untuk memiliki quality time di tempat-tempat indah ini.

1. Pantai Kartini

Pantai Kartini

Image Credit: Twitter.com @a_p_i_k

Siapa yang tidak mengenal keindahan dari Pantai Kartini ? Pantai yang dianugerahi pesona alam memukau ini telah dikelola dengan apik untuk memanjakan para wisatawan. Tidak hanya disodorkan dengan pemandangan indah semata, namun wisatawan juga bisa mencoba berbagai wahana permainan seru.

Banyaknya wahana permainan seru untuk dicoba membuatnya ideal dijadikan sebagai destinasi wisata favorit bersama dengan sahabat maupun keluarga. Menyaksikan festival kebudayaan tahunan, merupakan salah satu daya tarik dari Pantai Kartini yang sayang dilewatkan. Sudahkah Anda mengunjunginya ?

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

2. Kampung Batik Kembangmulyo

Kampung Batik Kembangmulyo

Image Credit: Radarkudus.jawapos.com

Bagi mereka yang suka dengan kerajinan, Tempat Wisata di Jepara yang satu ini tentu sangat recommended untuk dikunjungi. Namanya adalah Kampung Batik Kembangmulyo. Menjadi eduwisata yang ada di Jepara dan telah diresmikan oleh Rumah Zakat di bulan Maret tahun 2019. Kampung Batik Kembangmulyo ini didirikan dengan tujuan untuk menopang pemasaran dan juga produksi batik dari para pengrajin.

Setidaknya ada 20 orang pengrajin batik yang ada di desa ini dengan batik yang bermotif khas. Nama batik tersebut adalah Batik Kembangmulyo. Lokasi dari Kampung Batik Kembangmulyo ini berada di Jalan Bougenvil Raya 18 Mulyoharjo. Lokasi yang masuk di Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bougenvil Raya No. 18, Mulyoharjo, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

3. Pantai Pulau Panjang

Pantai Pulau Panjang

Image Credit: Twitter.com @detikcom

Jepara tidak pernah membosankan untuk dikunjungi berkat goresan keindahan alam yang dimiliki oleh Pulau Panjang. Pulau mungil satu ini memiliki laut yang cukup dangkal dan arus air laut yang cukup tenang. Hal ini membuatnya ideal dijadikan sebagai tempat berkano atau berenang santai di sekitar pulaunya sambil melihat ikan ikan berenang santai.

Sedangkan air lautnya yang begitu jernih membantu wisatawan melihat keindahan bawah laut tanpa menyelam sekalipun. Garis pantainya yang memanjang, berhasil membuat siapapun takjub dan betah berada disana meski hanya duduk santai memandang alam sekitar. Banyak aktivitas seru dilakukan berhasil membuat wisatawan semakin enggan untuk pergi.

Apabila tertarik mengunjungi pulau cantik ini, wisatawan bisa menyeberang menggunakan kapal yang disewa dari Pulau Kartini. Tidak butuh waktu lama, Anda sudah bisa melihat garis pantainya yang memanjang tampak di depan mata. Bahkan hanya dengan duduk santai di bibir pantainya saja sudah berhasil membuat rasa penat luntur seketika.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujungbatu I, Ujungbatu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

4. Puncak Distoroto

Puncak Distoroto

Image Credit: Instagram @zacki_fuad

Destinasi yang juga terbilang baru adalah Punca Distoroto. Tempat wisata ini dibuka dipertengahan 2018 yang mana sempat ramai karena mengikuti tren kekinian. Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah dari ketinggian bukit. Dari sinilah nanti pengunjung bisa berswafoto di spot-spot yang sudah disediakan.

Seperti misalnya gardu pandang Puncak Distoroto, gardu pandang bintang hingga rumah pohon dan jendela langit. Lokasi Puncak Distoroto ini berada di Desa Damarwulan, Kecamatan Keling. Pengunjung seringkali datang untuk hunting dan berfoto ria di spot-spot yang indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damarwulan, Kec. Keling, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

5. Pertapaan Ratu Kalinyamat

Pertapaan Ratu Kalinyamat

Image Credit: Facebook.com @cafeseduhlurkalinyamat

Ratu Kalinyamat dikenal sebagai sosok anti Portugis, dan berhasil tercatat sejarah sebagai ratu yang berani mengirimkan armada terbesarnya menuju Selat Malaka. Aksi ini dilakukan untuk membantu sultan Johor melawan Portugis. Walaupun peperangan tersebut berhasil dimenangkan, namun namanya telah terkenal dan ditakuti oleh Portugis.

Ratu Kalinyamat memiliki nama asli sebagai Retna Kencana, yang tidak lain adalah seorang putri Raja Demak, Sultan Trenggono. Sayangnya sang suami tercintanya tewas dibunuh oleh anak buah Arya Penangsang ketika dalam perjalanan pulang usai menghadap Sunan Kudus. Sejak saat itulah sang ratu yang disegani ini terpukul dan menyimpan dendam sehingga lebih memilih bertapa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sonder, Krajan, Tulakan, Kec. Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

6. Hutan Wisata Sreni

Hutan Wisata Sreni

Image Credit: Japaraspezial.blogspot.com

Hutan wisata yang satu ini akan memanjakan siapa saja dengan segala keindahannya. Mulai dari lingkungan yang asri hingga udara yang sejuk dengan pemandangan alam yang elok di depan mata. Agar bisa mendapatkan pemandangan yang lebih menarik, pengunjung bisa mengeksplore lagi melalui gardu pandang yang sudah ada.

Spot foto yang tersedia begitu banyak dimana tempat ini seringkali menjadi tempat hunting. Hutan Wisata Sreni berada di Bategede, Nalumsari. Tak sedikit yang menggunakan hutan ini untuk foto prewedding atau acara lainnya karena banyak spot foto instagenic.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tirto, Bategede, Kec. Nalumsari, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

7. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan

Image Credit: Facebook.com @jeparahariini

Pantai Bandengan termasuk destinasi wisata populer dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Ketika menapakkan kaki di kawasan wisatanya, terlihat hamparan pasir berwarna putih siap memanjakan mata. Di tempat ini pula, Anda bisa menemukan berbagai fasilitas mulai dari perahu hingga tenda khusus untuk berteduh.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

8. Bukit Ragas

Bukit Ragas

Image Credit: Travelingyuk.com

Bukit Ragas merupakan danau bekas penambangan yang memiliki keindahan alam begitu memukau dengan view perbukitan. Untuk mereka yang ingin menyingkir sejenak dari kesibukan dan butuh suasana tenang maka di tempat ini memanglah tepat. Pengunjung bisa melihat dan mengeksplor bagaimana keindahan yang ada disini.

Keindahan ala Danau Kelimuti yang ada di BUkti Tafas dan menjadikannya sebagai spot foto yang keren. Lokasi Bukit Tagas ini berada di Desa Clering, Kecamtan Donorejo, Kabupaten Jepara. Untuk mencapai lokasi ini juga tidak begitu sulit karena sudah cukup popular oleh warga sekitar.

BACA JUGA:  7 Makanan Khas Karanganyar yang Wajib Anda Coba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kedungsari, Clering, Kec. Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

9. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur

Image Credit: Google Maps (Je Senpai)

Destinasi wisata bahari selalu berhasil menghadirkan senyum dan kebahagiaan bagi wisatawan, salah satunya ketika berkunjung ke Pantai Teluk Awur. Disini wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam eksotis yang berpadu dengan rindangnya hutan bakau. Selain menikmati keindahan alam sekitar, kawasan wisata ini juga kerap dijadikan sebagai tempat lalu lalang kapal.

Ketika sampai di kawasan wisatanya, terlihat air lautnya yang begitu jernih dan menyegarkan seakan mengajak wisatawan merasakan kesejukannya. Bahkan air lautnya dipercaya ampuh menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tidak heran jika wisatawan tertarik bermain air di sekitar bibir pantainya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teluk Awur, Telukawur, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

10. Karimun Jawa

Karimun Jawa

Image Credit: Padmagz.com

Menjadi salah satu ikon dari parwisata Jepara, Karimun Jawa memang patut untuk dikunjungi. Destinasi ini menawarkan bagaimana sensasi liburan yang lengkap dengan pemandangan pantai nan eksotis. Ada perbukitan yang menawan hingga hutan bakau dan alam bawah laut yang tidak kalah mempesona juga.

Tempat wisata ini memang begitu recommended untuk aktivitas seperti snorkeling, diving, hunting foto hingga sebagai tempat untuk berbulan madu. Lokasi Karimun Jawa ini berada di Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Banyak wisatawan yang berkunjung terutama pada saat musim liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

11. Masjid Mantingan

Masjid Mantingan

Image Credit: Google Maps (Yosi Mui)

Masjid Mantingan tercatat sebagai tempat ibadah tertua yang ada di kawasan Kabupaten Jepara. Masjid yang memiliki luas cukup lapang ini mengusung konsep unik, yaitu menggabungkan berbagai unsur keagamaan untuk dituangkan dalam satu bangunan. Kemudahan akses menuju kawasan wisatanya membuatnya ramai dikunjungi wisatawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mantingan, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

12. Puncak Jehan

Puncak Jehan

Image Credit: Nunorahman.wordpress.com

Puncak Jehan merupakan wisata yang menawarkan sensasi liburan berbeda. Ada panorama alam yang begitu menakjubkan. Meski memang membutuhkan perjuangan ekstra untuk bisa sampai pada puncak, perjalanan yang dilalui tidak akan sia-sia.

Wisatawan bisa menjelajahi setiap keindahana Puncak Jehan dan mengabadikannya dengan kamera. Lokasi Puncak Jehan ini berada di Desa Kunir, Keling. Ada panorama yang masih begitu hijau dan bisa dilihat dari ketinggian.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kunir, Kec. Keling, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

13. Tiara Park Waterboom

Tiara Park Waterboom

Image Credit: Facebook.com (Nauri Jersy)

Berkunjung ke Jepara bersama dengan keluarga tersayang ? Jangan lupa untuk mampir ke Tiara Park Waterboom. Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya wahana permainan air yang siap memberikan warna di hari libur. Uniknya destinasi wisata ini tidak hanya menyediakan satu kolam saja, amun Anda bisa menemukan sejumlah kolam renang dengan kedalaman berbeda.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kenari, Purwogondo IV, Purwogondo, Kec. Kalinyamatan, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

14. Pantai Punuk Sapi

Pantai Punuk Sapi

Image Credit: Alamtradisional.blogspot.com

Pantai inimasih begitu alami dengan keindahan alamnya yang mempesona. Pantai Punuk Sapi juga sering disebut dengan Pantai Lemah Abang. Pantai yang memiliki pasir berwarna hitam dan nuansa tanah berwarna merah yang begitu eksotis. Konon dulunya tempat ini adalah petilasan dari Syekh Siti Jenar.

Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dimana kita juga bisa menanti momen sunset dengan view terbaik yang ada ditempat ini. Lokasinya berada di Desa Balong, Kecamatan Kembang. Pantai punuk sapi merupakan pantai dengan kondisi alam yang masih terjaga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balong, Kec. Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

15. Pantai Ombak Mati

Pantai Ombak Mati

Image Credit: Twitter.com @wisatafavorit

Sesuai sebutan namanya sendiri, disini pengunjung bisa merasakan bahwa pantai satu ini hampir tidak memiliki ombak sama sekali layaknya pantai pada umumnya. Sesekali hanya terdengar deburan air cukup pelan di bibir pantai serta terpaan angin lembut yang memberikan nyanyian alam, membuatnya terasa nyaman dijadikan sebagai tempat bersantai.

Suasana yang begitu nyaman dan tentram, sangat cocok bagi mereka yang mencari suasana berbeda. Bahkan di tempat ini, tidak akan terlihat bangunan permanen menjulang tinggi layaknya hidup di perkotaan. Sebagai gantinya, para pengunjung hanya melihat bangunan yang dikelola dengan mengusung konsep alam. Siapapun yang mengunjunginya akan dibuat takjub tiada henti.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bondo, Kec. Bangsri, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

16. Air Terjun Jurang Nganten

Air Terjun Jurang Nganten

Image Credit: Travelxtrans.com

Meski memang membutuhkan perjuangan yang tak mudah, tetapi jika sudah sampai di lokasi air terjun ini tentu akan merasa puas. Keindahan air terjun yang mempesona dengan nuansa alam yang ada di sekitarnya memang begitu asri dan cukup untuk menghilangkan kepenatan.

Tempat ini cocok bagi mereka yang ingin hunting foto dan mencari ketenangan. Lokasi Air Terjun Jurang Nganten ini berada di Tanjung Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Keindahan alam sekitar ini memang menjadi daya tarik terbesar untuk para wisatawan local ataupun asing.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung, Kec. Pakis Aji, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

17. Museum R.A Kartini

Museum R.A Kartini

Image Credit: Twitter.com @lintangbuana

Museum R.A Kartini termasuk destinasi wisata sejarah yang tidak pernah mati ditelan tren masa kini. Sesuai pemberian namanya sendiri, destinasi wisata satu ini dibuat dengan maksud mengenang pahlawan emansipasi wanita yang berasal dari Kota Jepara tersebut. Gedung museum ini terdiri dari 3 gedung berbeda dengan desain menyerupai huruf K, T, serta N.

Walaupun diberikan nama R.A kartini, ternyata museum ini tidak hanya memamerkan peninggalan dari sang pahlawan wanita tersebut saja. Namun di tempat ini pula wisatawan dapat melihat berbagai koleksi benda purba yang masih terjaga dengan baik. Sedangkan ruangan koleksinya sendiri dibagi menjadi 4 bagian, sehingga Anda tidak akan pernah bosan mengunjunginya.

Harga Tiket: Rp 1.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Panggang I, Panggang, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

18. Air Terjun Gembong

Air Terjun Gembong

Image Credit: Shopback.co.id

Masih dengan tempat wisata yang berupa air terjun. Kali ini Jepara memiliki Air Terjun Gembong yang menawarkan keindahan alam masih terjaga. Meski begitu, untuk mencapainya membutuhkan perjuangan karena memang medan menuju air terjun tidaklah mudah. Cocok bagi mereka yang suka petualangan.

BACA JUGA:  Candi Borobudur, Candi Terbesar di Dunia Kebanggan Indonesia

Aliran air yang cukup deras di lokasi membuat suasana jadi semakin dingin dengan percikan air yang terasa menyegarkan. Lokasi Air Terjun Gembong ini berada di Dukuh Papasan, Bangsri. Masuk di Kabupaten Jepara dan area jalan yang cukup menantang membuat pengunjung harus berhati-hati betul.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh Papasan, Kec. Bangsri, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

19. Air Terjun Grenjengan Dowo

Air Terjun Grenjengan Dowo

Image Credit: Facebook.com @joko.nelongso

Jepara tidak hanya terkenal dengan cerita sejarahnya semata, namun juga dikenal dengan banyaknya destinasi wisata air terjunnya. Air Terjun Grenjengan Dowo misalnya, disini pengunjung akan disuguhkan dengan air terjun menawan yang siap memanjakan mata. Hanya saja pengunjung harus berusaha keras untuk bisa sampai di kawasan wisatanya.

Sebab Air Terjun Grenjengan Dowo termasuk destinasi wisata yang masih asri dan jarang dijamah oleh manusia. Sehingga akses menuju lokasi wisatanya terbilang cukup sulit, mengingat jalannya yang terjal dan cenderung berbatu. Namun usaha menaklukkan perjalanan akan dihadiahi sebuah kebanggan tersendiri.

Sejak memasuki kawasan wisatanya, Anda akan dibuat takjub tiada henti berkat keindahan alamnya yang begitu memukau. Bahkan selama di perjalanan, suguhan pemandangan serba hijau berupa hutan dan perkebunan siap memanjakan mata. Sedangkan suasananya yang tentram dan nyaman, membuatnya cocok bagi mereka yang mencari ketenangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dudakawu, Kec. Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

20. Danau Blingoh

Danau Blingoh

Image Credit: Tambo.co.id

Danau ini memiliki eksotisme yang akan memanjakan kita dengan sejuta keindahan yang dimilikinya. Meski danau ini adalah area bekas galian tambang batu kapur, tetapi keindahannya tak bisa dipungkiri memikat hati. Airnya juga bernuansa hijau alami dengan view perbukitan sebagai backgroundnya.

Danau Blingoh merupakan tempat wisata yang sangat instagrammable untuk keperluan berfoto ria. Lokasi dari Objek Wisata di Jepara ini berada di Dukuh Lembah, Desa Blingoh. Danau dengan keindahan dan pemandangan asri yang memikat hati mampu menjadikan pikiran lebih fresh lagi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Blingoh, Kec. Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

21. Akar Seribu Plajan

Akar Seribu Plajan

Image Credit: Google Maps (A. Ismail)

Namanya sendiri didapatkan dari banyaknya akar yang ada pada satu pohon karet raksasa. Pohon yang diperkirakan berusia cukup tua ini memiliki akar yang merembet ke berbagai arah yang mengubah kawasan tersebut bak hutan akar saja. Justru keunikan inilah yang menjadi daya tarik utama dari Akar Seribu Plajan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Plajan, Kec. Pakis Aji, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

22. Candi Bubrah

Candi Bubrah

Image Credit: Sasadaramk.blogspot.com

Candi Bubrah memiliki kesan eksotis tersendiri dengan bentuk yang unik. Ada tumpukan batu yang terkesan berantakan tetapi disitulah seninya. Bangunan candi ini juga menyimpan cerita sejarah. Ada yang menyebut bahwa Candi Bubrah merupakan pintu gerbang dari Candi Angin di dataran lebih tinggi.

Dengan bentuk yang unik, candi ini bisa menjadi spot foto yang begitu keren. Lokasi Candi Bubrah berada di Desa Tempur, Kecamatan Keling. Pengunjung bisa melihat bagaimana bentuk dan wujud Candi Bubrah yang merupakan peninggalan Kerajaan Kalingga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh Duplak, Tempur, Kec. Keling, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

23. Pulau Mandalika

Pulau Mandalika

Image Credit: Twitter.com @wisatafavorit

Pulau Mandalika termasuk salah satu pulau yang menyodorkan keindahan alam tiada dua. Selain dijadikan sebagai tempat bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar, pulau satu ini juga kerap dijadikan sebagai spot mancing favorit. Bukan tanpa alasan, pasalnya di dekat pantai tersebut dihuni oleh segerombolan berbagai jenis ikan mulai dari kakap hingga kerapu.

Selagi asyik memancing, Anda bisa menyaksikan goresan indahnya garis pantai Mandalika yang berhiaskan dengan batuan karang tampak berdiri kokoh secara acak. Pengunjung juga bisa menemukan flora endemik yang dikenal dengan nama nongko eleng, atau tanaman nangka yang tumbuh di bagian pangkal akar. Dijamin Anda tidak akan pernah bosan mengunjunginya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Jepara, Jawa Tengah.

24. Goa Tritip

Goa Tritip

Image Credit: Travelingyuk.com

Goa yang menjadi tempat wisata ini menyajikan keindahan alam yang cukup maksimal. Ada view panorama pantai, perbukitan hingga pemukiman yang cukup menawan. Meski aksesnya memang menantang tetapi rasa lelah seperti bisa hilang saat berada di lokasi wisata. Banyak pengunjung yang memuji kondisi alam sekitar Goa Tritip.

Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan momen liburan bersama keluarga di tempat wisata ini. Lokasi Goa Tritip ini berada di Sidorejo, Desa Ujungwatu. Tempatnya memang masuk ke dalam ecamatan Donorejo tetapi akses dan jalannya memang sulit.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sidorejo, Ujungwatu, Kec. Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

25. Pantai Gua Manik

Pantai Gua Manik

Image Credit: Google Maps (Won Nisya)

Bertandang ke Jepara akan kurang lengkap sebelum mengunjungi Pantai Gua Manik. Pantai indah yang berhiaskan pasir berwarna putih nan bersih ini begitu memanjakan mata. Air lautnya pun terlihat jernih dan menyegarkan, sehingga siapapun akan dibuat terpesona dan takjub tiada henti ketika pertama kali melihatnya.

Selain menyodorkan pemandangan eksotis, destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas memadai untuk kelancaran acara berlibur. Mulai dari area motor cross, gazebo, hingga tempat makan bisa ditemukan disini. Bahkan dari lokasi wisata tersebut, wisatawan bisa menyaksikan keindahan dari Benteng Portugis dan Pulau Mandalika.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banyumanis, Kec. Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

26. Jepara Ocean Park

Jepara Ocean Park

Image Credit: Wisatabaru.com

Beralih pada wisata yang satu ini. Taman rekreasi yang bernama Jepara Ocean Park ini memiliki konsep istana Rusia dan juga Mediterania ala negeri dongeng yang dilengkapi juga dengan 36 slide waterpark yang seru. Karena lengkapnya wahana di Jepara Ocean Park ini, banyak wisatawan yang datang dan menjadikannya sebagai spot favorit.

Disini nanti pengunjung bisa mencoba wahana flying fox dengan ketinggian sekitar 20 meter. Ketinggian ini cukup memacu adrenalin yang membuat liburan juga makin asyik. Lokasi Jepara Ocean Park ini berada di Pantai Mororejo, Mlonggo. Masuk sebagai daerah di Kabupaten Jepara dengan konsep yang disukai anak-anak.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pemalang Terbaru & Terhits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Mororejo, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

27. Hutan Pinus Setro Batealit

Hutan Pinus Setro Batealit

Image Credit: Google Maps (Muna Nail)

Hutan Pinus Setro Batealit termasuk destinasi wisata menarik dikunjungi. Disini Anda bisa melihat keindahan pepohonan pinus yang tampak berjejer rapi. Puas menikmati sajian alamnya, wisatawan juga bisa menikmati area spot air terjun yang tidak kalah menarik perhatian. Bahkan kawasan wisata hutan lindung ini kerap dijadikan sebagai tempat berkemah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Setro, Kec. Batealit, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

28. Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit

Image Credit: Piknikasik.com

Dalam bahasa jawa, Songgolangit artinya menyangga langit. Ketinggian sekitar 80 meter ini tentu memanjakan mata kita yang ingin menikmati pemandangan alam sekitar.  Cocok untuk mereka yang ingin melihat pemandangan asri berupa pepohonan hijau dan air terjun yang segar.

Air terjun songgo langit ini mampu menjadi destinasi wisata andalan untuk para pendatang. Lokasi Air Terjun Songgolangit berada di DesaBucu, kecamatan kembang. Air terjun yang masih terjaga suasana dan kesejukannya.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bucu, Kec. Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

29. Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak

Image Credit: Wikipedia.org

Pantai Empu Rancak masuk dalam daftar destinasi wisata yang masih jarang dijamah oleh manusia. Walaupun namanya tidak terlalu populer, namun belakangan kawasan wisata mulai terlihat sedikit lebih ramai dibandingkan beberapa tahun silam. Hal ini menunjukkan adanya antusias wisatawan untuk mengunjungi pantai cantik satu ini.

Sejak menapakkan kaki di area wisatanya, terlihat hamparan pasir putih bersih nan lembut tampak menyapa. Selain suguhkan pesona wisata bahari yang menyegarkan mata, daya tarik Pantai Empu Rancak ditemukan dari adanya bangunan mushola yang memiliki bentuk bak menyerupai gabungan Masjid Menara Kudus dan Masjid Agung Demak.

Sedangkan bagian gapuranya sendiri menyerupai Gapura Masjid Robayan serta Gapura Masjid Mantingan. Hanya dengan melihatnya secara langsung, Anda bisa mengetahui mengapa Pantai Empu Rancak menarik dikunjungi. Puas melihat keindahan alam sekitar, jangan lupa mencicipi aneka kuliner lezat sebagai penutup acara.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karanggondang, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

30. Pulau Panjang

Pulau Panjang

Image Credit: Pegipegi.com

Namanya adalah pulau panjang yang merupakan pulau eksotis di Jepara. Ada panorama pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang juga bersih. Pulau ini coock untuk dijadikan refreshing dan menyingkir sejenak dari rutinitas. Selain itu, pengunjung juga bisa berkeliling pulau dan menjelahjahi keindahannya serta mencari spot foto yang kece.

Ada juga dermaga yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto dengan background Pulau Panjang. Lokasi dari Pulau Panjang ini berada di Ujungbatu, kecamatan Jepara. Mereka yang ingin mengasingkan diri dari kebisingan kota bisa menginap di Pulau Panjang dan menikmati suasana alam yang begitu menenangkan.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujungbatu, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

31. Pantai Tegalsambi

Pantai Tegalsambi

Image Credit: Instagram.com @cholil26

Pantai Tegalsambi sebenarnya masih menjadi satu dengan Pantai Teluk Awur. Namun apa yang membuat pantai satu ini terlihat istimewa dan berbeda ? Di tempat ini, Anda bisa melihat adanya pelabuhan kecil yang digunakan sebagai tempat khusus perahu berlabuh. Bahkan di area wisatanya, terlihat beberapa hotel atau tempat penginapan lainnya siap memanjakan para pengunjung.

Berkat adanya penginapan tersebut, wisatawan yang datang dari luar kota dapat menyaksikan keindahan alam sekitar lebih puas. Akses menuju Pantai Tegalsambi pun terbilang cukup mudah, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat berlibur idaman bagi keluarga tercinta. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, sehingga agenda berlibur berjalan lancar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Telukawur, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

32. Bukit Bejagan

Bukit Bejagan

Image Credit: Hipwee.com

Nama Bukit Bejagan merupakan Destinasi Wisata di Jepara. Tak asing mendengar nama ini karena memang banyak wisatawan yang datang untuk mengisi waktu liburan di akhir pekan. Ada nuansa alam yang begitu hijau dan hamparan sawah yang menyejukkan mata.

Siapapun yang memejamkan mata di atas ketinggian Bukit Bejaga ini tidak hanya membuat pikiran makin rileks tetapi juga membuat kita takjub akan ciptaan Tuhan. Lokasi Bukit Bejagan berada di Desa Wisata Tempur, Keling. Tepatnya masuk di Kabupaten Jepara dengan keindahan alam yang tak bisa dibandingkan dengan lainnya.+

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Duplak, Tempur, Kec. Keling, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

33. Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok

Image Credit: Twitter.com @ki_embuhsapa

Hanya mendengar namanya, Anda pasti memahami bahwa air yang meluncur dari ketinggian tersebut tampak terjun bebas ke berbagai arah. Sayangnya akses menuju lokasi wisatanya terbilang cukup ekstrim, sehingga hanya mereka yang bernyali besar dapat mengunjunginya. Bahkan pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki dari pemukiman penduduk.

Selama perjalanan menuju lokasi wisata, Anda harus bergelut dengan hutan rindang dan area persawahan yang siap memanjakan mata. Rasa lelah selama perjalanan akan tergantikan dengan rasa puas ketika bisa melihat keindahannya dari dekat. Tidak heran jika berkunjung ke Air Terjun Grenjengan Dowo menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta alam dan petualangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Somosari VI, Somosari, Kec. Batealit, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

34. Benteng Portugis

Benteng Portugis

Image Credit: Situsbudaya.id

Tidak hanya wisata alam yang dimiliki oleh Jepara. Tetapi mereka juga memiliki wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Benteng Portugis merupakan tempat yang juga bisa dikunjungi saat berada di Jepara. Bagi mereka yang pecinta travelling, benteng ini juga menawarkan suguhan keindahan alam yang banyak disukai oleh para wisatawan.

Sebab lokasi dan posisi dari benteng ini memang berada di pinggir laut. Artinya memiliki pemandangan yang epic dan memanjakan mata. Lokasi Benteng Portugis ini berada di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo. Siapa saja yang datang bisa bersama rombongan dan anak-anak karena menjadi wisata sejarah ataupun edukasi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Benteng Portugis-Tayu KM. 48, Banyumanis, Kec. Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

35. Kuliner Pantai Pungkruk

Kuliner Pantai Pungkruk

Image Credit: Wikipedia.org

Setelah puas berjalan-jalan di beberapa tempat wisata alam, wisatawan bisa mampir untuk menikmati kuliner lezat. Rekomendasi wisata kuliner ini adalah di Kuliner Pantai Pungkruk. Ada banyak sajian kuliner seafood yang bisa membuat kita nambah porsi.

Lokasi tempat wisata kuliner ini berada di sekitar 7 km dari kota Jepara atau 2 km dari pantai Bandengan. Wisatawan bisa mencari warung makan yang menyediakan gazebo diatas laut dengan nuansa menggembirakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mororejo, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Jepara menyimpan sejuta makna yang membuat siapa saja betah. Terutama bagi para wisatawan asing ataupun lokal, memilih tempat wisata disini tidaklah sulit. Ada wisata alam berupa pantai, goa dan danau. Ada juga wisata seperti waterboom dan kuliner pantai pungkruk. Manakah yang ingin anda kunjungi saat liburan?