39 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Terhits Dikunjungi

29 Tempat Wisata di Jogja

Ingin Liburan ke Jogja? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta. Objek Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian & Paling Hits untuk Anda Dikunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Yogyakarta selalu menjadi kota yang padat wisatawan saat memasuki musim libur. Sesuai dengan namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta, kota yang masih kental dengan adat dan nuansa keraton ini menjadi sangat istimewa dimata pengunjung.

Selain wisata bertema adat, Jogja juga dikenal dengan wisata alam budaya, wisata belanja, dan wisata kuliner. Jogja menyuguhkan berbagai pesona yang bisa dinikmati semua kalangan. Dari candi, pantai, hingga pusat perbelanjaannya menjadi destinasi wisata yang menarik.

Penduduk lokalnya yang amat ramah dan biaya hidupnya yang masih murah menambah kesan istimewa dari Jogja. Banyak wisata di Jogja yang bisa dinikmati tanpa merogoh kocek yang mahal pula, bahkan ada yang gratis.

1. Tugu Jogja

Tugu Jogja

Image Credit: Dutawisata.co.id

Tugu Pal Putih adalah nama lain dari Tugu Jogja yang banyak terkandung makna dan filosofi pada tugu tersebut. Lokasi Tugu Jogja berada di jalan Jenderal Sudirman dan Margo Utama yang letaknya ada di perempatan jalan yang memiliki simbolis tentang Jogja.

Tugu Jogja sekarang menjadi objek pariwisata yang banyak yang dikunjungi oleh wisatawan rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke Jogja tanpa berfoto di tempat ini. Karena sebagian pengunjung luar daerah rasanya tidak lengkap jika tidak mampir ke tempat ini.

Lokasi: Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Candi Ratu Boko atau yang sebenarnya dikenal sebagai kompleks kerajaan ini terletak di atas bukit yang tinggi di desa Bokoharjo, yaitu sekitar 195,97 meter di atas permukaan laut. Gerbang masuknya yang ikonik, hamparan rumput yang indah dan luas, paseban, goa, bekas pendopo, serta keputren dengan kolam yang amat unik akan memanjakan mata Anda.

Kompleks candi ini sangatlah luas yaitu mencapai 25 hektar. Anda bisa menikmati sunset terbaik di kompleks ini. Lokasinya tak jauh dari kompleks Candi Prambanan. Apabila ingin masuk ke candi ini, Anda harus membayar Rp 40.000 untuk wisatawan domestik dan 25 USD untuk wisatawan mancanegara. Di Candi Ratu Boko kita bisa mengenal lebih jauh tentang sejarah di masa lalu peninggalan masa kejayaan kerajaan di Jaman dahulu.

Lokasi: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No. 2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Kalibiru

Kalibiru

Image Credit: Tentangpariwisata.wordpress.com

Wisata Alam Kalibiru lokasinya berada di sisi barat Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu di Kulon Progo yang sangat diminati oleh para wisatawan berbagai daerah. Rute menuju objek wisata di Kalibiru ini tidaklah sulit dan medannya mudah dituju terutama jika melewati Waduk Sermo yang indah panoramanya.

Namun jika kita sampai datang ke lokasi ini kita akan langsung puas dengan pesona keindahan wisata Kalibiru. Berbagai fasilitasnya telah disediakan oleh pengelola untuk kenyamanan bagi para pengunjung seperti homestay, camping ground, arena outbond, sampai tempat makan.

Lokasi: Hargowilis, Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Alun-Alun Kidul

Alun-alun Kidul

Image Credit: Pegipegi.com

Alun-alun merupakan ciri khas identitas di tiap kota dan kota Jogja menawarkan pesonanya terutama di saat menjelang malam hari. Alun-alun selalu ramai banyak di padati oleh pengunjung di malam hari dengan kehadiran suasana yang hangat dan kita bisa menikmati kuliner yang di jajakan di sepanjang jalan.

Lokasi Alun-alun Kidul terletak di Selatan kota Jogja tepatnya di Jl. Alun-alun Kidul, kita bisa menikmati suasana khas yang berbeda. Di tempat ini selalu dipadati pengunjung dari warga Jogja sampai luar daerah karena tempatnya yang klasik dan romantis.

Lokasi: Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kec. Kraton, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Watu Lumbung

Watu Lumbung

Image Credit: Bakpiamutiarajogja.com

Watu Lumbung adalah salah satu destinasi wisata yang disarankan untuk dikunjungi dan berwisata edukasi di Jogja dengan cara yang unik dan mengasyikkan. Di tempat ini banyak terdapat perpustakaan yang sederhana namun lengkap disini kita bisa belajar berbagai hal dan bisa melakukan persembahan buku.

Persembahan minimal 3 buku maka kita akan mendapatkan reward berupa merchandise gratis, minuman bahkan makanan selain itu kita bisa menanam pohon disini. Musik akustik bisa kita nikmati di hari Jumat yang diadakan di Watu Lumbung dan kita bisa mendengarkan alunan musik yang memecah syahdu di kehangatan suasana.

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Image Credit: Babatpost.com

Museum ini merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Jogja. Semua aktivitas dan pengetahuan tentang Gunung Merapi tersimpan baik di sini. Terdapat dua lantai yang ada di museum ini.

Lantai pertama akan ada foto erupsi Gunung Merapi sampai alat pemantaunya. Sedangkan lantai dua Anda bisa menikmati replika Merapi, simulasi yang ditampilkan di LCD, hingga peraga-peraga. Apabila Anda ingin mengunjunginya, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang, sedangkan untuk mancanegara Rp 10.000.

Lokasi: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman.

7. Goa Jomblang

Goa Jomblang

Image Credit: Garudacitizen.com

Goa ini berbentuk vertikal yang disebabkan karena permukaan tanah yang runtuh. Tanaman-tanaman itu tidak ikut runtuh dan malah tumbuh di dalam goa sehingga membentuk hutan yang diberi nama hutan purba.

Anda dapat mencoba suasana menyusuri goa dengan berjalan kaki menggunakan peralatan yang aman. Terdapat pula sebuah lorong yang akan menghubungkan pengunjung dengan Goa Grubuk yang disusun dengan batu, dihiasi dengan stalaktit, stalagmite, serta kristal yang membuat pengunjung merasa tidak bosan.

Lokasi: Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul.

8. Goa Pindul

Goa Pindul

Image Credit: Tripjogja.co.id

Di gunung kidul, objek wisata ini termasuk yang sangat terkenal dan menjadi ikon pariwisata kota Jogja. Goa Pindul menawarkan wisata yang menguji adrenalin Anda, yaitu cave tubing. Pada goa ini juga terdapat stalaktit dan stalakmit yang sangat mengagumkan.

Anda tidak perlu kawathir soal tiket, pasalnya tiket masuknya termasuk terjangkau, yaitu dari Rp 10.000 hingga Rp 35.000 saja. Apabila Anda tertarik dengan pesona alam dari goa ini, Anda dapat mengunjunginya bersama teman dan keluarga Anda.

Lokasi: Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul.

9. Pantai Depok

Pantai Depok

Image Credit: Sewamotordijogja.com

Apabila Anda mencari wisata kuliner, maka di sini tempat yang tepat. Pantai ini memiliki jenis pasir yang hitam namun tetap terasa eksotisnya. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan berburu seafood yang masih segar.

BACA JUGA:  15 Tempat Makan di Jogja Paling Enak & Murah

Pantai ini berlokasi di Bantul. Anda dapat menikmati beberapa spot foto yang ada di sini. Harga tiket masuknya hanya berada di kisaran Rp10.000. Apabila Anda pecinta seafood, maka pantai inilah yang sangat cocok dengan Anda.

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul.

10. Queen of South Resort

Queen of South Resort

Image Credit: Bobocantik.com

Tempat wisata Queen of South Resort di Jogja ini merupakan tempat wisata yang paling romantis lokasi ini terletak di pinggir pantai Parangtritis. Keindahannya yang memukau dengan pemandangan yang alami membuat puas untuk menghabiskan waktu liburan terutama di saat sunset tiba kita bisa menikmati keindahannya.

Pantai kolam renang ini langsung berhadapan ke arah pantai selatan yang semakin membuat suasana romantis tempat ini semakin indah untuk liburan. Di sini kita bisa menikmati keindahan matahari terbenam secara langsung sambil rileks di kolam renang.

Lokasi: Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

11. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Image Credit: Cepolina.com

Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling terkenal dan pantai yang tersohor namanya seantero negeri yang dibalik keindahannya tersimpan sejarah dan mistisnya. Pantai ini tidak pernah sepi pengunjungnya karena tempatnya yang eksotis membuat semakin romantis suasana pantai di Parangtritis.

Pantai Parangtritis memiliki deburan ombak yang cukup kuat sehingga bagi para pengunjung di sarankan untuk berhati-hati saat di lokasi ini. Di sekitar pantai parangtritis terdapat banyak penginapan seperti vila dan hotel dengan harga yang terjangkau, disediakan untuk pengunjung yang ingin bermalam di Parangtritis.

Lokasi: Desa Kretek, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

12. Pantai Sundak

Pantai Sundak

Image Credit: Sewamotorjogja.id

Pantai Sundak yang berada di Jogja ini lokasinya terletak di desa Sidoharjo wilayah kecamatan Tepus yang masuk di Kabupaten Gunung Kidul Jogja. Jarak yang ditempuh untuk menuju ke pantai ini memerlukan waktu 2 jam dari pusat kota Jogja melalui jalur Wonosari dan melalui jalur wilayah Tepus.

Pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya di Jogja dengan suasana yang romantis dengan gulungan ombak yang bersahabat dan menenangkan. Di sini kita bisa bermain air di pantai dengan puas dengan keluarga tanpa harus takut dengan ombaknya.

Lokasi: Sidoharjo, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

13. Pantai Siung

Pantai Siung

Image Credit: Pantainesia.com

Selain pantai Parangtritis yang terkenal, di Jogja masih memiliki banyak pantai yang indah yang mungkin banyak orang di luar kota Jogja yang belum tahu. Jogja menyimpan banyak keindahan pantainya salah satunya Pantai Siung di pantai ini banyak spot yang keren untuk berfoto dan mengabadikan moment saat berliburan.

Suasananya yang indah membuat kita merasa nyaman di tempat ini dengan air laut yang jernih serta udara yang segar membuat kita rileks di tempat ini. Pantai Siung menawarkan sejuta panorama keindahan yang bikin kita puas saat berkunjung berwisata di tempat ini.

Lokasi: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. –

14. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Image Credit: Detik.com

Bagi kita yang masih belum banyak mengenal Tempat Wisata di Jogja ini mungkin ketika mendengar nama pantai ini akan merasa asing di telinga kita. Keindahan Pantai Pok Tunggal sangat mempesona karena keindahan pantainya yang kita dapatkan di saat berkunjung ke Pantai Pok Tunggal saat menghabiskan waktu liburan.

Pantai Pok Tunggal bisa jadi saran untuk di kunjungi bersama keluarga untuk berlibur di akhir pekan. Pantai Pok Tunggal berada di desa Tepus kecamatan Tepus di daerah Kabupaten Gunung Kidul yang aksesnya di jangkau dengan mudah dari kota Jogja.

Lokasi: Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

15. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Image Credit: Dakatour.com

Air terjun yang berada di desa Jatimulyo ini merupakan salah satu wisata alam yang ada di Jogja, tepatnya di Kulon Progo. Namun, untuk sampai ke air terjun ini dibutuhkan nyali dan kekuatan yang besar sebab harus menaiki gunung dan melewati jalur di atas perbukitan.

Air terjun ini sangat unik sebab memiliki warna air putih jernih dan hijau tosca. Warna ini dihasilkan oleh pantulan sinar matahari pada batuan di dasar sungai. Adanya kolam alam juga sangat menambah keunikan tempat ini. Harga tiket masuknya sangatlah murah, yaitu hanya Rp 6.000 per orang.

Lokasi: Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

16. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Image Credit: Gudeg.net

Apabila Anda tertarik dengan pantai pasir putih, datanglah ke Desa Kemandang. Di desa ini terdapat pantai yang apik, yaitu Pantai Sepanjang. Pantai Sepanjang adalah pilihan yang tepat. Pantai ini memiliki panjang pantai yang amat panjang sehingga disebut demikian. Hamparan laut hijau tosca dan pasir putih membuatnya selalu diburu para wisatawan.

Pantai ini tidak memiliki batu karang yang akan membuat sakit kaki Anda, sebab terkenal dengan butiran pasirnya yang sangat halus. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 setiap orangnya.

Lokasi: Jl. nglolang,saglen, Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

17. Puncak Becici

Puncak Becici

Image Credit: Pinterest.cl @Mondasiregar

Wisata alam ini merupakan hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan alamnya yang masih alami dan hijau, serta belum terpapar oleh polusi. Nama Becici sendiri berarti berdiam diri dan suci, merujuk pada cerita cerita turun temurun yang dipercayai masyarakat setempat.

Pengunjung dapat merasakan ketenangan dan keindahan alam dari puncak ini. Panoramanya pun tak kalah menarik. Anda dapat berburu sunset, melakukan camping di camping ground, dan bermain ayunan di kawasan puncak.

Lokasi: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.

18. Sindu Kusuma Edu Park

Sindu Kusuma Edu Park

Image Credit: Summerballads.wordpress.com

Tempat ini merupakan suatu objek wisata yang di dalamnya terdapat wahana-wahana yang dapat dinikmati bersama keluarga. Selain strategis, Sindu Kusuma Edu Park ini memiliki berbagai wahana di antaranya ialah Ferris Wheel atau cakra manggilingan yang merupakan ikon dari objek wisata ini.

Selain itu, ada pula wahana kendaraan personal Segway, montor tumbur, kursi mabur, sepur kluthuk, dan masih banyak yang lainnya. Objek wisata ini memberikan pilihan untuk tiket terusan dengan harga mulai Rp 120.000 hingga Rp 140.000. Untuk tiket masuknya saja berkisar di Rp 20.000.

Lokasi: Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman.

19. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Image Credit: Lookjogja.blogspot.com

Pantai Indrayanti sebenarnya bukanlah nama asli dari nama pantai tersebut, nama yang asli pantai ini sebenarnya adalah pantai Pulang Sawal. Di sebut pantai Indrayanti dikarenakan masyarakat sekitar sering menyebut nama ini dari restoran yang tak jauh lokasinya dari pantai Sawal.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Jogja yang Wajib Anda Coba

Pantai Indrayanti namanya lebih terkenal dari pada sebutan pantai Sawal dan lokasi pantai ini jaraknya kurang lebih 66 km dari pusat kota Jogja. Pantai Indrayanti atau Pantai Sawal adalah salah satu pantai favorit di Jogja selain pantai Parang Tritis.

Lokasi: Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

20. Pantai Samas

Pantai Samas

Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Samas lokasinya terletak di desa Srigading, Kecamatan Sanden yang jaraknya berkisar 35 KM dari kota Jogja untuk menuju Pantai Samas. Pantai ini tergolong ombaknya yang cukup besar dan bagi yang berkunjung ke tempat ini harus lebih berhati-hati jika mendekat ke tepian bibir pantai.

Pantai ini pasirnya putih tidak seperti pantai lainnya yang berada di Jogja, bagi yang ingin mengeksplor keindahan Jogja bisa datang ke pantai Samas. Samas bisa dijadikan lokasi wisata alternatif jika kita sudah pernah mengunjungi pantai-pantai lain yang di Jogja.

Lokasi: Sogo Sanden, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

21. Pantai Krakal

Pantai Krakal

Image Credit: Bonvoyagejogja.com

Daratan pantai terbentuk karena pengangkatan dasar laut, sehingga muncul pantai dengan sebutan Pantai Krakal Wonosari itulah asal usul sebutan dari Pantai Krakal. Pantai Krakal terdapat gazebo untuk tempat bersantai dan beristirahat bagi para pengunjung yang datang ke pantai sambil menikmati deburan ombak laut.

Banyak spot foto dengan pemandangan panorama laut yang indah yang bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan moment saat berlibur ke tempat ini. Pantai Krakal juga sering dipadati pengunjung wisatawan sekitar daerah maupun wisatawan luar daerah karena keeksotisannya.

Lokasi: Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

22. Pantai Baru

Pantai Baru

Image Credit: Visitingjogja.com

Wisata Pantai Baru ini berada di kawasan Poncosari, daerah Srandakan, Bantul. Tempat ini resmi dibuka di tahun 2010, meski keberadaannya sudah cukup lama. Pantai ini tergolong masih baru diperkenalkan untuk destinasi wisata kota Jogja, pantai ini cukup bersih dan cukup nyaman untuk dikunjungi.

Sesuai dengan namanya pantai ini belum terlalu banyak yang tahu keberadaannya namun akhir-akhir ini Pantai Baru di eksplor ke media sosial. Dan bagi yang ingin berwisata dengan tenang dan tidak terlalu ramai kita bisa mengunjungi lokasi wisata yang termasuk baru ini.

Lokasi: Ngentak, Poncosari, Kec. Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

23. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Image Credit: Piknikasik.com

Pantai Goa Cemara sesuai dengan namanya yang berada di dataran yang luas dengan banyaknya ditumbuhi oleh pepohonan cemara di sekitar menuju pantai. Di Pantai Goa Cemara terdapat mercusuar yang melengkapi keindahan pantai ini dan dari atas mercusuar kita bisa menikmati pemandangan indahnya laut.

Walaupun pantai ini baru di eksplor namun pantai ini banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini terlebih waktu memasuki musim liburan. Di pantai Goa banyak titik spot untuk dijadikan objek foto yang menarik untuk mengabadikan moment liburan.

Lokasi: Jl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. –

24. Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru

Image Credit: Alodiatour.com

Pantai Kuwaru merupakan tempat berlibur yang menarik dengan destinasi wisata yang cukup indah disajikan bagi para pengunjung yang datang ke lokasi ini. Pantai Kuwaru sangat mempesona untuk dinikmati keindahannya selain itu pengelola pantai ini memfasilitasi Pantai Kuwaru sebagai kenyamanan saat berkunjung di pantai ini.

Pantai Kuwaru memiliki pesona daya tarik bagi tiap pengunjungnya, dan Pantai Kuwaru ombaknya juga sama dengan pantai lainnya yang di Jogja. Tidak ada salahnya jika kita berkunjung ke Jogja menjadikan tempat destinasi wisata ini layak untuk dikunjungi.

Lokasi: Kawaru, Poncosari, Kec. Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

25. Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo

Image Credit: Jejakpiknik.com

Pantai Pandansimo berada di Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta ini merupakan pantai yang dalam dan curam. Bagi yang datang berkunjung ketempat ini tidak cocok untuk dijadikan tempat berenang namun pantai ini bisa dinikmati keindahan pantainya.

Nama dari pantai Pandansimo ini dikarenakan adanya pandan di lokasi pantai ini yang menyerupai simo atau harimau dan pantai ini sangat indah. Di lokasi ini tumbuhan pandan tumbuh dengan liar dan banyak di temui di sekitaran Pantai Pandansimo.

Lokasi: Ngentak, Poncosari, Kec. Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

26. Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja

Image Credit: Kurumawisata.com

Panorama alam di malam hari ditambah dengan taburan bintang di langit akan memberikan kesan yang sangat baik bagi pengunjung objek wisata ini. Bukit Bintang Jogja ini menawarkan atmosfer yang berbeda dari objek wisata yang lainnya.

Objek wisata yang terletak di Jalan Wonosari ini bisa dinikmati tanpa membayar tiket masuk sedikitpun. Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan yang apik dengan harga yang sangat terjangkau, tempat ini patut sekali dicoba.

Lokasi: Srimulyo, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul.

27. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung

Image Credit: Toekangdoelan.blogspot.com

Apabila Anda hendak menikmati sunrise, tempat inilah yang tepat. Meskipun belum begitu populer, namun bukit ini akan memanjakan mata Anda dengan gumpalan awan seperti kapas dan matahari terbit yang sangat cantik.

Harga tiket masuknya sangat murah yaitu Rp 2.500 saja. Lokasinya terletak di Dusun Kediwung dan memiliki rute mudah untuk menuju bukit ini, sebab jalanannya sudah diaspal dan sudah ada papan-papan petunjuk jalan.

Lokasi: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul

28. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari

Image Credit: Wisnuherlambang.com

Berwisata alam memang memiliki daya tarik sendiri dan kita bisa mengeksplor keindahan alam misalnya pantai Pandansari yang indah saat di kunjungi. Pantai Pandansari berada di kawasan Patehan, daerah Sanden, Bantul. Objek Wisata di Jogja ini ada di sekitar Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, dan Pantai Pandansimo.

Pantai Pandansari memiliki pesona yang lengkap dan sesuai dengan namanya pantai ini terdapat banyak pohon pandan yang liar di sekitar pantai. Mungkin tempat ini bisa kita kunjungi saat berada di Jogja sembari mengisi waktu liburan yang panjang bersama keluarga.

Lokasi: Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

29. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Image Credit: Rentalmobilyogyakarta.net

Pantai Nglambor merupakan pantai yang namanya cukup terkenal di wilayah Jogja, Pantai Nglambor ternyata berbatasan dengan Samudra Hindia oleh karena itu ombak di pantai ini cukup besar.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Bantul Terbaru & Terhits Dikunjungi

Namun tersedia area agar Anda bisa melakukan wisata snorkeling dan menyelam untuk menikmati indahnya biota laut yang ada di Pantai Nglambor. Biota laut di pantai nglambor sangat menarik dan membuat takjub pengunjungnya sehingga para wisatawan yang pernah datang kesini ingin kembali lagi.

Lokasi: Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

30. Pantai Timang

Pantai Timang

Image Credit: Rentalsepedayogyakarta.wordpress.com

Pantai Timang merupakan pantai yang terkenal di daerah Jogja dan pantai ini cukup unik dan memiliki karang yang besar dengan deburan ombak yang keras. Jika menuju ke Pantai Timang di butuhkan bantuan alat yang cukup ektrim saat kita melintasinya dan cukup memacu adrenalin kita saat melintasi menuju karang.

Deburan ombak dipantai ini cukup besar dan ganas jadi disarankan bagi pengunjung untuk menjaga keselamatannya. Namun tempat ini sangat indah nan eksotis dan cocok untuk dijadikan objek foto wisata alam yang indah.

Lokasi: Jl. Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

31. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Image Credit: Traveloka.com

Pantai Glagah memiliki laguna yang unik, pada umumnya laguna pantai memiliki penghalang berupa pasir, batu karang, atau semacamnya. Meski dekat dengan laut, laguna biasanya berada di lokasi perairan yang relatif dangkal dan sepi namun berbeda dengan laguna di Pantai Glagah.

Laguna di pantai ini terbentuk dari bagian daratan berbentuk agak cekung yang berisi air laut pasang dan membentuk telaga luas berair tenang. Disitulah membuat keunikan pantai glagah dibandingkan pantai-pantai lain yang berada di Jogja.

Lokasi: Glagah, Temon, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

32. Pantai Baros dan Hutan Mangrove

Pantai Baros dan Hutan Mangrove

Image Credit: Angkisland.com

Pantai Baros dan Hutan Mangrove merupakan ekowisata atas usulan warga setempat untuk melindungi kawasan sekitar di daerah Pantai Baros. Sehingga di tanamlah pepohonan mangrove yang dari tahun ke tahun pohon ini tumbuh menjadi hutan yang lebat sehingga menjadi hutan kecil.

Tempat ini akhirnya juga digunakan sebagai objek wisata hutan mangrove dan penanaman pohon ini masih dilakukan secara bertahap. Dan diharapkan suatu saat nanti bisa menjadi tempat destinasi wisata yang mampu membuat keindahan dan hijaunya di sekitagr pantai.

Lokasi: Tirtohargo, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

33. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Wediombo merupakan nama dari bahasa jawa yang diartikan Pantai pasir yang luas namun pantai ini di dominasi dengan batu karang. Pantai yang termasuk rekomendasi wisata pantai di Yogyakarta ini terletak di kelurahan Jepitu, Kec Girisubo, Kab Gunung Kidul Yogyakarta.

Pantai ini agak jauh dari pantai lain namun pantai ini juga tidak kalah menarik dengan pantai-pantai Jogja yang lainnya. Rute menuju pantai wedi ombo pun sangat mudah, untuk menuju ke Pantai Wediombo Anda perlu menempuh rute seperti ke pantai-pantai di gunung kidul lainnya.

Lokasi: Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

24. Malioboro

Malioboro

Image Credit: Blog.airyrooms.com

Malioboro merupakan surganya pusat belanja dan oleh-oleh di kota Jogja selain itu di tempat ini merupakan tempat wisata kuliner di Jogja. Beraneka macam makanan khas Jogja tersedia lengkap di tempat ini selain itu juga banyak fasilitas tempat bermalam di daerah ini.

Malioboro merupakan pusat keramaian kota di Jogja, kawasan ini semakin malam semakin ramai dikunjungi dengan kehangatan menjadikan suasananya unik yang khas di Jogja. Tempat Malioboro juga surganya wisata kuliner di Jogja di lokasi ini kita bisa dapatkan makanan khas juga oleh-oleh dengan mudah.

Lokasi: Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

35. Gembira Loka

Gembira Loka

Image Credit: Ksmtour.com

Kebun Binatang Gembira Loka di Kota Yogyakarta ini merupakan sebuah kawasan yang sangat lengkap. Terdapat berbagai macam hewan yang menggemaskan, lucu, dan menakutkan. Ada pula atraksi hewan-hewan yang menarik untuk disaksikan untuk jam operasinal, Kebun Binatang Gembira loka buka jam 8 pagi dan akan tutup di jam 5 sore.

Untuk harga tiket masuk kawasan, kita harus membayar uang sebesar 30 ribu rupiah untuk weekday dan 35 ribu rupiah untuk weekend. Gembira loka selalu dipadati pengunjung terutama di akhir pekan dan bagus di jadikan tempat wisata anak-anak.

Lokasi: Jl. Kebun Raya No. 2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

36. Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit

Image Credit: Suara.com

Wisata Seribu Batu Songgo Langit yang merupakan salah satu wisata yang berada di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarat. Kawasan wisata ini memang benar-benar disajikan untuk para pelancong yang bewisata ke Jogja untuk memburu keindahan wisata alam.

Lokasi ini merupakan salah satu wisata alam dengan panorama menawan yang memiliki konsep hampir sama seperti Hutan Pinus Mangunan yang telah eksis sebelumnya. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, tempat wisata yang satu ini memiliki arti “Seribu Batu yang Menopang Langit.”

Lokasi: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

37. Watu Goyang

Watu Goyang

Image Credit: Blogreservasi.com

Di Jogja tak kalah menarik dengan tempat wisata Watu Goyang dan bukan tanpa alasan, penamaan Watu Goyang ini ternyata memiliki latar belakang tersendiri. Alasannya sangatlah sederhana, lantaran dahulunya ada batu yang berada di puncak yang bisa bergoyang jika disentuh ataupun didorong.

Dan batu tersebut sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu di situ dan sampai lokasinya masih di kunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Kebanyakan wisatawan yang hadir di sini karena rasa penasarannya tentang keberadaannya Watu Goyang.

Lokasi: Jl. Watu Goyang No. 1 Cempluk, Griloyo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

38. Soragan Castle

Soragan Castle

Image Credit: Trivindo.com

Soragan Castle sebenarnya adalah sebuah tempat makan bernuansa kerajaan kerajaan kuno, bentuk bangunannya persis dibuat seperti kastil, namun ukuran luasnya tidak seperti kastil asli. Nuansa di Soragan Castle sudah dapat dengan konsep ini, Soragan Castle menjadi satu-satunya tempat makan bergaya kastil kuno di Jogja.

Bagi para pengunjung kita bisa memanfaatkan lokasi ini sebagai objek foto yang menarik dengan konsep kastil yang jarang ada di tempat lain. Lokasi Soragan Castle menawarkan keindahan tempatnya yang sangat klasik dan mampu menarik pengunjungnya untuk datang ke tempat ini lagi.

Lokasi: Jl. Soragan No. 13, Kembang, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

29. Mangunan

Mangunan

Image Credit: Medium.com

Mangunan merupakan nama tempat desa yang memiliki spot-spot wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan karena sudut keindahan dari tempat wisata ini. Tempat wisata itu antara lain kebun buah Mangunan yang tempatnya indah dengan pemandangan alamnya selain itu ada hutan pinus Mangunan.

Saat kita berkunjung ke tempat wisata hutan pinus ini kita akan merasa berada di sebuah hutan yang indah dan tempat ini di jadikan tempat untuk berfoto. Selain itu di Destinasi Wisata di Jogja ini memiliki hawa yang sejuk dan tempatnya yang begitu asri nan hijau masih alami.

Lokasi: Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Itulah 39 tempat wisata yang ada di Jogja yang patut Anda kunjungi ketika liburan. Banyak sekali lokasi wisata yang bisa kita nikmati di Jogja. Mulai dari wisata alamnya, sejarah, hingga kuliner. Oleh sebab itu, Jogja merupakan salah satu tujuan wisata bagi seluruh kalangan.