Jawa Timur

19 Tempat Wisata di Jombang

19 Tempat Wisata di Jombang

Jombang merupakan kota yang berada pada Provinsi Jawa Timur, kota ini memiliki cerita panjang mengenai sejarah kemerdekaan bangsa ini. Dari sebuah pondok yang bernama Tebu Ireng inilah seorang ulama besar sering memberikan nasihat. Serta dari sinilah nantinya sejumlah elemen di gerakkan untuk membantu perjuangan kemerdekaan dan terjadilah pertempuran dahsyat 10 November di Surabaya. Di balik cerita sejarah tersebut terdapat beberapa tempat wisata yang sangat di rekomendasikan untuk Anda kunjungi di kota ini seperti berikut.

1. Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng

Lokasi: Jenisgelaran, Bareng, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Jatim.idntimes.com

Pembuka dalam pembahasan mengenai 19 tempat wisata yang ada pada kota Jombang kita awali dengan Air Terjun Grenjeng. Selalu ada ciri dan keunikan tersendiri dari setiap air terjun yang ada pada setiap tempat. Salah satunya pada tempat ini karena ciri dari air terjun ini memiliki jarak yang tidak terlalu tinggi dari dasar tempat air tersebut jatuh.

Air yang selalu stabil dan tidak berkurang selama beberapa tahun membuat tempat ini masih tetap asri. Seperti halnya beberapa tahun yang lalu, sedikit tambahan dan informasi untuk turut serta dan menjaga keindahan tempat ini. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarang ketika berkunjug ke tempat ini.

2. Air Terjun Sanggar

Air Terjun Sanggar

Lokasi: Jarak, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Tempatwisataindonesia.id

Tempat wisata selanjutnya yang ada di kota Jombang dan memiliki keindahan yang tidak kalah menarik dengan air terjun sebelumnya adalah Air Terjun Sanggar. Mungkin bagi sebagian orang Jombang sendiri masih asing dengan nama dari tempat ini. Mengingat tempat ini masih belum banyak di ketahui oleh banyak orang.

Belum banyak di ketahui membuat tempat ini selain masih memiliki suasana yang asri. Tempat ini masih kurang terawat mengingat terdapat beberapa kotoran seperti ranting dan dedaunan. Di tempat ini hampir tidak di temukan kotoran plastik mungkin karena belum banyak di ketahu itu yah.

3. Air Terjun Selo Lapis

Air Terjun Selo Lapis

Lokasi: Mendiro, Panglungan, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Detik.com

Masih berkutat dengan pembahas mengenai tempat wisata air terjun yang berada di kota ini. Air terjun selanjutnya juga tidak kalah menarik dari beberapa air terjun sebelumnya, air terjun ini memiliki nama Air Terjun Selo Lapis. Berada di dataran tinggi membuat air terjun ini memiliki udara yang sejuk.

Apalagi ketika Anda mengunjungi tempat ini, embuh air terjun yang terbawa angin. Akan langsung Anda rasakan ketika pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini. Nantinya ketika ke tempat ini usahakan untuk membawa bekal mengingat lokasinya sedikit jauh dari pemukiman.

4. Goa Sigolo Golo

Goa Sigolo Golo

Lokasi: Panglungan, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Travelingyuk.com

Berlanjut ke lokasi wisata selanjutnya yang ada di kota Jombang, yaitu Goa Sigolo Golo yang wajib Anda kunjungi. Untuk mencapai lokasi ini nantinya Anda harus berjalan kaki menyusuri anak tangga. Daerah sekitar goa ini terdiri dari tebing-tebing curam yang mengitari di hampir setiap sisinya.

Internsitas matahari yang terhalang pada tempat ini membuat beberapa sudut pada tempat ini lembab oleh embun. Destinasi wisata alam ini wajib Anda kunjungi ketika Anda mampir ke kota Jombang. Usahakan untuk berhati-hati jika ke tempat ini karena licin di beberapa bagian tempat ini.

5. Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes

Lokasi: Galengdowo, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Jawapos.com

Air terjun selanjutnya berada pada ketinggihan 1260 meter diatas permukaan laut. Serta yang tidak kalah menarik adalah air terjun ini berjarak kurang lebih 160 meter di atas permukaan tanah. Cukup banyak yah kawan wisata dengan jenis air terjun yang ada di kota ini.

Area dari wisata air terjun ini berada di kawasan hutan lindung dari Gunung Ajasmoro. Berada di hutan lindung tentunya suasana yang di tawarkan dari tempat ini selain tenang dan hawa sejuk. Di tempat ini dapat mejadi sarana relaksasi pikiran Anda untuk mengusir penat sehari-hari.

6. Air Terjun Sekelip

Air Terjun Sekelip

Lokasi: Wonokerto, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Galerywisatajombang.com

Masih belum meninggalkan pokok pembahasan mengenai air terjun yang ada di tempat ini. salah satunya adalah Air Terjun Sekerlip yang memiliki debit air yang cukup tinggi. Dengan keadaan ini Anda tidak di perkenankan untuk berada langsung di bawah air yang jatuh.

Mengingat dengan debit seperti itu air dapat membawa beberapa material seperti bebatuan dan lain sebagainya. Nantinya hal tersebut di takutkan dapat melukai Anda ketika Anda berada di bawahnya.

7. Goa Sriti Wonosalam

Goa Sriti Wonosalam

Lokasi: Dusun Sidolegi, Sumberjo, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Instagram @demarahediana

Jika di artikan dalam bahasa Indonesia tempat ini memiliki nama Goa Burung Wallet. Mengingat gua ini memiliki ruang yang cukup sempit untuk di masuki oleh manusia. Jadi Anda hanya dapat memandangi tempat ini dari luar gua tanpa bisa masuk dan menikmati isi gua.

Mengingat pada tempat ini stalagmit dan stalaktit yang nyaris saling berhimpitan. Hal ini terjadi karena mmaterial mineral pada goa ini masih aktif dan hidup. Gejala ini terjadi akibat tetesan air yang terus menerus dengan membawa kandungan mineral yang tinggi.

8. Waduk Jambe

Waduk Jambe

Lokasi: Jambi, Bangsri, Plandaan, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Jombangcityguide.blogspot.com

Bosan dengan aneka air terjun yang ada di tempat ini tenang karena masih banyak destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berada di tempat ini. Salah satu dari tempat tersebut adalah Waduk Jambe. Memiliki keidahan yang tidak kalah dengan beberapa Tempat Wisata di Jombang lainnya.

Akan tetapi pada tempat ini Anda tidak hanya memandangi keindahannya saja yah kawan. Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti hobby memancing dapat Anda lakukan di tempat ini. Ataupun berkeliling sembari mencari aneka kuliner yang ada di tempat ini.

9. Air Terjun Sekar Pudak Sari

Air Terjun Sekar Pudak Sari

Lokasi: Carangwulung, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Nulspounya456789.blogspot.com

Untuk mencapai daerah ini Anda terlebih dahulu harus berjuang melewati dataran tinggi. Dengan medan yang cukup berat dan menguras tenaga yang bisa Anda lakukan. Mengingat tempat ini masih tersembunyi dan belum banyak orang yang tau mengenai tempat ini.

Akan tetapi semuanya akan terbayar lunas ketika Anda berhasil menuju dan mendatangi langsung tempat ini. Maka semua halangan dan rintangan tersebut akan sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Jadi mungkin sekilas tempat ini kurang cocok bagi Anda yang tidak terbiasa melintasi medan berat.

10. Sendang Made

Sendang Made

Lokasi: Made, Kudu, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Instagram @alfi_mkamal

Jika Anda beum familiar dengan istilah sendang maka arti dari sendang adalah semacam danau kecil. Namun lebih sering di gunakan untuk berenang atau pun memancing ikan air tawar yang ada di tempat tersebut. Pada tempat ini di penuhi denga tumbuhan hijau yang mengitari tempat ini dengan indahnya.

Memiliki air yang jernih membuat Anda langsung dapat melihat dasar dari tempat ini yang terdiri dari bebatuan. Ada baiknya ketika Anda menuju tempat ini nantinya ikut menjada dengan tidak membuang sampah pada kolam ini. Agar kelestarian dan keindahan dari tempat ini tetap terjaga.

11. Kedung Cinet

Kedung Cinet

Lokasi: Pojok Klitih, Plandaan, Tanggungan, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Explorewisata.com

Satu lagi Objek Wisata di Jombang dengan konsep air yang bisa Anda nikmati bersama pasangan maumpun keluarga Anda. Pada tempat ini Anda akan menemui banyaknya tanaman hijau yang masih mengelilingi tempat indah dan asri ini. Dengan kondisi alam yang seperti ini tentunya Anda akan mendapatkan oksigen yang berkualitas.

Di kelilingi dengan bebatuan cantik yang ada pada aneka sudut pada tempat ini membuat Anda semakin betan ketika mengunjungi tempat ini nantinya. Selain indah tempat ini menawarkan suasan romantis yang bisa Anda habiskan dengan pasangan Anda nantinya.

12. Tirta Keplaksari

Tirta Keplaksari

Lokasi: Jl. Soekarno – Hatta No.12, Nglungge, Keplaksari, Kec. Peterongan, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Gemarjalan-jalan.blogspot.com

Pada tempat ini bisa di katakan memiliki aneka fasilitas yang cukup lengkap yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga Anda. Beberapa fasilitas dari tempat ini seperti kolam renang, kolam pemancingan dan beberapa tempat olah raga yang bisa Anda manfaatkan. Serta terdapat beberapa aliran sungai dan tentunya pemandangan di tempat ini oke punya.

Dan yang paling penting dari semua hal tersebut adalah tempat ini mudah di jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi Anda. Serta juga di sediakan aneka kuliner denga cita rasa yang nikmat yang bisa Anda nikmati di tempat ini nantinya.

13. Wana Air Sumberboto

Wana Air Sumberboto

Lokasi: Jl. Raya Japanan, Mojowarno, Perhutani, Jombang, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Hampir sebagian besar wisata yang ada di kota ini berhubungan dengan air. Salah satunya adalah tempat ini yang selain merupakan destinasi wisata yang wajib untuk Anda kunjungi. Selain itu tempat ini juga memiliki cerita mengenai salah seorang pejuang yang sudah di kenal oleh masyarakat lokal.

Pada tempat ini juga terdapat bumi perkemahan dan kolam renang dari sumber alami dan masih segar dan udaranya pun masih sejuk. Tempat ini sayang sekali untuk Anda lewatkan ketika Anda berkunjung ke kota ini.

14. Kedung Sewu

Kedung Sewu

Lokasi: Perhutani, Kabuh, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Nulspounya456789.blogspot.com

Tempat selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di tempat ini adalah Kedung Sewu. Untuk Destinasi Wisata di Jombang ini merupakan wisata alam dengan beberapa kolam yang terbentuk alami. Tentunnya air yang memenuhi tempat tersebut adalah air jernih langsung dari mata air alami.

Untuk menuju tempat ini Anda harus berhadapan dengan medan yang cukup berat dan menantang. Tapi percayalah ketika Anda berhasil sampai ketempat tujuan. Maka semua perjalanan dan jerih payah tersebut akan terbayar lunas.

15. Sendang Tlimo

Sendang Tlimo

Lokasi: Perhutani, Kabuh, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Muhajir-sang-nomaden.blogspot.com

Masih membahas mengenai pemandian dan segala sesuatu yang masih berhubungan dengan air. Tempat ini berada di tengah hutan jati yang sengaja di tanam, Anda bisa berendam dan berenang di tempat ini. Untuk melepas lelah dan penat sewaktu perjalanan.

Selain itu pemandangan dari tempat ini tidak kalah menarik dan menakjubkan. Serta beberapa hewan air yang bisa Anda lihat ketika Anda berenang di tempat ini nantinya. Masoh menggunakan konsep yang sederhana dan alami serta menyenangkan yah tentunya.

16. Alas Gedangan Mojoagung

Alas Gedangan Mojoagung

Lokasi: Kedunglumpang, Kec. Mojoagung, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Ulinulin.com

Jika di artikan dalam bahasa Indonesia tempat ini memiliki arti Hutan. Karena pada tempat ini masih berupa perbukitan dan beberapa hutan yang mengelilingi tempat ini. Saking tersembunyinya tempat ini pada masa itu membuat Jepang membangun tempat pertahanannya di tempat ini.

Pada tempat ini terdapat Goa Jepang yang di bangun dengan tujuan menghindari serangan udara dari pihak musuh. Pembangunan goa tersebut menggunakan tangan para rakyat kita yang di paksakan untuk bekerja.

17. Alun-alun Kota Jombang

Alun-alun Kota Jombang

Lokasi: Jl. Diponegoro No.1-3, Kaliwungu, Kec. Jombang, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Pergimulu.com

Tempat yang wajib ketika Anda mengunjungi tempat ini salah satu adalah alun-alun kota ini. Saat ini tempat ini telah mengalami banyak perubahan dan peremajaan yang membuat Anda betah mengunjungi tempat ini. Apalagi sejumlah fasilitas pada tempat ini telah di berikan dan di tujukan bagi parang pengunjung.

Ketika pagi mengunjungi akan mendapati banyak penjajah makanan tradisional yang tengah menjajakan makanannya. Suasana yang teduh dan masih asri setidaknya dapat menghibur Anda dari kejenuhan sehari-hari.

18. Ringin Contong

Ringin Contong

Lokasi: Desa Jombang, Kec. Jombang, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Jatimberita.blogspot.com

Tempat ini merupakan spot foto yang banyak di minati oleh para pengunjung. Akan tetapi tempat ini sebenarnya merupakan pusat atau tengah-tengah kota ini dan merupakan titik nol. Tempat ini lebih indah jika nantinya Anda berencana mengunjungi tempat ini pada malam hari.

Menikati keindahan ketika malam hari beserta dengan jajan yang tersedia di sekitar tempat ini. Terutama untuk menghabiskan malam dengan menikmati suasana kota pada malam hari tentunya hal tersebut tidak boleh Anda lewatkan.

19. Pujasera Kebon Rojo

Pujasera Kebon Rojo

Lokasi: Kepanjen, Kec. Jombang, Kab. Jombang, Jawa Timur. – Image Credit by Selfya.student.umm.ac.id

Jika Anda seorang pemburu kuliner ada baik menjadikan tempat ini sebagai destinasi utama yang wajib untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga atau pasangan. Pada tempat ini terdapat banyak sajian makanan khas yang bisa Anda pilih dan nikmati bersama keluarga Anda.

Tidak ketinggalan lokasi dan pemandangan dari tempat ini bisa Anda nikmati. Terutama sembari menikmati makan di temani dengan suasan rindang yang menyenangkan. Yuk segera kunjungi untuk merasakan enak nya kuliner khas tempat ini.