24 Tempat Wisata di Kediri

24 Tempat Wisata di Kediri

Siapa yang menyangka bahwa salah satu kota yang berada di Ujung Timur Pulau Jawa ini menyimpan keindahan. Berada pada dataran tinggi membuat kota yang satu ini memiliki beragam jenis wisata yang bisa Anda pilih. Apalagi seiring waktu pengembangan dan pengolahan tempat wisata yang ada di kota ini tergolong baik.

1. Monumen Syu

Monumen Syu

Lokasi: Jl. KH Wachid Hasyim, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Radarkediri.jawapos.com

Monumen Syu atau yang biasa di sebut dengan Monumen Kediri Syu. Merupakan patung yang menggambarkan prajurit dengan pakaian tentara Jepang pada era penjajahan dahulu. Akan tetapi patung tersebut bukan menggambarkan sosok pasukan Jepang akan tetapi prajurit PETA.

PETA sendiri merupakan kepanjangan dari Pembela Tanah Air adalah rakyat Indonesia yang di didik oleh pasukan Jepang. Dengan tujuan agar dapat membela diri atau membantu Jepang saat sekutu datang menyerang. Akan tetapi pasukan tersebut banyak yang membelok dan memerangi gurunya sendiri. Keberadaan patung ini menjadi salah satu icon kota Kediri yang sangat sayang untuk Anda lewatkan.

2. Museum Airlangga

Museum Airlangga

Lokasi: Jl. Lingkar Maskumambang, Pojok, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Ulinulin.com

Nama tersebut diambil dari nama salah seorang raja dari kerajaan Kediri. Pada tempat ini menyimpan beberapa peninggalan purbakala yang ada dan ditemukan khususnya di kota Kediri tersendiri. Lebih banyak dari koleksi yang ada pada museum ini adalah arca dan beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan Kerajaan Kediri.

Serta beberapa peninggalan lain pada masa kerajaan Mataram kuno yang pada saat itu masih memegang kepercayaan Hindu. Beberapa peninggalan tersebut sedikit menguak dan memberitahukan kepada kita bagaimana masa nenek moyang kita pada saat itu. Mengunjungi tempat ini Anda dapat menambah banyak informasi mengenai kejayaan serta banya hal lainnya seputar masa lalu.

3. Museum Fotografi

Museum Fotografi

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No. 60/160, Ngronggo, Kec. Kediri, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Eduinspirasi.com

Jika Anda salah seorang yang menyukai dunia seni fotografi mengunjungi tempat ini bisa dikatakan sangat bermanfaat untuk Anda. Pada tempat ini terdapat berbagai macam jenis kamera yang bisa Anda lihat. Mulai dari kamera jaman dahulu hingga yang paling baru saat ini.

Serta terdapat beberapa hasil foto dari setiap kamera yang telah di panjang dan bisa Anda lihat nantinya. Di tempat ini Anda juga dapat menambah informasi dan pengetahuan mengenai cara mendapatkan foto yang baik dan benar. Serta terdapat foto yang di pajang yang memuat beberapa tokoh penting di negara kita.

4. Taman Tirtoyoso

Taman Tirtoyoso

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 123, Banjaran, Kec. Kediri, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Wisata-air-dikediri.blogspot.com

Tempat ini merupakan destinasi wisata terutama untuk keluarga Anda. Anda bisa berenang dan beraktifitas menggunakan fasilitas hiburan yang ada dan di petuntukkan bagi para pengungjung. Suasana yang menyenangkan dan suhu udara yang sejuk dan nyaman membuat Anda dan anak Anda betah.

Tempat ini bisa menjadi tempat utama yang harus Anda kunjungi ketika ingin menghabiskan waktu bermain bersama keluarga Anda. Semakin bertambahnya waktu setiap fasilitas dan kelengkapan sarana hiburan semakin di tingkatkan. Jadi tidak usah bingung nantinya ketika Anda mengunjungi kota ini bersama keluarga Anda saat akan mencari tempat liburan yang cocok dengan keluarga.

5. Candi Surowono

Candi Surowono

Lokasi: Surowono, Canggu, Badas, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Swetadwipa.blogspot.com

Seperti halnya yang kita ketahui bersama kota Kediri sangat erat kaitannya dengan kerajaan Kediri pada waktu itu. Secara tidak langsung pada masa itu kota ini merupakan ibu kota negara kerajaan tersebut. Candi Surowono merupakan salah satu peninggalan kerajaan tersebut dan candi ini memiliki ukuran 8×8 meter.

Candi ini sendiri menurut informasi telah ada dan di bangun sejak tahun 1400 masehi. Bangunan ini secara langsung menjadi catatan sejarah perjalanan panjang bangsa kita. Konon katanya pada bangunan ini terapat sebuah lorong yang menghubungkan langsung ke pusat kerajaan kala itu.

6. Candi Astono Gedong

Candi Astono Gedong

Lokasi: Belakang Masjid Setono Gedong, Jl. Doho, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Travellersblitar.com

Ada lagi Candi Astono Gedong yang merupakan peninggaan kerajaan Daha atau Kediri pada kala itu. Candi ini sendiri merupakan sebuah altar untuk beribadah umat Hindu kala itu gua menyembah Dewa Wisnu. Meskipun kali ini sebagian besar penduduk Indonesia telah memeluk agama Islam.

Akan tetapi beberapa peninggalan masa lalu menjadi saksi bahwa nenk moyang kita pada saat itu. Masih memeluk agama Hindu-Budda serta pada ukiran di candi ini menggambarkan burung Garuda. Nantinya burung ini menjadi simbol penting bagi bangsa kita.

7. Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang

Lokasi: Pojok, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Storyrahmania.blogspot.com

Tahukah Anda bahwa kota Kediri masih di golongkan berada pada dataran tinggi. Hal tersebut membuat kota ini memiliki udara yang sejuk dan di kelilingi beberapa pegunungan, salah satunya adalah Gunung Maskumambang. Di gunung yang tidak terlalu tinggih ini Anda dapat melihat jajaran perbukitan yang mengeilinginya.

Serta pada tempat ini juga sudah di sediakan anak tangga yang bisa Anda naiki untuk melihat dan memandang. Keindahan panorama sekitar gunung dengan lebih bebas Anda juga dapat melihat keindahan kota Kediri dari atas ketinggihan. Tempat ini sangat di rekomendasikan untuk melihat matahari terbit dan tenggelam.

8. Taman Kilisuci

Taman Kilisuci

Lokasi: Puhrejo, Tulungrejo, Kec. Pare, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Silviananoerita.com

Taman ini menjadi salah satu tempat yang banyak di minati dan menjadi salah satu tempat berkumpul warga. Untuk sekedar bersantai dan menikmati pemandangan serta udara yang sejuk di dukung dengan beberapa pedagang yang menjual dan menawarkan makananya. Bisa Anda nikmati sembari berjalan menelusuri dan menimati keindahan dari tama ini.

Terdapat beberapa fasilitas dan sarana yang bisa Anda gunakan ketika mengunjungi tempat ini. Yaitu berupa gazebo dan bangku taman yang telah di susun dan di tata rapi selain untuk mempercantik taman. Juga dapat Anda pergunakan untuk bersantai serta masih banyak lagi fasilitas yang tidak kalah menarik untuk Anda gunakan nantinya.

9. Petilasan Sri Aji Jayabaya

Petilasan Sri Aji Jayabaya

Lokasi: Jalan Butolocoyo No. 296, Menang, Pagu, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Lotusgardenhotel.com

Salah satu Tempat Wisata di Kediri ini merupakan sebuah petilasan atau yang di percaya merupakan tempat singgah sementara seorang Aji Jayabaya. Konon beliau di percaya merupakan titisan atau keturunan dari Dewa Wisnu dan merupakan seorang penguasa negara Widarba. Bukan berati wisata yang satu ini bersifat mistis yah kawan akan tetapi.

Terdapat sebuah taman yang indah dan pemandangan alam yang juga indah mengeilingi tempat ini. Masih berada dalam kawasan dataran tinggi membuat tempat ini memiliki udara yang sejuk serta banyak lagi hiasan pohon yang mengelilingi tempat ini. Disamping itu Anda bisa mempelajari sejarah denga datang dan mengujungi tempat ini nantinya.

10. Waterpark Kediri

Waterpark Kediri

Lokasi: Jl. Raya Pagung, Desa Pagung, Semen, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Kediriwaterpark.co.id

Yups, seperti halnya dengan namannya tempat ini merupakan pemandian yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga. Terdapat banyak sekali wahana air yang bisa Anda nikmati serta ada beberapa fasilitas yang memiliki rekor. Yaitu rekor terpanjang se-Indonesia dan Asia hingga saat ini.

Ada juga fasilitas moorail yang disediakan oleh pihak pengembang yang bisa Anda nikmati untuk berkeliling. Serta menikmati pemandangan sekitar tempat ini yang memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dari tempat lainnya. Ketika sampai di kota Kediri, tempat ini sangat di rekomendasikan untuk Anda untuk melepas gerah dan penat sewaktu perjalanan.

11. Kuliner Bekicot

Kuliner Bekicot

Image Credit by Andietafoodjourney.wordpress.com

Iyah benar, Sate Bekicot, Anda tidak usah kaget dan membaca berulang-ulang ketika mendengar Kuliner Bekicot khas Kediri. Disini Bekicot menjadi salah satu santapan nikmat yang di gunakan menjadi bahan utama Sate Bekicot. Bagi sebagian orang mendengnar kata atau nama dari hewan ini mungkin akan merasa jijik.

Akan tetapi jangan di bayangkan wujud dan bentuknya terlebih dahulu. Tahukkah Anda bahwa pada tubuh Bekicot terdapat banyak kandungan baik yang sangat baik untuk tubuh Anda. Penasaran, segera kunjungi kota ini untuk mencicipi dan menikmati rasa dari hewan bercangkang keras ini.

12. Wisata Pagora

Wisata Pagora

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 123, Banjaran, Kec. Kediri, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Berbicara mengenai kata Pagora mungkin bagi Anda yang terlahir di era akhir 90an. Akan membayangkan tempat mengurung kera sakti yang dilakukan oleh para dewa kayangan. Akan tetapi bukan itu yah kawan tempat ini merupakan kumpulan aneka wahana hiburan yang di jadikan satu.

Beberapa wahana hiburan tersebut seperti kolam renang, perahu bebek, dan tempat memacing, serta masih banyak yang lainnya. Jika Anda bingung menetukan tempat yang cocok untuk tujuan Anda menghabiskan waktu liburan. Mungkin tempat ini menjadi salah satu alternatif terbaik yang bisa Anda kunjungi nantinya.

13. Gunung Klotok

Gunung Klotok

Lokasi: Kel. Pojok, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Wikimedia.org

Bukan, jika Anda lapar jangan bayangkan, kata klotok adalah gunung yang tercipta dari tumpukan ikan asin. Akan tetapi nama klotok sendiri merupakan sebuah kepanjangan dari Kolo + Tok. Memiliki arti dalam bahasa Jawa Kuno yang berarti gunung yang berbahaya hal tersebut berasal dari para orang tua yang di turunkan kepada keturunannya saat ini.

Namun sebagai pendatang yang ingin mengunjungi dan mengerti tempat ini tidak ada salahnya Anda untuk mengunjungi. Tetap jaga norma kesopanan dan patuhi semua peraturan yang berlaku pada tempat tersebut. Pada puncak gunung ini Anda akan melihat hamparan pesawahan dan pedesaan di kaki gunung tersebut.

14. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo

Lokasi: Besuki, Jugo, Mojo, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Eastjava.com

Tempat ini merupakan salah satu air terjun yang ada di Kediri dan sudah terkenal akan keindahan. Tempat ini sangat ramai di kunjungi para wisatawan ketika hari libur telah tiba. Air yang mengalir dari ketinggihan menciptakan butiran yang halus dan lembut yang akan menerpa kulit Anda ketika menginjakkan kaki di tempat ini.

Apalagi tempat ini di kelilingi dengan rimbunnya pohon yang masih terjaga keasrihannya. Terdapat juga beberapa fasilitas olahraga yang telah di sediakan melengkapi tempat ini seperti jogging track, camping ground, dan lain sebagainya. Jika Anda mengunjungi tempat ini nantinya di mohon untuk tidak mengotori dan membuang sampah di aliran air terjun tersebut agar tidak merusak dan mengotori keindahanya.

15. Konto River Rafting

Konto River Rafting

Lokasi: Desa Kediri Siman, Kec. Kepung, Kab. Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Tempat.me

Jika Anda merupakana salah seorang yang menyukai kegiatan yang menguras andrenaline. Nantinya tempat ini bisa Anda jadikan sarana pilihan untuk menikmati hal tersebut, terdapat banyak fasilitas yang dapat menunjang Anda melakukan oleh raga ektrim tersebut. Serta nantinya tetap Anda akan mendapatkan konsumsi serta snack gratis yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi tempat tersebut.

Nantinya Anda akan disuguhi dengan pemandangan indah di sekitar sungai saat Anda melakukan kegiatan tersebut. Jangan kahawatir nantinya Anda akan di temani instruktur yang akan mendampingi Anda melakukan kegiatan tersebut. Jadi Anda tetap dapat bermain dengan aman dan nyaman tanpa takut menghadapi resiko yang membahayakan nantinya.

16. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi

Lokasi: Candirejo, Tegowangi, Plemahan, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Swetadwipa.blogspot.com

Satu lagi bangunan peninggalan era kerajaan zaman dahulu yang bisa ada kujungi kala berada di kota Kediri. Banyaknya situs dan peninggalan zaman kerajaan ini menjadi salah satu bukti. Kemanjuan budaya dan saksi bisu mengenai perkembangan dan majunya kerajaan Kediri pada masa itu.

Tahah Anda bahwa relief yang ada pada setiap candi merupakan sebuah kisah yang menggambarkan keadaan atau maksud candi tersebut di buat. Begitu pula dengan relief yang ada pada candi ini. Menceritakan serta menggambarkan berdirinya kota atau Kerajaan kediri kala itu.

17. Klenteng Tjoe Hwie Kiong

Klenteng Tjoe Hwie Kiong

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No. 148, Pakelan, Kec. Kediri, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Penerbit-menara-madina.blogspot.com

Bangunan ini merupakan salah satu saksi bisu era kolonial pada zaman itu. Perlu Anda ketahui bahwa kota Kediri menjadi salah satu kota besar dan penting pada zaman itu. Tidak mengherankan jika tempat ini merupakan jika tempat ini menaungi banyak suku dan bangsa termasuk salah satunya adalah bangunan tersebut.

Menandakan bahwa bangsa etnis keturunan telah ada dan telah berbaur dengan masyarakat lokal hingga ratusan tahun yang lalu. Terletak di dekat sungai Brantas bangunan tua ini menjadi salah satu spot foto yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota ini. Jadi jangan lewatkan tempat ini yah kawan ketika Anda mengunjungi Kediri.

18. Candi Surawana

Candi Surawana

Lokasi: Surowono, Canggu, Badas, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Travellersblitar.com

Masih berkutat dengan peninggalan Kerajaan Kediri yang masih banyak dan bisa Anda temui di berbagai tempat di kota ini. Candi Surawana merupakan peninggalan yang memiliki corak Hindu perlu Anda ketahui candi yang ada di Indonesia memiliki dua corak keagamaan. Yaitu Hindu dan Buddha saah satu nya adalah candi ini yang memiliki corak Hindu yang ada dan masih bertahan hingga saat ini.

Candi ini sendiri telah berumur lebih dari 500 tahun mengingat tahun pembuatannya yang berada pada tahun 14 masehi. Letak dari tempat ini cukup dengan dari kampung Inggris yang ada pada kota Kediri. Tempat ini sangat penting untuk Anda kunjungi untuk melengkapi setiap keping puzzle sejarah yang ada pada negara kita.

19. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng

Lokasi: Jl. Selomangleng, Pojok, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Ulinulin.com

Tempat ini mejadi salah satu tempat yang cukup melegenda bagi sebagian besar rakyat Kediri. Pada tempat ini putri raja Kediri yaitu Raja Erlangga menolak menerima tahta yang di berikan kepadanya. Dan memilih mengasingkan diri dan bertapa menuju goa ini.

Bisa dikatakan Goa ini masih dalam keadaan yang terawat pada seperti pada masa itu karena masih minim penerangan. Serta terdapat beberapa hiasan relief yang sengaja dikukir untuk menceritakan dan menurunkan cerita tersebut pada generasi selanjutnya. Banyak makna dan pelajaran dari kisah yang ada pada goa ini yang nantinya bisa Anda dapatkan.

20. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Putratravel.net

Objek Wisata di Kediri berikutnya adalah Air Terjun Dolo yang berada pada ketinggihan lebih dari 1500 mdpl. Mengingat air terjun ini berada pada bagian dari Gunung Wilis. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian hingga 125 meter menjulang dari sumber air yang jatuh ke tanah.

Bisa dikatakan air terjun ini cukup tinggih semakin tinggi temppat iir menuju tanah semkin banyak pula embun dan butiran air yang di hasikan akibat efek jatuhnya air. Ketika Anda ingin menikmati air yang menerpa tubuh Anda ketika mengunjungi tempat ini. Anda tidak pelru mendekatkan diri ke tempat air Anda pasti akan langsung merasakan air tersebut menerpa Anda.

21. Gunung Kelud

Gunung Kelud

Lokasi: Perbatasan Kab. Kediri, Kab. Blitar dan Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Sinarharapan.net

Gunung Kelud merupakan salah satu jenis gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Mengingat pada tahun 2014 kemarin gunung ini masih menunjukkan aktifitas vulkaniknya dengan melakukan erupsi. Akan tetapi di balik itu semua gunung ini memiliki pemandangan yang indah dan tidak kalah dari gunung lainnya.

Erupsi dari sebuah gunung merupakan sebuah berkah sekaligus mala petaka bagi para penduduk di sekitar gunung tersebut. Petakanya adalah akan ada lahar panas yang turun ketika terjadi letusan serta asap beracun dari efek tersebut. Sedangkan pada bagian anugerahnya efek setelah letusan tersebut terjadi tanah dan ladanga sekitar letusan tersebut akan lebih subur dan hijau.

22. Alun-alun Kediri

Alun-alun Kediri

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Kampung Dalem, Kec. Kediri, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Pinterest @nerbyanAl

Hampir di setiap kota memiliki sebuah taman pusat kota yang biasa di sebut dengan alun-alun. Begitu juga dengan kota Kediri memiliki alun-alun yang tidak kalah menarik dan dapat Anda kunjungi nantinya. Alau-alun kota Kediri ini telah mengalami beberaa pemugaran yang tentunya semkain baik setiap waktunya.

Anda bisa menikmati berbagai kuliner yang telah disediakan untuk Anda nikamti dan telah disediakan di sekitar alun-alun. Juga terdapat beberapa falitas yang dapat Anda gunakan untuk sekedar berintirahat dan menikmati pemandangan yang di suguhkan. Tidak usah berpikir lagi datang dan buktikan keindahannya.

23. Kebun Binatang Gudang Garam

Kebun Binatang Gudang Garam

Lokasi: Dandangan, Kec. Kediri, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Wikimapia.org

Kebun Binatang Gudang Garam yang ada di kota Kediri ini juga menjadi salah satu Destinasi Wisata di Kediri yang paling favorit. Anda dapat menyaksikan berbagai jenis hewan yang ada dan ditunjukakn oleh pihak pengelola. Serta masih banyak lagi taman bermain, food court dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa Anda nikmati.

Memiliki nama Gudang Garam bukan berati hewan yang ada di kebun binatang ini merokok semua yah kawan. Akan tetapi hanya nama dari pihak penyelenggara saja dan tentunya semua fasilitas yang ada pada tempat ini sangat lengkap dan menyenangkan. Jadi tidak usah bingung untuk kemana jika mengunjungi Kediri nantinya.

24. Taman Hijau SLG

Taman Hijau SLG

Lokasi: Jl. Raya Kediri – Plosoklaten No. 163, Dadapan, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kediri, Jawa Timur. – Image Credit by Dailymotion.com

Tempat pada pembahasan terakhir yang sangat direkomendasikan untuk Anda ketika mengunjungi Kediri adalah Taman Hijau SLG. Pada tempat ini Anda dapat menikmati indahnya taman sembari melihat-lihat lokomotif kereta tua. Beberapa lokomotif tersebut kini tidak lagi di fungsikan mengingat kondisinya yang telah tua dan tidak layak untuk jalan.

Beberapa jenis kereta tersebut merupakan kereta uap peninggalan era kolonial. Jika Anda menginginkan tempat foto yang menarik dan tidak terlupakan tempat ini dapat Anda jadikan solusi untuk mendapatkan hal tersebut. Mengingat kondisi kereta sekaligus taman sekitar tempat ini sangat menunjuang Anda untuk menghasilkan foto yang bagus.