17 Tempat Wisata di Kudus

17 Tempat Wisata di Kudus

Mendengar nama Kabupaten Kudus memanglah tidak asing lagi di telinga kita. Kota yang juga identik dengan kretek menyimpan banyak potensi mulai dari kuliner, sejarah hingga potensi wisata yang indah. Ada beberapa makam wali Songo yang juga sering ramai karena dikunjungi para jemaah dari banyak daerah.

Bukan hanya itu aja, Kudus juga dikenal sebagai daerah yang kental akan ajaran islamnya dan terdapat ada tiga makam wali atau sunan yakni Sunan Kudus, Sunan Muria dan juga Sunan Kedu. Berikut berbagai macam Tempat Wisata di Kudus favorit yang bisa kunjungi saat liburan.

1. Air Terjun Montel

Air Terjun Montel

Lokasi: Kajar, Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Masyog.com

Wisatawan bisa mendapatkan kesegaran yang luar biasa di air terjun montel ini. Tempat wisata air terjun ini jufa terbilang cukup ramai karena memang sudah tersedia fasilitas seperti mushola, tempat parkir yang cukup luas, warung yang menjual berbagai macam makanan hingga kios dengan aneka cinderamata yang ada.

Letaknya memang tak jauh daari makam Wali Sunan Muria tepat berada di sebelah utara. Nantinya wisatawan bisa merasakan kesegaran dimana air disini juga bisa diminum karena bersih dan segar. Air Terjun Montel berada di Desa Kajar, Kecamatan Dawe. Letaknya berada di Kabupaten Kudus Jawa Tengah yang memiliki ketinggian air sektiar 50 meter. Wisatawan yang datang dikenakan biaya hanya Rp. 5000 saja per orang.

2. Waterboom Mulia Kudus

Waterboom Mulia Kudus

Lokasi: Jl. Raya Kudus – Colo, Lau, Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Seputarkudus.com

Mereka yang datang ke Kudus seringkali menghabiskan waktu dengan keluarga dan banyak anggota lainnya. Jika memang ingin memanjakan si kecil, Waterboom Mulia Kudus adalah jawabannya. Waterboom ini bisa dijadikan sebagai destinasi liburan yang seru bersama keluarga dan anak-anak. Menjadi salah satu wahana liburan yang memang wajib untuk dikunjungi.

Pengelola menyediakan berbagai wahana permainan yang seru seperti memancing, ATV hingga kolam berarus. Ketika akhir pekan tempat ini cukup ramai. Waterboom Mulia Kudus ini berada di Jalan Kudus-Colo KM 12, Desa lau Kecamatan Bae Kudus. Tiket masuk yang dibayarkan hanya sebesar Rp. 15.000 per orang.

3. Museum Kretek

Museum Kretek

Lokasi: Jl. Getas Pejaten No. 155, Getas, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Kompasiana.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Kudus ini memang terkenal akan kreteknya. Ada museum Kudus yang terkenal dan bisa mampir untuk tahu di dalamnya. Museum ini memiliki koleksi berbagai macam peralata mesin dan membuat rokok di zaman dulu.

Wisatawan bisa melihat adanya kegiatan yang menunjukkan bagaimana proses mulai dari penanaman tembakau hingga pembuatan rokok. Museum Kretek ini berada di Desa Getas Pajetan Kecamatan Jati Kudus. Lokasi ini tidak jauh dari pusat kota yang berjarak sekitar 3 km ke arah Selatan.

4. Menara Kudus

Menara Kudus

Lokasi: Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Menjadi wisata religi, tempat ini akan sangat ramai jika pada musim liburan. Menara Kudus ini terkenal menjadi objek wisata dan tak boleh dilewatkan begitu saja. Bangunannya dibuat dari tumpukan batu bata yang beratap kayu dan berbentuk limas. Sementara di bagian dinding menara ini ada beberapa piring logam yang menempel.

Ada cerita yang menyebut bahwa piring tersebut didatangkan langsung dari China. Lokasi Menara Kudus ini berada di depan Masjid Al Aqsa yang berfungsi juga sebagai penanda masuknya waktu sholat. Sementara di sekitaran menara tersebut ada Makam Sunan Kudus jika wisatawan ingin berziarah.

5. Desa Wisata Rahtawu Kudus

Desa Wisata Rahtawu Kudus

Lokasi: Desa Rahtawu, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @omahdongkas

Rahtawu juga menjadi tempat wisata yang ada di Kudus. Desa ini memiliki ketinggian 1627 mdpl yang membuat udara begitu sejuk dan segar. Di desa ini juga ada sungai yang begitu jernih dan bisa digunakan untuk mandi serta bermain air.

Selain ada pemandangan alam yang begitu indah dan menarik, wisatawan bisa melihat adanya banguann-bangunan pertapaan yang bisa dijelajah. Letak desa ini berada di lereng gunung Muria. Tepatnya ada di kecamatan Gebong Kudus yang juga ramai dikunjungi para wisatawan.

6. Gray Canyon Kudus

Gray Canyon Kudus

Lokasi: Desa Tanjung Rejo, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Visitjawatengah.jatengprov.go.id

Menjadi tempat wisata yang juga menarik, Gray Canyon Kudus ini mirip dengna yang ada di Amerika. Terbentuknya Gray Canyon ini karena adanya aktivitas penambangan bahan galian C. Sebuah kawasan perbukitan ini menjadi objek wisata yang mirip dengan Green Canyon yang ada di luar negeri.

Wisatawan bisa datang ke Desa Tanjung Rejo yang ada di kecamatan Jekulo. Berada di Gray Canyon Kudusu ini memberi kesan seolah kita berada di Amerika. Gray Canyon Kudus beralamatkan di Tanjung Rejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Objek wisata yang unik dan cocok untuk mereka yang suka fotografi.

7. Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar

Bumi Perkemahan Kajar

Lokasi: Dersaya, Kajar, Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Triptrus.com

Jika ingin liburan dengan konsep outbound, wisatawan bisa datang ke Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar. Layak menjadi destinasi wisata khusus yang spesial karena memang ada kawasan hutan pinus yang lokasinya juga begitu segar. Wisatawan yang datang bisa merasakan bagaimana kesejukan di dalam tempat ini.

Tempat ini lokasinya ada di ketinggian 600 mdpl dan memiliki banyak pepohonan pinus yang mana jaraknya juga sekitar 3 KM dari Makam Sunan Muria. Wana wisata ini juga sering menjadi tujuan pelatihan instansi atau organisasi.

8. Taman Oasis

Taman Oasis

Lokasi: Jl. Lkr. Utara No. 7, Bacin, Kec. Bae, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Taman ini menjadi tempat nongkrong oleh wisatawan yang datang. Menjadi tempat favorit juga untuk hangout anak-anak muda dan juga keluarga yang ada di Kudus. Taman ini dibangun oleh PT. Djarum yang sekarang menjadi taman populer.

Beberapa pohon ada di sekitar taman dengan rumput yang tertata rapi agar memberikan kesan sejuk disana. Asyik sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Taman Oasis ini berada di Desa Gondangmanis, kecamatan Bae. Lokasi yang cukup mudah dijangkau untuk para wisatawan yang berkunjung.

9. Menara Pisang

Menara Pisang

Lokasi: Pejaten, Kerjasan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Yantobasna.blogspot.com

Meski hanya menara tetapi ada banyak wisatawan yang penasaran dengan Objek Wisata di Kudus ini. Menara pisang merupakan tempat nongkrong yang hits bagi anak-anak muda yang berkumpul disana. Tempat ini juga mendadak terkenal karena tersebar di media sosial. Sebenarnya bukan hanya menara tetapi ada taman yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati pemandangan di sekitarnya.

Sebab menara pisang masuk di dalam lokasi taman sardi. Menara Pisang berada di Dukuh Watu Lumpang Desa Kajar. Lokasinya tidak jauh dari Colo yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

10. Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin

Lokasi: Puyoh, Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Googel Maps (Awaluddin Jauhari)

Namanya yang menarik dan tempatnya yang indah memang menjadi daya tarik tersendiri. Air terjun ini bisa didatangi siapa saja. Nama air terjun pengantin diberikan karena di bagian tengah air terjun ada sebuah batu yang membelah air hingga menjadi dua. Ada juga yang menamakannya sebagai air terjun kembar.

Pengunjung bisa bermain air atau berenang sepuasnya disini. Letak Air Terjun Pengantin ini berada di Dusun Bakaran, Piji Kecamatan Dawe. Tepatnya ada di Kabupaten Kudus dan di sebelah barat Masjid Benter.

11. Goa Jepang Terban

Goa Jepang Terban

Lokasi: Terban, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisata4dieng.blogspot.com

Kudus memiliki Goa Jepang yang bisa dijadikan sebagai tempat bernostalgia tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan agresi Jepang. Goa ini memang menyimpan sejuta kenangan pahit serta memilukan tentang bagaimana penjajah memperalat pribumi. Goa Jepang juga bisa menjadi wisata sejarah. Ada pemandangan indah di sekitar goa yang membuat suasana makin asri.

Letak Goa Jepang ini berada di kawasan Colo dan tersembunyi. Untuk mencapainya, wisatawan harus menyusuri sungai dan jalan setapak kurang lebih 1 jam dan letaknya berada di pinggir sungai.

12. The Peak View Waterboom

The Peak View Waterboom

Lokasi: Jl. Lkr. Utara Umk, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Kec. Bae, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Gengenmunafkianan.wordpress.com

Kali ini beralih ke wahana permainan air yang mana letaknya juga masih ada di Kudus. The Peak View Waterboom ini masuk sebagai tempat wisata unggulan yang harus dikunjungi. The Pak View Waterboom terbilang cukup lengkap dimana para wisatawan ini bisa berenang dan bermain. Ada outbound, flying fox, dan ATV.

Ada juga restoran dan minimarket yang sedia berbagai kebutuhan sekaligus makanan. Lokasi The Peak View Waterboom Kudus ini berada di Jalan Lkr Utara Umk. Tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

13. Desa Wisata Wonosoco Kudus

Desa Wisata Wonosoco Kudus

Lokasi: Wonosoco, Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Google Mapa (Deny Zaniar Noor)

Desa Wonosoco ini menjadi desa wisata yang cocok dikunjungi selama liburan. Memiliki keindahan alam yang buerpa hamparan hijau sawah dan juga pegunugnan kars kendeng yang membentang dari timur ke barat. Ada banyak objek wisata di desa ini seperti wisata goa, sendaang hingga petilasan. Kegiatan budaya ini juga disuguhkan oleh masyarakat setempat yang secara rutin tiap tahun.

Harga tiket masuk hanya Rp. 3000 per orang. Wisatawan bisa dimanjakan dengan indahnya pemandangan khas pegunungan dan indahnya alam yang berupa pegunungan Kendeng. Letak Desa Wisata Wonosoco ini berada di selatan kota Kudus. Pengunjung bisa menempuh peralanan sekitar 45 menit dari pusat kota yang juga masuk di kecamatan Undaan.

14. Desa Jurang Gebog Kudus

Desa Jurang Gebog Kudus

Lokasi: Desa Jurang, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Picgra.com

Masih dengan wisata desa yang menyimpan keunikan tersendiiri. Tempat wisata ini memiliki pesona alam yang tersembunyi karena memang lokasinya sulit dijangkau. Tetapi pemandangan hamparan sawah yang menghijau membuat suasana jadi begitu menenangkan.

Tidak hanya persawahan tetapi ada juga jembatan gantung yang usianya sangat tua. Hal ini terlihat dari kawat yang sudah berkarat dan alas jembatan dari kayu yang terlihat rapuh. Letak Desa Jurang Gebog Kudus ini berada di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Kawasan ini ebrada di aliran kali gelis yang ada di dekat bendungan Karanggayam.

15. Gunung Muria

Gunung Muria

Lokasi: Perbatasan Kab. Jepara – Kab. Kudus – Kab. Pati, Jawa Tengah. – Image Credit by Muslimobsession.com

Tak akan asing mendengar nama Gunung Muria. Tempat wisata di Kudus ini memang menjadi primadona karena memiliki daya tarik tersendiri. Puncak dari Gunung Muria selalu menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Memiliki ketinggian 1602 mdpl dan banyak spot seperti puncak 29 yang menjadi puncak tertinggi. Ada juga puncak natas angina, puncak argowiloso dan lain sebagainya. Pendaki bisa menikmati keindahan pesona alam ini dari ketinggian dan bisa mengabadikan momen indah. Gunung Muria berada di perbatasan tiga kabupaten yakni Jepara, Kudus dan Pati, Jawa Tengah yang selalu ramai saat liburan karena pendaki datang dan memburu pemandangan alam di sekitarnya.

16. Air Terjun Kedung Gender

Air Terjun Kedung Gender

Lokasi: Tengger, Dukuhwaringin, Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Yasiryafiat.wordpress.com

Air terjun ini memang mulai ramai dikunjungi para wisatawan. Pengunjung bisa menikmati pesona alam yang ada di sekitarnya. Wisatawan bisa mengunjungi air terjun ini melalui jalur wisata Colo. Barulah ketika sampai di terminal wisata ambil arah gembong via Desa Japan.

Setelah melewati jembatan sebelum tanjakan, pengunjung bisa belok kanan dan menemukan pemukiman warga. Nantinya ada warga yang memandu untuk masuk ke lokasi air terjun ini.

17. Situs Pati Ayam

Situs Pati Ayam

Lokasi: Desa Terban, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah. – Image Credit by Brilio.net

Namanya adalah Situs Pati Ayam. Situs ini menjadi tempaat wisata yang ada di Kudus dan menawarkan suasana yang begitu kental dengan sejarah. Di situs ini ada berbagai macam fosil yang pernah ditemukan oleh warga sekitar.

Kawasan Pati Ayam sendiri juga menjadi pusat peradaban manusia purba yang bisa ditemukan berbagai macam fosil disana. Seperti misalnya gading gajah purba, gigi geraham dan masih banyak lagi. Lokasi dari situs ini ada di Desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Pengunjung bisa melihat fosil binatang dengan ukuran raksasa dan replika manusia purba.

Beberapa Destinasi Wisata di Kudus ini bisa menjadi referensi menarik untuk berlibur. Mereka yang sering berkunjung umumnya adalah rombongan jemaah yang juga mengunjungi Kudus dalam rangka ziarah Wali Songo.