DI Yogyakarta

19 Tempat Wisata di Kulon Progo

19 Tempat Wisata di Kulon Progo

Kulon Progo merupakan masih salah satu daerah yang menjadi bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Akan tetapi untuk masalah daerah wisata yang di miliki tempat ini tidak kalah menarik dari yang ada di Jogja. Beberapa tempat wisata itu telah di rangkum untuk Anda yang mungkin dapat menjadi pilihan destinasi wisata Anda nantinya. Beberapa tempat wisata tersebut seperti yang ada di bawah ini.

1. Gunung Ijo

Gunung Ijo

Lokasi: Tirto, Hargotirto, Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jogjamuh.blogspot.com

Tempat Wisata di Kulon Progo ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobby mendaki. Mengingat gunung ini memiliki ketinggihan 1000 mdpl, untuk menaiki gunung ini sendiri memiliki kesulitan tingkat tinggi. Meskipun hanya memiliki ketinggihan 1000 mdpl akan tetapi jalur yang akan Anda lalui nantinya cukup menajak serta kontur tanah pada daerah ini memiliki jenis batuan karang.

Tentunya mendaki dengan medan yang seperti ini memiliki tantangannya sendiri. Nantinya setelah mencapai puncak semua perjuangan tersebut akan terbayar lunas. Menginat harga yang Anda bayarkan dengan perjuangan menuju puncak akan terbayar dengan panorama indah dari puncak gunung tersebut.

2. Kalibiru

Kalibiru

Lokasi: Hargowilis, Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jogjavacanza.com

Dalam bahasa Jawa arti dari Kalibiru adalah Sungai Biru, akan tetapi hal tersebut bukan makna sebenarnya yah kawan. Tempat ini sudah terkenal memiliki keindahan yang sudah terlihat sebelum tempat wisata ini berdiri. Atas kesepakatan masyarakat sekitar akhir tempat ini di ubah sedemikian rupa menjadi salah satu objek wisata yang indah.

Kesadaran masyarakat dalam hal ini menjadi salah satu peranan penting atas terbentuknya tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata. Mengingat warga sekitar sangat aktif membersihkan serta merawat dan menjaga daerah sekitar tempat ini agar tetap bersih dan nyaman. Tempat ini menjadi tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota ini.

3. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Lokasi: Keceme, Onggosoro, Giritengah, Borobudur, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Visitingjogja.com

Jika Anda tengah jenuh dan ingin kabur dari penatnya hiruk pikuk perkotaan mungkin tempat ini dapat Anda jadikan solusi. Mengingat di tempat ini Anda bisa melakukan camping untuk sekedar menjauh dari keramaian. Hal tersebut di dukung dengan keindahan serta kondisi alam yang masih alami dan terjaga hingga saat ini.

Pada Puncak Suroloyo Anda juga dapat memandangi Candi Borobudur dari kejauhan. Serta keindahan gemerlap cahaya beberapa kota di sekitar tempat ini kala malam menjelang. Apalagi di temani dengan secangkir minuman hangat sambil memandangi keindahan dari puncak pada malam hari yang tenang.

4. Gunung Lanang

Gunung Lanang

Lokasi: Sibolong, Jatimulyo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Sobatjogja.com

Dalam bahasa Indonesia arti dari Gunug Lanang adalah Gunung Laki-laki, dari puncak gunung ini berbatasan dengan Laut Selatan. Jadi jangan kaget nantinya ketika mencapai beberapa tempat yang ada pada gunung ini Anda akan mendengar suara deburan ombak. Untuk kontur tanah dari gunung ini cukup menanjak lebih baik siapkan fisik Anda sebelum menuju tempat ini nantinya.

Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang masih baru saja di kenal dan mulai ramai di kunjungi. Kebiasaan masyarakat adat Jawa yang berpegang teguh pada tradisi membuat Anda harus menjaga etika dan norma. Bahkan ketika Anda menuju atau berada pada tempat manapun yang Anda tuju salah satu nya jika menuju ke tempat ini nantinya.

5. Waduk Sermo

Waduk Sermo

Lokasi: Dusun Sermo Lor, Kokap, Hargowilis, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jadiberita.com

Waduk ini selain dapat Anda gunakan untuk melakukan kegiatan memancing menggunakan perahu yang dapat Anda sewa. Namun jika Anda tidak menyukai kegiatan memancing Anda bisa jalan-jalan mengelilingi danau. Karena tempat ini memiliki pemandangan yang indah mengelilingi waduk tersebut.

Atau Anda juga mencari dan merasakan aneka kuliner yang telah di sediakan di sekitar tempat tersebut. Nikmatnya rasa ikan bakar air tawar sembaringi menikmati pemandangan sekitar waduk tersebut. Serta masih banyak lainnya yang dapat Anda temukan nikmati bersama keluarga Anda.

6. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Lokasi: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Dimaselvi.blogspot.com

Beberapa perkebunan selalu memiliki keindahan yang khas, hamparan hijau pohon ten sejauh kita memandang. Serta udara sejuk khas pegunungan seakan membuat kita lupa untuk sementara beberapa penat pikiran dan masaah yang kita alami. Pada Kebuh Teh Nglinggo ini mengingat tempat ini pernah di jadikan tempat pengambilan latar belakang sebuah film ternama.

Namun di balik itu semua keindahan tempat ini memang sudah banyak di ketahui dan di akui banyak kalangan. Jadi ketika berkunjung ke Kulon Progo jangan lupa mampir ke tempat ini yah kawan. Agar bisa langsung merasakan sensasi keindahan tempat ini.

7. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo

Lokasi: Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Wartaindo.news

Pada tempat ini merupakan tempat wisata dengan konsep Goa yang memiliki cerita masyarakatnya tersendiri. Seperti halnya Goa lainnya pada tempat wisata ini terdapat hiasan stalaktit dan stalakmit yang masih aktif dan masih hidup hingga saat ini. Hal ini terlihat dari beberpa dekorasi Goa tersebut yang masih hidup dan tumbuh hingga saat ini.

Pada tempat ini juga memiliki pemandangan yang indah dan menawan yang bisa Anda nikmati. Juga terdapat hiasan relief yang sengaja di buat untuk mengenang dan melukiskan sejarah yang ada pada Goa tersebut. Pada tempat ini juga terdapat air terjun juga loh kawan.

8. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Lokasi: Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Wisatamy.blogspot.com

Dalam bahasa Indonesia arti dari tempat ini adalah ribuan air yang jatuh, mungkin istilah lain yang menggambarkan air terjun. Tempat ini bisa di katakan merupakan salah satu destinasi wisata yang belum banyak di ketahui. Kondisi lingkungan pada tempat ini juga masih asli dan perawan mengingat masih banyak ditemukan tumbuhan yagn rimbun di sekitarnya.

Jangan khawatir mengenai keindahan dari Objek Wisata di Kulon Progo ini yah kawan. Indah dan tidak akan Anda lupakan, jangan lupa untuk membawa bekal ketika berada di tempat ini mengingat lokasi yang masih terpencil. Serta akses menuju rumah penduduk terdekat masih cukup jauh jaraknya.

9. Pantai Trisik

Pantai Trisik

Lokasi: Desa Banaran, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta – Image Credit by Kitamuda.id

Pantai ini merupakan salah satu tempat yang memiliki pemandangan yang bisa di bilang sangat menakjubkan. Tempat ini masih terjaga kondisi alamnya baik flora ataupun fauna yang ada di tempat ini. Mengingat pada tempat ini Anda akan banyak menemui aneka jenis burung liar yang berbagai macam jenisnya masih berkeliaran di tempat ini.

Tempat ini juga menjadi salah satu tempat penting di mana tempat ini menjadi salah satu pengembang biakan jenis penyu langkah. Sedikit himbauan ketika Anda berkunjung ke tempat ini agar turut menjaga dan merawat lingkungan sekitar. Dengan sebuah langkah kecil yaitu jangan membuang sampah sembarang dan memburu binatang di tempat ini.

10. Pantai Congot

Pantai Congot

Lokasi: Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Pamitranrentalmotor.com

Sekilas pantai ini memang memiliki nama yang cukup unik dan aneh. Tapi apalah arti sebuah nama yah kawan, mengingat tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Berada di ujungbarang Kulon Progo serta pada tempat ini berjajar pohon kelapa yang sengaja di tanam untuk menambah keindahan tempat ini.

Pasir putih yang indah serta tempat ini juga sangat mudah Anda akses menggunakan kendaraan pribadi. Memiliki terumbu karang yang masih terjaga membuat tempat ini bisa Anda jadikan spot mencing. Tentunya juga tersedia beberapa perahu yang bisa Anda sewa untuk melakukan aktifitas tersebut.

11. Wildlife Rescue Center

Wildlife Rescue Center

Lokasi: Jl. Pengasih – Nanggulan, Derwolo, Sendangsari, Kec. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Bariparamarta.wordpress.com

Satu lagi tempat yang sangat penting dan wajib Anda kunjungi ketika berada di Kulon Progo yaitu Wildlife Rescue Center. Seperti halnya namanya tempat ini merupakan tempat untuk melindungi dan mengembangkan. Beberapa binatang lokal Indonesia yang saat ini keberadaannya sudah teramcam maupun mulai terancam.

Banyak hewan langkah yang masih tersisa di pertahankan dan keberadaannya di tempat ini agar nantinya tetpa lestari. Di tempat ini juga disediakan sarana outbond serta berbagai akomodasi yang bisa Anda gunakan. Ketika nantinya mengunjungi tempat ini untuk berlibur dan belajar.

12. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

Lokasi: Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jogjapedia.net

Meskipun nama dari air terjun yang satu ini sudah cukup di kenal di kalangan masyarakat. Akan tetapi kebersihan dan keindahan tempat ini masih terjaga dan terawat dengan baik hingga saat. Terbukti degan airnya yang masih jernih serta terdapat taman bunga dan aneka tumbuhan yang ada di tempat tersebut.

Nantinya ketika Anda mengunjungi tempat ini ada baik untuk ikut menjaga dan merawat dengan tidak membuang sampah sembarangan. Untuk ketinggihan dari air terjun ini memiliki tinggih 73 meter dari permukaan tanah. Suara deburan air yang jatuh dari ketinggihan juga dapat menjadi sarana relaksasi Anda.

13. Rafting Sungai Progo

Rafting Sungai Progo

Lokasi: Kisik Kreo, Kalibawang, Banjararum, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta – Image Credit by Merapiadventure.com

Jika Anda memiliki ketertarikan untuk mencoba olah raga yang tergolong ekstrim. Mungkin Anda harus mencoba olah raga yang satu ini, untuk spot sungai yang akan di gunakan untuk melakukan kegiatan ini adalah Sungai Progo. Sungai yang memiliki aliran air yang cukup deras dengan bebatuan besar yagn berada di sekitar tempat tersebut.

Bagi Anda yang belum pengalaman namun tertarik dengan olahraga yang tergolong ekstrim ini tenang. Tidak perlu khawatir nantinya ada 3 rute yang bisa Anda pilih berdasarkan tingkat kesulitan dan pengalaman. Bagi Anda yang belum berpengalam Anda nantinya akan mendapatkan jalur pemula, ada juga jalur medium, serta jalur sulit bagi Anda yang telah profesional.

14. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Lokasi: Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Traveloka.com

Masih berhubungan dengan pantai yang ada pada daerah Kuon Progo yang merupakan salah satu pantai yang harus Anda kunjungi. Beberapa pantai yang telah di rangkum disini adalah pantai yang terbaik. Salah satu pantai terbaik yang ada pada daerah Kulon Progo adalah Pantai Glagah.

Pada daerah ini Anda tidak bisa melakukan kegiatan bermain dengan air mengingat pada daerah ini memiliki karakteristik ombak yang besar. Pada tempat ini juga terdapat beberapa pemecah ombak yang di gunakan untuk menahan abrasi air laut. Di sini juga Anda dapat menikmati wisata petik buah naga dan beberapa tempat agrowisata juga terdapat pada tempat ini.

15. Bendungan Ancol

Bendungan Ancol

Lokasi: Pantok Wetan, Banjaroyo, Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Kalibawang.kulonprogokab.go.id

Sekilas memang tempat ini memiliki nama yang mirip dengan yang ada di Jakarta sana yah kawan. Daerah ini sebelum di jadikan sebagai bendungan, tempat ini merupakan sungai tempat aliran lahar dingin. Untuk menahan aliran tersebut maka di buatlah bendungan yang nantinya di penuhi dengan air yang memiliki tujuan untuk manahan aliran lahar dingin.

Ketika terjadi letusan agar nantinya tidak merusak dan merambah ke arah pemukiman masyarakat sekitar. Jadi tempat ini juga dapat Anda jadikan untuk rafting dan beberapa hal lainnya yang menyenangkan. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang di gunakan untuk foto pre-wedding mengingat pemandangannya yang indah.

16. Kedung Pedut

Kedung Pedut

Lokasi: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Dakatour.com

Merupakan sebuah air terjun yang telah mencipatakan kolam pada batuan di dasar tempat air ini jatuh ke bawah. Sehingga pada bagian bawah dari air terjun ini menciptakan kolam alami. Yang telah terbentuk akibat gesekan air yang berlansung selama ribuan tahun.

Jadi disini Anda dapat berenang sembari menikmati keindahan air terjun yang mengalir. Pemandangan batu-batuan khas dataran tinggi mengelilingi hampir semua sisi yang ada pada tempat ini. Serta yang tidak kalah penting adalah pemandangan yang menakjubkan yang ada di tempat ini.

17. Puncak Widosari

Puncak Widosari

Lokasi: Tritis, Ngargosari, Tegalsari, Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat ini sebenarnya merupakan sebuah terbing yang berdiri sendiri di tengah hamparan hutan yang mengenlilingi. Saat ini telah di bangun sarana berupa jalan yang bisa Anda gunakan untuk menuju dan mendakati tempat ini. Pemandangan yang indah dan menghampar hampir di semua sisi membaut Anda betah berada di tempat ini.

Tempat ini juga bisa Anda jadikan sebuah tempat untuk melakukan kegiatan camping. Serta yang paling panting pada jalan menuju pucak ini menjadi bagian berfoto ria yang tidak boleh Anda lupakan nantinya.

18. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

Lokasi: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Naradatour.com

Meruapakan salah satu air terjun yang ada di kota ini yang juga telah tercipta kolam alami di bawahnya. Kandungan air di tempat ini memiliki kandungan mineral yang tinggi membuat terciptanya keindahan alam lainnya. Yaitu dan dapat melihat dan menemui tangga alami yang tercipta.

Di antara aliran air yang mengalir pada tempat ini. Tangga ini terbentuk akibat sedimentasi beberapa mineral yang ikut terbawa oleh air yang mengalir kebawah. Pelan tapi pasti akhirnya terbentukalah proses tangga ini secara alami.

19. Pantai Bugel

Pantai Bugel

Lokasi: Gumuk Waru, Bugel, Panjatan, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Bagian terakhir dari pembahasan mengenai Destinasi Wisata di Kulon Progo ini akan di tutup dengan Pantai Bugel. Pada pantai ini memiliki keindahan alami dan cukup unik, mengingat pada bagian pantai kebanyak di batasi dengan batu cadas. Pada setiap sisinya serta masih terdapat rerumputan dan pepohonan yang terbentuk indah pada seiap sisi tempat ini.

Air laut yang berwarna hijau serta terumbu karang yang terlihat dengan jelas beserta aneka ikan yang ada di dalanya. Dapat Anda pandangi sampai puas, suasana tenang dan nyaman pada tempat ini wajib Anda rasakan. Pada tempat ini sering kali digunakan untuk aktiifitas memancing.